Banyak Dari Kehidupan Yang Bisa Kamu Pelajari

Sudah berapa lama kamu hidup didunia ini. Kehidupan di dunia ini sangat luas, tak hanya manusia yang menempati kehidupan di bumi ini. Semakin bertambahnya usia semakin banyak pula ilmu yang didapatkan. Asam, pahit dan manisnya kehidupan ini telah mewarnai perjalananmu.
Apa saja sih yang dapat kamu dapatkan dengan kehidupanmu yang tak sendiri di dunia ini.

Kamu belajar banyak tentang kehidupan


Ketika keluar dari zona nyamanmu, maka kamu akan benar-benar merasa seperti seorang pemula dalam menjalani hidup ini, tidak peduli seberapa pun usiamu. Karna terlalu sering berada pada zona nyaman, akan membuat pemikiranmu tidak berkembang.
Terlalu dimanjakan oleh rasa nyaman itu tidak baik loh. 
Ada begitu banyak hal di sekitar yang dapat dipelajari. Seperti saat pertama kalinya kamu mencoba untuk pergi ke Italia dan bermaksud untuk mencoba makanan makanan yang ada di sana, namun tidak bisa berbahasa Italia.

Secara tidak langsung kamu akan berusaha mendapatkan makanan dengan mencoba memahami bahasa Italia, dan terkadang mereka akan berusaha untuk berinteraksi menggunakan istilah istilah yang unik.
Dengan mencoba untuk memahami apa yang mereka ucapkan, kamu telah mencoba hal baru dalam hidupmu dan mendapatkan banyak pelajaran tentang kehidupan dari berpergian.

Kamu tidak pernah sendirian

Pelajaran tak terlupakan lainnya dengan berpergian keliling dunia adalah kamu tidak akan pernah merasa sendiri. Kebiasaan untuk bebergian keluar negeri akan membuka wawasan. Kamu akan selalu mencoba untuk mendapatkan teman dimanapun berada dan tergelitik untuk mendekati suatu kerumunan orang serta akan berusaha untuk berkomunikasi dengan mereka.

Entah hal apa yang akan kamu bahas dengan mereka, atau sekedar menanyakan tentang kehidupan mereka, pengalaman, bahkan makanan kesukaan. Dengan bersikap supel dan mudah bergaul, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran berharga.


Kamu akan bertemu orang-orang yang tak terlupakan

Kamu akan menemui orang-orang yang unik dan menarik ketika bepergian. Bahkan tidak akan pernah menemui orang seperti mereka di negara asalmu. Banyak pengalaman yang bisa dibagi kepada temenmu.

Seperti, beberapa tahun yang lalu, saya membeli makanan kecil di Italia selatan. Sangat menakjubkan bagiku saat itu merupakan persahabatan yang paling berharga yang pernah saya dapatkan dari wanita seorang pemilik toko kelontong kecil di Santa Domenica Talao. Namanya adalah Nunzia dan kami saling menyayangi. Kami masih berusaha untuk mengatasi kesulitan perbedaan bahasa tapi itu tidak menjadi masalah.

Setiap kali datang, saya dihujani dengan kecupan, pelukan secara tiba tiba, entah bagaimana semua itu dapat terjadi. Saya benar-benar merasa sangat dihargai. Di pagi hari aku pergi ke tokonya untuk minum kopi. Moment duduk bersama dan berbagi cerita tentang apa yang terjadi di desa atau daerah sekitarnya adalah yang paling favorit bagiku. Dan setiap hari Nunzia menyiapkan telur segar untuk di belakang mejanya. Dia adalah wanita yang luar biasa yang saya suka. Dan tidak akan pernah bisa untuk melupakannya.

Kamu akan belajar untuk menikmati hubungan pertemanan yang singkat


Hubungan transien adalah hubungan yang biasanya tidak bertahan lama, atau hubungan yang sudah memiliki suatu potensi untuk tidak bertahan lama. Dapat dicontohkan ketika bepergian kamu akan bertemu dengan seorang yang berinteraksi denganmu di sepanjang perjalananmu.

Kamu membicarakan banyak hal dengan orang ini, dan tidak dapat dipungkiri lagi terkadang lupa menanyakan namanya hingga kalian terpisah karena tujuan yang berbeda. Pada perjalanan barumu ini bisa terjadi ketika berada di dalam kereta. Kamu bisa menghabiskan 13 jam di kereta api yang berhenti di setiap stasiun. Beruntung sekali jika kamu dapat berbagi kesepian dan kepenatanmu dengan sekelompok orang diperjalan kamu.

Jika belum pernah bertemu dengan orang-orang tersebut. Atau belum telalu memahami tentang karakteristik mereka, cobalah untuk memulai pembicaraan. Agar kamu tidak merasakan kesunyian. Tanyakan dari mana dia berasal dan akan pergi kemana? Interaksi seperti ini akan membuat perjalananmu semakin menyenangkan dan waktu akan berlalu dengan singkat.

Kamu akan mencoba hal-hal baru

Apakah kamu pernah bepergian ke suatu negara dan ketika mencoba makan di sebuah rumah makan. Kemudian tidak memahami satu pun makanan yang ada di dalam menu karena keterbatasan bahasa?

Yang perlu dilakukan pada saat itu adalah cukup dengan memberanikan diri untuk mencoba salah satu dari menu tersebut. Atau cobalah untuk berbicara dengan pelayan di rumah makan tersebut tentang menu menu tersebut. Karena kamu tidak akan pernah dapat memahami rasa dari makan asing tersebut jika tidak mencobanya.
Cobalah untuk memulai sesuatu dari nol. Karena kamu akan mendapatkan pengalaman tak ternilai dari semua itu. Karena perjalananmu akan sia sia jika belum mendapatkan pengalaman yang baru dan menakjubkan. 

Jangan sampai melakukan "kesalahan"

Baiklah mungkin kamu adalah orang yang suka melakukan banyak kecerobohan dalam hidupmu sebelumnya. namun jika kamu sedang berada pada perjalanan jauh antar negara, cobalah untuk tidak melakukan kesalahan sedikitpun. Karena dengan adanya kesalahan, dapat membuat kacau perjalananmu.
Jangan pernah menelan suatu secara mentah-mentah. Artinya bukan berarti kamu harus memasaknya dulu namun istilah tersebut bermaksud untuk mengingatkan kamu untuk berfikirlah secara jauh sebelum melakukan hal hal yang belum pernah kamu lakukan.
Seperti makanan makanan baru yang belum pernah dilihat dan mengetahui komposisinya. Karna bisa saja kamu memakan makanan yang berbahan dasar sesuatu yang dapat membuat alergimu kambuh. Cobalah amati dahulu tentang kebudayaan yang berkembang di daerah tersebut sebelum kamu masuk kedalammnya.

Jika sudah terbiasa dalam bepergian jauh antar negara, kamu akan lebih waspada terhadap sesuatu. Kamu akan lebih berpengalam dalam hal memilah-milah mana yang baik dan mana yang tidak. Terlebih lagi kesalahan yang merugikan bisa dihindari.


Banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan ketika tersesat


Keluarlah dari rencana awalmu dan cobalah untuk tersesat. Mungkin akan terdengar sangat konyol dimana kamu harus keluar dari rencanamu dan tersesat. Tetapi ketika kamu berada dalam kondisi tersesat di sebuah kota, maka berjalanlah dan nikmati saja perjalanan dalam ketersesatan tersebut.
Banyak hal-hal hebat dan pengalaman yang menakjubkan yang tidak kamu temukan di tempat lain. 

Ternyata kebiasaanmu bisa diperbaiki

Setiap kali melakukan perjalanan, kamu akan menyadari bahwa hidup yang kamu jalani selama ini berbeda jauh dengan perjalananmu. Kamu akan mencoba menemukan solusi solusi dalam menyelesaikan sesuatu. Banyak perubahan yang menakjubkan dari dirimu yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Banyak rencana awal yang tidak terlaksanakan

Selalu ada hal-hal yang ingin dilihat dan dilakukan, tetapi kamu tidak akan bisa menikmati perjalananmu jika terlalu menaati rencana awalmu. Cobalah untuk membuat perjalananmu lebih santai.

Jika kondisi yang kamu temui tidak memungkinkan untuk menjalankan apa yang telah direncanakan diawal sedangkan hasrat ingin untuk berlama-lama disuatu tempat sekedar untuk menikmati sangat kuat, lakukan saja apa yang ingin dilakukan dan lupakan rencananya.

Lihat apa yang ingin akan dilihat tetapi jangan membuang watumu terlalu banyak. Kunjungi tempat-tempat yang menurutmu menarik untuk dikunjungi, atau keluar dari penginapanmu untuk menikmati matahari tenggelam disebuah pantai hingga waktu makan malam.


Kamu akan belajar bagaimana caranya untuk berkomunikasi dengan orang

Beda negara tidak menutup kemungkinan untuk berbeda bahasa. Namun kamu tidak perlu gelisah terhadap perbedaan bahasa semacam ini. Perbedaan ini akan semakin mengasikkan dan bisa menjadi hiburan tersendiri.
Jangan kamu ragu untuk berkomunikasi dengan seseorang. Lakukan saja pembicaraan yang menyenangkan dan abaikan tentang bahasa. Ini adalah kesempatan untuk bisa mengenal seseorang lebih dekat.

Kamu akan menemukan dan memahami fakta sejarah

Sejarah merupakan suatu nilai-nilai yang terkandung dalam masa lalu yang terkadang membuat suatu hal menjadi lebih idah di amati saat ini. Bukan mengenai nilai secara material, melainkan nilai-nilai sejarah. Kamu akan terkesima dengan nilai sejarah yang terkandung dalam suatu daerah atau suatu situs-situs yang dikungjungi.

Lihatlah betapa menakjubkan nilai sejarah, terutama di Indonesia dimana setiap tempat selalu memiliki cerita rakyat yang berbeda. Banyak hal yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut.


Mencicipi makanan baru


Berbeda negara akan membuat perbedaan budaya, terutama dalam hal kuliner. Setiap negara akan memiliki banyak resep-resep yang unik dari setiap hidangan yang mereka suguhkan di sebuah rumah makan.

Jika kamu adalah seorang pecinta kuliner, maka saat kamu untuk terkejut dengan rasa dari suatu masakan yang sangat asing dilidahmu. Beranikan dirimu dan cobalah unntuk menanyakan tentang apa saja bahan yang dibutuhkan dengan seorang pelayan, atau bahkan menemui juru masaknya dan berbincang-bincang secara langsung.
Dari situ kamu bisa mempelajari resen-resepnya dan mencobanya sendiri.
Bebeda iklim tentunya berbeda pula cara bertahan hidup. Kamu akan menemukan seseorang dan mendalami tentang kehidupannya, tentang pandangan mereka terhadap kehidupan. Semakin sering bepergian, kamu akan dapat lebih memahami arti kehidupan.
Bertemu dengan orang baru dapat menemukan pola pikir yang berbeda. Mereka akan banyak memberikan pelajaran tentang memahami kehidupan ini dan tentunya mereka akan belajar juga dari cara pandangmu secara pribadi.

Jatuh cinta

Jatuh cinta dengan hal hal baru bukanlah suatu yang mustahil. Dengan membuka pikiranmu lebih luas, kamu akan dapat menerima banyak hal baru dan mencintainya. Kamu mungkin tidak tahu mengapa orang orang yang ditemui di perjalanan adalah orang-orang yang sangat luar biasa

Dalam perjalanan, kamu dapat bertemu dengan seseorang yang sangat kasar dan tidak ramah sama sekali. Tapi bisa saja bertemu dengan orang yang menyenangkan. Apalagi jika itu lawan jenis yang begitu menarik hatimu. Acara cinta lokasi tidak bisa terhindarkan.
Hitung-hitung sambil menyelam minum air, dalam arti lain jalan-jalan sambil cari jodoh.

Kamu akan belajar berubah dengan cepat

Ketika kamu melakukan perjalanan, apa pun bisa terjadi dan mungkin berakhir dalam situasi yang cukup aneh. Seorang wisatawan akan sangat lihai belajar untuk berubah dengan cepat. Belajarlah untuk berpikir bersama perjalananmu dan pecahkan masalah secara efisien.

Seperti ketika berada dalam suatu negara tertentu dan mengamati budaya yang berkembang, secara tidak langsung pemikiranmu akan beradaptasi dan membaur dengan kebudayaan yang ada di tempat tersebut. Kamu akan dapat menguasai dengan cepat tentang bagaimana pola pikir mereka, bahasa mereka, cara berpakaian mereka, dan caramenerapkannya pada dirimu sendiri.


Dapat belajar bahasa lain

Mempelajari bahasa suatu negara yang sedang disinggahi dalam perjalanan sangatlah mengasikkan. Tidak perlu kursus bahasa tertentu terlebih dahulu sebelum bepergian, cara yang satu ini menghemat biaya kursus ya. Karena kursus bahsa asing hanya akan membuang buang waktumu dan hanya menunda keberangkatanmu.

Jangan terlalu takut untuk bepergian dengan alasan tidak menguasai bahasa dari negara tersebut.
Karena saat bepergian jangan khawatir untuk mempelajari bahasa. Selama perjalanan berlangsung banyak bahasa-bahasa yang akan sering terdengar ditelingamu. Jadi masalah bahasa sepertinya tidak terlalu menjadi masalah. Selain itu kamu jadi sedikit mengerti tentang bahasa umum yang biasa diucapkan.


Kamu mulai memahami budaya yang berbeda

Awalnya mungkin tidak memahami mengapa mereka melakukan kegiatan yang unik tersebut. Hal ini karena kamu berada pada lingkungan yang berbeda budaya dari tempat asalmu. Kamu akan tercengan dengan perbedaan budaya tersebut.

Memang benar agama-agama lain datang dari latar belakang budaya yang berkembang di daerah tersebut. Begitu pula ide, seni, dan moral suatu daerah.
Yang perlu dilakukan adalah mempelajari dan menikmatinya.

Kamu akan belajar bagaimana perjalanan yang sebenarnya


Perjalanan itu sendiri adalah suatu keterampilan. Setelah mengangkut sebuah koper raksasa dan mencoba hal-hal baru melalui pintu kereta kecil pada perjalananmu menuju suatu negara. Banyak fakta menarik yang sangat seru. Salah satunya adalah kamu tidak perlu mempelajari kebiasaan tersebut sebelum berangkat. Karena secara langsung kebiasaan tersebut dapat dipelajari.

Banyak pelajaran yang didapatkan, semua semangat dan lelah dapat muncul secara tiba-tiba. Nah pelajaran yang sebenarnya adalah bagaimana kamu dapat menikmati senikmat mungkin perjalananmu. Dan bagaimana cara mensiasati mood yang turun.


Kepercayaan dirimu akan berkembang

Setelah bepergian dan belajar semua hal-hal baru, kamu akan mulai menyadari seberapa pintarnya dirimu saat ini. Setelah semua perjalanan yang dilewati akhirnya dapat berhasil sampai di tempat tujuan.

Disana kepercayaan dirimu dapat berkembang secara tidak langsung seperti melakukan penerbangan sendiri, memesan makanan dan entah bagaimana berhasil melewati pengalaman baru. Dari semua pengalaman tersebut akan membuat wawasanmu luas dan lebih percaya diri tentunya.


Banyak kesamaan dari penduduk sekitar yang ternyata memiliki kemiripan denganmu

Tidak ada yang lebih menakjubkan dari pada bepergian, untuk membuatmu menyadari bahwa ketika kalian berbicara tentang perang antar negara. Orang-orang tersebut akan berpendapat sama denganmu bahwa banyak yang dirugikan dengan terjadinya peperangan.

Tidak hanya itu, banyak hal menakjubkan lainnya yang bisa membuatmu tercengang. Seperti ternyata ada sebagian penduduk yang leluhurnya berasal dari negaramu.

Oleh: Puri Candraditya

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni