Cara Bangun Tidur Yang Tepat di Hari Libur

Akhir pekan kadang digunakan sebagai waktu untuk bermalas-malasan. Sepertinya waktu tidur adalah sesuatu yang harus di tebus dan akhir pekan adalah waktu untuk menebusnya.

Hampir seluruh pelajar ataupun mahasiswa memiliki kendala dengan bangun pagi. Bangun lebih awal seakan menjadi momok tersendiri yang menyebalkan. Meskipun tahu bahwa bangun pagi selalu membawa dampak baik untuk dirimu.

Apakah kamu memiliki kesulitan bangun, hanya karena akhir pekan, atau ingin bangun untuk sesuatu? Artikel ini adalah sesuatu yang tepat untuk membantumu mengatasi masalah tersebut! 
sleep: pixabay
1. Buatlah rencana kegiatan di hari libur

Saat hari liburmu tiba, usahakan untuk tetap bisa produktif dengan kegiatan bermanfaat. Jangan menjadikan libur sebagai alasan utama agar kamu dapat bermalas-malasan. Kamu harus memanfaatkan hari liburmu sebagai hari yang menyenangka.

Buat daftar perjalanan untuk hari libur singkatmu. Kamu bisa menggunakan hari minggumu untuk pergi ke tempat perbelanjaa, taman, atau piknik bersama teman-temanmu. Dengan membuat rencana liburan maka kamu akan tetap bangun pagi di hari libur.

Daftar waktumu dengan baik. Mulai dari jam berapa kamu harus bangun, ke mana kamu harus pergi, dan apa yang harus kamu persiapkan.


2. Rencanakan untuk hari minggu bersih

Dengan merencanakan hari minggu bersih. Maka kamu akan tetap bangun pagi dihari minggu. Sebab, kamu memiliki kegiatan yang harus dilakukan yaitu bersih-bersih. Gunakan waktu pagi untuk membersihkan kamar atau rumahmu.


3. Bikin sesuatu seperti aroma makanan untuk membangunkan

Jika adalah orang yang suka dengan minuman seperti kopi, buatlah rencana untuk menikmati kopi setelah kamu bangun. Bau akhirnya akan membangunkanmu. Kopi akan membantumu melek sepanjang hari. 

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi akan membantu tubuh tidak mengantuk. Dengan mengkomsumsi kopi, kamu bisa tetap bertahan di pagi hari tanpa rasa kantuk. Bahkan apabila kamu memang penikmat kopi maka cara ini akan menjadi cukup efisien bagimu.


clock: pixabay
4. Nyalakan alarm

Dengan menyalakan pengaturan jam alarm maka setidaknya kamu telah memiliki niatan untuk bangun lebih awal di pagi hari. Siapkan alarm dari hpmu atau jammu sendiri. Atur jam berapa kamu akan bangun. Dapatkan jam alarm! Beberapa bunyi tidak cukup keras untuk membangunkan kamu, sehingga usahakan untuk mendapatkan yang keras. Banyak alarm tradisional yang akan bekerja dengan baik untuk membangunkanmu. 

Kadang kala, alarm juga tidak berpengaruh besar untuk membangunkanmu. Sebenarnya kamu mendengar alarm itu berbunyi, akan tetapi cenderung bangun untuk sekedar mematikannya, kemudian kembali tertidur. Tindakan seperti ini hampir dilakukan setiap orang. Tidurmu tidak ingin diganggu dengan bunyi yang keras dari alarm. Hal ini membuat alarm tidak berguna.

Butuh manageman waktu bila kamu terus-terusan mengabaikan alarmmu. Atur jam alarm beberapa menit dari seharusnya kamu bangun. Semisalnya ingin bangun pada jam 6 pagi, kamu bisa mengatur jam alarm lebih cepat 30 menit sebelumnya. Sehingga saat kamu bangun mendengar alarm, waktu untuk istirahat sejenak dapat kamu nikmati.

Selain itu, kamu juga bisa mengakali bunyi dari alarm mu. Alarm bisa saja di matikan. Tapi beri pengaturan tertentu agar alarmmu berbunyi selama 1 jam atau lebih. Ini terdengar cukup mengacaukan tidurmu, demi bisa bangun pagi kamu harus sedikit di paksa.


5. Mintalah orang lain untuk membangunkanmu

Sekali lagi, bangun pagi itu sesuatu yang cukup sulit jika belum terbiasa. Dalam beberapa kasus, kamu dapat meminta orang sekitar untuk membangunkanmu. Seperti ibu, bapak, adik, atau kakak. Kalau kamu seorang anak kos maka, bisa minta bantuan tetangga kosmu yang memiliki kebiasaan bangun pagi yang baik.

Jika tinggal bersama orang tua, kamu bisa meminta ibumu untuk membangunkanmu. Ibumu bisa mengetuk-ngetuk pintumu agar kamu bangun, bahkan kalau perlu ia bisa menyiramkan air ke wajahmu. Bisa juga meminta di bangunkan dengan temanmu yang rajin bangun pagi. Kadang orang yang terbiasa bangun pagi akan tetap terbangun meski di hari minggu.

Untungnya jika tinggal bersama teman, ia bisa membangunkanmu, tapi jika tidak kamu bisa meminta di telphone olehnya sampai benar-benar bangun. Cara ini memang agak terkesan sangat merepotkan. Tapi itu yang bisa kamu lakukan agar bisa bangun pagi. Yakin deh, mereka juga akan membantumu dengan ikhlas.


6. Pergi tidur lebih awal.

Dengan tidur lebih awal, maka ini akan memberikanmu waktu tidur yang cukup, sehingga dapat bangun lebih awal. Cara ini adalah yang paling efisien untukmu. Kalaupun harus bangun pagi, kamu akan bangun dengan perasaan yang segar tanpa merasa waktu tidurmu berkurang. Tidur cepat bisa kamu coba dalam rentang waktu jam 9 malam atau jam 10 malam. 

Dengan tidur di jam itu, kamu bisa bangun jam 5 pagi. Kamu harus memiliki jadwal tidur yang teratur, lakukan itu berulang-ulang hingga 7 hari, sedikit demi sedikit akan terbiasa dengan kegiatan tidur lebih awal.

Selain itu, pada kenyataannya begadang memang bukan kegiatan yang baik. Begadang dapat membuat tubuhmu sakit dengan sistem metabolisme yang tidak maksimal. Jangan paksakan dirimu untuk tidur hingga larut malam bahkan baru tidur saat menjelang subuh, karena hal itu tidak baik untuk kesehatanmu.

Tidur lebih awal membuat tubuhmu sehat dengan waktu tidur yang cukup. Hal seperti ini harus kamu biasakan sesering mungkin. Tidur adalah kebutuhan sendiri yang perlu dipikirkan. Bangun di pagi hari pun dapat dibiasakan karena bangun pagi dapat menyehatkan tubuh serta pikiran. Selamat bangun pagi.

Oleh: Andi Rosita Dewi

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni