19 Cara Mudah Mengespresikan Diri Sendiri

Setiap orang diciptakan berbeda dan unik satu sama lain. Kamu mungkin sudah merasa cukup mengenal dirimu sendiri. Begitu halnya dengan menjadi diri sendiri di setiap rutinitas yang kamu hadapi juga sudah kamu jalani. 

Sekarang saatnya belajar untuk mengekspresikan dirimu sendiri. Biarkan orang lain tahu bahwa inilah dirimu yang sebenarnya. Berikut ini ada 19 cara yang bisa lakukan untuk membantu mengekspresikan dirimu.

Fun girl : Pixabay


1. Jangan ragu-ragu untuk menunjukkan bidang yang kamu sukai dan kuasai pada orang lain 

Hal itu akan membuatmu menonjol. Ekspresikan dirimu sebebas mungkin di bidang tersebut misalnya dalam bidang seni atau olahraga. Buat orang lain tertarik dengan kemampuan yang kamu miliki.


2. Cobalah bercermin dan memuji dirimu sendiri 

Bukan berarti kamu akan jadi narsis atau sombong. ini bisa menambah tingkat kepercayaan dirimu, bahwa kamu tidak perlu menjadi orang lain untuk jadi hebat. Kamu hanya perlu menjadi dirimu sendiri yang sebenarnya memiliki banyak potensi.


3. Jujur kepada diri sendiri

Artinya kamu menerima kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Menghadapi orang lain dengan jujur dan apa adanya. Tidak berusaha menutupi dengan hal yang bukan menjadi bagian dari dirimu.


4. Kenali siapa dirimu yang sebenarnya 

Temukan apa yang kamu sukai dan benci. Hal apa yang unik dan berbeda darimu. Gali lagi potensi dan bakatmu.


5. Buat daftar tentang hal-hal yang kamu sukai

Jangan biarkan orang lain tau hal-hal yang kamu sukai. Ini bisa jadi sangat menyenangkan dan tentunya bisa membantumu mengekspresikan diri.


6. Menyenangkan orang lain bukanlah perbuatan yang keliru

Tidak ada salahnya apabila kamu bekerja keras demi melihat orang lain bahagia. Namun meski begitu kamu tidak perlu melakukan sesuatu yang tidak kamu suka untuk membahagiakan orang lain. Jangan pakai sesuatu yang orang lain bilang keren padahal kamu tidak menyukainya samasekali.


7. Menghias kamar tidurmu

Kamu bisa mulai dengan mengecat dinding kamarmu dengan warna-warna yang kamu sukai. Tambahkan hiasan dinding seperti lukisan atau kamu juga bisa menempel poster-poster maupun stiker dinding. Pastikan kamarmu mencerminkan pribadimu.


8. Pakailah aksesoris-aksesoris unik yang kamu suka 

Misalnya kamu menemukan anting, gelang atau kalung lucu di sebuah pasar seni atau bisa jadi tas tangan yang jarang dimiliki orang lain namun kamu menyukainya.


9. Buat  t-shirt membosankanmu menjadi sesuatu yang mencerminkan dirimu dengan memasang manik-manik, payet, lencana, cat kain, kancing, rantai, pita, detil jahit dan banyak lagi!


10. Jika kamu tidak suka dengan tren fashion saat ini maka buat tren mu sendiri! 

Kamu bisa mengombinasikan beberapa potong pakaian yang biasanya jarang kamu kombinasikan. Jika hasilnya bagus dan kamu pun menyukainya maka kamu sudah punya tren fashionmu sendiri.


11. Jangan takut menambahkan kesan pribadi ke dalam pakaianmu

Ketika kamu memakai pakaian yang modis, akan terasa berbeda sekaligus personal kalau kamu memakai kalung dari nenekmu, sepatu milik ayah atau ibu dengan banyak kenangan di dalamnya atau aksesoris lain dari pacarmu yang tentu saja memiliki arti sesuatu.


12. Kenakan baju yang benar-benar kamu sukai 

Artinya tidak perlu merasa tertekan bahwa kamu harus mengikuti tren mode yang digemari saat ini, meskipun kamu tidak menyukainya. Jika kamu menyukai gaya atau warna pakaian tertentu pakailah dengan bangga. Jangan pedulikan apa yang orang lain bilang saat melihatmu berbeda, karena saat itulah kamu sedang menjadi dirimu sendiri.


13. Banggalah menjadi diri sendiri

Tidak perlu takut jadi berbeda dan mengikuti selera orang lain. Kamu adalah kamu karena setiap orang diciptakan unik dan berbeda. Hal itulah yang membuatmu menjadi seorang pribadi.

i love my self : Pixabay


14. Personalisasi handphonemu 

Kamu bisa menempel manik-manik, garskin atau stiker handphone hasil desainmu sendiri. Bisa juga memasang phone case dengan gambar yang unik di handphonemu. Nada dering juga bisa menunjukkan pribadimu pada orang lain. Pasang lagu kesukaanmu sebagai ringtone handphonemu, atau kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan berbagai aplikasi. Jadikan foto bersama keluarga, teman-teman atau binatang peliharaanmu sebagai wallpaper handphonemu.

15. Sesuaikan hal-hal yang kamu miliki sebagaimana kamu menyukainya

Kamu bisa menempel stiker di buku-buku catatan sekolahmu, menjahit sendiri patch ke jaket atau tas ransel kesayanganmu. Tambahkan papan pengumuman ke dinding kamarmu yang mulai membosankan, bila perlu tambahkan lampu hias untuk membuatnya lebih cerah.


16. Dengarkan aliran musik tertentu yang kamu sukai, 

meskipun aliran tersebut tidak terlalu populer. Kalau kamu memang suka musik rock atau jazz jangan takut mendengarkan koleksi CD-CD lamamu dan jangan lupa ceritakan pada temanmu tentang band kesayanganmu. Rekomendasikan pada mereka untuk ikut mendengarkannya juga.


17. Bercermin sebelum bepergian keluar 

Jika apa yang kamu lihat di cermin belum bisa membuatmu tersenyum maka sia-sia apa yang kamu lakukan dalam berdandan. Begitu halnya jika kamu masih merasa ada yang salah dengan kombinasi pakaian yang kamu kenakan. Pastikan bahwa kamu sedang memakai apa yang benar-benar kamu sukai dan mengekspresikan dirimu yang sebenarnya. Tidak peduli seburuk apapun yang orang bilang tentangmu, kamu harus menyukai dirimu sendiri ketika bercermin.


18. Ceritakan apa yang kamu rasakan pada orang lain dengan jujur 

Jika kamu berbohong, kamu tidak menunjukkan perasaanmu yang sebenarnya dan membiarkan orang tahu apa yang kamu inginkan. Beritahu orang lain tentang mimpi dan cita-citamu, apapun yang kamu sukai dan tidak sukai. Tidak peduli seberapa aneh kedengarannya bagi orang lain, cukup biarkan mereka tahu agar mereka belajar memahami dirimu yang sebenarnya.


19. Ingatlah untuk jangan khawatir tentang penilaian orang lain tentang dirimu 

Biasanya orang yang istimewa dalam hidupmu akan cenderung menerima dirimu apa adanya. Jika mereka terlalu menilaimu atau mengejek penampilanmu, tanyakan pada diri sendiri: "Apakah pendapat mereka benar-benar penting?"


Itulah 19 cara yang bisa kami bagikan untuk membantumu mengekspresikan diri sendiri. Semoga bisa bermanfaat. Selain cara-cara di atas masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengekspresikan dirimu. Tugasmu adalah menemukannya, karena tidak ada yang lebih mengenal dirimu selain dirimu sendiri. Ingatlah bahwa setiap orang diciptakan sebagai pribadi yang berbeda. 

Oleh karena itu tidak usah selalu menuruti apa kata orang tentang dirimu. Tidak perlu menjadi orang lain agar kamu diterima menjadi bagian dari mereka. Kamu adalah sebaik-baiknya dirimu dan biarkan orang lain tahu dengan mengekspresikannya. 

Siapa tau kelak suatu saat kamu justru akan dijadikan panutan orang lain yang tidak percaya dengan potensi dirinya sendiri. Jangan biarkan itu terjadi, kabarkan pada orang lain betapa pentingnya menjadi diri sendiri dalam pergaulan.

Oleh : Satrio Rizki Dharma

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni