Pengusaha yang Berhasil, Cenderung Memiliki 10 Hal Ini

Sukses itu nggak peduli umur. Nggak peduli seberapa lama membangun bisnis. Pokoknya, barangsiapa yang bergerak cepat, bekerja cepat dan bekerja cerdas, dialah yang niscaya akan sukses. 

Dalam kesuksesan, hal yang patut diperbincangkan justru bukan berapa jumlah uang yang para pengusaha itu miliki, atau berapa banyak istri simpanan yang telah mereka koleksi. Melainkan, apa hal-hal yang bisa membuat mereka sukses dan meraih seperti apa yang kita labeli sebagai ‘sukses’ tersebut.

Tentunya, itu semua berangkat dari kebiasaan mereka sehari-hari. Apa sajakah kebiasaan para pengusaha muda sukses sehari-hari? Ini dia ulasannya.


Entrepreneur yang Berhasil, Cenderung Memiliki 10 Hal Ini via Wikipedia

Passionate

Membangun bisnis itu bukan sesuatu yang sekejap jadi. Butuh keuletan, kekuatan dan konsistensi untuk menjalaninya. Para pengusaha hanya bisa melakukan itu jika mereka menjiwai apa yang mereka kerjakan. Ada hati didalamnya. Ada nyawa dalam bisnisnya. Konsistensi yang sedemikian hebat tersebut hanya memiliki satu benang merah: “mencintai bidangnya.”

Kalau mereka nggak mencintai bidangnya, ya gimana juga mereka mau fokus ke bisnis? Naluri manusia itu mencintai kenyamanan. Dan mereka hanya akan nyaman pada sesuatu bila mereka mencintainya. Nah, ketika cinta akan bidang bisnis sudah ketemu, berarti tinggal menunggu waktu saja perihal tentang kapan dewi fortuna akan berpihak kepadanya.


Menyediakan Waktu 

Banyak pengusaha muda rata-rata masih kuliah atau bahkan sekolah. Kalau TK sepertinya nggak ada. Nah, dengan kesibukan mereka menempuh pendidikan tersebut pasti akan memakan banyak waktu yang seharusnya bisa mereka curahkan untuk bisnis, bukan? Itu mengapa pengusaha muda harus menyediakan waktu setiap harinya untuk berfokus pada bisnis yang sedang ia bangun. Nggak perlu waktu lama. Sebentar saja. Asal rutin.

Kemudian mereka bisa kembali berdansa ria menari-nari di dunianya. Toh, pada saatnya nanti ketika pendidikan mereka selesai, mereka bisa maksimal menyediakan waktu secara penuh untuk fokus kepada bisnisnya.


Menghindari Multitasking 

Syarat sukses bagi pebisnis muda agar cepat berhasil adalah menghindari multitasking. Setiap orang hanya bisa melakukan satu hal dalam satu waktu. Akan lebih baik jika seseorang melakukan satu hal namun memberikan keberhasilan yang berlipat-lipat ketimbang melakukan banyak hal tapi setengah-setengah. Itu pula yang dilakukan oleh para pengusaha muda agar tetap fokus menjalankan bisnisnya. Sehingga mereka sangat cepat menuai keberhasilan.


Manajemen waktu 

Sukses itu nggak melulu tentang uang. Uang banyak tapi sedikit teman dan hidup stres, buat apa? Lebih baik pikiran sehat, banyak teman, dan kaya pula. Bisa nggak? Bisa. Jawabannya ya soal manajemen waktu. Pengusaha muda yang baik pasti tahu saatnya: kapan mereka harus bisnis dan kapan mereka harus meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Justru inilah yang penting.

Untuk apa bekerja keras mengumpulkan uang kalau toh pada akhirnya nggak dinikmati juga? Atau, dinikmati, tapi menikmatinya di Rumah Sakit dalam keadaan berbaring dan kondisi tangan penuh tusukan jarum dan selang. Pengusaha muda yang sukses pasti telah memiliki manajemen waktu yang baik. Itulah mengapa mereka layak untuk sukses di usia yang relatif muda.


Sistem yang baik + konsisten

Pengusaha muda yang baik selalu memiliki sistem operasional prosedur yang mengatur segala hal yang diperlukan dan wajib diimplementasikan dalam bisnis. Justru disinilah rahasianya. Keteraturan. Sistem yang mereka ciptakan dan telah teruji tersebut selalu mereka gaungkan sepanjang hari sepanjang tahun dalam perjalanan perusahaan yang mereka kelola. Sistem yang baik tanpa dilakukan dengan teratur, maka hasilnya nol. Maka agar memperoleh hasil yang baik, kombinasikan: sistem yang baik + menjalankannya dengan penuh konsistensi.


Meminta Bantuan 

Pengusaha muda sejati adalah orang-orang yang nggak punya rasa malu untuk mengutarakan sesuatu. Mereka selalau meminta jika dalam perjalanan bisnisnya membutuhkan bantuan atau sesuatu. Namun bantuan itu bukan berbentuk uang atau hal-hal lain yang justru menunda kemajuan bisnisnya. Namun, hal tersebut seperti kalau nggak punya ide bisnis, maka ia bergabung dalam komunitas bisnis lalu mengadakan sharing agar ia bisa menentukan langkah kedepannya.

Bantuan itu bisa juga berupa susahnya permodalan, kemudian berjibaku mencari investor agar tertarik untuk mendanai ide bisnisnya yang potensial jika dikembangkan. Dalam tingkat yang lebih lanjut, bantuan itu juga bisa berupa membantu pengembangan teknologi, software dan sistem lainnya yang mendukung untuk perkembangan bisnis.


Merenungkan kemajuan 

Setiap pengusaha manapun dalam usia berapapun, pasti harus mengalami trial and error dalam penerapan sistem bisnis. Dalam setiap percobaan yang mereka lakukan, adalah penting bagi mereka untuk merenung kemudian mempertimbangkan mana hal yang baik bagi kemajuan mereka, dan mana hal yang buruk bagi kelangsungan perusahaan mereka jika terus diterapkan. Tujuannya agar perusahaan terus maju menuju perubahan yang lebih baik dan selalu mencapai target yang dicanangkan.


Dapatkan umpan balik

Selain merenungkan tentang apa yang baik dan buruk bagi perusahaan, hal penting lainnya yang nggak kalah untuk selalu dilakukan oleh para pengusaha muda adalah bertanya pada konsumen. Mengharapkan umpan balik. Bisa jadi apa yang ada dalam benak produsen belum tentu sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen. Maka menjadi penting bagi pengusaha muda untuk rajin-rajin menerima masukan dari konsumen demi kemajuan perusahaan yang mereka bangun.


Selesaikan dulu yang sulit 

Pengusaha muda yang aktif, pasti lebih suka untuk bergerak mengembangkan bisnisnya dengan mengikuti ide-ide liar yang menjejali fikirannya, ketimbang melakukan presentasi bisnisnya didepan para investor. Tapi pengusaha muda sejati, akan mengurutkan tingkat kesulitan yang akan mereka hadapi, kemudian mengurutkannya dan menyelesaikan dimulai dari tantangan yang paling sulit.

Tujuannya agar ketika di hari-hari berikutnya menjalankan bisnis, perjalanannya serasa lebih mudah dan ringan tanpa beban. Jika demikian yang terjadi, maka dampaknya bagi kelangsungan bisnisnya adalah semakin nikmat dalam menjalani. Bisa dipastikan, bila kenikmatan dan kesenangan sudah ditangan, keberhasilan tinggal menunggu waktunya saja.


Berbeda

Hal yang membuat bisnis menarik dan diminati baik itu oleh investor maupun konsumen adalah karena ide bisnisnya unik dan berbeda. Misalnya membuka Cafe khusus pecinta fotografi. Cafe-Cafe pada umumnya, mereka hanya menyediakan menu-menu yang pasti pelanggan juga bisa mendapatkan itu dari Cafe-Cafe lainnya. Tapi ketika bisnis itu memiliki diferensiasi, pasti akan menjadi sebuah pilihan bagi konsumen yang sayang kalau dilewatkan. Dan pastinya, dengan menjadi berbeda, akan selalu menancap di benak para konsumen.

Akan selalu hadir dalam pikiran dan hati konsumen. Pengusaha mana coba yang nggak tertarik dengan ide bisnis yang seperti itu? Kalaupun ada, berarti mereka telah melewatkan kesempatan besar untuk meraup untung yang tinggi. Karena pengusaha muda adalah pengusaha yang penuh inovasi dan memiliki hasrat tinggi untuk selalu berkembang untuk menjadi lebih baik.

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni