Alasan Kenapa Kamu Harus Membiasakan Jogging Pagi

Menjaga kesehatan dan kebugaran badan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Makan makanan yang sehat dan bergizi, menjaga kebersihan dan berolahraga adalah beberapa contohnya. Olahraga termasuk salah satu komponen yang cukup penting. Selain berguna untuk melatih organ-organ tubuh menjadi sehat dan bugar, olahraga juga bisa menyehatkan anda secara fisik maupun psikis, lho!

Bagi sebagian orang, mungkin olahraga menjadi suatu hal yang sepele, bahkan tidak disukai. Namun untuk membiasakan pola hidup sehat, sebenarnya berolahraga bisa dilakukan secara sederhana, lho. Salah satunya dengan lari pagi atau jogging, yang menjadi olahraga favorit sebagian besar orang.

Kamu yang sedang membaca ulasan ini, mungkin ada yang rutin melakukan jogging di pagi hari? Atau justru malah nggak suka? Harusnya, nggak ada alasan untuk nggak suka berolahraga. Kenapa? Karena berolahraga itu sederhana, murah dan bermanfaat banget untuk tubuh kita. Bayangin kalau otot tubuh kita nggak dibiasakan untuk berolahraga. Otot akan lebih mudah lelah dan badan kita pun nggak segar dan bugar. Jadi, tunggu alasan apa lagi untuk berolahraga sederhana seperti lari pagi?
jogging: pixabay
Supaya kalian makin tertarik sama lari pagi atau jogging, kali ini nilni.com akan kasih tau kalian tentang alasan kenapa kamu harus membiasakan jogging di pagi hari. Mau tau apa aja? Yuk, kita simak bersama-sama!

1. It’s free!

Olahraga paling sederhana adalah berlari. Dan itu benar. Jogging nggak membutuhkan apapun. Gratis! Jogging nggak mengharuskan kamu harus pake alat-alat olahraga tertentu. Meskipun idealnya jogging menggunakan sepatu dan pakaian olahraga, tapi olahraga ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan sandal sekalipun.

Kamu juga bisa melakukannya dimanapun! Tidak ada aturan-aturan khusus yang mengikat untuk melakukan olahraga ini. Kamu pun bisa melakukannya dimanapun, kapanpun.
Hasilnya? Banyak kalori yang terbakar, badan menjadi bugar, dan otot  tubuh pun menjadi bergerak sesuai dengan porsinya.

2. Mendapat teman-teman baru

Kemanapun melakukan jogging, kamu bisa menemukan jalan untuk mendapatkan teman baru. Pergilah jogging dengan mengitari lingkungan rumah, dan sapalah tetangga yang kamu lewati. Atau apabila jogging ke taman, bergabunglah dengan beberapa orang yang juga melakukan aktivitas fisik yang sama.
Yup, jogging memang menjadi aktivitas yang cukup nge-trend saat ini. Nggak jogging? Nggak gaul.

3. Lari dapat meredakan stress

Saat beban pikiran terlalu banyak menyerang diri kamu, berlari pagi bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk meredakan stress yang melanda. Hormon endorphin akan lebih banyak diproduksi apabila banyak melakukan aktivitas berlari sembari menikmati udara pagi yang sejuk dan tenang.
Hormon tersebut dapat membuat jiwa kamu menjadi lebih tenang, sehingga akan menghasilkan pola pikir yang kembali stabil dan seimbang, serta rasa optimis atas pikiran yang membebani kamu.

4. Menginspirasi

Menjalani hidup sehat itu pilihan! Dengan rutin berolahraga meskipun hanya sekedar jogging, kamu juga dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan olahraga yang sama , lho!

Kamu bisa mengajak temanmu yang lain untuk berlari atau jogging bersama. Terus tebarkan semangat positifmu untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga sederhana kepada semua orang, melalui rutinitas kamu menjaga kesehatan dengan berlari pagi.


5. Uang untuk gym? Simpan saja
money: pixabay
Dengan rutin berolahraga lari pagi atau jogging, kamu bisa menghemat uang hingga mencapai ratusan ribu. Ya, di saat orang lain merogoh koceknya cukup dalam untuk membayar keanggotaan gym demi menyehatkan dan membugarkan badannya.

Cukup menggerakkan kakimu untuk berlari tanpa mengeluarkan uang sepersen pun. Uang yang harusnya dialokasikan untuk membayar iuran bulanan gym, bisa digunakan untuk yang lain, bukan?


6. Lari sebagai meditasi dalam gerak

Ketika berlari, hormon endorphin akan meningkat. Itu artinya, pikiran dapat jauh lebih tenang sehingga bisa memfokuskan diri pada satu hal yang paling diprioritaskan.
Kamu juga bisa lebih bijak dalam menyikapi apa yang kamu hadapi saat itu.

7. Meningkatkan fungsi otak

Selain murah meriah dan menyehatkan badan, olahraga lari pagi atau jogging juga berpengaruh baik pada fungsi otak kita, lho. Ketika berlari, fungsi otak menjadi meningkat dan lebih mudah konsentrasi.
Ya, semua itu bisa didapatkan ketika kamu benar-benar menikmati lari pagimu sembari menghirup udara suasana pagi hari.
Otak juga bisa lebih maksimal fungsinya dan mencapai tingkat puncak di sepanjang hari. Hal ini didukung dengan adanya peningkatan cairan otak yaitu dopamine, yang apabila meningkat dapat meningkatkan perhatian dan kemampuan belajar, serta norepinefrin, yang apabila meningkat akan berpengaruh pada motivasi dan gairah hidup yang positif.


8. Hidup lebih lama

Ah, lagi-lagi jogging ini meninggalkan banyak manfaat. Kamu bisa menjaga tubuh rampingmu dengan rutin melakukan aktivitas olahraga sederhana ini. Ups, rutin berlari pagi juga bisa meningkatkan umur panjang kita, lho!


9. Hemat waktu, cukup 5 menit dalam sehari

Menurut The Journal of American College of Cardiology, melakukan lari selama lima menit dalam sehari namun dilakukan secara rutin,  dapat mengurangi risiko mati muda. Wah! Siapapun tentu ingin memiliki umur yang panjang, kan?

Apabila kamu adalah orang yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk berolahraga dan meregangkan otot tubuh, kamu bisa mencoba olahraga ini. Setiap pagi, selama lima menit saja. Sebentar tidak masalah, yang penting rutin. Jadi, nggak ada lagi alasan malas olahraga karena nggak ada waktu, kan?


10. Mempercepat proses metabolisme dalam tubuh
health: pixabay
Olahraga akan membawa diri kamu menjadi sehat dan bugar. Termasuk diantaranya memperlancar proses yang terjadi di dalam tubuh. Proses metabolisme adalah salah satunya. Rutin berlari akan membuat lemak pada tubuh lebih mudah terbakar dan terproses dengan baik.


11. Lutut dan kaki anda akan semakin bagus

Bila ada yang beranggapan bahwa berlari atau jogging membuat lutut dan kaki kamu menjadi jauh lebih buruk seperti pegal, linu, nyeri dan sebagainya, itu adalah pernyataan yang salah. Dengan berlari secara rutin, justru kamu semakin meningkatkan kualitas lutut dan kaki kamu.

Sendi – sendi di kaki dan lutut semakin kuat, sehingga tidak mudah cedera. Begitu juga dengan tulang dan otot yang terdapat pada kaki, semuanya akan menjadi lebih terawat dan terjaga ketika kamu rutin melatihnya dengan berolahraga lari.


12. Olahraga yang erat dengan fashion
Meski olahraganya gratis dan sederhana, olahraga lari atau jogging ternyata merupakan olahraga yang paling erat dengan fashion , lho. Bukan apa-apa sih, tapi ketika jogging, kamu nggak perlu terikat dengan suatu alat atau aturan olahraga tertentu.

Kamu bebas mengekspresikan diri lewat fashion dan gaya yang disukai, yang jelas tetap sporty. Lewat jogging, olahraga dan fashion nggak lagi menjadi hal yang berbeda dan harus dipisahkan.


13. Mengatur pergerakkan usus 

Kamu pernah mendengar penyakit sembelit? Yup, olahraga jogging bisa membantu menyembuhkannya. Olahraga berlari ini juga bisa meningkatkan denyut jantung dan aliran darah yang sedang berjalan.

Denyut jantung dan aliran darah secara bersamaan akan berkontraksi dengan otot usus. Tentu proses ini berlangsung tanpa disadari. Bila kita rajin berolahraga, proses tersebut tentu akan berjalan dengan lancar.


14. Mainkan

Olahraga jogging adalah olahraga yang paling fleksibel. Tidak terikat waktu berapa lama harus berlari, tidak terikat tempat, bahkan tidak ada satu pun aturan yang mengikatknya. Begitu juga dengan bagaimana cara kamu menikmati olahraga lari kamu.

Salah satu hal yang paling digemari oleh kebanyakan orang, antara lain jogging sambil mendengarkan musik. Ya, hal ini memang cukup menyenangkan.

Dengan adanya musik, kamu bisa lebih menikmati suasana jogging kamu, apalagi di pagi hari. Menurut penelitan University of Northwestern, musik dapat membuat kamu merasa tidak terkalahkan. Jadi, adakah cara yang lebih asyik dari jogging sambil mendengarkan musik?


15. Dapatkan bentuk tubuh yang ramping dan seksi

Apabila kamu adalah wanita yang bersikeras untuk ramping dan seksi, ada baiknya kalian mencoba merutinkan jogging di setiap pagi. Untuk menjadi ramping dan seksi kini bukan lagi hanya dengan diet.

Melakukan diet pun tentu harus didukung oleh olahraga. Untuk itu, larilah secara rutin untuk mengurangi lemak pada tubuh kamu, karena berlari akan banyak membakar lemak yang ada pada tubuh.

Oleh: Intantya Putri

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni