Orang-orang Sukses, Kalau Lagi Weekend Itu Ngapain Sih?

Aristoteles pernah berkata bahwa “Kita adalah apa yang kita lakukan berulang kali. Keunggulan itu bukan lagi karena tindakan semata, melainkan kebiasaan.” Dari ucapan Aristoteles itu pasti kita langsung dapat menangkap bahwa siapapun orang sukses di dunia ini, semuanya berangkat dari kebiasaan. Setiap orang sukses pasti punya jam disiplin masing-masing untuk membuat mereka mampu memperoleh kesuksesan seperti yang mereka raih sekarang. 


Orang sukse, kalau lagi weekend itu ngapain? via Wikipedia.org

Nah, apa saja kebiasaan-kebiasaan orang sukses tersebut? Berikut contoh-contoh kebiasaa orang sukses yang bisa bisa kita pelajari dan amalkan.


Warren Buffet: Lakukan Hobimu!

Sebagai investor paling sukses, Warren Buffett pun juga punya kebiasaan menarik saat akhir pekan. Yakni, memainkan ukulele. Ya, itu adalah hobi lainnya selain bermain golf pada hari Sabtu, sekaligus memperluas jaringan bisnis. Selain Warren Buffet juga ada Meryl Streep yang suka merajut, serta George W. Bush yang suka melukis dengan lukisan minyak. Hal ini dapat membantu pengembangan kreativitas dan tentunya mampu menghilangkan stres. 


Anna Wintour: Akhir Pekan Bukan Berarti Nggak Aktif!

Anna Wintour memiliki komitmen untuk bermain tenis selama satu jam setiap hari. Entah itu hari biasa maupun saat akhir pekan. Perlu kamu tahu, bahwa Anna Wintour bukanlah satu-satunya orang yang selalu ingin agar pikirannya tetap aktif meskipun di akhir pekan. Karena selain dia adalah miliarder terkaya keempat di India yang merupakan maraton pelari serial lalu ada juga Richard Branson yang tetap aktif dengan layang-layang surfing. Lihat, betapa orang-orang sukses tahu pentingnya memiliki badan dan pikiran yang aktif setiap hari, tanpa peduli itu akhir pekan, hari libur atau apapun.


Benjamin Franklin: Bikin Planning dan Bertanya Pada Diri Sendiri

Adalah baik jika setiap pagi kita punya rencana. Benjamin Franklin setiap bangun pagi selalu memiliki rencana dan bertanya pada diri sendiri tentang apa gunanya jika ia melakukan apa yang ia rencanakan. Dan hal sederhana ini memberikan kemajuan signifikan dalam hidupnya. Setiap hari, Benjamin Franklin melakukan ini. Bahkan di akhir pekan sekalipun. 


Timothy Ferris: Fokus

Orang sukses justru bukanlah orang yang mampu melakukan banyak hal secara bersamaan. Atau memiliki banyak gol. Orang sukses selalu fokus. Dengan memiliki banyak fokus, hal ini akan mengurangi efisiensi dan efektivitas. Mulailah hari-harimu, bahkan ketika akhir pekan untuk menyelesaikan maksimal dua gol atau tugas saja per hari. Ini untuk memastikan produktivitas yang bisa kamu ciptakan saat akhir pekan. 


Steve Jobs: Evaluasi dan Lakukan Hal Penting 

Mendiang Steve Jobs, semasa hidupnya selalu menggunakan akhir pekan untuk mengevaluasi apa-apa yang telah ia lakukan seminggu belakangan ini, kemudian merencanakan langkah pembenahan untuk minggu selanjutnya. Nggak hanya sampai disitu, akhir pekan juga sering Steve Jobs manfaatkan untuk bersantai ria bersama teman-teman dan keluarga. 

Evaluasi dan lakukan hal penting via flickr.com

Robert Iger: Bangun Lebih Awal 

Setiap hari, Robert Iger yang merupakan CEO Walt Disney ini bangun pukul 04:30 pagi. Ini adalah jam bangun lebih awal dari orang kebanyakan. Katanya, penelitian menunjukkan bahwa otak manusia akan menjadi tajam sebanyak dua setengah sampai empat jam setelah bangun tidur. Dan semua orang sukses melakukan ini: bangun lebih awal. 


Jack Dorsey: Bersiap Untuk Minggu yang Berkualitas

Jack Dorsey yang merupakan pendiri Twitter dan Square ini mengatakan, "Sabtu aku lepas landas. Aku mendaki. Dan kemudian Minggu aku gunakan untuk refleksi, melakukan umpan balik, menyiapkan strategi dan bersiap-siap untuk minggu yang berkualitas."


Richard Branson: Lakukan Kegiatan Sosial

Richard Branson setuju dengan apa yang dikatakan oleh Anne Frank, bahwa: “Tak ada orang di dunia ini yang menjadi miskin hanya gara-gara memberi.” Maka dari itu, ketika akhir pekan ia lebih memilih menggunakannya untuk fokus pada isu-isu seperti kesehatan, kemiskinan, konservasi dan perubahan iklim. Tom Corley melakukan riset selama 5 tahun sebelum menulis buku tentang kebiasaan-kebiasaan orang kaya. Dan ia menemukan bahwa 73% dari orang-orang kaya secara sukarela selama lima jam atau lebih per bulan menggunakan waktunya untuk membantu mereka yang kurang beruntung.

Richard Brandson : Lakukan kegiatan sosial via flickr.com


Oprah: Meditasi

Setiap hari, Oprah selalu melakukan meditasi selama 20 menit, dan ia melakukan ini sebanyak dua kali sehari. Baginya, terkadang akhir pekan bisa menjadi saat-saat paling sibuk. Sekalipun agendanya adalah merampungkan pekerjaan, olahraga, quality time bersama keluarga dan kegiatan sosial, namun ia tetap rutin untuk melakukan meditasi 2 kali sehari selama total waktu 40 menit.  

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni