18 Hal yang Harus Kamu Ketahui Diusia 22

Usia 20 adalah gerbang menuju kedewasaan. Dimana saat itu kamu dituntut untuk “lebih” dalam segala hal. Baik itu dalam keluarga, kampus, masyarakat, dan mungkin pacar. Dalam usia ini kamu sudah bukan lagi mencari jati diri, namun kamu telah menemukannya. Usia 20 tahun adalah moment perkembangan jati diri kamu menuju kematangan.

Banyak hal yang harus kamu coba, jangan perdulikan bila nanti salah atau benar. Coba saja semua hal-hal baru yang diinginkan. Karena 10 tahun lagi mungkin kamu tidak akan bisa sebebas itu. 10 tahun lagi mungkin udah menjadi seseorang yang lebih matang dari segala hal. Tapi sudah tidak cocok untuk mencoba hal baru.

Di usia 30 kamu tidak mungkin hanya akan memikirkan dirimu sendiri. Dan lebih punya tanggung jawab lebih besar. Di usia itu kamu mungkin sudah punya keluarga kecil yang harus menjadi daftar prioritas kamu di atas apapun. Namun dalam artikel ini tidak akan membahas apa-apa saja yang harus dijalani pada usia 30 tahun, namun kamu akan melihat 18 hal yang harus diketahui saat usia 20 tahun.


Bagi yang sudah berusia 30 tahun, tidak ada salahnya juga membaca artikel ini. Sekedar untuk mengingat masa lalu yang membuta anda tertawa, atau bahkan jika belum pernah tahu informasi ini. So simak baik-baik ya, 18 hal yang harus kamu ketahui di usia 20 tahunan.

Cintai ususmu

Semakin bertambah umur makanan dan minuman yang dikonsumsi semakin beragam. Kamu sudah tidak lagi hanya minum ASI dan bubur bayi. Saat usia 20 tahunan kamu bahkan sudah pernah mencoba makanan atau minuman yang berbahaya.
Sadarilah jika semua daya kerja organ tubuhmu semakin lama semakin menurun, misalnya, usus. Usus tidak mungkin akan bekerja dengan ringan seperti saat minum ASI dan bubur bayi.  
Kamu harus selektif terhadap asupan makanan dan minuman. Hindari makanan isntan seperti mie instan. Apapun jenis Mie akan tetap berbahaya jika mengkonsumsi secara berlebihan. Apa lagi jika menjadikan mie sebagai pengganti nasi dan memakannya setiap hari. Kamu akan merusak ususmu sendiri.

Usus akan sangat kesulitan menguraikan mie menjadi kotoran dengan cepat. Kemudian kamu juga harus menghindari alkohol. Bagaimanapun juga alkohol akan merusak tubuhmu secara perlahan. Ringankan kerja ususmu dengan makan makanan sehat. Makanan yang tinggi serat, perbanyak air putih dan olah raga.


Batasi karbohidrat dan gula

Usia 20 sedang bebas-bebasnya mencoba kuliner. Kamu akan tergiur dengan makanan tinggi karbohidrat, cemilan dan minuman manis. Dan merasa sangat menikmati hidup. jika kamu berusia 20 tahun dan sedang aktif-aktifnya berkegiatan, pastinya akan menghadapi siklus makan yang berantakan.

Apa saja yang dimakan saat lapar. Kamu tidak lagi memperhatikan jam makan. Padahal perlu diketahui, jika tidak menjaga asupan karbohidrat dan gula dengan baik, disitulah kamu menunggu waktu kapan penyakit ganas akan bersarang dalam tubuhmu.

Gula dan karbohidrat yang dikonsumsi di usia 20 tahunan secara “awur-awur”an, akan menimbulkan penyakit serius dikemudian hari. Misalnya jika kamu mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung gula secara berlebihan saat berusia 20 tahunan, akan berpotensi terserang penyakit diabetes saat tua.
Jika kamu mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan kamu akan mengalami obesitas. Obesitas tidak hanya membuat tubuhmu semakin besar, tapi perlu diketahui penyakit-penyakit serius yang akan ditimbulkan jika mengalami obesitas. Diantaranya adalah jantung, sesak nafat, stroke, dan susah untuk mempunyai keturunan. 
So..perhatikan asupan karbohidrat dan gula kamu dari usia 20 tahunan. Semakin awal kamu disiplin menjaga pola hidup sehat, semakin kamu sehat lebih lama hingga tua nanti.


Dapatkan semua pengalaman

Di usia 20 tahunan, kamu adalah manusia dengan aktifitas yang tinggi, etos kerja yang luar biasa dan itu memang perlu kamu jaga. Usia 20 tahunan adalah usia dimana harus memulai memikirkan pekerjaan apa yang cocok dan yang akan dipilih.

Bekerja membutuhkan ketekunan dan keuletan serta mood yang baik dalam jangka waktu yang lama. Maka diusia 20 tahunan, cobalah berbagai macam pekerjaan.
Jangan fikirkan gaji, tapi utamakan pengalaman. Gaji memang penting, namun jangan jadikan itu tujuan utama. Karena saat kamu belum menikah, semua kebutuhanmu masih akan dipenuhi oleh orang tua. 
Dengan mencoba banyak pekerjaan, otomatis kamu akan mendapatkan cukup pengalaman. Timbang baik-baik sebelum kamu memutuskan pekerjaan yang akan kamu jalani untuk beberapa lama. Karena semua pekerjaan pasti punya konsekuensi yang berbeda satu sama lain.

Berdiskusilah dengan orang-orang yang sudah pernah bekerja sebelumnya. Atau kamu dapat meminta pendapat keluarga, sebagai orang yang paling dekat denganmu se
belum kamu punya istri atau suami.


Gaya hidup yang aktif


Gaya hidup aktif bukan semata-mata bekerja tak kenal waktu. Kamu dapat melakukan hal-hal kecil namun tergolong kegiatan aktif. Kegiatan itu adalah berjalan kaki. Mulailah hidup sehat di usia 20 tahunan dengan berjala kaki pada radius maksimal 3 kilometer. Banyak sekali manfaat berjalan kaki.

Kamu akan merasakan peredaran darah pada tubuhmu semakin lancar, membuat tulangmu jauh dari pengeroposan, menyehatkan jantung, memeperlancar metabolisme tubuh. Kamu juga dapat memperhatikan sekelilingmu dengan lebih detail saat berjalan kaki. Dan pengalaman itu tidak akan kamu dapatkan juka naik angkot, naik motor, atau mobil.

Nanti tubuhmu akan terasa pegal, tapi itu akan hilang saat semua sudah menjadi kebiasaan. Jika kamu memang benar-benar pekerja keras yang jarang punya waktu untuk berjalan kaki, sempatlah hal itu di awal menjalani hari-hari. Bangunlah lebih pagi, bukan hanya untuk berjalan kaki, tapi kamu juga akan mendapatkan kesegaran yang diberikan embun pagi secara gratis.
Manfaat berjalan kaki di pagi hari tidak akan merubah kulitmu menjadi hitam, karena matahari pagi tidak mengandung sinar UV. 
Namun jika dirasa berjalan kaki saat pagi masih sulit karena kamu baru pulang dari aktifitas siang hari, jangan khawatir. Kamu bisa melakukan olahraga berjalan kaki di sore hari. Memang manfaat matahari sore tidak sebaik pagi hari, tapi kamu akan mendapatkan bonus lemak yang luntur.


Jadi boss diusia muda

Mungkin kamu berniat menjadi seorang wirausaha yang sukses. Di usia 20 tahun jangan pernah takut untuk bermimpi seperti itu. Justru di suia 20 tahun ini sangat pas untuk merintis impian menjadi seorang boss di usia muda. Jika kamu sudah punya cukup modal, cobalah buka usaha sesuai dengan minat dan bidang yang dikuasai.
Kerjakan secara mandiri dan nikmati hasilnya sendiri. Ingatlah bahwa tidak ada usaha yang langsung sukses. Jangan gampang patah semangat ataupun tergoda dengan usaha lain yang lebih menjanjikan prospeknya. Yang perlu kamu lakuan adalah rintis usahamu dengan tekun dan ulet.
Memang  usia 20 tahun adalah usia yang berat jika harus merintis usaha sendiri, dan bukan menjadi karyawan. Tapi dengan tekad, tekun dan keuletan yang dimiliki kamu akan meraih kesuksesan itu. Banggalah karena kamu adalah seorang boss, bukan menjadi seorang karyawan, meskipun penghasilanmu masih sedikit.


Jangan mengandalkan orang lain


Usia 20 tahun adalah usia aktif dan produktif. Kondisi tubuhmu masih bagus. Kamu mungkin belum terkena penyakit serius. So, jangan gantungkan perkerjaan apapun dengan orang lain. Walaupun manusia adalah mahluk sosial tapi bukan berarti kamu dapat mengandalkan orang lain untuk mengerjakan pekerjaanmu.

Termasuk jika kamu punya uang banyak untuk membayar orang lain melakukan pekerjaanmu. Hal itu akan membuatmu tumbuh menjadi pribadi yang malas. Mulailah kebiasaan untuk mandiri. Tanamkan dalam fikiramu jika bisa dikerjakan sendiri ngapain harus minta tolong orang lain. Dengan mengerjakan semua seorang diri, kamu akan mendapatkan kepuasan batin.

Kamu juga dapat mengatur apa saja sesuai dengan standartmu. Selain itu jika melakukan pekerjaan itu sendiri, kamu punya cerita untuk dibagikan dengan orang lain, atau minimal bagikan dengan anak-anakmu kelak. Berceritalah seperti super hero yang bisa dan pernah melakukan apapun. Dan kamu tidak akan menjadi seperti itu jika  menggantungkan pekerjaan apapun kepada orang lain.


Usaha terbaik

Lakukan semua hal dengan maksimal. Berikan semua usaha yang terbaikmu. Karena usia 20 tahun yang produktif tidak akan bertahan lama. Waktu terus berlalu dan cepat atau lambat kamu akan memasuki usia matang. Tidak banyak yang dapat kamu kerjakan pada usia tersebut, apa lagi pekerjaan yang tujuannya untuk diri kamu sendiri.

Kamu tidak akan punya waktu lebih untuk sekedar main PS, futsal, bahkan untuk hang out bareng teman-teman di usia 40 tahun. Namun ketika melakukan banyak pekerjaan dan aktivitas, pastilah tidak dapat fokus pada semuanya. Dan mungkin ada beberapa hal yang kamu rasa gagal melakukannya.
Jangan berkecil hati ataupun patah semangat ingatlah, setidaknya kamu sudah pernah mencoba dan mengusahakan yang terbaik. Soal hasil, tidak perlu memikirkannya. Namun jika berhasil di usia muda, lebih bangga dong tentunya.

Hemat 

Mengatur uang memerlukan latihan dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Ketika usia 30 atau 40 tahun kamu akan kesulitan mengatur keuangan. Mulailah belajar hemat dan atur uangmu di usia muda. Kebiasaan ini akan berdampak baik ketika usiamu sudah matang.
Hemat bukan berarti pelit. Tapi hemat adalah menyisihkan sisa uang setelah kamu memenuhi prioritas kebutuhan kamu. 
Bagi yang anak kos, mungkin sedikit sulit untuk berhemat, tapi jika kamu ingin pasti bisa. Sisihkan uang dari jatah makanmu, belajarlah untuk memasak sendiri. Selain lebih hemat, makanan yang dimakan akan lebih higienis.


Fokus hasilkan karya daripada kenangan

Ketika kamu memasuki usia 20an, hasilkan karya-karya sebanyak mungkin. Jangan hamburkan uangmu untuk sekedar bersenang-senang membuat suatu kenangan bersama teman-temanmu. Sebuah karya akan menjadi suatu kebanggaan yang berwujud dan bisa kamu ceritakan dengan orang lain dari pada kenangan.

Bersenang-senang memang penting untuk hiburan dan penghilang stres saat kamu ditingkat kejenuhan dan aktivitas yang tinggi. Namun kamu harus pandai mengatur waktu, jangan sampai bersenang-senang menjadi prioritas yang lebih besar dari pada berkarya


Jomblo adalah pilihan


Jika kamu memilih jomblo pada usia 20 tahunan, artinya kamu memilih terbebas dari aturan, karena ketika kamu terlibat relationship dengan seseorang, kamu pasti mempunyai komitmen tertentu. Biasanya kamu akan terlibat perjanjian dengan pasangan tentang apa-apa yang boleh dikerjakan dan tidak. Di usia 20 tahun kamu akan rugi jika membina hubungan dengan konsep semacam itu.
Usia 20 tahun adalah saatnya kamu untu bebas mengeksplor kemampuan dan bakat yang kamu miliki dengan melakukan apapun. Hubungan pacaran hanya akan membuat kamu terkekang dan tidak berkembang.
Disini Nilni.com tidak melarang atau menganjurkan kamu untuk terikat hubungan dengan seseorang. Jika kamu terlanjur dalam situasi tersebut, berusahalah mengkomunikasikan dengan pasangan hal-hal yang sekiranya akan menghambat perkembanganmu. Kamu tidak perlu risau soal jodoh. Karena jika kamu telah sukses, jodoh akan mengikutmu. Namun mencari jodoh di usia 20 tahun sepertinya bukan pilihan yang tepat.


Salin dokumen-dokumen pentingmu

Hal ini menghindari dari kejadian buruk yang tidak diinginkan. Kamu bisa membuat duplikat sertifikat, akte, ijasah dan dokumen-dokumen penting lainnya. Serahkan pada seseorang yang dipercaya untuk menyimpannya.


Hindari alasan yang memalukan

Ketika kamu berusia 20 tahun, mulailah untuk belajar tentang sebuah ketegasan. Pada usia itu kamu sudah cukup untuk menentukan hal yang baik atau buruk bagimu. Kamu juga sudah tahu mana yang kamu ingin lakukan dan yang tidak.
Jadilah pribadi yang tegas untuk menentukan hal itu. Jangan menggunakan alasan yang memalukan saat kamu tidak mau melakukan suatu hal. Atau jangan asal menerima melakukannya hanya karena tidak enak hati dengan orang lain

Jangan takut untuk ambil resiko

Di usia 20 tahun mulailah jadi pribadi yang pemberani, karena segala sesuatu pasti ada resikonya. Jika kamu hidup dengan di hantui rasa takut kamu tidak akan pernah melangkah maju. Namun ada beberapa hal yang kamu sudah ketahui itu buruk tanpa kamu harus mencobanya. Misalnya : narkoba, free sex, mencuri, serta merampok.


Berfikir sebelum bertindak

Di usia 20 tahun kamu harus mulai berfikir sebelum bertindak, tindakan yang akan diambil. Salah dalam bertindak kamu bisa saja terjerumus pada situasi yang buruk, dan terjebak dalam waktu yang lama.
Jika sudah seperti itu waktu produktif kamu di usia 20 tahun akan terbuang sia-sia untuk keluar dari jebakan yang sangat merugikan.

Diam

Mulutmu adalah harimaumu. Ungkapan mengajarkan kamu untuk berfikir sebelum bicara. Pilihlah untuk berdiam diri sejenak ketika kamu dihadapkan pada pilihan yang sulit. Jangan asal bicara hanya untuk menunjukkan pada orang-orang kamu terlihat cerdas.

Karena segala sesuatu hal yang kamu keluarkan dari mulutmu bisa berpengaruh besar untuk kelanjutan hidupmu. Jangan sampai hanya karna salah bicara kesempatanmu untuk meraih sesuatu yang baik di usia 20 tahun akan lenyap sia-sia.


Percaya Diri

Kamu perlu punya sikap PD saat usia 20 tahunan, sifat itu akan memudahkanmu untuk berinteraksi dengan orang lain. kamu patut percaya diri untuk dapat menunjukan bakatmu didepan banyak orang.

Kamu tidak akan menyangka jikalau hari keberuntunganmu akan datang pada saat itu. Jangan sia-siakan bila ada kesempatan untuk berkembang hanya karena tidak PD.
Karena kesempatan mungkin tidak akan datang untuk yang kedua kalinya.

Jangan mencoba merubah orang lain

Saat usia 20 tahun, yang perlu dilakukan adalah memperbaiki diri sendiri. Sudah saatnya kamu keluar dari zona nyaman dan merubah kibiasaan burukmu, karena segala sesuatu tidak bisa diraih dengan instan. Perlu membiasakan diri sedari muda untuk mendapatkan kebiasaan yang baik.

Perlu ditahu, saat berusia 20 tahun dan saat itu ingin merubah orang lain, kemungkinan kamu akan di anggap remeh. Apa lagi jika mencoba merubah pandangan orang tuamu. itu adalah perbuatan yang sia-sia. Orang tuamu akan berfikir bawa mereka yang terlahir lebih dulu  ke dunia, dan mereka juga berfikir bahwa mereka telah lebih dulu mencicipi asam garam kehidupan.

Gagasan-gagasan kamu untuk merubah pemikiran mereka akan sangan sulit. Lebih baik memberikan contoh langsung, dengan begitu kamu bukan hanya menjadi pengaruh positif bagi orang lain, namun juga telah melakukan pembiasaan diri untuk membentuk karakter yang lebih baik.


Bersyukur

Menjadi seorang yang pandai bersyukur akan membuatmu menikmati kebahagiaan yang dilimpahkan padamu selama 20 tahun ini. kamu akan jauh dari perasaan minder, karena minder akan menghambat langkahmu untuk menuju kesuksesan.

Itulah sedikit nasehat yang dapat nilni.com bagikan kepada kamu yang kini akan memasuki usia 20 tahun. Semoga bermanfaat.

Oleh: Puri Candraditya

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni