10 Cara Praktis Menghemat Daya Baterai Gadgetmu

Saat ini pengunaan gadget kian hari semakin bertambah, baik yang berupa tablet maupun smartpone. Tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan gadget telah menajdi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat modern saat ini. Karena banyak kalangan masyarakat yang menggantungkan pekerjaannya pada keberadaan gadget.

Permasalahan utama para pengguna gadget saat ini adalah mengenai daya baterai yang tidak seperti yang diinginkan. Biasanya daya baterai hanya mampu bertahan untuk beberapa jam saja sedangkan penggunaannya melebihi waktu daya baterai. Hal ini tentu mengjengkelkan kita sebagai penguna, banyak diantaranya memilih untuk membawa power bank demi mengatasi permasalah tersebut. 

Namun pada kenyataannya tidak hanya power bank yang dibutuhkan, tapi lebih kepada penghematan. Maka dari itu, berikut 10 tips menghemat daya gadget yang perlu kamu perhatikan :



1. Isi baterai sebelum berpergian keluar rumah

Meski kamu terbilang sibuk dengan rutinitas yang dimiliki, tapi sempatkanlah untuk memerhatikan daya baterai gadget saat berada di rumah. Usahakan untuk senantiasa mengisi daya sebelum meninggalkan rumah karena hal ini akan sangat membantu saat telah berada di luar. Sehingga tidak akan jengkel dan kerepotan dengan dengan permasalahan gadget yang cepat mengalami lawbet saat Kamu masih membutuhkan untuk menggunakannya.


2. Perhatikan untuk mengalihkan koneksi

Keberadaan smartphone tentu sangat membantu untuk mengetahui pemeritahuan dari media sosial seperti twitter, facebook, path, dan lain sebagainya secara langsung. Sebagai bagian dari peradaban yang serba canggih ini, kamu baiknya mengalihkan koneksi yang tidak terlalu penting. Jika keberadaan dari media sosial tersebut tidak begitu penting, maka ada baiknya diabaikan atau dialihkan koneksinya. Hal ini berguna membantumu menghemat daya saat di perjalanan. Karena pemberitahuan dari media sosial yang aktif di gadgetmu, itu membuat penggunaan baterai menjadi sangat boros.

Jangan khawatir, tidak perlu mengalihkan semua koneksi, tetap sambungkan koneksi pada aplikasi yang dibutuhkan pemberitahuannya saat melakukan perjalanan. Dengan demikian, kamu tetap dapat mendapatkan informasi pemberitahuan yang diperlukan dan juga akan tetap menghemat daya baterai yang dimiliki oleh gadgetmu.


3. Matikan GPS jika tidak diperlukan

Keberadaan GPS pada smartpone sangat membantu para penggunananya untuk mengetahui posisinya berada dan mampu memberikan solusi saat penggunananya tersesat. Tapim, bukan berarti kamu bergantung sepenuhnya terhadap GPS, bukankah tidak setiap waktu tersesat? 

Yups, maka dari itu, demi menghemat daya baterai matikan GPS pada layar smartphone kamu jika tidak begitu diperlukan. Dengan mematikan GPS, kamu bisa menghemat daya baterai yang dimiliki oleh smartphone. Mulailah untuk menjadi pengguna telpon pintar yang bijak.


4. Matikan wifi dan bluetooth

Wifi dan buetooth merupakan salah satu bagian yang ada pada setiap gadget, keberadaan keduanya memiliki peranan penting untuk koneksi internet dan pertukaran data. Wifi mampu membantu untuk terhubung dengan internet dan buetooth berfungsi sebagai salah satu cara pertukaran data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. 

Kedua memiliki fungsi yang sangat diperlukan namun keberadaannya juga mampu menyerap daya baterai dengan cepat.  Demi menghemat daya baterai pada smartphone ataupun gadgetmu, maka matikanlah wifi dan bluetooth apabila tidak sedang digunakan atau perlukan. Terutama dalam perjalanan, tidak memerlukan sambungan wifi ataupun bluetooth.


5. Matikan tampilan live wallpaper

Cara dan tips menghemat baterai android berikutnya adalah dengan mematikan tampilan Live Wallpaper pada smartponemu. Keberadaan live wallpaper pada hp akan memberikan kesan yang menarik akan tetapi sangat menguras daya baterai dari hp tersebut. Sebagai pengguna, kamu juga tidak terlalu membutuhkan live wallpaper tersebut secara langsung dan keberadaannya juga tidak begitu penting bagimu. Oleh karena itu, lebih baik mematikan tampilan live wallpaperamu untuk menghemat pemakaian baterai. Kamu akan menggunakannya lagi saat benar-benar membutuhkannya saja.


6. Kurangi brigtness layar

Selain penggunaan live wallpaper yang dapat menyerap daya yang tinggi, penggunaan brigtness layar pun demikian. Pencahayaan pada layar gadget Kamu akan sangat berpengaruh pada penggunaan daya yang ada. Semakin terang layarnya maka akan semakin banyak daya yang diserap. Maka dari itu dianjurkan untuk tidak menggunakan brigtness layar yang terlalu terang guna menghemat daya baterai. Gunakan pencahayaan sebutuhnya saja dan sesuai dengan tempat Kamu berada. Apabila di ruangan yang terang maka pengcahayaan dapat dikurangi.


7. Kurangi volume dan matikan getar

Menggunakan volume dan getar sangat berpengaruh juga untuk besarnya daya baterai yang diserap oleh gadget. Hal ini tentu dapat diatasi dengan mengurangi volume dari hp maupun menghindari untuk menggunakan mode getar. Apabila Kamu menempatkan gadget di atas ataupun di tempat yang  mudah di jangkau maka volume yang kecil tanpa mode getar bisa menjadi pilihan.


8. Gunakan aplikasi task killer atau baterai Dr.stever

Saat ini banyak sekali terdapat aplikasi yang dapat mengifisienkan kerja dari daya baterai dan mampu menghematnya, semuanya bisa didapatkan dnegan mudah di pembelian aplikasi seperti play store dan lainnya. Penting untuk Kamu sebagai pengguna gadget yang produktif untuk mengetahui aplikasi-aplikasi tersebut.

Salah satu contohnya adalah Task Killer atau Baterai Dr. Saver, kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang sama bagi gadgetmu yaitu mematikan aplikasi yang sedang berjalan dibelakang yang tidak terlihat, hal ini akan membuat daya baterai pada gadget Kamu akan lebih hemat.


9.  Unistall aplikasi atau game yang tidak penting

Keberadaan aplikasi ataupun game yang beragam merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan smartpone. Penguna bisa menginstall berbagai aplikasi atau game yang sedang buming diperbincangkan. Namun jangan terlena dengan keberadaan aplikasi ataupun tersebut karena kenyataannya aplikasi dapat menyerap daya baterai lebih cepat. 

Pilihlah aplikasi yang benar-benar dibutuhkan dan unistall aplikasi yang tidak perlu dan tidak begitu bermanfaat bagi Kamu demi menghemat daya baterai. Bersihkan gadget Kamu dari aplikasi ataupun game yang tidak berguna ataupun tidak lagi digunakan, karena semakin banyak aplikasinya akan semakin boros penggunaan daya baterainya.


10. Tetap memerhatikan kerja gadgetmu

Poin terakhir ini sangat menganjurkan Kamu menjadi pengguna smartphone yang cerdas. Hindari menggunakan gadget untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak diperlukan.

Itulah 10 tips yang diharapkan dapat membantu menghemat daya baterai gadget Kamu tanpa harus membuat Kamu kerepotan sebagai pengguna. Selamat mencoba, menghemat daya dan mengefisienkan kerja gadget tersebut.

Oleh : Andi Rosita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni