10 Cara Sehat Duduk di Depan Komputer

Karena terlalu asik di depan komputer, kita tidak sadar telah menghabiskan waktu selama berjam-jam. Sebagai pemuda-pemudi yang hidup di jaman modern, komputer tentunya hampir tidak pernah lepas dari rutinitas kita sehari-hari. 

Tahukah kamu posisi duduk yang salah ketika berada di depan komputer bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan? Gangguan tersebut diantaranya sakit punggung, sakit leher, nyeri lutut dan kesemutan di tangan dan jari. 

Pernahkah kamu mengalami salah satunya? Jika pernah maka bisa dipastikan posisi dudukmu keliru. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga postur tubuh yang sesuai ketika berada di depan komputer. Sedikit banyak mungkin akan membantumu mencegah beberapa masalah kesehatan.
computer: pixabay
1. Duduk tegak

Dorong pinggul sejauh yang kamu bisa dari kursi. Sesuaikan tinggi kursi sehingga telapak kakimu bisa menyentuh lantai dan lututmu berada sejajar atau sedikit lebih rendah dari pinggul. Posisikan sudut kemiringan sandaran kursi kira-kira 100-110 derajat. 

Pastikan punggung atas dan bawahmu merasa nyaman. Kamu bisa memakai bantal untuk mengganjal punggungmu. Sesuaikan sandaran lengan sehingga bahumu terasa rileks atau lepaskan saja jika itu terasa mengganggumu.


2. Duduk dekat dengan Keyboard

Setelah mendapat posisi duduk yang benar dan nyaman mendekatlah sedekat mungkin pada keyboard. Usahakan akar keyboard berada persis di depan dan sesuai dengan jangkauan tanganmu.


3. Sesuaikan ketinggian Keyboard 

Pastikan bahumu dalam kondisi rileks. Siku berada dalam posisi yang sedikit terbuka. Pergelangan tangan dan tanganmu juga dalam posisi yang lurus sejajar.


4. Sesuaikan kemiringan keyboard berdasarkan posisi duduk

Gunakan mekanisme ‘kaki’ yang biasanya dipasang di beberapa merk keyboard untuk menyesuaikan kemiringan. Kamu juga bisa mengganjalnya dengan sesuatu, hal ini juga berlaku ketika bekerja dengan komputer notebook (laptop). 

Jika kamu duduk dalam posisi agak maju atau tegak miringkan keyboard menjauh darimu. Jika kamu duduk bersandar, maka miringkan ke depan menuju ke arahmu. Hal ini akan membantu mempertahankan posisi pergelangan tangan untuk tetap lurus


5. Gunakan bantalan untuk mengistirahatkan pergelangan tangan

Mereka akan membantu menjaga agar pergelangan tangan tetap rileks dan tidak beradu dengan permukaan yang keras. Kebanyakan kasus nyeri pergelangan tangan disebabkan posisi yang keliru atau seringnya ia beradu dengan benda keras seperti ujung meja. Tempatkan mouse sedekat mungkin dengan keyboard.


6. Posisikan monitor dengan benar 
monitor: pixabay
Sesuaikan posisi monitor dengan dokumen-dokumen yang dijadikan acuan sehingga posisi leher tetap netral dan santai. Pusatkan monitor langsung di depan pandanganmu di atas keyboard. Posisi bagian monitor adalah 2-3 inchi dari pandanganmu ketika duduk atau bisa sesuaikan dengan kenyamanan bacamu, apalagi jika kamu menggunakan kacamata.

Posisi duduk setidaknya satu lengan jauhnya dari monitor ke pandangan matamu. Kurangi silau dengan mengatur posisi layar. Kamu harus bisa melihat lurus ke monitor tapi sebagian bisa melihat ke bawah. Sesuaikan juga kondisi sekitar seperti jendela, lampu atau tirai untuk kondisi cahaya. 

Atur sudut vertical layar, kecerahan dan kontras untuk meminimalkan efek silau. Kamu bisa menggunakan alat bantu seperti filter monitor atau kacamata khusus yang bisa mengurangi efek radiasi dari monitor komputer.


7. Atur posisi barang-barang

Atur posisi barang-barang yang diperlukan sedekat mungkin dengan pandangan dan jangkauanmu. Sehingga kamu tidak perlu bergerak terlalu jauh untuk meraihnya.

Letakkan dokumen acuan di samping monitor dan pastikan kamu bisa membacanya tanpa harus menggerakkan leher terlalu banyak. Dekatkan telepon hingga kamu bisa meraihnya dengan mudah.


8. Istirahat sebentar

Ambil istirahat kecil selama waktu kerja untuk mengendurkan otot-otot. Penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu lama duduk di depan komputer bisa membahayakan kesehatan. Coba berjalan-jalan selama beberapa menit, berdiri dan melakukan peregangan untuk merusak pola kegiatanmu di depan komputer seharian.
Istirahat setiap 20-30 menit dan ambil waktu singkat sekitar 1-2 menit melakukan peregangan ringan. Setelah selesai menyelesaikan satu pekerjaan dan bersiap memulai pekerjaan baru, sisihkan 5-10 menit untuk menenangkan pikiran dan badan sejenak. 
Selalu usahakan untuk menjauh dari komputer selama jam istirahat makan siang. Banyak-banyaklah minum air putih dan buang air kecil secara teratur. Jangan pernah menahan buang air kecil karena bisa beakibat fatal.


9. Mengistirahatkan mata
eyes closed: pixabay
Hindari kelelahan mata dengan beristirahat dan memfokuskan kembali mata secara berkala. Berpaling sejenak dari monitor dan fokus pada sesuatu di kejauhan. 

Sebuah cara untuk menghentikan kelelahan mata adalah “aturan 20 20 20". Setiap 20 menit melihat sesuatu 20 meter jauhnya selama 20 detik. Istirahatkan mata dengan menutupi mata menggunkan telapak tangan selama 10-15 detik. 


10. Senam kecil

Latihan tangan dengan mendorong dengan tumpuan jari menggunakan gerakan perlawanan mundur. Lakukan minimal lima belas repetisi untuk masing-masing tangan setidaknya enam kali setiap hari. Latihan sederhana ini akan mencegahmu dari masalah-masalah di pergelangan tangan.
Duduk terlalu lama di komputer bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Penelitian mengatakan bahwa duduk terlalu lama tanpa beranjak bisa menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah, ini bisa fatal di masa depan.
Sangat penting untuk berdiri dan berjalan-jalan selama 30 menit setiap dua jam berada di depan komputer. Berjalanlah keluar, hirup udara segar dan sapa beberapa orang untuk mendapat suasana baru dan menghilangkan penat di kepala. Kamu bisa membeli beberapa cemilan untuk mengisi perutmu.
Kadang orang bisa tidak sadar bahwa dirinya sedang membutuhkan asupan makanan ketika berada di depan komputer. Manfaatkanlah jam makan siangmu dengan baik.
Kamu juga bisa mengatur meja kerjamu sedemikian rupa agar nyaman ketika digunakan. Menaruh bantal pada kursi atau penyangga telapak kaki agar tidak menjuntai. Taruh dokumen-dokumen, telepon dan benda-benda dukungan lain sedekat mungkin dari jangkauanmu. 

Kamu bisa menambahkan barang-barang artistic atau benda menarik lainnya untuk mendekorasi ruang kerjamu agar terasa menyenangkan. Ubah dekorasinya secara berkala agar kamu tidak bosan. Mendengarkan music juga akan membantumu supaya lebih rileks. Gunakan headset agar tidak mengganggu orang lain.

Nah, sekarang kamu sudah tahu posisi duduk yang benar ketika berada di depan komputer. Pelan-pelan coba ubah kebiasaan dudukmu yang ternyata keliru. Imbangi dengan olahraga ringan yang rutin di waktu luang. 

Jangan lupa beritahukan kepada teman-teman atau keluarga ya... Siapa tahu mereka memiliki masalah yang sama denganmu. Tentunya kamu juga tidak mau rekan-rekanmu sakit-sakitan ketika diperlukan. Selamat bekerja dengan gembira dan say bye bye pada nyeri punggung!

Oleh: Satrio Rizki Dharma 

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni