8 Publik Figur Indonesia Yang Sudah Melakukan ALS Ice Bucket Challenge

Asal muasal aksi ALS Ice Bucket Challenge ini bermula dari Pete Frates yang merupakan bintang lapangan di Boston College Baseball. Ia menderita penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), sebutan untuk penyakit neurodegeneratif progresif yang mempengaruhi sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang. Itu mengapa nama tantangan Ice Bucket Challenge ada tambahan kata ALS didepannya. 


Pete Frates menggagas ALS Ice Bucket Challenge bareng sahabatnya Correy Griffin, yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kepedulian publik sekaligus mau berdonasi untuk para penyandang penyakit saraf motorik yang juga dikenal dengan lou gehrig disease itu. Karena aturan mainnya adalah, yang sudah mengguyur diri dengan air es berdonasi US$ 10 lalu boleh menunjuk 3 orang untuk melakukan hal yang sama. 


Orang yang ditantang pun random. Nggak ada aturan harus publik figur. Siapapun berhak ditantang dan menantang. Kalau menolak tantangan atau dalam kurun waktu 1x24 jam nggak menanggapi tantangan, berarti harus membayar US$ 100 untuk disumbangkan ke ALS Association. Seluruh dana yang terkumpul akan disumbangkan untuk lembaga yang menangangi ALS di Amerika Serikat. Lebih jelasnya, bisa kunjungi website resminya di: www.alsa.org

Banyak publik figur di luar negeri yang sudah melakukan ALS Ice Bucket Challenge. Diantaranya adalah Bill Gates, Mark Zuckerberg, Zac Efron, Robert Pattinson, Justin Bieber, Victoria Beckham, Steven Spielberg, Lady Gaga, Britney Spears, Justin Timberlake, Taylor Swift, James Franco, Oprah Winfrey, Jennifer Lopez, Jon Bon Jovi dan masih banyak lagi.

Tapi ternyata nggak cuma di luar negeri loh, karena beberapa publik figur Indonesia juga sudah mulai melakukan ini. Siapa aja mereka? Yuk, simak 8 publik figur indonesia yang sudah melakukan als ice bucket challenge dibawah ini.


1. Irfan (Haarys) Bachdim


Pemain bola yang lahir di Amsterdam tanggal 11 Agustus 1988 ini menjadi salah satu seleb Indonesia yang pertama kali melakukan aksi ALS Ice Bucket Challenge. Dalam video yang diunggah melalui akun Instagram dan Twitter @IrfanBachdim10, suami Jennifer Kurniawan ini menantang Rifat Sungkar, Raisa, dan Bambang Pamungkas.

Di dalam caption video tersebut, Irfan menuliskan begini:

"I nominate the legends, Bambang Pamungkas, Rifat Sungkar and Raisa Andriana. Semua ada 24 jam. Kalau tidak upload video di internet harus kasih uang, terima kasih,"


2. Tike Priatnakusumah dan Ronal Surapradja



Penyiar di radio Jakfm ini nggak melakukan aksi ALS Ice Bucket Challenge sendirian. Karena dia ditemani sahabat sekaligus rekan siarannya, Ronal Surapradja. Awalnya Tike terinspirasi dari para personel Super Junior, Siwon, Donghae, dan Eunhyuk. Dan setelah melakukannya, Tike pun langsung mention via akun @tikeprie kepada para personel Super Junior tersebut:

"Hai @siwon407 @donghae861015 @AllRiseSilver oppa....Aku melakukan hal yang sam dengan kalian...#ALSicebucketchallenge,"

Seperti yang disampaikann, Ronal melakukan ini bersama Tike saat siaran live di radio Jakfm. Komedian yang kondang saat membintangi Extravaganza ini melakukan aksi ALS Ice Bucket Challenge dengan tujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar lebih peduli terhadap penderita ALS.

Dalam akun twitter @RockNal ia menuliskan demikian:

“Saya dan @tikeprie udah ngelakuin #ALSIceBucketChallenge. Utk info, foto dan video cek www.101JakFM.com “


3. Andrew Darwis



Nggak mau ketinggalan, pendiri situs komunitas Kaskus Andrew Darwis yang lebih sering disebut sebagai “Mimin” oleh para Kaskuser ini pun juga ikut berbasah-basahan dengan seember air es, setelah mendapat tantangan dari Andi Suryanto, CEO Lyto Indonesia.

Andrew Darwis melakukannya sendiri menggunakan air dalam ember yang sudah disiapkannya. Para karyawan Kaskus menyambut aksi ALS Ice Bucket Challenge tersebut dengan teriakan. Setelah selesai, dalam keadaan basah kuyup “Mimin” Kaskus melemparkan tantangan serupa kepada Luna Maya, "VJ" Daniel Mananta, dan "Princess" Syahrini.


4. Bambang Pamungkas



Menyanggupi tantangan dari Irfan Bachdim diatas, Bambang Pamungkas yang merupakan bintang lapangan hijau ini langsung mengunggah video tantangan ALS Ice Bucket Challenge melalui akun Instagramnya @bepe20.

Setelah membasahi sekujur badannya dengan air es, Bambang Pamungkas langsung memberikan tantangan tersebut kepada 3 publik figur. Mereka adalah: Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika, dan Baim yang notabene merupakan personel band The Dance Company.


5. Pandji Pragiwaksono


Comic terkenal ini melakukan ALS Ice Bucket Challenge karena ditantang oleh rekannya Bambang Pamungkas dan Aria Rajasa.


6. Daniel Mananta



Gayung pun bersambut. ALS Ice Bucket Challenge dari “Mimin” Kaskus Andrew Darwis langsung ditanggapi oleh Video Jockey Daniel Mananta. Ia berteriak kedinginan setelah menyiramkan seember air yang didalamnya juga terkandung es batu. Selain mengingatkan kesadaran akan ALS dalam kegiatan amal tersebut, sebelum mengguyur dirinya dengan air es Daniel juga menyampaikan ajakan untuk menjaga persatuan Indonesia. 

"Hai ALS Ice Bucket Challenge dari Andrew Darwis Kaskus, Marcello Negara. Dan gue tantang, satu Pak Prabowo Subianto, dua Pak Joko Widodo, dan tiga persatuan Indonesia, maksudnya Julia Perez, untuk mempersatukan Indonesia lewat Ice Bucket Challenge juga,"

Nggak cukup hanya lewat video yang ia unggah ke YouTube, karena Daniel juga mengabadikan aksinya melalui akun Instagram @vjdaniel demikian:

"ALS #IceBucketChallenge. After Pilpres, it’s always good to cool down! Donate at >> ALSA.org,"


7. Raisa

Berbeda dengan publik figur yang lain, Raisa lebih memilih untuk menjadi anti mainstream dalam menerima tantangan yang diberikan oleh Irfan Bachdim ini, dengan cara menolak melakukannya, lalu menyumbangkan US$ 100 ke ALS Association. Bukan anti mainstream sih tepatnya, tapi karena tantangannya bersamaan dengan saat Raisa sedang bersiap menggelar konser tunggalnya di Singapura. 

Raisa juga menyampaikannya via twitter @raisa6690 begini:

"love all the awareness of #ALSIceBucketChallenge. i didnt do that. dingin bgt pasti! but i do donate! :) @IrfanBachdim10,"


8. Julia Perez


Pelantun lagu “Belah Duren” ini bertindak cepat. Nggak sampai 24 jam, tantangan dari Video Jockey Daniel Mananta langsung dilakoninya. Melalui akun Instagram @juliaperrez ia menuliskan pesan:

"Ice Bucket Challenge, awarness penyakit ALS, this for you bro, VJ Daniel Mananta. Dan sekarang waktunya. Aaa...,"

Dalam aksi ALS Ice Bucket Challenge ini Julia Perez nggak tanggung-tanggung dalam melemparkan tantangan. 2 diantara 3 orang yang ia minta untuk melakukannya adalah sang pejabat negara: Bapak Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono. Kalau yang lainnya hanya menunjuk 3 orang, makan Julia Perez lebih. Karena selain 2 nama diatas, ia juga menginginkan penyanyi Agnez Monica dan pemain sepak bola Diego Michiels untuk melakukan hal serupa. Berikut yang ia tuliskan di akunnya:

"Ini dia ALS Ice Bucket Challenge ala jupe, untuk meningkatkan awareness penyakit ALS.aku dapet tantangan dari @vjdaniel I nominate bapak sby,ibu @aniyudhoyono , @agnezmo dan @diegomichiels24_ all team mitra kukar #IceBucketChallenge #ALS,"


Itulah ulasan 8 publik figur indonesia yang sudah melakukan ALS Ice Bucket Challenge. Kamu juga pengen ikutan? Boleh. Asalkan kamu tahu alasan kenapa harus melakukannya, dan yang paling penting adalah ikut menyumbang. Bukan hanya sekedar ikut-ikutan tanpa tindakan nyata memberi sumbangan. Yuk, kapan lagi bisa membantu sesama dengan cara yang menyenangkan.

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni