Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Benar

Pernahkah kamu kesulitan dalam belajar bahasa inggris? Merasa malas kalau berurusan dengan bahasa inggris? Mungkin kini saatnya kamu tau gimana sih caranya belajar bahasa inggris dengan baik dan benar. Well, Belajar bahasa inggris sebenarnya ada empat kemampuan yang harus kamu kuasai, apa aja kemampuan itu?

Reading atau membaca, listening atau mendengar, speaking atau berbicara , dan writing atau menulis. Nah, keempat kemampuan tadi harus benar-benar kamu kuasai kalau ingin dianggap jago berbahasa ingggris. Keempat kemampuan tadi tentu saja berhubungan erat dengan vocabulary dan juga grammar. Of course ! we should master as much vocabulary and master as much grammar. Kita harus kuasai tuh kosa kata dan tata bahasanya.

Pada kesempatan hari ini nilni akan mengajak kamu untuk belajar bahasa inggris dengan benar tentunya dengan cara yang fun ! Oleh karena itu simak yah tips-tips mimin :


via Pixabay


Try to speak in english !

Cobalah untuk berbicara dalam bahasa inggris setiap harinya. Hal ini adalah cara paling efektif untuk meningkatkan kemampuan speaking kamu. Mulailah dengan kosa kata yang kamu ketahui terlebih dahulu seperti “hallo how r you?”. Jangan pernah berfikiran “untuk nanti-nanti sajalah kalau sudah benar-benar jago bahasa inggrisnya” payah ! Kapa lagi kamu punya waktu kalau terus-terusan tidak percaya diri. Grab it fast bro!

Salah satu ide lain  untuk melatih kemampuan speaking kamu adalah langsung praktik dengan native speaker (orang bule). Slow but sure it work ! Cobalah mengajak teman native kamu untuk sesekali kerumah dan latih kemampuan berbicara kamu dengan ngobrol sama doi. Kamu bisa juga menawarkan untuk exchange vocab. Misalnya kamu mengajari dia beberapa kosa kata dari negara kamu dan sebaliknya bule ini akan mengajari kamu bahasa inggris.


Jadilah bule asli 

Latih cara pengucapan tiap kata dalam bahasa inggris kamu secara benar. Kamu akan sangat kesulitan untuk mengungkapkan apa yang kamu ingin ungkapkan kepada siapapun ketika pengucapan “pronounciation” kamu jelek !  Oleh sebab itu cobalah untuk selalu Benar dalam mengucapkan kata tertentu, pengucapan yang jelas sangat penting jika kamu benar-benar ingin meningkatkan tingkat kemampuan bahasa Inggris.

Dengarkan erat dengan bagaimana native speakers bahasa Inggris mengucapkan kata-kata dan suara-suara tertentu kemudian tirulah sesuai apa yang mereka ucapkan.

Perhatikan setiap suara tidak terbiasa ada dalam bahasa di negara kamu. Misalnya beberapa orang mengalami kesulitan mengucapkan "r", karena tidak ada dalam bahasa negara mereka, sementara orang lain mengalami kesulitan dengan gugus konsonan tertentu, seperti "th".

Kemudian sadarilah bahwa pengucapan kata-kata bahasa Inggris tertentu sangat bervariasi tergantung pada bagian dari dunia itu diucapkan di. Sebagai contoh, bahasa Inggris Amerika sangat berbeda dengan British English. British english kalau orang indonesia bilang akan terdengar lebih medhog

Seperti mengucapkan “would you like to come in?” orang amerika akan berbeda dengan orang inggris dalam mengucapkannya. Oleh sebab itu  jika kamu berniat untuk melakukan perjalanan ke atau tinggal di negara berbahasa Inggris, ini adalah sesuatu yang harus mempertimbangkan ketika ingin  belajar bagaimana mengucapkan kata-kata tertentu.


Perbanyak vocab !

Vocab atau vocabulary atau kosa kata adalah bagian terpenting dalam belajar bahasa inggris. Ya iyalah, gimana bisa tanpa menegrti kosa kata bahasa inggris, gimana mau praktiknya jika kamu tidak mengerti arti dari setiap kata :p oleh karena itu latihlah diri kamu untuk memperbanyak kosa kata tiap harinya.

Jika kamu menemui kosa kata baru langsung praktikan kosa kata tersebut dengan merangkainya dalam suatu kalimat. Hal ini akan lebih mudah untuk mengingat kata-kata tersebut. Hal lainnya adalah cobalah untuk memberi label pada barang-barang disekitar kamu.


Diskusi 

Mualailah untuk berdiskusi dengan teman kamu menggunakan bahasa inggris. Ambil suatu isu yang sedang trend misalnya isu mengenai perdamaian dunia dan lain sebagainya. Coba cari dan bergabunglah dengan  komuitas bahasa inggris yang ada di kota mu seperti AIESEC.

Mulailah menghadiri setiap pertemuan yang diadakan mereka. Selain itu, kamu  bisa mengambil kelas les bahasa inggris. Menghadiri kelas bahasa Inggris adalah cara yang bagus untuk fokus pada beberapa aspek yang lebih formal berbahasa Inggris.

Kelas tersebut akan mengajarkan kamu tentang tata cara berbahasa yang benar dan  berbicara yang meliputi struktur kalimat yang tepat dan konjugasi kata kerja dan umumnya akan memberikan pendekatan yang sangat terstruktur untuk belajar bahasa.


Membawa kamus

Membawa kamu setiap saat entah itu dalam bentuk buku aataupun apliasi smartphone akan sangat berguna bagi kamu. Memiliki kamus akan mempermudah kamu untuk tidak terjebak dalam satu kata yang tidak kamu tahuHal ini dapat menghemat waktu dan mengurangi rasa malu jika kamu memilih memulai percakapan dengan native speakers.

Selain menghemat kecanggungan, mencari kata yang kamu butuhkan dalam kamus kemudian segera menggunakannya dalam sebuah kalimat benar-benar akan membantu kamu untuk segera mengingat kosakata baru ke memori otak.

Jika kamu seorang pemula, kamu harus mulai dengan kamus bahasa Inggris yang memberikan definisi dalam bahasa asli kamu. Namun, setelah kemampuan bahasa kamu meningkatkan, kamu harus beralih menggunakan kamus Inggris-Inggris, yang menyediakan definisi bahasa Inggris untuk kata-kata bahasa Inggris. Gampang kan?


Ndengerin musik

Mendengarkan musik dari radio Inggris atau mp3 di smartphone merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan bahasa Inggris kamu. Cobalah untuk serius dalam arti benar-benar berusaha untuk memahami apa yang dikatakan, dinyanyikan, arti dari tiap kata, arti dari isi lagu itu dinyanyikan.

Bahkan jika Anda merasa terlalu cepat, cobalah untuk memilih kata kunci dan frase untuk mendapatkan gambaran umum tentang apa yang mereka bicarakan dalam lagu itu. Menarik bukan? Easy guys ! jangan uma bisa nyanyi inggris doang yah, pahami betul-betul arti dari lagu tersebut, ceritanya tuh tentang apa. Berasa komentator ajang menyanyi ya? Lol.


Menonton film inggris dan acara TV

Cara lain menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman pendengaran kamu adalah dengan menonton film bahasa Inggris dan acara TV. Cobalah untuk memilih film atau acara TV yang kamu  kamu senangi hal ini  ini akan membuat kamu seperti belajar bahasa inggris denga lebih mudah. Jika mungkin, pilih film atau acara yang kamu familiar dengannya seperti kartun anak-anak pokemon, digimon, one piece atau film blockbuster.

Jika Anda sudah tahu cerita dasar Anda akan menemukan arti dengan bahasa yang jauh lebih mudah sehingga lebih memahami film tersebut.  Akan tetapi,  kamu harus menghindari menonton film atau acara televisi dengan teks dalam bahasa asli negara kamu (dont use subtitle)  karena hal itu hanya akan mengalihkan perhatian Anda dan membuat Anda kurang fokus pada pemahaman bahasa Inggris yang merupakan inti dari latihan.


Membaca buku bahasa Inggris, surat kabar atau majalah

Membaca adalah bagian penting dari belajar bahasa baru, jadi jangan lupa untuk berlatih. Cari sesuatu yang kamu benar-benar tertarik seperti novel bahasa Inggris yang terkenal, The New York Times atau majalah mode. Jika kamu start dengan bacaan yang membosankan maka kamu akan cenderung untuk tidak akan bertahan lama dalam membaca itu.

Buatlah diri kamu lebih aktif dalam memahami apa yang kamu baca, jangan hanya skiming. Soroti kata atau frasa yang kamu tidak mengerti kemudian melihatnya di kamus.

Jika kamu sendirian, kamu bisa mencoba membaca dengan suara keras - ini akan memungkinkan kamu untuk meningkatkan pemahaman dalam membaca sekaligus meningkatkan kemampuan pengucapan (pronounciation).  

Nah, itu tadi sebagian cara untuk kamu supaya bisa berbahasa inggris dengan baik dan benar... Bersambung!

Oleh : Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni