Cara Bangun Pagi Tepat Waktu

Apakah kamu sering merasa kesal karena bangun kesiangan? Padahal, kamu sudah mencoba untuk tidur lebih cepat atau memasang alarm. Perasaan kesal dan bersalah kerapkali muncul ketika kita gagal bangun pagi sesuai jadwal.

Padahal, segudang pekerjaan menumpuk. Kamu merasa harus memiliki waktu ekstra untuk melakukannya. Namun, bangun kesiangan seringkali mengacaukan semuanya.

Tentu kamu tidak ingin terus menerus bangun telat bukan? Bayangkan, betapa menyenangkan kita bisa bangun pagi sebelum matahari terbit dan menyiapkan banyak hal. Kamu bisa memakai waktu pagi untuk membaca, untuk sarapan bersama keluarga, atau melakukan hal produktif lainnya.

Hal-hal menyenangkan di pagi hari tidak akan bisa kita lakukan jika bangun kesiangan. Para ilmuwan dari University of Toronto (Kanada) melakukan penelitian tentang hubungan bangun pagi dan tingkat kebahagiaan.

Berdasarkan penelitian tersebut, mereka yang tidur dan bangun lebih awal di pagi berikutnya pada umumnya lebih bahagia dan lebih tenang, merasa baik dan merasa lebih mudah untuk beradaptasi dengan mode kerja.

Menurut pengamatan, orang tua yang bangun pagi merasa jauh lebih baik daripada orang muda, yang tinggal di tempat tidur sampai siang.

Selanjutnya, apa sih yang menyebabkan kita sering sulit bangun pagi tepat waktu? Sekalipun sudah bangun pagi, mengapa terkadang kita merasa masih kurang tidur? Nah berikut akan kami jelaskan penyebabnya.

via Pixabay
Apakah kamu pernah mengunduh suatu film atau file berukuran besar dengan koneksi lambat? Kamu akan banyak menghabiskan waktu. Masalahnya bukan pada seberapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk mengunduh film, namun lambannya koneksi dari provider.

Hal yang sama juga terjadi pada masalah bangun pagi. Ini bukan soal seberapa lama kamu tidur, tapi seberapa berkualitaskah tidur kamu.

Kamu bisa saja tidur lebih cepat dengan durasi waktu 10 jam, namun itu semua tidak menjamin cukup jika tidur kamu tidak berkualitas. Tidur selama 10 jam yang tidak berkualitas hanya setara dengan tidur 4 jam. Namun, jika tidur kamu berkualitas, waktu 6 jam akan cukup.

Bahkan, sebagian orang bisa bertahan dengan waktu tidur 4 jam. Apa rahasianya? Kualitas tidurnya telah memberikan energi untuk dia beraktivitas keesokan hari. Hm… menyenangkan ya? Pastinya kamu mau begitu juga kan?

Banyak artikel yang menyebutkan tips bangun pagi seperti memasang alarm dan menjauhkannya dari temapt tidur, tidur lebih awal atau membesarkan volume alarm. Memang betul sesekali cara ini dapat menolong. Namun kita perlu pemahaman yang lebih dalam tentang masalah bangun pagi.

Kita dapat menyimpulkan, bahwa bangun pagi tepat waktu erat kaitannya dengan beberapa hal berikut ini :

Bangun pagi berkaitan erat dengan niat kita di hari berikutnya

Apakah kamu di malam harinya berniat bangun pagi atau tidak. Banyak orang ketika merasa depresi atau memiliki masalah besar, ia menjadi tidak bergairah bangun pagi karena tidak siap menghadapi hari. tidur lebih awal dan menyetel alarm tidak akan banyak membantu jika pikiran kita tidak memiliki alasan mengapa besok harus bangun pagi.

Buktinya, ketika kamu akan menghadiri suatu acar penting, pastinya kamu akan bela-belain untuk bangun pagi bukan? Kemana dan apa yang akan kamu lakukan keesokan hari berpengaruh besar terhadap respon Kamu saat mendengar alarm berbunyi. Tentunya jika memiliki pekerjaan di kantor yang membosankan, misalnya, sudah wajar jika kita merasa malas untuk bangun pagi.


Bagun pagi juga berkaitan erat dengan kualitas tidur yang kita dapatkan 

Tidur yang kurang maksimal atau berkalitas akan membuat kamu merasa uring-uringan meskipun kamu sudah tidur 15 jam.


Cobalah untuk bangun di jam yang sama setiap harinya

Tak peduli jam berapa kamu mulai tertidur, cobalah untuk bangun di jam yang sama setiap harinya dan lakukan secara konsisten. Meskipun sedikit tertarih, tapi cara ini ampuh lho membuat kita selalu on time bangun di waktu yang kita inginkan. Dampaknya? Kita akan lebih mudah mengatur waktu karena disiplin bangun pagi. Lama-kelamaan pun Kamu bisa dengan sedirinya bangun di jam yang sama tanpa alarm, asyik kan?


Kurangi hal yang dapat mengganggu tidur kamu

Matikan semua peralatan elektonik di kamar kamu. Matikan televisi atau apapun yang bisa menurunkan kualitas tidur kamu. Jika perlu, matikan lampu kamar agara mata Kamu benar-benar bisa beristirahat.

Terakhir, bangun pagi tepat waktu seperti yang kita semua idamkan tidak cukup hanya dengan alarm. Ada beberapa hal yang penting kita pahami secara mendalam tentang kualitas tidur.

Banyak manfaat yang bisa diraih bila Kamu rajin bangun pagi:

1. Menjadi lebih rajin berolah raga

Hayo, mengaku sajalah. Selain suka malas bangun pagi, kamu pasti juga cenderung malas berolah raga, kan? Orang yang rajin bangun pagi cenderung lebih rajin berolah raga. Bagaimana tidak? Udara pagi masih lebih segar – dan kamu masih punya cukup waktu sebelum berangkat ke kantor.


2. Lebih ceria dan berbahagia

Tidak percaya? Bisa jadi karena rutinitas mereka selaras dengan sistem sosial. Orang yang rajin bangun pagi terbukti lebih ceria dan berbahagia, terutama karena merasa masih punya banyak waktu untuk melakukan banyak hal dalam sehari.


3. Lebih proaktif

Karena bangun pagi membuat seseorang dapat memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan segala sesuatu dalam sehari, mereka cenderung lebih proaktif dan percaya diri.


4. Makan lebih sehat

Orang yang bangun lebih siang cenderung lebih banyak mengonsumsi kalori. (Ya, iyalah. Apalagi bila mereka merasa diburu oleh waktu, sehingga cenderung memilih makanan cepat saji yang pastinya tidak sehat!) Berbeda dengan mereka yang rajin bangun pagi, yang biasanya masih punya waktu cukup untuk menyiapkan sarapan sehat bagi diri sendiri.


5. Memiliki risiko depresi lebih rendah

Sebuah studi di Jerman pada 2013 menemukan kaitan erat antara kebiasaan bangun siang dengan depresi. Memang, orang yang rajin bangun pagi cenderung lebih tenang, karena punya waktu cukup untuk melakukan banyak hal.

Sekali lagi, ini bukan masalah durasi waktu kamu tidur yang menjadi masalah, namun kualitas tidur kamu. Jika tadi kita sudah tau rahasia tidur yang berkualitas, selanjutnya kita akan cari tahu apa sih yang mendukung kita bisa bangun tepat waktu di pagi hari?


Nah berikut adalah beberapa tipsnya. Jika kamu benar-benar ingin tidur dalam waktu yang singkat namun bisa berkualitas, ini dia rahasianya.

1. Tidur efektif. Semua juga tahu kalau ingin bangun lebih pagi kita sebaiknya tidur lebih awal. Tapi percuma saja tidur selama delapan jam jika tidur kita tidak efektif. Jika posisi tidur tak nyaman, bantal terlalu tinggi, atau suhu kamar terlalu dingin, kita akan terbangun berkali-kali di tengah malam, dan tubuh pun merasa kita belum mendapat cukup istirahat.

2. Buka tirai jendela kamar. Begitu matahari terbit, sinarnya akan masuk ke kamar dan membantu kamu terbangun. Biarkan sinar tersebut masuk ek kamarmu, dan kamu akan merasakan sialunya pagi dan membuatmu terbangun begitu matahari sudah muncul.

3. Geser rutinitas Kamu jadi lebih pagi. Jika biasanya kamu memulai aktivitas sehari-hari jam 8 pagi, tambahkan beberapa aktivitas tambahan yang dilakukan di jam 7 pagi. Misalnya jogging, berenang di kolam belakang kompleks, memasak sarapan sendiri, menulis untuk blog, atau apa pun aktivitas yang kamu senangi. Lakukan secara rutin setiap hari hingga jadi bagian gaya hidup kamu.

4. Gunakan 2 alarm. Kamu biasa menyimpan jam alarm (atau menggunakan alarm ponsel) di samping tempat tidur? Silakan. Tapi pasang juga satu alarm lain, kalau bisa yang bunyinya lebih kencang, di tempat yang berjarak minimal 5 langkah dari tempat tidur. Mau tak mau kamu harus bangun untuk mematikannya. Tapi setelah itu jangan tidur lagi, ya.

5. Simpan segelas air di samping tempat tidur. Begitu alarm berbunyi, duduklah di tempat tidur dan minum segelas air yang sudah disediakan. Sampai habis. Ini berguna untuk membuat tubuh kamu siap beraktivitas dan tak ingin kembali tidur.

6. Jangan pikirkan masalah pribadi yang berat atau tugas pekerjaan dari kantor ketika kamu sudah berada di tempat tidur. Tempatkan masalahmu pada tempatnya. Bila kamu memiliki masalah di kantor atau di sekolah, biarkan ia tetap di kantor atau di sekolah. Jangan kamu bawa pulang dan menjadikanmu banyak pikiran di rumah. Karena di rumah, masalah rumahmu sudah menanti.
7. Lakukan hal yang menyenangkan sebelum tidur. Bisa membacaa novel, komik, atau apapun yang membuat kamu santai dan rileks. Atau mungkin kamu juga bisa mendengarkan music tanpa adanya lagu, jadi hanya instrument saja. Setidaknya untuk membantu menenangkanmu.

8. Pikirkan hal-hal yang membahagiakan sebelum kamu tidur. Pikirkan apapun yang membuat kamu semangat keesokan harinya. Pikirkan rencana-rencana indah kamu. Buatlah esok adalah hari yang sangat kamu tunggu.

9. Penuhi waktu tidur. Setidaknya kita perlu tidur 8 jam setiap malam. Kecukupan waktu tidur membuat tubuh kita menjadi bugar saat akan kembali beraktivitas. Jadi kamu bisa hitung sendiri deh, biar gak terlambat, jam berapa kamu harus bangun, lalu hitung mundur untuk mendapatkan waktu tidur malammu. Ingat deh, dear: tidur kelewat malam jadi penyebab utama malas bangun pagi. Coba deh tidur lebih cepat, kalo mau cepat lelap baiknya matiin semua lampu dan gadget ya.

10. Ubah bunyi alarm. Suara alarm biasanya menganggu dan ngebosenin, ya tidak heran saja pas bunyi langsung cepet dimatiin terus kita ikut tidur lagi hehe… Makanya ganti bunyi alarm sama lagu favoritmu, misalnya; Call Me Maybe – Carly Rae Jepsen atau T-ara –Lovey Dovey buat kamu yang suka sama K-pop.

Agar bisa bangun pagi sesuai dengan waktu yang kita inginkan, kita harus membuat diri kita familiar dengan bunyi alarm. Bagaimana cara mensetting diri kita agar bisa otomatis terbangun ketik mendengar suara alarm? Atur jam di alarm kamu beberapa menit dari waktu saat itu, letakkan di samping kamu lalu berbaringlah.

Ketika alarmnya berbunyi, ikutlah terbangun. Lakukan untuk beberapa kali. Dengan begitu, pikiran bawah sadar kamu akan mengadopsi kebiasaan tersebut. Dampaknya? Kamu akan otomatis terbangun ketika mendengar alarm di hari-hari berikutnya. Hal ini bisa terjadi karena pikiran bawah sadar Kamu sudah terlatih untuk seketika bangun dari tempat tidur ketika mendengar alarm.

11. Sesuaikan waktu alarm dengan kemampuan kamu untuk bangun pagi. Maksudnya, jangan terlalu memaksakan diri untuk menyetel alarmn terlalu awal karena berpotensi membuat kamu menekan tombol “tunda” atau “snooze”. Usahakan alarm kamu cukup berbunyi satu kali. Terlalu banyak dan sering alarm berbunyi justru akan mengganggu waktu tidur kamu yang berkualitas.

12. Jump out of bed. Pas waktunya bangun, segera bangkit ambil handuk dan mandi. Beneran langsung seger loh! Jadi jangan ngasih kesempatan badan bermalas-masalan dulu.

13. Disiplin waktu. Buat catatan untuk mengatur waktu rutinitas pagimu. Misalnya; mandi 15 menit, ganti baju, dkamun, ngecek buku pelajaran 15 menit, sarapan dan lain-lain. Jadi tidak ada lagi waktu terbuang percuma kan.

14. Jangan pernah memaksa diri kamu untuk tidur lebih awal jika kamu belum mengantuk. Mengapa demikian? Karena pada akhirnya kamu akan tetap terjaga tanpa bisa tidur sama sekali. Untuk mensiasatinya, lakukan sesuatu yang lebih produktif dan bermanfaat sampai kamu merasa mata kamu mulai mengantuk. Tidur lebih awal tidak selalu berhubungan dengan bangun pagi tepat waktu. Kamu harus menemukan akar masalah mengapa tidur kamu kurang berkualitas.

15. Pikirkan risikonya. Setiap kamu berpikir, "Tidur lagi deh, 15 menit lagi," ingatlah bahwa rata-rata manusia menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur. Jadi jika kamu diberi usia hingga 70 tahun, kamu akan menghabiskan lebih dari 20 tahunnya untuk tidur. Jadi, lupakan tidur 15 menit lagi. Kamu masih punya banyak waktu untuk tidur besok-besok.

16. Letakkan handuk basah di dekat kamu. Merupakan pengetahuan umum bahwa air yang dingin adalah cara bangun yang sangat efektif karena rasa kagetnya. Kamu tidak perlu sampai disiram air, hanya siapkanlah handuk basah yang sudah kamu siapkan sebelum kamu tidur, dan begitu alarm berbunyi kamu dapat meletakkan handuk basah tersebut ke muka kamu. Dan whoala! Mukamu terasa segar karena dinginnya si handuk.

17. Cium sesuatu yang memberikan energi. Mencium sesuatu yang memberikan energi seperti garam telah dibuktikan berhasil membangunkan orang-orang selama bertahun-tahun. Yang dimaksud energi di sini bukanlah harus sesuatu yang bau, tetapi mungkin wangi yang kamu suka atau dapat memotivasi kamu untuk bangun. Seperti botol parfum berwangi jeruk, buah atau mint di sebelah ranjang Kamu untuk menghilangkan rasa malas bangun.

18. Makan sesuatu. Sama halnya dengan makan di pagi hari yang membutuhkan kesadaran, makan juga akan memotivasi kamu untuk bangun. Seperti permen Golia atau Fisherman’s Friend, letakkanlah permen tersebut di samping kamu. Letakkanlah di samping ranjang kamu agar begitu kamu ingin bangun, kamu dapat langsung meraihnya.

19. Latih diri kamu. Daripada memaksa diri kamu untuk bangun, lebih baik latih diri kamu untuk secara instan bereaksi dengan melatih hal tersebut setiap kamu bangun. Pada siang hari, matikan semua lampu dan praktekkan begitu alarm berbunyi, kamu langsung bangun. Dengan melakukan ini 2 kali sehari maka tubuh kamu akan secara otomatis mengingat pergerakan ini.

20. Meminimalisasi gangguan. Kamu bisa melakukan ini agar kualitas tidur kamu lebih baik. Kamu bisa melakukannya dengan meminimalisasi gangguan suara dengan menutup jendela, atau juga mendapatkan tidur berkualitas dengan memilih kasur yang nyaman. Kamu juga perlu mematikan lampu karena cahaya, meski hanya sedikit, dapat mengganggu hormon tidur, yaitu melatonin.

21. Sarapan bergizi sebelumnya. Apa hubungannya sarapan dengan bangun tepat waktu? Menurut penelitian, orang yang tidak melewatkan makan pagi, dan yang makan makanan bergizi, cenderung akan punya kualitas tidur yang baik. Dengan kualitas tidur yang baik, bangun pagi akan lebih mudah.

22. Memelihara kucing (jam weker alami). Kalau ini tips pribadi dari saya, bukan berdasarkan penelitian....hehe. Sebab, jika kamu memelihara kucing, maka setiap pagi kucing kamu akan berusaha sekuat tenaga (mengeong dengan keras, menginjak-injak kepala, menggigit, dan lain-lain) untuk membangunkan kamu karena lapar. Paling tidak itulah yang terjadi pada saya.

23. Cuci rambut kamu di malam hari. Jika kamu tidak mempunyai waktu berolahraga di pagi hari, ini salah satu tips agar kamu bisa bangun pagi. Cuci rambut di malam hari dan meluruskannya, jika kamu memiliki rambut keriting. Dengan cara ini, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk sarapan di pagi hari.

Seperti yang kamu lihat, pagi sebenarnya bukan musuh Kamu kan? Karena bangun pagi memberi efek lebih baik pada tubuh dibandingkan bangun siang. Semoga tips di atas bermanfaat ya. Selamat dipraktekkan dan kami tunggu kabar baiknya.

Oleh: Devita Putri Mardyanti

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni