Cara Meningkatkan Pengetahuan di Luar Sekolah

Menjadi seorang yang berwawasan pastinya menyenangkan, sebenarnya otak itu memiliki kemampuan yang luar biasa. Jika kamu rajin mengasahnya kemampuan otak tidak menjadi sia-sia. Gak rugi kok bila memiliki pengetahuan yang luas justru banyak keuntungannya. berPengetahuan luas itu keren loh, gak bakalan bikin kamu culun. 

Ilmu didunia ini sangat luas dan beragam, kamu tidak perlu ahli di berbagai bidang cukup berpengetahuan saja itu sudah membuatmu keren. 

Seseorang yang berpengetahuan pastinya mendapat nilai plus dimata orang lain. ingin keren dengan memiliki pegetahuan yang luas, simak tips berikut ini :

Improve Skill : Pixabay

1. Pilih hal apa yang akan kamu tingkatkan

Misalnya kamu tertarik dalam dunia IT nah cari tahu berbagai informasi mengenai teknologi terkini. Usahakan kamu menguasai salah satu favoirtmu. Sebaiknya tak hanya favoritmu saja yang kamu keteahui. Ilmu yang lain juga bisa diketahui biar gak dibilang kudet (kurang up date). Ilmu itu bila dipelajari dan dibagi gak akan habis justru kamu akan semakin ingat.

Tinggal pilih mana yang kamu tingkatkan dan pelajari, apalagi jika kamu ahli dalam bidang tersebut.


2. Banyak membaca

Jaman sekarang membaca bisa dimana saja dan kapan saja. Untuk mencari bahan bacaan sekarang banyak media yang bisa di manfaatkan. Manfaatkan gadget canggihmu untuk memburu ilmu secara online. Tak sulit untuk mencarinya asalkan ada koneksi internet. Media ini juga up to date dalam menyediakan informasi. 
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa membaca dapat meningkatkan kemampuanmu. Jangan malas membaca media apapun ya. Daripada waktu santaimu terbuang sia-sia sebaiknya dimanfaatkan dengan membaca. 
Kamu gak bakalan jadi kutu buku kok dengan banyak membaca. Juga tidak akan membuat rambutmu rontok. Jangan pernah bosan membaca jika kamu tidak ingin disebut kudet.


3. Bergabung dengan kelompok diskusi

Diskusi itu seru loh... dan gak bosenin. Dalam kelompok ini kamu bisa saling bertukar informasi dan pengetahuan. Masalah mengenai bahan diskusi bisa terpecahkan dan terselesaikan. Sebenarnya ketuka kamu sedang berkumpul dengan teman-teman dan membahas sesuatu itu juga termasuk diskusi yang fun. 

Untuk lebih detai bisa bergabung pada kelopok diskusi atau organisasi. Dalam kelompok ini kamu bisa berdebat mengenai masalah yang sedang dibahas.  Pastinya debatnya sportif dan tidak rusuh. 


4. Lakukan research

Jika media diskusi belum cukup memcahkan masalah masih ada jalan lain kok yaitu lakuakn research. Ketika melakukan kegiatan ini banyak fakta baru yang kamu temui. Ilmu yang tadinya tidak kamu ketahui bisa diketahui dengan pasti. 
Melakukan research ini menyenangkan karena kamu bisa mempraktekan sendiri. Misalnya kamu menyukai tentang fashion. Yang bisa kamu lakukan adalah mengahadiri berbagai fashion show yang diadakan para desainner atau yang diadakan lembaga tertentu. 
Research sendiri akan memberi ilmu yang terpercaya karena kamu sendiri yang berusaha memecahkannya.  

Kegiatan ini bisa dilakuakan bersama teman, selain itu kamu juga dituntut untuk bekerja sama dengan orang lain. semakin tambah banyak teman ya...


5. Ikut seminar

Banyak kok seminar yang bermanfaat dan bermutu. Untuk mencari info seminar juga gak susah. Kamu bisa menemukannya lewat koran, majalah, media sosial, selebaran yang ditempel di mading kampus dan info dari teman. 

Para pembicara akan berbagi ilmu dan pengalaman mereka selama seminar. Terkadang ada seminar yang berbayar ada juga yang gratis, itu semua tergantung pada pihak penyelenggara. Kalau yang mahal biasanya pembicara seseorang yang sudah terkenal atau sudah memiliki nama besar. 

Jika kamu berminat tentu tidak masalah untuk mendaftar.

Untungnya di Indonesia ini banyak seminar yang diadakan secara murah dan gratis. Dan para pembicaranya juga orang yang sudah memiliki nama. dan yang paling penting catat hal-hal penting yang telah disampaikan ole pembicara. rajin-rajin mencari informasi di berbagai media ya... 


6. Membaca berita

Berita dari media apapun sangat penting kamu ketahui. Agar tidak ketinggalan mengenai situasi yang sdang terjadi saat ini. Jika kamu tidak sempat menonton berita sekarang para media televisi, sekarang banyak berita dalam bentuk media online. Ketinggalan berita hari ini tidak menjadi masalah karena kecanggihan teknologi. 


7. Membeli buku DAN membacanya

Terkadang informasi yang kita cari tidak bisa dicari lewat media sosial dan media lain. mau tidak mau harus membeli di toko buku. Pastinya pengetahuan yang dicari lebih detail dan komplit dari pada yang diposting di Internet. 

Apalagi buku yang dicari adalah yang diterjemahkan, meski ada media untuk menerjemahkan, namun media tersebut memiliki kekurangan untuk menjadi kalimat yang jelas. Selain itu banyak penulis yang menuangkan ilmunya secara lengkap dan detail ke dalam buku dari pada media sosial. Tentunya ini bisnis bagi mereka.  

Saat kamu berjalan-jalan di mall, sebaiknya mampir sebentar di toko buku. Kamu bisa membaca buku disana secara gratis loh dan disediakan tempat yang nyaman, jika tempat duduknya tidak penuh ya...    


8. Manfaatnya

Carilah ilmu dari buaian hingga liang lahat. Peribahasa itu mengajarkan kita untuk mencari ilmu sepanjang hidup. Ilmu  Banyak manfatnya, ilmu yang kamu ingat bisa kamu bagi kepada anakmu kelak atau teman dan orang sekitar. 
Bila kamu berpengetahuan luas tentu sangat membantumu kelak. Panjang kalau kita ngomongin tentang manfaat ilmu pengetahuan
Yang penting gali terus pengetahuan menurut passionmu ya. Selain mempermudah memcari pekerjaan juga memperkaya otakmu. Nah kalau ilmu yang kamu dapatkan bisa dibagi dengan orang lain sebaiknya berbagilah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membaginya. 

Mulai dari menulis pengetahuan yang kamu miliki di blog, berbagi dengan anggota komunitas dan  yang lebih mulia lagi berbagi dengan anak jalanan atau anak pelosok lainnya.

Selamat mencoba tips diatas, dan pastinya gak bakalan rugi untuk dicoba. 

Oleh : Rusli Asmiyatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni