6 Pertanyaan yang Harus Dijawab Saat Ingin Memilih Universitas

Melanjutkan kuliah memang membuat pusing bagi calon mahasiswanya. Mau mengambil jurusan apa dan mau kuliah di universitas manalah yang menjadi masalah bagi mereka yang baru pertama kali hendak melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Bagi mahasiswa yang akan melanjutkan sekolah profesi atau melanjutkan S2 ataupun S3 mungkin sudah memiliki pengalaman akan memilih universitas mana untuk menyelesaikan studinya. Namun bagaimana dengan calon mahasiswa yang baru pertama kali mencari universitas?

Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan ketika hendak kuliah di universitas mana. Tapi ada hal yang lebih penting untuk dipikirkan terkebih dahulu oleh calon mahasiswa, yaitu memilih jurusan apa yang cocok untuk dirinya yang sesuai dengan minat dan kemampuannya. Jangan memilih jurusan hanya karena ingin membahagiakan orang tua atau hanya karena ikut-ikutan teman bila kalian tidak ingin menyesal di kemudian hari dan ingin berganti jurusan.

Selain membuang-buang waktu, kita juga membuang-buang uang hanya karena salah ambil jurusan. Buatlah diri kalian nyaman dengan jurusan yang telah kalian ambil. Masa depan ada di tangan kita bukan?

Setelah memilih dan memastikan bahwa jurusan yang kalian ambil benar, selanjutnya kalian harus memikirkan kalian akan kuliah di universitas mana. Kalian berhak untuk memilih universitas kesukaan kalian. Jika kalian ingin kuliah di universitas luar negri, mungkin pertukaran mahasiswa menjadi salah satu solusi untuk memenuhi impian kalian. Namun hal itu akan memerlukan uang lebih dan membuang waktu.

university student: pixabay
 Ada beberapa pertanyaan yang harus kalian jawab untuk memilih universitas yang tepat:


1. Dimana letak ideal bagiku?

Pentingkah bagi kalian untuk berkumpul bersama keluarga ketika akhir pekan atau libur panjang? Jika jarak rumah kalian dengan universitas terlampau jauh hingga harus menempuh waktu beberapa jam, mungkin kalian harus mengurungkan niat untuk sering berjumpa dengan keluarga kalian.

Berbeda dengan hal tersebut, bila kalian menginginkan jauh dari pantauan orang tua, maka jangan memilih universitas yang mampu ditempuh hanya dengan 15 menit perjalanan. Jarak yang tepat bagi beberapa mahasiswa adalah sekita 3-5 jam perjalanan dari rumah sampai jarak yang relatif dekat dapat membantu kalian untuk sering pulang ke rumah bila kalian membutuhkan. Namun jarak yang tidak terlalu dekat dapat membantu kalian untuk pergi dari rumah bila kalian sedang mengalami hari yang buruk.

Diluar jarak dari rumah, kalian juga memikirkan apakah universitas tersebut berada pada daerah perkotaan atau pedesaan. Pertimbangan yang harus kalian pikirkan adalah tinggal di kota membuat kalian mudah untuk keluar dari aktivitas perkuliahan yang padat, sementara di universitas pedesaan memberikan kalian sedikit pengalaman perkuliahan dan persatuan organisasi di kampus.


2. Seberapa besar ukuran kampus yang terbaik untuk saya?

Ada 3 aspek yang harus kalian perhatikan untuk memilih universitas yang tepat. Pertama, lihat seberapa banyak rata-rata jumlah mahasiswa perkelasnya, berapa jumlah mahasiswa perangkatan dan berapa yang belum lulus dari studi mereka. Apakah kalian ingin bertemu dengan banyak orang, atau kalian ingin terlihat lebih pintar dari teman-teman kalian.

Kedua, seberapa besar gedung kampus? Beberapa orang sangat senang mengunjungi kelas-kelas untuk sekedar jalan-jalan karena kegiatan di kelas yang membosankan. Namun ada juga orang yang tidak terlalu senang dengan ruangan yang terlampau banyak dan harus sering berpindah-pindah kelas. Bagaimanapun juga, universitas di perkotaan memiliki daerah yang sangat luas, sehingga mahasiswa membutuhkan strategi khusus agar bisa sampai ke kelas dengan cepat.

university: pixabay
Terakhir, perhatikan rasio antara mahasiswa dengan dosen. Penting bagi kalian yang ingin memiliki hubungan dengan dosen kalian atau ingin mendapatkan perhatian yang lebih di kelas, hindari ukuran kampus yang sangat besar dimana dalam satu kelas terdapat banyak mahasiswa seperti
sebanyak 50 orang atau lebih.


3. Tunggu, seberapa banyak uang yang harus saya keluarkan?

Kita tidak bisa menentukan harga untuk sebuah ilmu, tapi sekolah bisa menentukan berapa biaya yang bisa dikeluarkan untuk mendapatkan semua ilmu yang diperlukan. Tidak mampu dipungkiri bahwa universitas negri di Indonesia jauh lebih murah dari pada universitas swasta. Namun bila kalian tinggal di negara bagian, biaya perkuliahan kalian bisa jadi lebih sedikit.

Diskusikan dengan orang tua kalian mengenai biaya perkuliahan yang kalian butuhkan. Jangan paksakan kemampuan ekonomi orang tua demi bisa kuliah di universitas idaman. Bila kalian tidak ingin membebani orang tua kalian dengan mahalnya pendidikan, kalian bisa bekerja paruh waktu atau berusaha untuk mendapatkan beasiswa.
Bila otak kalian encer, kalian juga bisa menjadi asisten dosen untuk mendapatkan uang saku ekstra, meskipun menyita banyak waktu demi mengejar upah dan pengalaman.

4. Apakah kampus menyediakan sesuatu yang disenangi secara akademis dan profesional?

Banyak di antara kita yang tidak tahu apa yang akan kita lakukan setelah lulus dari kuliah nanti. Bila kalian senang dengan hal-hal yang berbau penelitian dan analisis bisa berkuliah di universitas yang memiliki kualitas tinggi mengenai hal tersebut. Namun bila kalian lebih suka tentang teknologi dan seni, carilah universitas yang menyediakan banyak laboratorium untuk menunjang perkuliahan kalian.

Bila kalian tahu persis apa yang akan kalian lakukan setelah lulus nanti, maka carilah universitas yang mampu menunjang ambisimu. Misal, kalian ingin menjadi seorang apoteker, maka kalian harus mencari universitas yang memiliki akreditasi yang baik mengenai hal tersebut. Kalian juga harus mencari tahu kualitas dari mahasiswa dengan jurusan tersebut dibandingkan dengan universitas lain.

Selain itu, kalian juga harus mencari tahu lulusan dari universitas tersebut apakah mereka mudah mencari pekerjaan setelah lulus dari kuliah atau seberapa banyaknya para lulusan memberikan kesan yang baik dibandingkan lulusan universitas lainnya.


5. Kehidupan sosial yang bagaimana yang kalian cari?

Pentingkah bagi kalian kuliah di luar negri? Selain kalian harus beradaptasi dengan keadaan lingkungan kampus yang berbeda dari Indonesia, kalian juga harus beradaptasi dengan cuaca yang ada pada negara tersebut. Setiap negara memiliki tradisi yang berbeda-beda, sehingga bila kalian tidak mampu mengimbanginya, jangan paksakan diri kalian untuk kuliah di sana.

Bila basket, voli ataupun marching band adalah bagian dari diri kalian yang dapat membuat hati senang, carilah universitas yang mempunyai kegiatan tersebut dan bisa berkumpul dengan universitas lain sehingga dapat menambah pertemanan kalian.

Bila kalian termasuk orang yang suka wisata kuliner dan bosan dengan menu kantin yang itu-itu saja, carilah universitas yang sekelilingnya terdapat berbagai macam restoran yang menyediakan begitu banyak menu yang bisa kalian cicip satu persatu.

Tidak semua universitas memiliki organisasi atau perkumpulan keagamaan. Bila kalian termasuk orang yang religius dan ingin memiliki komunitas keagamaan, maka carilah universitas yang memiliki perkumpulan tersebut untuk menunjang keagamaan kalian. Selain menambah ilmu akademis, kalian juga bisa memperkuat keimanan terhadap Tuhan.


6. Bisakah saya bahagia di sini?

Apa yang kalian inginkan di luar kampus berbeda setiap orangnya. Bila kalian tinggal di rumah, kalian butuh tempat untuk mencari teman dan membuatmu nyaman dengan pertemanan tersebut. Namun bila kalian seorang perantau, maka kalian harus mencari tempat tinggal yang mampu membuat kalian nyaman untuk 2 atau 5 tahun kedepan.
Kuliah tidak hanya mencari universitas terbaik dan belajar dengan tekun untuk mendapatkan predikat cumlaude.

Tetapi kita juga harus mencari tahu apakah kita bisa bahagia dengan lingkungan universitas? Kehidupan sosial dan kegiatan belajar di lingkungan universitas dapat mempengaruhi nilai kita di akademik. Bedakan antara senang dan bahagia. Senang dapat kuliah di universitas idaman bila kita tidak nyaman dengan keadaan di universitas, untuk apa? Hanya menyiksa saja bukan? Beda ketika kita kuliah di universitas pilihan dan mendapatkan lingkungan yang baik, yang mampu menunjang kegiatan perkuliahan, maka kita tak perlu memikirkan beban apapun karena kita sudah merasa nyaman dengan lingkungan universitasnya.

Terkadang, banyak teman ataupun orang tua memberikan saran untuk kita berkuliah di beberapa universitas. Hal ini membuat kita bingung bukan? Mana yang akan kita pilih?
Bagaimanapun juga, saran dari teman ataupun orang tua adalah saran yang terbaik untuk kita untuk memilih universitas mana yang akan kita pilih. Kita ke kampus untuk datang ke kelas, mencatat catatan, dan mengerjakan tugas.

Jadi, jangan mencari universitas karena terdapat tempat favorit liburan keluarga ataupun karena dekat dengan rumah si pacar. Tapi carilah universitas yang sesuai dengan kebutuhanmu, bukan keinginanmu.

Pilihlah universitas yang membuatmu mampu berkembang dengan baik secara akademik maupun pribadi.

Oleh: Devita Putri Ayunita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni