Bahagia itu Bukan Untuk Dicari, Tapi Diciptakan

Bahagia, kata ini yang menjadi impian setiap orang. Dalam hidup yang serba cepat dan canggih ini, kebahagian seolah menjadi hal mahal untuk diperoleh. Banyak orang yag memiliki harta melimpah namun belum merasa bahagia. 

Jika selama ini kamu merasa tidak bahagia dengan kehidupan yang telah dimiliki, maka ada baiknya kembali melihat ke diri sendiri, mungkin ada yang salah dengan diri kita dalam menjalani hidup selama ini. Cobalah lakukan 7 hal berikut jika kamu ingin bahagia :

Image credit : pixabay

1. Berhenti mengeluh

Langkah awal yang harus kamu lakukan jika ingin bahagia adalah berhenti mengeluh. Mengapa? Karena mengeluh hanya akan membuat diri semakin tidak bersyukur dengan apa yang dimiliki. Mengeluh tidak akan membuat kita mendapatkan apapun. Kebiasan mengeluh harus dihilangkan.

Jika sebelumnya kamu sering mengeluh, maka sedari sekarang tinggalkan kebiasan buruk tersebut. Jalani hidupmu dengan optimis dan sebisa mungkin jangan mudah mengeluh. Usahakan sesuatu dengan semaksimal mungkin, dan jika saat itu tidak sesuai kenyataan, maka cobalah lagi. Jangan menjadikan mengeluh sebagai alasan pembenaran diri sendiri. Sedikit demi sedikit, cobalah untuk berhenti mengeluh dan mulai realistis menghadapi segala permasalahan, itu akan lebih membuat diri sendiri merasa bahagia dan tidak terbebani dengan keluhan.


2. Berhenti merasa paling benar

Pemahaman yang harus dipahami bahwa kamu tidaklah hidup sendiri, ada lingkungan sekitar yang menjadi bagian dari hidupmu. Menjalin hubungan sosial dengan lingkungan sangat penting, hal ini dikarenakan kita sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup seorang diri. Dengan menghargai lingkungan sekitar, maka lingkungan sekitar pun akan menghargaimu.

Jika selama ini dalam berargumen ataupun bertindak, kamu seolah mengikuti semua kehendak yang diinginkan. Maka mulailah untuk meredam ego dan mengdengarkan orang lain. Terkadang tak selamanya yang kamu anggap benar juga berlaku buat orang lain. Biasakan untuk berdiskusi dan tidak merasa benar sendiri terhadap sesuatu. Dengan demikian, kamu belajar mendengarkan opini orang lain yang mungkin saja lebih baik dari yang dipikirkan.


3. Berhenti memaksakan ide 

Cenderung dalam dunia kerja ataupun saat berada di lingkungan sekitar, kita akan merasa benar sendiri dan memaksakan pemikiran kita terhadap orang lain. Meski naluri memaksakan ide itu sering tidak sengaja dan tidak terkontrol, namun mulailah belajar untuk mengalah dan mendengarkan orang lain.

Ide yang kita sampaikan bisa jadi memang benar, tapi tidak semua orang bisa menerimanya dengan baik. Bersosialisasi dan lakukan diskusi untuk menyelesaikan masalah tanpa harus menonjolkan diri sendiri. Diskusi ataupun saling berbagi akan membuat lingkungan menerimamu dan tentunya memberikan kebahagiaan tersendiri.


4. Bersikap adil

Sikap adil dibutuhkan bagi semua orang dimana pun mereka berada. Sebelum mulai bersikap adil pada orang lain, maka terlebih dahulu mulailah bersikap adil pada diri sendiri. salah satu contoh bersikap adil kepada diri sendiri adalah menyempatkan istirahat saat lelah dan tidak memaksakan tubuh untuk terus bekerja saat waktunya beristirahat. Hal ini penting untuk dimiliki oleh setiap individu, karena dengan mampu bersikap adil kepada diri sendiri, maka akan membuat diri mampu bersikap adil terhadap lingkungan. 

Setelah mampu bersikap adil terhadap diri sendiri, maka mulailah bersikap adil terhadap lingkungan sekitar. Sikap adil tersebut dapat dimulai dari hal kecil seperti menghargai hak orang lain.


5. Berkasih sayanglah

Kasih sayang merupakan hal yang dibutuhkan setiap elemen di muka bumi ini, baik itu manusia, hewan, bahkan tanaman. Terkadang yang membuat kita kurang bahagia adalah kurangnya berkasih sayang. Jika awalnya kamu memahami konsep untuk menunggu orang lain menyayangi terlebih dahulu baru kamu akan kembali menyayangi, maka rasanya konsep tersebut perlu dikoreksi. Sebab dalam menyayangi tak ada konsep menerima atau memberi. Sebab berkasih sayang sudah menjadi tugas kita sebagai manusia.

Apabila konsep berkasih sayang ini merupakan hal baru buatmu, maka kamu bisa melatih diri berkasih sayang dengan memiliki hewan peliharaan ataupun tanaman peliharaan. Dengan memiliki hal tersebut, maka akan membantumu untuk lebih berkasih sayang dengan lingkungan sekitar. 


6. Mulailah bersikap kritis

Menjadi bagian dari lingkungan harus membuatmu memiliki sifat kritis. Sebab, jika kamu tidak memiliki sifat kritis, maka akan dengan sangat mudah mengikuti arus yang belum tentu baik bagi diri sendiri. Sikap kritis ini diperlukan sebagai benteng diri terhadap berbagai hal bahwa segala sesuatu ada sebab dan akibatnya. 

Sehingga dengan memiliki sifat kritis, akan membuatmu paham apa yang harus dilakukan dan yang tidak harus dilakukan.

Bersikap kritislah dalam menghadapi segala situasi. Lakukan pemikiran mendalam sebelum mepercayai suatu opini ataupun tindakan. Upaya ini nyata demi melindungi diri terhadap hal-hal yang tidak kamu inginkan.


8. Mulailah membuka mata

Mulailah membuka mata, yang di maksudkan disini bukanlah membuka mata seperti yang kamu lakukan setiap saat, namun lebih kepada, mulailah membuka mata untuk peka terhadap lingkungan sekitarmu. Memahami keberadaanmu sebagai bagian dari lingkungan, merupakan hal yang penting sehingga membuat diri mampu memahami kondisi orang lain.

Dalam kehidupan sosial, kepekaan itu diperlukan agar kita tidak menjadi orang yang egois dan hanya hidup di zona nyamannya sendiri. Mulailah membuka mata untuk lebih peduli terhadap kehidupan orang lain. Ini akan membuatmu merasa lebih berguna. Apalagi jika mampu membantu meringankan kesulitan sesama. Dengan demikian, kebahagianlah yang akan menghampirimu dengan sendirinya.

Bagaimana? Apakah kamu akan segera memutuskan untuk bahagia? Yups, selamat mencoba 7 hal diatas, semoga saja setelahnya kita bisa merasa lebih bahagia lagi. Yakinlah kebahagian itu kita yang ciptakan sendiri.

Oleh : Andi Rosita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni