Cara Asyik Merayakan Ulang Tahun di Usia 18 Tahun

Ingin merayakan ulang tahun ke-18 dengan menyenangkan? Baca tipsnya sebelum kamu berpesta!
Bagi sebagian orang, usia 18 dianggap sangat penting. Usia 18 artinya kamu sudah meninggalkan puncak masa remajamu dan memulai kehidupan sebagai orang dewasa. 

Kamu sudah boleh melakukan sebagian besar hal yang dilarang ketika kamu masih remaja. Ingatlah bahwa di usia ini kamu akan bertanggung jawab sendiri dengan apa yang kamu lakukan. Kamu sudah bukan seorang remaja lagi.

Kalau kamu menganggap masa transisi ini penting, sah-sah saja. Kamu juga bisa mencoba untuk merayakan salah satu saat penting di hidupmu ini dengan berbagai hal menyenangkan tentunya. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti jika berniat merayakan ulang tahun ke-18 mu.

Birthday : Pixabay


1. Sebelum hari itu benar-benar tiba, buatlah rencana yang matang

Apa yang akan kamu lakukan untuk merayakannya? Hei, ini hari penting rencanakanlah semuanya dengan matang. Sebisa mungkin rencanakan  semuanya seminggu, sebulan, atau mungkin setahun dari hari ulang tahunmu jika kamu rasa itu perlu. Ide buruk jika kamu merencanakan semuanya sehari sebelum hari ulang tahunmu.

Tentukan di mana dan dengan cara apa saja kamu akan merayakannya. Buatlah daftar apa saja yang akan kamu butuhkan untuk acara ulang tahunmu dan tentu saja siapa saja yang akan kamu undang untuk datang. Ini adalah harimu, tidak ada salahnya merancang anggaran dana yang mungkin akan kamu keluarkan. Kamu bisa menabung jauh-jauh hari agar tidak terlalu membebani orang tua.

Pastikan bahwa kamu tidak memiliki deadline tugas atau janji di hari itu. Tetapi jika memang itu adalah sebuah hal yang penting dan tidak bisa diubah, cobalah untuk menyelesaikannya secepat mungkin. Kamu tentunya tidak ingin terbebani pekerjaan di hari bahagiamu bukan?


2. Makan malam di luar

Buatlah acara makan malam khusus. Kamu mungkin tidak setiap hari mendapat kesempatan untuk berkumpul dan makan malam dengan teman-teman atau keluargamu. Ini adalah kesempatanmu memiliki saat-saat berkualitas bersama mereka. Kamu bisa memilih restoran favoritmu untuk acara makan malam tersebut.


3. Buatlah tema untuk pestamu

Jika kamu berfikir pesta ulang tahun ke-18 hanya terjadi sekali seumur hidupmu, itu artinya ini adalah sebuah perayaan besar. Cobalah memilih tema untuk pesta ulang tahunmu. Tentukan dekorasi dan dresscode untuk para tamu sesuai tema yang sudah kamu tentukan. 

Pilih jenis-jenis makanan yang sesuai. Memperdengarkan musik akan menambah kemeriahan pesta. Tentukan lagu-lagu yang akan diputar saat pesta ulang tahunmu, Sedikit musik indie rock atau lagu-lagu dansa mungkin akan membantu.


4. Nonton film bareng

Nonton film selalu terasa menyenangkan bagi sebagian besar orang. Apalagi jika ada pelengkap seperti pop corn, keripik kentang atau cemilan lain dan tidak lupa minuman bersoda tentunya. Kamu tidak perlu membawa semua tamu-tamu mu ke bioskop, kamu masih melakukannya di rumah. 

Manfaatkanlah set home theatre di rumahmu. Ada baiknya pilih film-film yang menyenangkan seperti komedi, fantasi atau fiksi ilmiah. Usahakan semua orang setuju dengan film yang kamu pilih. Film horror mungkin bukanlah pilihan yang tepat, kamu tentunya tidak ingin membiarkan tamu-tamu mu pulang larut malam dengan ketakutan.


5. Membuat tato non-permanen

Tato adalah salah satu bentuk ekspresi artistik, meski sebagian masyarakat kita masih memandang tato sebagai hal negatif. Tidak ada salahnya untuk memiliki satu di tubuhmu sebagai sebuah cara mengekspresikan seni. Kamu sudah dewasa sekarang dan kamu bertanggung jawab sendiri terhadap apa yang kamu lakukan.

Konsultasikan dengan ahli tato tentang keinginanmu ini. Dan alangkah lebih baik jika tatonya tidak permanen sehingga kamu bisa menghapusnya kapanpun kamu mau.


6. Abadikan setiap momennya

Ambil foto atau rekam video sebanyak-banyaknya dari keluarga dan teman-teman saat pesta ulang tahunmu. Kamu mungkin butuh bantuan dari beberapa tempan untuk hal ini. Di masa-masa datang ketika kamu melihat foto-foito dan rekaman tersebut kamu akan sangat mungkin merasa tersentuh. 

Memorimu akan terputar balik dengan jelas ketika kamu merayakan hari bahagiamu bersama orang-orang yang kamu sayangi. Simpan dengan hati-hati file foto dan video tersebut di komputer pribadimu.


7. Lupakan rutinitas, saatnya bersenang-senang

Abaikan sekolahmu dan pekerjaan-pekerjaanmu sejenak. Hari ini terjadi hanya sekali dalam seumur hidupmu. Bersantailah, bersenang-senang dan tertawalah sepuasnya. Lakukan hal-hal yang tidak akan kamu lupakan seumur hidup. Ada baiknya kamu sudah menyelesaikan tugas/pekerjaanmu sebelum pesta, karena sedikit banyak beban itu akan tetap mengganggumu.


8. Buatlah daftar keinginan yang akan kamu capai di masa depan

Ini akan sangat menyenangkan. Tulislah keinginan-keinginan dan cita-citamu di secarik kertas. Tempelkan di kamarmu agar kamu bisa melihatnya setiap hari. Jangan heran jika suatu hari semua atau sebagian besar keinginanmu akan terwujud secara ajaib. Kamu akan kembali mengingat hari ketika kamu hanya bisa membayangkan dan menuliskannya.


9. Pilih kue ulang tahunmu sendiri

Cake : Pixabay
Saatnya menyenangkan dirimu di hari ulang tahunmu dengan memilih sendiri kue ulang tahunmu. Kamu bisa merancang kue spesialmu sendiri jika dimungkinkan. Saat-saat ketika keluarga dan teman-temanmu membawa kue tersebut sambil menyanyikan lagu selamat ulang tahun mungkin jadi salah satu saat terindah dalam hidupmu.


10. Tidak ada salahnya makan di rumah

Jika kamu merasa makan di luar terlalu mahal atau kamu merasa lebih nyaman makan bersama di rumah, cobalah untuk memasak makananmu sendiri di hari ulang tahunmu. Bekerja bersama ibu atau kakak perempuanmu menyiapkan hidangan lezat untuk pesta tentunya akan terasa sangat hangat dan menyenangkan.


11. Introspeksi diri dan tataplah rencana masa depanmu

Pikirkan kembali apa yang sudah kamu lakukan sebelum hari ini. Prestasi apa yang sudah kamu raih dan kekeliruan apa yang sudah kamu perbuat saat remaja. Usahakan untuk tidak mengulangi setiap kekeliruan yang pernah kamu perbuat dan meningkatkan prestasimu. Ini hanya permulaan dari kehidupan yang akan kamu jalani. Songsong masa depan dengan rencana-rencana matang mengenai sekolah dan karirmu.


12. Sebisa mungkin jauhi alkohol dan obat-obatan terlarang di pestamu 

Kamu mungkin saja jadi gila dan ingin melakukan apa saja saat pesta namun jauhi dua hal tersebut. Minum alkohol dan menggunakan narkoba hanya akan menyebabkan kerugian bagi dirimu dan orang-orang di sekitarmu. Tentunya bukan awal yang baik untuk kehidupan dewasamu.


13. Belanjakan uangmu dengan bijaksana

Belilah hal yang benar-benar penting untuk pesta. Apalagi sampai kamu membeli barang-barang terlarang, jangan sampai! Belajarlah mengelola keuangan, kelak kamu akan membutuhkannya dalam menjalani hidup. 

Tadi adalah tips yang bisa kamu lakukan saat merayakan awal proses kedewasaanmu. Ulang tahun ke-18 mungkin akan menjadi saat istimewamu, namun ingatlah bahwa esok kamu akan kembali ke rutinitas. 

Tetap fokus dan ingat bahwa kamu sudah beranjak dewasa, tanggung jawabmu akan lebih besar daripada sebelumnya. Selamat berjuang kawan!

Oleh : Satrio Rizki Dharma

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni