Cara Bangun Pagi untuk Anak Sekolah

Siapa yang masih sulit bangun pagi hingga harus dibangunkan oleh orangtua. Atau meski sudah dibngunkan namun mata masih sulit untuk melek. Kalian pasti pernah mengalaminya semasa sekolah dulu. bangun pagi memang rasanya berat sekali. Seolah-olah jam tidur kita sangat singkat dan cepat. 

Sebenarnya otak kita memilki kemampuan sebagai alarm alami. Kamu tinggal niat ingin bangun jam berapa. Nah ketika hampir waktunya otakmu akan menyuruhmu untuk bangun. Bahkan sebelum alarm berbunyi otakmu sudah memrintahkan untuk segera bangun. 

Kalau tidak bangun pagi pastinya akan  terlambat masuk sekolah dan medapat hukuman. Sepertinya kamu perlu untuk mencoba tips berikut ini :

Wakeup : Pixabay

1. Pasang alarm dan tentukan jam berapa kamu ingin bangun 

Kamu bisa memasang alarm di ponselmu  atau jam. Saat memasang alarm di ponsel sebaiknya pilih nada dering yang kamu benci bukan yang disukai. Fakta loh jika memilih nada dering yang disukai kamu akan kembali tidur atau bahkan tidak mendengar alarm berbunyi, karena nada yang dipilih adalah yang enak didengar, nyaring dan pastinya kamu menyukainya. 

Alhasil bukannya segera melek malah keenakan mendengar bunyi alarm. Mulai sekarang ganti nada yang tidak kamu sukai atau yang memiliki irama jelek menurutmu. Karena nada tersebut jelek, matamu akan segera terbuka. Hal ini terjadi karena telingamu merasa terganggu dengan nada tersebut.

Jadi ngertikan sekarang, selain itu setting alarmmu berulang kali. Untuk berjaga-jaga jika alarm pertama kamu tidak bangun.


2. Sebelum tidur, tulis hal-hal apa saja yang akan kamu lakukan sebelum ke sekolah 

Sebelum berangkat sekolah banyak persiapan yang harus kamu lakuakan. Sebelum tidur buat daftarnya dan catat waktunya. Contoh mandi selama 14 menit, berdandan 15 menit, sarapan 15 menit dan perjalanan kesekolah 15 menit. 

Dari semua rangkaian waktu tersebut kamu sudah mengetahui pada jam berapa harus mulai bersiap-siap. Jika lebih cepat dari target yang sudah ditentunya tentunya lebih baik.


3. Kurangi begadang hingga larut malam

Kebanyakan dari penyebab utama sulit bangun pagi adalah begadang. Bagi kamu yang terbiasa dengan begadang sebaiknya atur pola tidurmu lebih awal. Bagadang itu berawal dari kebiasaamu yang suka tidu larut malam. 

Karena sudah terbiasa jadi sulit untuk tidur lebih awal. Lagi pula begadang juga gak baik buat kesehatanmu. Mungkin efeknya ggak langsung terasa namun setelah beberapa waktu akan mulai terasa efeknya. Selain itu begadang akan membuatmu ngantuk saat pelajaran akibatnya kamu gak konsen sama sekolahmu. 

Bagi para wanita bila ingin kantung matanya terus menghitam, lanjutkan saja begadangnya. Itu sih jika kamu mau. Bangun lebih awal itu lebih menyenangkan karena jatah tidurmu dapat tercukupi. Bila kamu begadang karena mengerjakan tugas sebaiknya kerjakan pada siang hari agar malamnya bisa beristirahat. 


4. Olah raga di sore hari perlu dicoba

Jika masih belum berhenti begadang sebaiknya kamu berolahraga pada sore harinya. Olahraga lari atau bersepeda bisa menjadi alternatif yang bagus. Saat oalahraga beberapa sel tubuh rusak dan tenaga yang dikeluarkan lumayan banyak. 

Hal ini dapat membuatmu merasa lelah hingga akhirnya memutuskan untuk tidur agar badan bisa segar kembali. 

Olahraga juga menyehatkanmu karena semua zat metabolisme dalam tubuh bisa keluar melalui keringat. Perlu diingat durasi waktu untuk olahraga yang baik adalah 60 menit. 

Jadi jangan sampai berlebihan ya...

Jika tidak sempat berolahraga menyibukkan diri dengan berbagai kesempatan patut di coba kok. Seperti menherjakan pekerjaan rumah atau kegiatan lainnya yang dapat membuatmu sibuk. 


5. Minta orang lain untuk membangunkan

Jika strategi alarm tidak mempan sebaiknya kamu meminta bantuan orang lain untuk membangunkanmu. Atau jika perlu mereka boleh mencipratkan air di wajahmu agar kamu segera melek dan bangun. Sebelum tidur bilang pada mereka untuk mebangunkanmu pada jam yang kamu inginkan. 


6. Persiapakan barang yang perlu kamu keesokan harinya

Berhubung kamu sulit bangun ada baiknya barang yang harus dibawa keesokannya dipersiapakan sebelum tidur. berjaga-jaga jika kesiangan sehingga tidak ada barang yang tertinggal. Ketika kamu dalam keadaan terburu-buru banyak barang yang lupa dibawa. Karena selama terburu-buru yang utama kamu pikirkan adalah segera samapai tujuan sebelum waktunya. Jika perlu catat dan lengkapi pada malam harinya. 


7. Segera bangun dari tempat tidur

Alarm sudah berbunyi dan orang lain sudah membangunkanmu, ini waktunya kamu bangun dari tempat tidurmu. Jangan bermalas-malasan diatas tempat tidurmu yang nyaman. Karena itu hanya akan membuat molor jammu. 
Banyak orang sering melakukan ini ketika sudah saatnya bangun, tubuhmu masih bermalas-malasan tidur. atau bahkan akan kembali tertidur. 
Bergegaslah mandi biar badanmu segar dan rasa kantukmu hilang. Jangan biarkan untuk memberikan waktu tambahan, maksudnya kamu sudah bangun namun ingin tidur lagi dengan berkata dalam hati “ 5 menit lagi”. 


8. Manfaat bangun pagi

Banyak loh manfaat bangun pagi, selain tidak membuatmu terburu-buru, kamu akan menemui sinar matahari pagi yang hangat dan kaya vitamin D. Jarang-jarangkan bisa menemui sinar matahari pagi jika tidak bangun lebih awal.  
Bangun lebih pagi membuatmu lebih bersemangat karena waktu untuk persiapan lebih banyak. Selain itu kamu juga bisa menikmati udara yang segar dan masih bersih. Pokoknya gak rugi bangun pagi. 
Bagi kamu anak sekolah bangun pagi bisa menghindarimu dari hukuman karena terlambat masuk sekolah. Jika samapai ke sekolah lebih awal bisa bebas memilih tempat duduk yang nyaman untuk belajar. bila tidak suka duduk didepan bisa memilih duduk dibelakang. 

Kamu tahulah bagaiamana sifat anak sekolah bila memilih tempat duduk. Kebanyakan mereka tidak suka dengan tempat duduk depan apalagi yang berhadapan dengan guru. Dan anak yang telambat masuk sekolah biasanya akan kebagian tempat duduk didepan. 

Oleh : Rusli Asmiyatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni