Buang Sifat Malasmu dengan Langkah Ini

Semua orang memiliki sifat malas, namun jika itu sudah berlebihan pastinya sangat membahayakan dirimu sendiri. Sedikit sulit untuk mengatasi rasa malas karena banyak godaan yang datang untuk menhabambat rasa rajin kita. Kamu ingin membuang sifat malasmu yang berlebihan yuk simak tips berikut ini.

lazy: pixabay

1. Tulis tujuan yang ingin dicapai 

Tujuan itu sama seperti cita-cita yang harus kamu raih. Jika satu per satu cita-citamu tercapai rasa senang dan puas akan datang. Mulai sekarang tulis tujuan yang ingin kamu wujudkan. Tulis juga langkah-langkah yang harus dilalui. Buat target pencapaian, misalnya hari besok kamu harus menyelesaikan ini agar bisa menyelesaikan hal lain. Itu sama saja kamu berusaha mengatur hidupmu menjadi lebih baik


2. Setting pikiranmu untuk berfikir positif

Masalah yang terbesar adalah pikiranmu sendiri mencoba menghalangimu untuk jauh dari rasa malas. Mulai dari sekarang beri pikiran positif pada otakmu. Saat waktunya untuk bertindak segeralah bertindak, jika kamu terus diam ditempatmu maka yang terjadi adalah rasa malas dan tidak segera melakukannya. Pengaruhi pikiranmu dengan dengan hal-hal positif. 


3. Carilah musuh untuk berkompetisi

Mencari seseorang yang untuk memtivasimu agar lebih selangkah didepannya itu penting. Kamu akan terpicu untuk bergerak dan mengalahkannya. Misalnya kamu memiliki teman yang memiliki cita-cita yang sama, cobalah untuk menjadi pesaingnya. Dan tunjukan jika kamu bisa melampaunya. Untuk memotivasi dirimu, kamu bisa menyontoh filosofi hidup dari tokoh favoritmu. 


4. Bayangkan manfaatnya untuk dirimu

Bayangkan manfaatnya jika kamu melakukan hal tersebut. Jadi kamu tidak perlu lagi menunda-nundanya. Tapi jangan banyangakan hal yang negatif ya... jika kamu sudah tahu manfaatnya alasan untuk bermalas-malasan tidak ada lagi. Semua manfaat yang kamu lakukan juga akan berimbas pada dirimu sendiri. 
Malas hanya sebuah penyakit yang menunda keberhasilanmu. 

5. Beri reward untuk diri sendiri

Setelah melakukan banyak aktifitas kamu pantas untuk mendapatkan reward untuk dirimu sendiri. Seperti, seharian kamu bebas untuk pergi kemana saja yang kamu sukai tanpa beban apapun. Alangkah baiknya jika liburan ini direncanakan jauh-jauh hari. Kamu pantas mendapatkannya sebulan sekali. Selain untuk menyegarkan pikiran juga memberi semangat baru

dream: pixabay


6. Bangun dari mimpimu dan wujudkanlah

Banyak bertindak dan sedikit berbicara, itulah istilah yang tepat. Percuma kamu hanya mimpi-mimpi saja tapi usaha untuk melakukannya masih kurang. Tidak perlu memulai dari yang besar cukup mulai dari yang kecil, lakukan satu persatu. Tindakan nyata itu lebih bagus dari pada hanya angan-angan belaka. Sebenarnya fakta itu berawal dari mimpi namun jika tidak diwujudkan menjadi nyata sama saja tidak bearti apa-apa.
Ayo bangun mimpimu selama masih ada tenaga dan pikiran untuk melakukannya. 

7. Buat daftar kegiatanmu

Buat daftar kegiatanmu dari pagi hingga menjelang tidur dan patuhi jadwal yang kamu buat sendiri. Itu sama saja kamu berusaha untuk bersikap displin dengan ketat terhadap dirimu sendiri. Tempatkan kegiatan penting pada daftar teratas. Dan kerjakan yang paling penting dahulu. Tulis semua kegiatanmu lalu pilah mana yang paling penting. Karena ketika kamu mendapatkan jadwal yang banyak, pikiran pertama yang terbayang adalah kelelahan. 
Mana yang lebih ringan mengerjakan kegiatan yang banyak atau yang sedikit? 

8. Fokus dan konsentrasi dengan masalahmu

Fokus dan konsentrasi pada masalah itu penting, jika kamu fokus kamu akan mengabaikan waktu santaimu agar masalahmu cepat selesai. Kamu tahukan semakin mengulur-ngulur waktu masalahmu tidak akan kunjung selesai. Semakin cepat menyelesaikannya maka bebanmu akan segera hilang. Jika masalah terlalu rumit mintalah bantuan orang lain untuk membantumu. Meski masalah itu sulit kamu tidak boleh putus asa dan jangan mudah menyerah.

Menyerah sama saja dengan berhenti untuk berjuang

9. Terapi aroma 

Tahukah kamu jika ada aroma tertentu yang dapat membuatmu semangat dan ceria. Seperti wewangian green tea dan jasmin. Jangan  memilih aroma lavender karena aroma tersebut menimbulkan efek menenangkan dan rasa kantuk. Manfaat aroma dapat membuatmu semakin bersemangat dan menimbulkan pikiran positif. 

Pikiran positif akan menghasilkan pikiran yang ceria. Jika menjalankan hari dengan ceria dan semangat, gak ada lagi yang namanya sifat malas.


10. Segera bangun dari tempat tidur

Kamu hanya diperbolehkan merehatkan sejenak tubuhmu dari proses bangun  tidur selama 5 menit untuk menyiapkan dirimu menjalani kegiatan. Hal itu untuk menstabilkan tubuh dan pikiranmu dari proses tidur ke bangun. Setelah itu segera lakukan kegiatanmu.


11. Say “ I want to be someone, so I must do something”

Tanamkan itu pada dirimu, jika kamu ingin seperti seseorang maka kamu harus melakukan sesuatu. Malas hanya akan menghambatmu menjadi seperti seseorang yang kamu dambakan. Tidak ada hasil tanpa action.
Kamu tidak akan menjadi apa-apa jika tidak segera memulainya. Kamu tidak akan pernah menjadi siapa-siapa jika hanya diam. 


12. Jangan mengeluh, katakan kamu bisa 

Kebanyakan orang yang mengeluh hanya akan menjadi pemalas karena merasa tidak bisa melakukanya akibatnya sudah menyerah sebelum memulainya. Beri sugesti pada pikiranmu bahwa kamu bisa mengerjakannya.Buktikan kamu bisa untuk memberi hasil yang baik dan mengerjakannya dengan baik. 


13. Lakukan “sekarang” jangan pernah bilang “nanti”!!!

Sesuatu pekerjaan bila dikerjakan dengan segera makan cepat selesai pula. Memanjakan diri kita dengan kata “nanti saja mengerjakannya, nanti pasti selesai kok” hanya akan membuang waktu saja. Akhirya banyak pekerjaan yang tertunda. Ingat loh manusia itu hanya punya waktu selama 24 jam dalam sehari. Itu bukan waktu yang panjang namun singkat. Tanpa terasa waktumu akan segera habis, malam pun segera tiba dan kamu harus tidur.

Malas memang penyakit yang sulit dibasmi, jadilah pemenang dalam dirimu untuk mengalahkan nafsumu yang malas. 
Orang rajin bisa mengalahkan orang pintar loh.
Jika ingin rajin cobalah tips diatas. Berubah itu perlu dan penting. 

Oleh: Rusli Asmiyatun 

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni