8 Cara Menjauhkan Diri dari Panggilan Telemarketer

Apa sih telemarketer itu, telemarketer bisa disebut orang yang menawarkan produk atau promosi dengan telefon. Mungkin kamu salah satu orang yang pernah mendapat telefon dari telemarketer ini, terkadang ada juga telemarketer wanita yang memiliki suara yang menggoda dan serak. 

Telemarketer memang sangat menganggu ya... 

Karena telfon gak tahu tahu aturan entah itu saat kita sibuk, gak bisa diganggu atau sedang nunggu telefon dari orang lain ternyata yang telefhone adalah telemarketer yang ingin menawarkan produknya, bikin dongkolkan pastinya. Yang menjadi pertanyaan kenapa mereka bisa tahu nama kita 

Telemarker : “Halo apa benar ini dengan mas Rusli?”
Aku      :  “Iya benar mbak, tapi ngomong-ngomong saya mbak bukan mas
 Coba cek lagi nama panjang saya”

Dari mana ya mereka bisa mendapat nomer telefon dan identitas kita. Telemarker ini menggunakan nomer kantor 021............., bila menggunakan nomer handphone hati-hati bisa saja itu penipuan.

Setiap orang memiliki cerita yang berbeda ketika berurusan dengan telemarketer ada yang terjebak, menolak dengan kasar dan ada juga yang tidak bisa tidur karena handphonenya terus berbunyi. Ini sudah seperti teror ya. 

Jika kamu bercerita ddengan teman-temanmu ini akan menjadi cerita yang lucu berurusan dengan telemarketer. Terlebih lagi bila suara telemarketer seperti orang marah-marah, pastinya kesenangan tersendiri. Simak tips-tips berikut ini supaya kamu dapat terhindar dari telemarketer : 

Telemarketer : Pixabay

1. Masukan dalam daftar 'do not call'

Ketika telemarketing sedang berusaha menjalankan aksinya sebaiknya masukan nomer mereka dalam daftar Do Not Call. Agar mereka tidak dapat menghubungi kamu lagi. Dan kamu dapat menjalankan aktifitasmu selanjutnya tanpa terganggu oleh panggilan telemarketing


2. Terlanjur mengangkatnya, jangan putuskan telefon 

Ketika kamu sudah terlanjur mengangkatnya  sebaiknya jangan langsung terburu-buru untuk munutupnya. Karena status telefonmu adalah disconnected. Telemarketing bisa menganggap telefon kamu putus karena sinyal. Dan mereka akan kembali mengbungimu lagi. 


3. Jangan pernah bilang untuk menelfonnya kembali

Saat kamu sedang sibuk dan mendapat telefon dari telemarketing janngan pernah bilang untuk menghubungimu nanti lagi. Mungkin ini adalah trik agar mereka tidak menghubungimu lagi namuan kamu salah. Justru mereka akan menghubungi kamu lagi dalam beberapa waktu kedepan. 

Saat kamu bilang “hubungi saya nanti saja, sekarang sedang sibuk” pengertian itu berbeda dengan telemaketer, mereka menganggap bahwa itu adalah lampu hijau untuk menghubungimu lagi di waktu lain atau dihari lain. Coba saja untuk mengatakan hal tersebut dan pastinya mereka akan menghantuimu lagi. 


4. Bilang 'tidak '

Dengarkan beberapa penjelasan darinya, dan bilang bahwa kamu tidak tertarik. Tapi biasanya mereka akan memaksa kamu untuk membelinya dnegan bicara “mungkin suatu saat nanti Anda akan membutuhkannya”. Atau kamu bisa bilang bahwa kamu sudah memiliki barang yang sama dengan merek yang berbeda. 

Pasti  mereka akan menjawab “ produk kami lebih berkualitas dan lebih bagus dari yang Anda punya. Beli satu lagi tidak masalah”. Hmmm.... sangat menjengkelkan bukan. 

Bila trik tersebut belum juga berhasil saat kamu mulai membandingkan produk tersebut dengan merek lain. kamu bisa membandingkannya mulai dari harga, kualitas dan mereknya. Dan jurus terakhir bilang “maaf saya tidak tertarik, terimakasih sudah repot-repot menjelaskannya”

Jangan lupa untuk bilang tidak sebnayak 3 kali.


5. Jangan marah-marah atau berkata kasar

Telepon : Pixabay
Lebih baik kamu tetap berkata sopan dan santun. Jangan sekali-kali marah bahkan mengumpat. Karena setelah kamu marah dan menutup telephinnya telemarketing tidak akan kehilangan akal untuk terus mengganggumu. 

Untuk balas dendam karena kata-katamu yang kasar mereka akan menelfhonmu hingga ratusan kali. Bahkan hingga larut malam. Mereka cukup pintar untuk membuat harimu terganggu dan membuat tidak nyaman dengan waktu santaimu. 


6. Bicara dengan bahasa daerah atau bahasa asing

Kebayangkan jika ada seseorang yang berbicara, namun kamu justru berbicara dengan bahasa asing atau bahasa daerah yang mungkin telemarketer tidak mengetahuinya. pura-pura saja untuk tidak mengerti bahasa telemarketer dan berbicaralah dengan bahasa lain. cara ini ampuh agar telemarketer mau menutup telefhonnya. 
Tapi terkadang telemarketer akan menelfon kembali dan pastinya kamu harus menggunakan bahasa yang sama seperti sebelumnya.
Cara ini memang unik, bisa jadi ini adalah cara yang halus namun ampuh untuk menjauhkanmu dari telemarketer yang mengganggu. Apalagi di Indonesia ini memiliki keagaman bahasa dengan logat yang berbeda-beda. 


7. Suruh orang lain untuk mengangkatnya

Jika kamu sudah pusing dengan mereka sebaiknya kamu menyuruh temanmu atau orang lain untuk mengangkatnya. Mungkin orang yang tepat adalah anak kecil kalau bisa anak kecil yang banyak, kebayangkan bagaimana mereka berebut untuk ngomong dan pastinya sangat berisik. 

Telemarketer yang BT karena yang menjawab adalah anak kecil atau orang lain akan segera memutuskan telephone. Karena mereka hanya ingin berbicara lansung dengan kamu bukan orang lain.


8.  Giliran 'voicmail' yang menanganinya

Jika semua trik tersebut akhirnya gagal saatnya untuk menyerahkan semuanya pada voicemailmu atau blokir nomer tersebut. Dan masalah beres, tidak perlu khawatir lagi. Namun biasanya telemarketer dapat menelphonemu dengan nomer yang berbeda. Yah telemarketer memang punya ribuan cara untuk menelfonmu. Lebih tepatnya untuk mempromosikan barangnya. 


Mungkin itu semua adalah cara yang formal dan normal. Saat kamu sedang santai-santai gak ada kerjaan, tiba-tiba mendapat telefon dari telemarketer mungkin kamu bisa mencoba cara yang tidak biasa yaitu. Pura-pura curhat sambil nangis dan marah-marah. 

Pastinya si penelpon ini bingung karena tujuannya ingin promosi malah jadi tempat curhatan. Jika kebetulan kamu pas lagi galau, boleh tuh dicoba. Hitung-hitung mereka telah membantumu meluapkan isi curahan hatimu. 
Itulah pekerjaan telemarketer yang memang kerjaannya menelpon orang untuk menawarkan produknya dengan cara yang mengganggu dan memaksa. Mereka sudah dilatih untuk menangani situasi yang akan dilakukan oleh para calon pembeli. 
Trik yang mereka pakai adalah menjemput bola dengan baerharap hari ini menelfhone orang yang kebetulan membutuhkan barang tersebut. Toh mereka tidak rugi untuk berlama-lama telefhone karena biaya ditanggung oleh perusahaan. jika mereka menadapat banyak pemebeli otomatis point dan bonus akan bertambah. 

Ada manfaat lain dari mereka, siapa tahu kamu memang lagi membuthkan banget produk tersebut dan kamu sepakat untuk bertransaksi. Nak sebaiknya sebelum mentranfer uang cek barang secara online. Apakah barang yang ditawarkan memang benar-benar sama seperti yang disebutkan. Jika iya kamu tahukan apa yang harus dilakukan.

Oleh : Rusli Asmiyatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni