Cara Menjadi Travel Blogger Profesional by Laurence Norah

2014 adalah tahunnya orang-orang kreatif. Ada ribuan jenis pekerjaan baru yang bermunculan di Indonesia. Era internet di Indonesia sepertinya sudah mengubah cara kita untuk menghasilkan sesuatu, bahkan menciptakan lapangan pekerjaan yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh kita.

Salah satu jenis profesi yang mulai digemari banyak anak muda di Indonesia adalah menjadi Travel Blogger. Beberapa waktu yang lalu, Ziliun.com merilis 17 Travel Blogger asal Indonesia yang sangat giat mempromosikan wisata-wisata di Indonesia. Beberapa Travel Blogger bahkan sudah menjelajah ke berbagai negara di dunia.

Nah, pertanyaannya, apakah kamu suka dunia traveling? Suka backpackeran?

Kalau iya, kamu juga bisa jadi travel blogger seperti mereka. Kali ini Nilni.com akan mengupas tips super lengkap bagaimana menjadi travel blogger. Tips ini kami dapatkan dari Laurence Norah, seorang travel blogger dengan jam terbang sudah menjelajahi 5 benua. Laurence adalah pendiri situs findingtheuniverse.com.

Beach : Pixabay
Laurence sudah aktif menjadi blogger selama lebih dari empat tahun dari sekarang (2010), dan dia mulai serius menggarap findingtheuniverse.com pada tiga tahun terakhir.

Kalau kamu melihat blognya Laurence, pasti kamu ingin bertanya, seperti apa rasanya memiliki blog seperti itu? Bagaimana dia memulai, dan bagaimana dia dan rekannya, Vera, bisa sampai pada pencapaiannya hari ini? Findingtheuniverse.com membantu kita untuk melihat dunia dan, bahkan lebih baik, kita dibayar untuk melakukan itu.


Ini mimpi, kan? 

Tentu saja, seperti meraih mimpi apapun, dibutuhkan banyak kerja keras, sering frustrasi, membuat kesalahan, dan belajar dari hal itu. Mungkin tidak akan terlalu banyak uang yang akan kamu dapatkan, tetapi kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Di postingan ini, kita akan sama-sama belajar bagaimana Laurence dan Vera berbagi beberapa pandangannya tentang apa itu travel blogger, di mana dia memulainya, bagaimana mengubahnya menjadi bisnis dengan penghasilan yang bagus, dan tentu saja, bagaimana kamu bisa menjadi travel blogger seperti Laurence.

Pertama yaitu :

Apa yang dimaksud dengan Travel Blogger profesional? 

Sangat disayangkan, di kamus besar bahasa Inggris Oxford tidak menjelaskan apa itu travel blogger. Tapi, kalau kita pecah per kata, dan menjadi bagian-bagian penyusunannya, maka akan menjadi seseorang yang memiliki blog, atau website, yang sebagian besar isinya difokuskan pada berbagi kisah perjalanan mereka.

Menjadi profesional disini, menurut Laurence, berarti dua hal.
  • Satu,travel blogger adalah sesuatu yang bisa menghasilkan pendapatan. 
  • Dua, travel blogger memiliki pemikiran jangka panjang, dan harapannya bisa memberikan tingkat pelayanan yang professional untuk para pembaca blogmu. 
Untuk hal definisi, memang banyak orang yang memiliki cara pandang yang berbeda. Mulai dari pendekatan jurnalisme, sampai menulis cerita yang lebih ke arah pribadi dan cerita.
Menurut Laurence, kalau kamu memiliki situs web atau blog, kemudian kamu sendiri secara teratur memperbaruinya dengan artikel tentang wisata dari pengalamanmu sendiri, maka kamu sudah menjadi seorang travel blogger. Mudah kan?
Dan kemudian, jika blog kamu bisa mendatangkan penghasilan, dan kamu membuat standar khusus untuk artikel di blogmu, dan kamu mempunyai peraturan-peraturan yang tidak tertulis tentang blogmu,maka blogmu sudah bisa dikatakan sebagai Professional travel blogger.

Image Credit : Pixabay

Tips dan Trik untuk Travel Blogger Pemula 

Cari gairah Kamu 

Kalau kamu akan melakukan sesuatu yang tidak akan menghasilkan uang yang luar biasa untuk satu atau dua tahun, maka kamu perlu melakukan sesuatu yang kamu nikmati.

Laurence mengakui, sebagian besar travel blogger di internet tidak bertahan lama, dengan rata-rata aktifnya blog tersebut sekitar seminggu, dan hanya satu posting.

Hal ini sering terjadi, menurut Laurence, karena orang tidak menulis tentang apa yang mereka sukai. Kalau kamu bergairah tentang sesuatu, kamu akan menemukan waktu untuk melakukannya, sesibuk apapun jadwalmu, dan gairah kamu akan kelihatan dari konten yang kamu buat, yang berarti akan menarik orang-orang untuk melihat blogmu.

Travel blogger memiliki berbagai macam bidang, mulai dari makanan, budget, untuk bersenang-senang, untuk berpetualang, tentang keluarga dan banyak lagi. Laurence dan Vera fokus pada fotografi di situs findingtheuniverse.com, karena di situlah semangat mereka berada.
Doing what you love, carilah sesuatu yang kamu akan tetap melakukannya meskipun tidak dibayar, dan buatlah blogmu di bidang itu.
Satu realitas yang ada - jika kamu tidak menyukai fotografi, makanan, perjalanan, menulis, manajemen diri, dan kamu tidak memiliki perasaan luar biasa tentang hal-hal itu, dan kamu tidak bersedia untuk bekerja keras untuk hal itu, maka travel blogging mungkin bukanlah passionmu.

Ada banyak blog baru setiap hari, dan tidak ada blog yang bisa sukses dalam satu malam. Semua butuh proses, persisten, dan konsisten, sampai orang-orang mengenalnya.


Menulislah dengan teratur, dan pastikan hasilnya baik

Laurence mengakui bahwa dirinya tidaklah sangat lancer untuk tata bahasa Inggris, dia bukanlah seorang ahli dalam tata bahasa, tapi dia melakukan yang terbaik, Vera dan dia bekerja sama membangun findingtheuniverse.com, mereka menulis dan mengoreksi setiap kesalahan yang ada. Mempunya karakter dan ciri khas yang menjadi pembeda dengan travel blogger lain adalah penting, jika kamu ingin menjadi sukses dan dikenal oleh banyak orang dengan karyamu.

Kemudian, hal penting lainnya adalah menulis secara teratur, menulis secara konsisten. Laurence tidak memiliki aturan keras tentang seberapa sering ia menulis dan memposting, atau bahkan berapa lama kamu harus membuat postingan - kamu harus menulis dan memikirkan sesuatu yang bekerja untukmu dan tujuanmu. Tapi, kamu perlu untuk terus melakukannya, dan kamu harus konsisten jika ingin membangun audiens.

Saran pribadi dari Laurence tentang hal ini,  tidak usah terlalu ngotot untuk menulis dan berkomitmen untuk posting setiap hari, tetapi tetapi paling lama adalah menulis satu artikel yang berkualitas dalam dua Minggu.

Setiap orang memiliki kesibukan sendiri-sendiri. Tidak usah memaksakan menulis artikel setiap hari. Izinkan orang lain yang sudah menjadi pembacamu untuk melakukan pekerjaannya, tanpa rasa khawatir ketinggalan postingan terbarumu.

Bukankah sesuatu yang jarang muncul, membuat oranglain menjadi kangen? Terlalu sering dan terlalu eksis kadang membuat kita menjadi terlihat biasa-biasa saja.


Travel blogger adalah tentang kualitas konten 

Untuk menjadi sukses, kamu harus membuat konten yang berkualitas tinggi. Seperti yang kita ketahui tentang blogging, ada saran untuk membangun audiens, kamu akan mendengar orang berbicara tentang hal-hal seperti optimasi mesin pencari (SEO), menggunakan jaringan media sosial untuk mengarahkan arus konten, dan segala macam tips dan trik untuk mengarahkan oranglain  ke situsmu.
Semua hal itu memiliki porsinya masing-masing, tetapi hal yang paling penting yang dapat kamu lakukan untuk menjadi sukses adalah, pastikan bahwa kontenmu adalah yang terbaik
Setiap kali kamu memposting sesuatu, ke jaringan apapun, pastikan itu konten terbaik. Jangan hanya membuat sesuatu atau menulis sesuatu untuk mengejar deadline yang telah diciptakan sendiri. Buatlah yang terbaik, setiap kali kamu menulis.

Tetaplah membuat konten berkualitas tinggi, dan audiensmu akan menemukan siapa kamu. Mereka akan tumbuh dan semakin banyak, dan mereka akan terus datang kembali.

Tidak ada orang yang bersedia untuk datang lagi ke situs yang memiliki konten biasa-biasa saja, bahkan buruk. Itu hanya membuang-buang waktu orang lain. Mulai dari fotomu, ke tulisanmu, ke videomu - konten apa pun yang kamu bagi, buatlah yang terbaik. Tidak ada pengecualian. Tidak ada hal yang lebih memuaskan hati jika kita melakukan sesuatu dengan 100%.

Image Credit : Pixabay

Tentukan tujuanmu 

Salah satu cara yang bagus untuk menjaga diri tetap on the track (mengubah blogmu dari hobi menjadi bisnis) adalah menetapkan serangkaian target yang ingin dicapai dan bisa dicapai. Satu-satunya pesaing dalam membangun travel blog ini adalah dirimu sendiri, musuhmu ada dalam dirimu. Jadilah disiplin. Tetapkan tujuan, pastikan bahwa kamu tahu bahwa kamu melakukan segala hal dengan baik untuk mencapai targetmu.

Tujuan yang kamu inginkan, kata Laurence, akan bervariasi. Tergantung pada dimana fokusmu. Tapi Laurence menyarankan untuk menetapkan tujuan di hal-hal  seperti statistik pengunjung, statistik media sosial, income, mention dai media lain, dan sebagainya.

Buatlah tujuanmu spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis dan berdasarkan waktu. Untuk hasil terbaik, dan periksa kembali dirimu sendiri setiap beberapa bulan sekali, untuk memastikan bahwa kamu berada di jalur yang benar.


Menetapkan niche Kamu / Keahlian 

Lebih mudah untuk menjadi sukses jika kamu memiliki keahlian tertentu yang spesifik, yang membuat blog kamu terkenal dengan spesifiknya keahlianmu itu.

Laurence mengakui bahwa dia dan Vera bukanlah yang terbaik dalam hal mempraktekkan apa yang mereka beritakan berikut ini – Findingtheuniverse.com fokus pada konten fotografi sebagai niche mereka, tapi  fotografi saja tidak cukup untuk sesuatu yang benar-benar niche, karena masih ada fotografi perjalanan wisata mewah dan perjalanan wisata murah. Ups.


Tahu kelemahanmu 

Tidak semua orang ahli dalam segala hal. Kamu mungkin menjadi ahli di menulis dan media sosial, tapi tidak bagus di desain website atau manajemen waktu. Carilah kekuatanmu, dan identifikasi kelemahanmu.

Ada orang di luar sana yang dibeberapa hal yang menjadi kelemahanmu, kamu bisa menyewa mereka untuk menangani kelemahanmu.


Pilih platform media sosialmu 

Ada banyak platform media sosial, belum lagi media social baru yang dibuat setiap harinya. Di bagian ini kita akan belajar dari Laurence Norah tentan memanfaatkan media sosial sebagai cara untuk mengarahkan oranglain ke blog kita.

Hal ini tentu saja mungkin, tetapi menurut pendapat Laurence, semua platform media sosial harus dilihat sebagai tempat untuk menjangkau orang-orang yang berbeda.

Berikut adalah lima platform media sosial yang direkomendasikan oleh Laurence. Media sosial dapat menjadi luar biasa, dan kamu dapat mengekspos dirimu, tetapi terkadang banyak orang terlalu banyak omong kosong di media sosial, dan mereka tidak mencapai apa yang diinginkan. Hanya membuang-buang waktu saja.

Laurence menyarankan untuk setidaknya memilih tiga dari daftar untuk menjadi media social unggulan kita.
  • Facebook adalah platform media sosial yang paling penting. Alasannya simple, karena di situlah semua orang berada. Facebook adalah wadah yang fantastis untuk menjangkau khalayak luas, menyediakanmu dengan lebih banyak data tentang penggunanya. Menurut Laurence, Facebook sama seperti di tempat lain - jika kamu tidak mendapatkan hasil, mari kita lihat baik-baik kontenmu. 
  • Instagram. Bagi para fotografer, Instagram adalah jejaringan social yang indah. Berfokus pada gambar, dapat digunakan untuk berbagi apa yang terjadi di sekitarmu, atau untuk menceritakan kisah-kisah dari petualanganmu, baik dulu maupun sekarang. 
  • Youtube. Kalau kamu membuat video, kamu harus aktif di Youtube. Platform ini memiliki audiens yang sangat luas, hal ini bisa memberimu banyak data tentang audiens Youtube, dan bahkan memungkinkan untuk menghasilkan uang dari kontenmu. 
  • Twitter. Bagi Laurence, twitter bukanlah jejaring social favoritnya. Twitter adalah media yang hebat untuk membangun percakapan dan layanan pelanggan, tetapi sebagai travel blogger, dia bukan penggemar Twitter. 
  • Google+. Google sudah memutuskan untuk masuk pada permainan media sosial, dengan meluncurkan jaringan sosial mereka yang disebut Google+. Tools untuk menyebarkan foto di google+ sangat bagus, tetapi Google+ belum memiliki ciri khas yang membedakan dengan social media lainnya. Banyak berita mengabarkan bahwa Google+ itu baik untuk meningkatkan SEO di mesin pencarinya.
  • Pinterest. Pinterest adalah platform yang sangat visual, di mana foto-foto besar harus bersinar dan cerah. Beberapa blogger melakukannya dengan sangat baik di Pinterest. Akhirnya, setiap platform memiliki kekuatan dan kelemahan sendiri, dan kamu harus bisa memakainya dengan efektif dan sesuai dengan kebutuhanmu. 

Mulai saja!

Ketika Laurence mulai blogging, dia membuat beberapa program untuk pembuatan artikel di blognya. Salah satunya adalah dia mewawancarai beberapa travel blogger paling populer di dunia, dan meminta mereka untuk memberikan tips tentang cara menjalankan sebuah travel blog yang sukses.

Mungkin ini terlihat seperti usaha yang cukup egois, tetapi ia melakukan ini karena dia ingin belajar sebanyak mungkin, dan meminta para ahli memberikan kiat-kiatnya. Kamu bisa melihat program interview Laurence waktu awal-awal mendirikan Findingtheuniverse.com itu di sini.
Satu pertanyaan yang ditanyakan oleh Laurence, ketika ia bertanyan “Saat memulai blogging, apakah Anda berharap memiliki diferensiasi dan spesialisasi pada blog Anda?”, para ahli yang diwawancarai oleh Laurence rata-rata menjawab, “Saya lebih berharap bisa memulai blogging lebih cepat dan lebih awal,”.
Kamu dapat merencanakan sesuatu kapanpun dan dimanapun - tetapi satu-satunya cara untuk membuat sesuatu itu segera berhasil adalah memulainya. Jadi, jalankan saja blogspot gratisan atau akun Wordpress, dan mulailah menuliskan kata-kata di blogmu tersebut.


Image Credit : Pixabay

Promosikan Blogmu!

Sekarang, kami anggap kamu sudah menulis beberapa posting, kamu sudah berbagi beberapa tweet dan kamu memiliki halaman facebook. Dan ibumu telah mengirim e-mail padamu untuk mengatakan bagaimana semua terlihat bagus.

Selamat datang di blogging. Kamu dapat menghabiskan berjam-jam pada kontenmu. Share saja tulisanmu, dan kemudian dengan sedih hati kamu menyaksikan seluruh dunia mengabaikan tulisanmu.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan blogmu.

Pelajari beberapa teknik SEO

Satu hal paling penting yang dapat kamu lakukan untuk blogmu adalah membuat konten yang bagus. Konten yang bagus akan ditemukan, dan orang-orang akan berbagi dengan sukarela.

Tapi, ada beberapa teknik sederhana yang dapat kamu gunakan untuk memastikan postingmu ditemukan dan diindeks oleh mesin pencari google, yang berarti bahwa orang benar-benar akan menemukan kontenmu, jika mereka mencari thema tulisan yang kamu tulis.

SEO adalah sesuatu yang sangat kompleks, dan ada banyak hal kurang bisa terkendali di luar sana - terutama karena banyaknya penulis konten lain yang melakukan SEO.
Saran dari Laurence, tulislah artikelmu dengan baik, buatlah tulisan dan judul yang mudah ditemukan. Berikan banyak paragraph untuk membantu pembaca beristirahat. Artikel yang terlalu padat tidaklah disukai oleh orang. 
Dengan banyaknya paragraf, judul judul yang jelas, dan link ke konten lain yang relevan, makan setidaknya blogmu lebih mudah terindeks oleh mesin pencari dan orang-orang akan nyaman membacanya.

Kemudian, pastikan blogmu terdaftar di tempat-tempat seperti Google Webmaster Tools, di mana kamu akan mendapatkan umpan balik untuk meningkatkan awareness di kata kuncimu, dan tentu saja melacak statistikmu dengan Google Analytics, sehingga kamu bisa melihat dari mana orang-orang datang ke blogmu, dengan kata kunci apa, dan sebagainya.


Menjadi bagian dari komunitas

Ada sebuah komunitas blogging besar di luar sana, dan banyak dukungan dan saran yang dapat kamu manfaatkan, seringkali gratis, kadang-kadang berbayar.

Ada grup facebook khusus dibentuk untuk berbicara tentang travel blogger, atau menjalankan blog Kamu sebagai sebuah bisnis. Beberapa grup berfokus pada blogger baru, yang lain pada topik yang lebih bertarget seperti fotografi.

Semua dari mereka memiliki banyak anggota yang akan berpadu dengan pertanyaan dan memberikan nasihat. Berikut ini saran dari Laurence untuk orang yang lebih memilih mencari saran gratis :
  • Baca aturan dari grup manapun kamu bergabung. Melanggar aturan dengan posting pertamamu akan mengganggu anggota komunitas lainnya. Dan jika itu terjadi, kamu tidak mungkin mendapatkan jawaban yang kamu butuhkan.
  • Terimalah semua saran yang kamu dapatkan, tapi gunakanlah saran-saran yang sesuai dengan tipemu.  Satu saran mungkin bisa digunakan disuatu tempat, tapi tidak bisa digunakan di tempat lain. Jadi, cobalah dan dapatkan sejumlah pendapat, cari tahu apa hal terbaik untukmu.
  • Cobalah untuk berbagi sesuatu di grup tersebut, bukan hanya meminta saran saja. Kalau kamu bergabung dengan grup dan melihat kesempatan untuk membantu seseorang, lakukanlah. Seiring waktu, kamu bahkan mungkin menjadi diakui sebagai ahli di bidang tertentu, dan sebelum kau tahu itu, kamu bisa menjual layananmu kepada pihak lain yang berkepentingan.


Pastikan orang lain mengenalmu sebagai ahli di bidang tertentu

Salah satu cara untuk mendapatkan perhatian adalah menjadi terkenal ahli di suatu bidang. Jika kamu sedang mencari ahli travel budget, kebanyakan orang akan langsung berpikir tentang Matt Kepnes dan Nomadic Matt. Couple adventure travel? The Planet D. Memperbaiki blog rusak? Chris Richardson. Story telling? Mike Sowden.

Nah, ingin dikenal sebagai apakah dirimu?


Investasi di produk Kamu

Sebuah blog adalah bisnis, dan seperti bisnis manapun, kamu harus mengeluarkan uang untuk menghasilkan uang.

Ini bisa apa saja, mulai dari mempekerjakan seseorang untuk merancang websitemu secara profesional, mencari seorang admin untuk media sosial, mencari professional untuk membantu personal brandingmu, atau setidaknya melakukan sesuatu yang sederhana seperti mencetak kartu nama.

Selain itu, jangan meremehkan pentingnya belajar. Ada sejumlah program yang bisa kamu ambil untuk membantumu meningkatkan skill blogging kamu, dengan dua opsi yang direkomendasikan menjadi :
  • The Blogging Travel 101 program yang dijalankan oleh Amkamu dari A Dangerous Business
  • The Travel Blog Succes Program, yang merupakan kursus pelatihan online dan dukungan masyarakat untuk membantu meningkatkan blogmu.

Ada sumber daya yang tak terhitung jumlahnya dan pilihan di luar sana yang akan meningkatkan pengetahuan pribadimu, dan produk yang kamu tawarkan.


Menulis posting di blog lain

Salah satu cara terbaik untuk membuat namamu dikenal adalah menulis postingan di situs lain. Ini adalah cara yang sangat baik untuk mendapatkan dirimu dikenal sebagai ahli dalam topic tertentu. 
Laurence, misalnya, telah menulis sejumlah posting tamu untuk situs lain pada subjek fotografi, dan itu adalah topik yang menjadi keahliannya dan dia sudah berbicara tentang fotografi di berbagai konferensi.
Ketika menjangkau sesama travel blogger, pastikan bahwa mereka menerima posting tamu, dan dekatilah mereka dengan sopan. Jangan suka mengirim email untuk ratusan blogger kemudian mengharap respon positif dari situ. Tawarkan sesuatu yang bernilai, dan sesuaikan dengan audiens mereka, maka kamu akan mendapatkan respon yang lebih menguntungkan.


Menghadiri konferensi dan acara wisata

Pilihan yang bagus untuk meningkatkan awareness kamu dan mendapatkan perhatikan adalah menghadiri konferensi atau event pariwisata. Ada dua jenis yang berbeda dari acara yang perlu dipertimbangkan:


Konferensi Travel Blog :

Konferensi travel blogging yang khusus ditujukan pada travel blogger, dan fitur lokakarya dan pengalaman pelatihan untuk membantumu meningkatkan skillsetmu dalam semua bidang yang relevan, dari pembuatan konten melalui manajemen sosial media dan membangun merek. Mereka juga menawarkan kesempatan untuk membangun jaringan dan tentu saja membangun merek.

Konferensi travel blogging wisata paling besar adalah Blogger Travel Exchange, atau TBEX.

Acara TBEX ini diadakan dua kali setahun, sekali di Eropa dan sekali di Amerika Utara, dan menarik banyak sekali travel blogger. Peluang jaringan fantastis, dan ada beberapa peluang bagus untuk belajar dari berbagai lokakarya.

Laurence pernah menjadi pembicara di TBEX Dublin pada tahun 2013, dan dia juga akan berbicara pada TBEX Athena 2014.

Ada sejumlah perjalanan blogging konferensi lainnya, dengan beberapa, seperti konferensi PTBA, atau KTT Travel Sosial yang baru saja terjadi di Leipzig, menawarkan topik yang lebih kecil, lebih khusus atau lebih maju, karena ketika Kamu ingin bawa ke depan tingkat. Tapi sebagai titik awal, dia sangat bisa merekomendasikan TBEX.


Pameran Dagang Wisata ( Travel Trade Shows)

Pameran Dagang Travel merupakan acara besar, biasanya diadakan sekali setahun, dan tidak seperti konferensi wisata blogging, mereka difokuskan pada industri traveling secara keseluruhan, dengan perwakilan dari merek industri traveling di seluruh dunia yang hadir.

Acara ini merupakan kesempatan yang fantastis untuk membangun jaringan dan memperkenalkan merekmu. Beberapa tips sederhana untuk mendapatkan hasil maksimal dari acara ini :

  • Berpakaianlah yang rapi - ini adalah acara bisnis.
  • Rencanakan jadwalmu di awal, dan jadwalkan pertemuan dengan orang-orang yang benar-benar ingin kamu temui sebelumnya.
  • Ambillah banyak kartu nama
  • Bersikaplah sopan, jangan memaksa, tapi jadilah jelas tentang apa yang kamu inginkan dan apa yang dapat kamu tawarkan.

Image Credit: Pixabay


Beberapa Larangan untuk Travel Blogger

Nah, itu tadi adalah bagaimana untuk mempromosikan dirimu ke khalayak luas. Laurence berpendapat bahwa, berdasarkan pengalamannya, kamu mungkin ingin mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh Travel blogger.


Jangan menilai diri sendiri dengan keberhasilan orang lain

Ini adalah perangkap yang sangat mudah untuk jatuh ke dalam dan gagal, terutama karena kamu mungkin akan menghabiskan cukup banyak waktu di social media.
Satu-satunya orang yang harus mengukur keberhasilanmu adalah diri kamu sendiri, dan terhadap tujuan yang telah kamu tentukan sendiri. Akan selalu ada orang-orang yang melakukan lebih baik, dan mereka yang melakukan lebih buruk - itulah kehidupan.
Masalah di social media adalah, orang-orang cenderung untuk berbagi hal-hal yang lebih positif, dan ketika kamu berpartisipasi dalam komunitas travel blogging, semakin banyak orang yang kamu temui, social mediamu mungkin lebih banyak berisi dengan kisah sukses dari orang yang kamu ikuti.

Jangan pernah biarkan hal-hal ini membuatmu turun. Kamu mungkin merasa ditinggalkan, atau melewati, dan sebagainya.

Yang benar adalah: semua orang telah bekerja keras untuk mencapai apa yang mereka capai hari ini. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah mengapresiasi pencapaian mereka, dan mencoba untuk belajar dari apa yang telah mereka capai. Kemudian, melanjutkan melakukan pekerjaanmu sendiri.

Sukses akan datang, namun tidak pernah dalam semalam, dan meskipun apa yang mungkin terlihat seperti di social media,  sukses selalu datang setelah bekerja keras.


Jadilah profesional

Kata profesional dalam posting blog ini karena suatu alasan. Jika kamu ingin dianggap serius sebagai seorang travel blogger, pembuat konten, atau apa pun, maka kamu perlu untuk berperilaku secara profesional.

Jika kamu berkomitmen untuk melakukan sesuatu – lakukanlah itu!
Jika kamu merasa bahwa sesuatu kamu lakukan tidak tepat untukmu atau audiens – jangan lakukan itu!

Jika kamu muncul untuk melakukan pekerjaan dari klien, ingat bahwa ini adalah pekerjaan. Kamu tidak sedang liburan, kamu bukanlah selebriti. Kamu berada di sana untuk memenuhi tanggungjawab, dan merupakan bagian dari upaya yang lebih besar untuk memenuhi tujuan. Ini bukan ilmu cara cepat sukses, tetapi ini sangatlah penting.


Jangan menyalahgunakan kepercayaan dari audiens-mu

Seorang travel blogger tidak ada artinya tanpa audiens.

Kita percaya bahwa Laurence dan Vera menulis di blognya berdasarkan pada pendapat mereka sendiri, lebih daripada persoalan dollar. Tentu, mereka bekerja sama dengan berbagai perusahaan dari waktu ke waktu. Mereka mungkin dibayar untuk melakukan perjalanan.

Tetapi intinya adalah bahwa kita pada umumnya percaya, bahwa Laurence dan Vera hanya berbagi pendapat jujurnya dengan audiens-nya. Jika ada sesuatu yang tidak benar bagi mereka, atau mereka tidak merasa tepat untuk audiens-nya, mereka lebih sering menolaknya. Dan mereka selalu mengungkapkan setiap pengaturan di mana mereka telah menerima beberapa bentuk kompensasi.

Kalau audiens tidak percaya itu, maka apa yang selama ini dilakukan oleh Laurence dan Vera pada dasarnya tidak berguna buatmu, dan travel blogger tanpa audiens tidak ada.


Tetapkan kode etik untuk dirimu sendiri

Berbicara tentang kepercayaan, ide yang baik adalah untuk menetapkan kode etik untuk pribadi, dan menaatinya. Seperti menjanjikan untuk memberi artikel, ebook gratis, dalam jangka waktu tertentu, atau selalu membuat kesepakatan yang jelas di depan ketika ada sebuah transaksi, daripada dilakukan dengan cara sembunyi-sembunyi di tempat lain.

Apapun kode pribadimu, etik untuk blogmu mungkin, dan apakah kamu memilih untuk berbagi dengan pembacamu, menetapkan satu kode etik mungkin membantu melindungimu dari membuat keputusan jangka pendek yang buruk, yang mempengaruhi kelangsungan blogmu.


Tetaplah Ngeblog

Pikirkan beberapa nama besar di Blogging Travel. Ingin tahu apa yang membuat mereka menonjol di atas segalanya? Sangat mudah. Mereka mungkin sudah ngeblog lebih lama dari travel blogger lainnya.

Seperti apa pun, membangun nama untuk diri sendiri dan memperoleh reputasi membutuhkan waktu dan usaha. Semakin lama kamu berjuang untuk sesuatu, semakin besar kemungkinanmu untuk berhasil. Mungkin butuh satu, dua, tiga, atau bahkan bertahun-tahun lagi buatmu untuk mulai mendapatkan apa yang kamu inginkan.
Jangan menyerah. Blog paling sukses telah aktif untuk waktu yang lama.

Image Credit : Pixabay

Buatlah nama domainmu sendiri

Jika kamu ingin serius, kamu perlu mencari situs web yang bagus, dan nama domain kamu sendiri.

Seperti biasanya, segala aturan - ada pengecualiannya, tetapi umumnya, mendapatkan nama domainmu sendiri dan desain website yang bagus akan membantumu cepat maju.


Teruslah belajar!

Tidak peduli seberapa banyak hal yang kamu tahu, selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari, dan orang-orang baru untuk ditemui. Untungnya, internet penuh dengan nasihat, tips dan kursus tentang bagaimana melakukan sesuatu, dari menguasai YouTube ke editing foto, dan banyak yang gratis.

Di luar itu, ada konferensi, komunitas, kelas, diskusi, buku, dan sebagainya.
Jika kamu ingin belajar, dan bagaimanapun kamu melakukan yang terbaik, akan ada banyak pilihan di luar sana untukmu.


Bagaimana menghasilkan uang dari travel blog

Nah, ini yang penting. Inilah pertanyaan yang pastinya muncul di setiap orang! Bagaimana kamu menghasilkan uang dari travel blog? Jawabannya, menurut Laurence, tidak sepenuhnya sederhana, dan biasanya melibatkan sejumlah faktor, tergantung pada situsmu dan skillset pribadimu.

Berikut adalah beberapa ide untuk memulai menghasilkan uang, diikuti oleh beberapa bacaan tambahan di akhir.


Pendapatan dari Website

Banner iklan

Kamu sering melihat ada sidebar di sisi blog findingtheuniverse.com? Beberapa posisi tersebut dibayar untuk penempatan iklan. Di blognya, Laurence mencoba untuk tidak membuka iklan banner terlalu banyak, dan pada dasarnya banner iklan itu tidak menghasilkan pendapatan yang besar, tapi setidaknya sedikit membantu.

Tarif iklan banner cenderung terkait dengan jumlah pengunjung, jadi ketika kamu baru memulai, kamu tidak akan bisa banyak mengisinya. Program seperti Google Adwords mungkin cara yang baik untuk memulai.


Skema Afiliasi

Afiliate Marketing adalah sistem di mana kamu merekomendasikan produk, dan jika seseorang membeli produk tersebut, kamu mendapatkan komisi. Ini bekerja untuk segala macam produk, dari kamar hotel, melalui barang-barang yang dijual di Amazon.

Ketika kamu menghabiskan banyak waktu untuk mengoptimalkan posting supaya naik peringkat tinggi dalam hasil pencarian, program afiliasi tidak mungkin menghasilkan pendapatan besar, jika tidak terjadi penjualan atas rekomendasimu, tapi itu semua menambah kemungkinan untuk sukses dengan program ini.


Penempatan produk / kemitraan

Sebuah area berkembang yang bisa digunakan oleh travel blogger untuk menghasilkan pendapatan adalah bermitra dengan merek besar dan mempromosikannya ke audiens mereka. Ini bisa dalam bentuk tulisan di blogmu, berbicara tentang produk/merek, berbagi konten di sosial media yang terkait dengan merek, dan sebagainya.

Seperti dengan semua kemitraan yang melibatkan uang, Laurence percaya bahwa membicarakan hitam diatas putih itu penting, supaya ada kekuatan hukum jika suatau saat terjadi persoalan.

Kemitraan ini juga umumnya hanya efektif bila bermitra dengan merek atau produk yang relevan dengan audiens blog. Blog travel budget misalnya, kemungkinan tidak akan menawarkan banyak nilai ke layanan jet charter.


Tulisan bersponsor

Cara lain untuk menghasilkan pendapatan adalah dengan membuat posting yang disponsori, atau apapun yang kadang-kadang disebut sebagai "iklan asli". Iklan ini datang dalam dua bentuk, dan konten bisa ditulis oleh pihak ketiga atau dengan bloggernya itu sendiri.
  • Tipe pertama, posting yang disponsori mengambil bentuk sebuah posting blog, sama seperti yang lain, yang bertujuan untuk menjangkau audiensmu, dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang merek atau produk dari sponsor.
  • Tipe kedua, posting yang disponsori tidak ada hubungannya dengan audiensmu, dan merupakan cara Google untuk meningkatkan peringkat permintaan pencarian tertentu di Google.
Menerima uang untuk posting yang bertujuan untuk memanipulasi hasil mesin pencari khususnya terhadap pedoman webmaster Google, dan jika tertangkap, blog menyinggung menjalankan risiko yang dikenakan sanksi oleh Google, dan dalam skenario kasus buruk, yang dihapus dari hasil Google sepenuhnya.

Kamu dapat melihat orang-orang guidlelines diuraikan di sini, serta beberapa saran untuk praktek terbaik. Terserah Kamu apa yang Kamu lakukan dengan situs Kamu, tentu saja.


Ciptakan produk

Akhirnya, ini adalah cara untuk membuat uang baik lewat blog maupun tidak, beberapa blogger telah menciptakan produk berdasarkan bidang keahlian mereka, yang mereka jual untuk pembaca mereka. Ini bisa berupa produk virtual seperti eBook atau aplikasi, atau produk fisik seperti pakaian, tas, atau buku cetak. Jika kamu kreatif dan memiliki ide bagus, kamu mungkin menemukan audiensmu akan menyukainya juga!

Image Credit : pixabay

Pendapatan dari Luar Website

Berbicaralah dengan banyak blogger, dan kamu akan segera menyadari bahwa travel blog tidak harus di mana mereka langsung menghasilkan pendapatan mereka - itu lebih seperti sebuah portofolio online dari mana pekerjaan mereka bisa dihasilkan.

Ide untuk jenis pekerjaan lain yang bisa dikerjakan adalah:


Pembuatan konten

Jika kamu menjalankan sebuah blog, kemungkinan kamu memiliki ide yang layak tentang bagaimana untuk membuat konten yang baik, entah itu video, fotografi atau teks. Layanan ini dapat menjadi nilai yang sangat besar untuk merek, yang selalu di lookout untuk konten yang baik untuk stream media sosial atau blog.

Jika kamu bisa mengatur diri sebagai pencipta konten freelance dalam satu atau lebih bidang ini, dengan menggunakan blog kamu sebagai virtual "CV" kamu, maka kamu bisa mulai menghasilkan pendapatan yang layak.


Memberikan pelatihan

Kebanyakan blogger, dari waktu ke waktu, mulai menjadi cukup mahir di media sosial. Halaman Facebook blog Findingtheuniverse.com, misalnya, memiliki pengikut yang sangat terlibat lebih dari 200.000 penggemar. Berikut adalah kepentingan besar untuk merek, karena dua alasan:

  • Kamu dapat berbagi konten yang relevan dengan audiensmu
  • Kamu dapat menyarankan merek bagaimana untuk meningkatkan kehadiran mereka sendiri di media sosial, berdasarkan pengalamanmu menjalankan akun sosial media

Keduanya menawarkan kesempatan untuk meraih pendapatan.


Menjadi pembicara

Seperti disebutkan sebelumnya, Laurence telah berbicara di sejumlah konferensi dan acara, termasuk TBEX, TDB Italia dan Arabian Travel Market, sebuah pameran dagang wisata di Dubai.

Jika berbicara publik adalah sesuatu yang menarik bagimu, cobalah untuk menekuninya dan menjadikan hal itu sebagai pencari nafkah, mengingat pengalamanmu yang cukup dan keahlian dalam subjek.


Menawarkan Jasa Konsultasi Travel & Tour

Akhirnya, beberapa blogger wisata menawarkan saran kepada pembaca mereka dalam bentuk membantu mereka untuk mengatur jadwal perjalanan. Nomadic Matt dan Wandering Earl menawarkan wisata penuh, membantu wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat yang telah mereka kunjungi, yang telah mereka ketahui dan mereka cintai.

Lainnya, seperti Jodi dari Legal Nomads, menawarkan pengalaman tur tertentu berdasarkan keahlian mereka, dengan Jodi misalnya menawarkan wisata makanan untuk pembacanya di bawah merek Jodi Eats.

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni