31 Cara Cerdas Mengatur dan Membersihkan Dapur

Sebagian besar keluarga menghabiskan waktu bersama di ruang makan. Ruang makan juga identik berdekatan dengan dapur. Keduanya cenderung berada dalam satu ruangan yang tidak terpisahkan. Di sana banyak obrolan-obrolan hangat yang bisa mempererat hubungan kekeluargaan.

Keceriaan dan kebahagiaan sering tercipta di ruang makan. Suasana kebahagiaan juga mampu dibangun dengan mengatur dan membersihkan dapurmu. Dapur sederhana akan membantu memaksimalkan ruang penyimpanan yang kamu miliki. Hal tersebut juga memungkinkan untuk menjaga dapur tetap terjaga dan terkelola dengan baik .
kitchen: pixabay
Ketika kamu sedang membersihkan rumah, dapur harus menjadi prioritas, mengapa? Karena dapur adalah tempat makanan yang akan kamu makan, maka jagalah kebersihannya. Oke guys..langsung disimak ya, 31 cara cerdas mengatur dan membersihkan dapurmu.


1. Gunakan magnet

Kamu dapat mengatur bumbu dapur kamu dengan menempelkan di magnet. Tentunya sebelum itu harus memilih toples bumbu yang dapat lekat dengan magnet. Kamu juga dapat menggunakan magnet untuk menyimpan pisau, sehingga tidak perlu menggunakan blok pisau.
Pastikan kamu menggunakan magnet yang cukup kuat agar dapurmu tidak hujan pisau.


2. Manfaatkan rak majalah

Manfaatkan rak majalah yang berukuran besar sebagai tempat penyimpanan barang-barang dapur yang berbentuk pipih mendatar. Contohnya adalah talenan atau alas pemotong.


3. Talenan di atas wastafel

Manfaatkan talenan yang panjang dengan meletakkan diatas wastafel. Manfaatkan untuk tempat sayuran, buah, atau ikan. Hal ini bermanfaat agar kamu tidak mengalaskan talenan dilantai. Selain itu kamu juga bisa langsung mencuci setelah memotongnya.

Dengan begitu kebersihan bahan makanan yang akan dimasak sangat terjamin. Manfaat yang lain adalah, kamu bisa menyembunyikan piring kotor yang ada di wastafel.


4. Pelabelan

Menyematkan label adalah cara yang bagus untuk membantumu mengatur dapur. Tempelkan label pada semua peralatan dapur yang dipunyai. Label itu berisi nama tempat penyimpanan peralatan tersebut.

Dengan begitu membuatu menjadi lebih disiplin untuk meletakkan peralatan dapur pada tempat semula sesuai dengan nama labelnya.

Disiplin adalah suatu sikap yang penting untuk menjagaa kebersihan dan keteraturan dapurmu. Tanpa sikap disiplin, tips-tips apapun yang telah kamu baca tidak akan berguna.


5. Penambahan laci

Ketika kamu kehabisan tempat untuk menaruh barang jangan membeli lemari rak baru, karena dapat membuat dapurmu sesak. Cukup menambahkan beberapa laci. Laci akan menghemat tempat didapurmu.


6. Pisahkan bumbu dapur
kitchen: pixabay
Bumbu dapur khususnya rempah rempah memainkan peran besar bagi banyak orang ketika memasak. Agar menjaga bumbu tersebut tetap awet, maka simpanlah di toples-toples kecil, kemudian tata dengan rapi.

Kamu dapat memanfaatkan rak pada lemari dapur sebagai ruangan penyimpanannya. Jangan menggunakan rak lemari untuk menyimpan panci atau wajan, karena hal itu membuat penyimpanan tidak efektif dan membuat dapur kamu terkesan berantakan.


7. Bersihkan perabotan perak

Untuk perabot dapur seperti pisau, sendok dan garpu serta piring berjenis stailees steel kamu harus memperhatikan kebersihannya secara serius. Karena perabot dapur dengan jenis seperti itu sangat rentan dengan karatan, apa lagi jika kamu membersihkannya dengan menggunakan mesin pencuci piring.

Potensi karatan akan semakin besar. Karena mesin pencuci piring, mencuci dengan tidak terlalu bersih. Cara membersihkan perabot jenis diatas agar hilang dari karatan adalah rendam perabotan dapur kamu yang berjenis stainlees steel dengan perasan jeruk lemon selama beberapa menit. Hal itu akan meluruhkan karat sehingga mudah untuk di gosok. Setelah itu bersihkan dan lap hingga kering.


8. Tempat tutup panci 

Jika memiliki tutup panci dengan jumlah yang lebih, kamu dapat membuat tempat dari kayu yang dipaku di tempok memberikan ruangan di tengahnya. Kamu dapat meletakkan tutup panci di ruangan tersebut dengan mengaitkan pegangan panci dengan kayu.


9. Tablet 

Apakah Kamu memiliki tablet lama yang jarang kamu gunakan? Jika demikian, kamu dapat menggunakannya menjadi tablet dapur khusus. Dengan demikian kamu dapat menyingkirkan kertas-kertas seperti kalender,  dan resep yang tersebar di sepanjang meja. Cukup dengan tablet kamu dapat berkreasi apapun di dapur.

Misalnya : kamu ingin mencoba masakan baru, dan kamu belum mendapatkan  resepnya, kamu hanya perlu menjelajah di internet melalui tab dapur. Semua terasa mudah, apapun tips-tips memasak yang kamu butuhkan, hanya perlu beberapa detik saja untuk sampai padamu.

Hal seperti ini mungkin jarang di gunakan oleh orang lain. Mungkin mereka menganggapnya terlalu berlebihan, tapi berfikirlah dari sisi yang lain. Jika lebih banyak manfaat yang akan kamu peroleh
jangan ragu untuk mencoba tips di atas.


10. Manfaatkan sela-sela kecil

Jika memiliki ruangan yang tidak terpakai antara kulkas dan dinding, kamu dapat memanfaatkannya untuk menyimpan makanan kaleng. Makanan kaleng tersebut dapat disusun di papan terbuka berbentuk vertikal.

Papan tersebut bisa di tarik keluar dari ruangan antara kulkas dan dinding, jika kamu ingin mengambil makanan kaleng.


11. Cara tetap sponge kamu kering dan bebas jamur
sponge: pixabay

Jika kamu pernah menemui air yang tergenang saat kamu mencuci piring, itu adalah karena saluran penyaring sampah yang sudah penuh. Bersihkan setiap kamu hendak mencuci piring.

Jangan lupa juga untuk membersihkan spon pencuci piring. Bersihkan setiap selesai mencuci piring, dengan begitu spon kamu akan terhindar dari jamur. Piring kamu juga akan lebih bersih.


12. Atur dengan efektif

Sebenarnya seluruh ruangan dapur dapat dimanfaatkan untuk suatu hal yang lain. Kamu hanya perlu mengatur dan menatanya dengan seefektif mungkin. Manfaatkan celah dalam ruangan dapur untuk menyimpan sesuatu.

Tapi atur dengan rapi agar tidak terkesan berantakan. Buang barang-barang yang tidak terpakai, singkirkan juga bumbu, sayur atau buah yang telah membusuk. Menyimpan itu semua dalam keadaan busuk akan menciptakan penyakit.

Dan hal itu sangat tidak baik untuk kamu dan keluarga kamu. dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai kamu juga telah meluangkan tempat untuk dapat dipakai barang-barang yang lebih bermanfaat.


13. Gunakan laci sisipan

Kamu harus memperhatikan penempatan hal-hal kecil peralatan dapur kamu. Untuk itu kamu dapat memanfaatkan laci yang kosong. Kelola laci tersebut dengan seefektif mungkin. Kamu bisa menaruh sendok, garpu, pisau, gelas atau piring.

Yang paling penting kamu harus mensortir peralatan tersebut sesuai jenisnya. Selain memudahkan kamu saat mengingat letak dan pengambilannya, Dengan menyimpannya dilaci, peralatan tersebut akan terjaga kebersihannya.


14. Atur letak kulkas 

Jauhkan lemari es kamu dari kompor atau wastafel. Dengan begitu lemari es kamu akan lebih awet. Kemudian jika lemari es berada di tempat yang bersih, semua yang tersimpan didalam lemari es tersebut akan terjaga kesegarannya.

Pastikan kamu tidak mencapurkan satu jenis makanan dengan jenis daging, hal itu menghindari persilangan bau dari kedua jenis tersebut. Kamu bukan hanya akan mengalami persilangan bau, tapi juga bakteri pada bahan makananmu yang masih mentah.


15. Pembesih perabotan dapur

Dapur bukan hanya tempat untuk memasak,dan penyimpan perabotan dapur. Namun dapur juga bisa
berfungsi sebagai penyimpan pembersih perabotan dapur. Dengan meletakan pembersih perabotan dapur di sekitar dapur, kamu tidak akan kesulitan mencarinya, karena biasanya kalau tidak menemukan pembersih dapur saat ingin membersihkan perabot dapur.

Biasanya niat tersebut akan tertunda sampai menemukan pembersih dapur tersebut. Hal itu patut dihindari. Membersihkan dapur merupakan suatu keharusan yang harus jadikan kebiasaan, karena kebiasaan yang baik akan menghasilkan suatu hal yang baik pula.


16. Rak minuman

Tempatkan botol minuman atau yang berkemasan botol lainnya di rak lemari es mu yang paling bawah. Selain untuk mengelompokan agar kamu lebih mudah menata dan mengambil,  karena sifat minuman dalam botol cenderung lebih berat.

Jika menempatkan botol minuman di atas, dikhawatirkan akan jatuh dan mengenai barang-barang yang ada di bawahnya. Kamu akan sangat kerepotan bila kekacauan itu terjadi.


17. Rak gantung
refrigerator: pixabay
Gunakanlah rak gantung dalam kulkasmu. Hal terebut akan memaksimalkan ruangan dan mencegah barang-barang yang berukuran kecil terselip. Jika barang yang terselip berupa makanan, maka lama kelamaan makanan tersebut pasti membusuk dan membuat kulkasmu menjadi mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Rak gantung juga memudahkan kamu menggolongkan jenis barang yang sama dalam kulkas. Resiko kontaminasi silang aroma akan menjadi semakin berkurang


18. Menyimpan bawang putih dan bawang merah

Untuk menyimpan bawang merah dan bawang putih di kulkas, kamu perlu menggunakan tempat dari anyaman bambu. Pisahkan tempat bawang merah dan bawang putih. Hal tersebut dapat mencegah kontaminasi bau bawang merah dan bawang putih ke makanan yang lain. Simpan juga bumbu-bumbu lain dengan bau yang menyengat kedalam anyaman bambu tersebut.


19. Bersikan blender

Setelah kamu membuat jus dengan blender, pastikan kamu mencucinya dengan segera. Cucilah dengan air hangat. Bersihkan dengan menggunakan sabun pencuci piring dengan takaran sedikit saja. Gosok bagian tutup dan sela-sela pisau blender. Setelah selesai bilas dengan air biasa.
Pastikan kamu membilasnya dengan bersih, agar tidak tercium bau sabun.


20. Bau di dapur

Ketika memasuki dapur dengan bau yang tak sedap, kamu dapat menyulapnya dengan mudah. Caranya, buatlah masakan dengan campuran vanili yang agak banyak. Masukan kedalam oven dengan suhu 300 derajat.

Aroma yang dihasilkan dari panggangan tersebut dapat menyebar dengan cepat keseluruh dapur kamu. Sebetulnya bukan hanya vanili saja, kamu bisa juga bereksperimen dengan bahan yang lain jika tidak suka dengan aroma vanili. Aroma yang dihasilkan bisa tahan sekitar satu hari.


21. Penyumbatan pipa pembuangan

Untuk mencegah penyumbatan di pipa saluran pembuangan air wastafel, bersihkan dengan air mendidih. Air yang mendidih akan melarutkan sisa minyak dan produk lain yang menempel di pipa saluran pembuangan air watafelmu.

Jika kamu mempunyai baking soda, tuangkan baking soda terlebih dahulu sebelum air menidih. Baking soda merupakan bahan pembersih yang baik serta menyerap bau tak sedap.


22. Perabotan stainless steel 

Jika punya perabotan dapur yang terbuat dari kaca atau stainless steel bersihkanlah secara rutin setelah kering dari rak tempat cucian piring. Kamu dapat memebersihkannya dengan menggunakan cairan pembersih kaca. Caranya semprotkan cairan pembersih kaca pada kain atau serbet.

Pastikan serbet yang akan digunakan dalam keadaan benar-benar kering. Kemudian usapkan pada perabotan dapur berjenis kaca atau stainless steel kamu secara merata.  Dengan begitu kamu akan mendapatkan perabotan kaca dan stainless steel bersih dari debu dan berkilau.


23. Bersihkan stainless steel dengan tepung  

Selain dengan cairan penyemprot kaca, kamu juga bisa menggunakan tepung. Caranya, ambil sedikit tepung kemudian tuangkan pada kain atau serbet. Setelah itu usapkan pada perabot dapur berjenis kaca milikmu.

Usap secara merata pada bagian luar atau dalam perabotan. Setelah itu bilas dan keringkan dengan lap kering. Maka perabotan dapur dengan jenis kaca milikmu akan bersinar seperti baru.


24. Perabotan gantungan
kitchen: pixabay
Gantung peralatan memasak di langit langit lemari. Hal tersebut akan memberikan kesan rapih dan akan menghemat tempat di ruangan dapurmu.


25. Bersihkan oven degan baking soda

Jika sering memasak menggunakan oven, jangan lupa untuk membersihkannya selepas kamu memasak. Agar kotoran seperti sisa makanan, dan minyak yang ditinggalkan makanan saat di oven tidak menempel.

Jika kamu malas membersihkannya, noda-noda tersebut akan menempel sehingga sulit untuk dibersihkan. Namun jangan khawatir jika kamu lupa jika selama beberapa hari tidak membersihkan ovenmu setelah kamu menggunakannya. Kamu masih bisa membersihkannya dengan menggunakan backing soda, air, dan sedikit minyak.

Campur bahan tersebut. Setelah itu ambil lap dan gunakan campuran bahan tersebut untuk mengelap oven kamu. Lap setiap sudut oven bagian dalam maupun luar. Selamat mencoba....


26. Bersihkan perabotan kayu

Masihkah punya perabotan dapur dari bahan kayu? Dan kamu mulai bingung bagaimana cara membersihkannya? Perabot dapur dari kayu tidak bisa terkena air terlalu sering. Karena akan menyebabkan kayu rapuh dan berjamur.

Jika sudah terjadi demikian, maka perabotan dapurmu akan menjadi tidak layak pakai. Perlu cara lain untuk membersihkannya. Simak cara berikut ini:

Kamu dapat membersihakan perabot dapur kamu dengan menggunakan garam dal perasan lemon. Caranya, taburi garam kasar pada perabotan dapur kayumu secara merata, kemudian lumuri dengan perasan lemon, diamkan selama lima menit. Setelah itu gosok perabot dapur kayumu, bilas dengan air dan keringkan.


27. Bersihkan microwave

Jika tengah mengalami kekacauan pasca ledakan microwave, kamu tidak perlu khawatir. Nilni.com punya cara untuk membantu kamu membersihkan kekacauan tersebut.

Caranya : ambil spon yang telah dibasahi air terlebih dahulu, tambahkan esensial oil. Tunggu selama 2 menit  agar microwave sedikit lebih dingin pasca meledak. Setelah itu gosok menggunakan spon untuk mengapus sisa-sisa kotoran yang menempel pada microwave.


28. Bersihkan pancimu

Tentu kalian di rumah mempunyai beberapa panci, dan bingung untuk membersihkannya agar terhindar dari karat. Kamu tidak perlu menggunakan sabun cuci untuk membersihkannya. Ada cara lain yang lebih manjur dan evektif.

Kamu dapat menggunakan garam kasar yang dilumurkan pada panci. Ambil penggosok atau bisa menggunakan pelepah kelapa. Gosok panci, lalu panaskan diatas api kecil hingga panci lembab. Kelembaban tersebut akan menghindarkan panci dari karat.


29. Bersihkan pembuangan sampah dengan lemon dan cuka

Lemon dan cuka adalah bahan yang ampuh untuk membuat tong sampahmu segar dan tidak terlalu bau. Caranya, iris lemon dengan ukuran kecil kemudian tambahkan cuka. Siapkan kantong plastik yang berisi es batu, kemudian campurkan lemon dan cuka. Ikat kantong plastik tersebut dan letakkan pada tong sampah. Simplekan...


30. Menyegarkan mesin pencuci piring

Kamu mungkin berfikir bahwa mesin pencuci piring dapat membersihkan dirinya sendiri. Benar, memang, tapi itu tetap belum bisa membuat mesin mencuci piring kamu bersih secara maksimal. Kebersihan piring kamu terletak juga pada seberapa bersih mesin pencuci piring kamu. untuk itu kamu perlu menggunakan cara di bawah ini :

Kamu perlu memanfaatkan cuka. Caranya, cuka dimasukan secukupnya kedalam mesin pencuci piring saat sedang berjalan membilas. Dengan demikian mesin pencuci piring kamu akan bersih maksimal.


31. Menyegarkan tempat sampah

Untuk membuat tong sampah tidak terlalu bau kamu juga dapat menggunakan baking soda. Caranya sangat mudah hanya menaburkan baking soda di bawah tong sampah kamu. Kamu tidak akan mendapatkan satu manfaat akan bau busuk yang hilang, namun kamu juga akan membuat tong sampah kamu kering.

Mulailah hidup bersih dari dirimu sendiri. Kamu bisa mengawalinya dari lingkungan rumah, khususnya ruangan dapur. Karena dengan hidup bersih dan rapi kamu akan jauh dari penyakit. Sebab, dapur adalah tempat yang beresiko mudah kotor setelah kamar mandi.

Untuk itu kamu perlu memberikan perhatian khusus terhadap dapur yang kamu miliki. Bukan hanya ruangannya saja, melainkan seluruh perabotan masak yang ada di dapur kamu. Biasakan juga untuk menjaga kebersihan tubuhmu saat sebelum dan setelah memasak. Cuci tanganmu sebelum memegang bahan atau peralatan masak kamu.

Hal-hal kecil seperti mengikat rambut, memakai clemek, dan memotong kuku juga penting untuk kamu ingat. Karena penyebaran penyakit bisa lewat apapun dengan mudah. Jika kamu sudah menerapkan hidup bersih, maka pertahankanlah. Lindungi keluargamu dengan cara mengingatkan hal-hal kecil tersebut diatas. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Oleh: Puri Candraditya

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni