Cara Berhenti Kecanduan Facebook

Tren yang ada sekarang ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial menjadi primadona di semua kalangan mulai dari remaja hingga dewasa gandrung dengan media sosial. Kamu mungkin tidak sadar bahwa hari-harimu tidak bisa terlepas dari media sosial. Salah satu media sosial yang paling laris saat ini adalah Facebook.
Pertanyaan bagi pengguna facebook yang pertama adalah berapa lama dalam satu hari kamu menggunakan facebook? Untuk apa saja? Mungkin kamu menggunakannya untuk update status, cek kiriman teman, cek tanggal ulang tahun teman-teman kamu dan lain-lain. Tanpa disadari kamu sudah kecanduan dalam menggunakan facebook. 
Mimin ada loh teman yang agak anti sosial gitu bahkan diputus sama pacarnya gara-gara asik sendiri mainan facebook padahal lagi jalan ke mall sama pacar. Mau tuh kayak begitu? Ada yang bilang kalau orang yang anti sosial di dunia maya mah asik banget padahal di dunia nyata aslinya ngeriiiii.... 

Kasihan.... Kamu bisa saja langsung delete permanen acount facebook akan tetapi pernahkah mencoba berfikir untuk benar-benar lepas total dari kecanduan facebook dan mencoba memulai menjalani hidupan tanpa facebook?

Facebook Addict : Pixabay

 Baca artikel ini ya sampai selesai untuk tahu cara ampuh  berhenti atau move on dari facebook. 


1. Catat Apa Saja Aktivitas Kamu

Cobalah mencatat segala aktivitas kamu ketika menggunakan facebook dalam sehari. Kemudian tanya pada diri sendiri “tadi aku ngapain aja ya gunain facebook?” dan cobalah jawab jujur ya! “updates status doang, cek colekan teman, cek ada pesan atau gak, kayaknya gak penting ya!” Its totally waste time. 
Mencatat apa saja aktivitasmu di facebook bermanfaat untuk mengetahui waktu yang kamu habiskan dalam menggunakan facebook mulai dari kamu log in sampai kamu log out.
Cobalah memakai aplikasi yang dapat merekam penggunaan waktu dalam memakai facebook atau situs lain. Estimasi penggunaan waktu dalam bermain facebook misalnya 2 jam perhari. Waktu itu mungkin saja akan jauh lebih produktif ketika kamu dapat mengalokasikannya untuk tidur siang ketika capek pulang kuliah, ngerjain tugas sekolah, bisa mandi dan hal-hal lain yang jauh bermanfaat. 


2. Catat Kegiatan yang Seharusnya Bisa Dilakukan

Setelah mengetahui berapa catatan waktu dalam menggunakan facebook misalnya 15 jam dalam seminggu, kamu bisa list aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan. Misalnya belajar memasak, part time jobs, mengerjakan tugas dan lain-lain. Hal ini akan membuat kamu benar-benar peduli dan berfikir kembali dalam menggunakan facebook. 


3. Bayangkan Hidup Tanpa facebook

Cobalah membayangkan kehidupanmu tanpa facebook. Mungkin gabung di facebook satu atau dua tahun lalu, sebelum  masuk SMA atau kuliah. Cobalah mengenang kembali masa-masa sebelum kamu diperkenalkan dengan facebook. 

Mungkin kamu akan menghabiskan lebih sedikit waktu di depan komputer dan cenderung menghabiskan waktu di luar bersama teman-teman, nonton TV bareng keluarga di ruang tamu, bantuin adek belajar atau bikin tugas sekolah dan lain-lain. Buatlah list aspek-aspek positif apa saja yang bisa dilakukan dalam hidupmu tanpa facebook untuk memotivasi. 


4. Mencoba Mendapatkan Manfaat Facebook dengan Cara Lain

Tulis semua manfaat yang diberikan oleh facebook dan hal-hal yang akan  dirindukan jika kamu menghapus account facebookmu. Berfikirlah untuk mendapatkan manfaat itu tanpa harus merasa bersalah dan menggunakan facebook lagi. 

Lets say, mungkin orang bisa bilang kalau facebook bisa membantu mengingat hari ulang tahun orang yang kita sayangi dan facebook mampu menghubungkan kita dengan teman-teman. 

Sekarang, gantilah mindset itu dengan cara lain seperti tulis hari ulang tahun orang-orang tersayang kamu di sticky note yang bisa ditempel di dinding atau ruangan mana yang mudah terlihat oleh kamu. Done ! 


5. Matikan Semua Notifikasi Facebook Baik Email Maupun Telepon

Pada saat mendaftarkan account di facebook secara otomatis kamu akan mengisi email dan nomor telepon, sehingga secara berkala facebook akan mengirim notifikasi ke email dan teleponmu. Mematikan notifikasi, dapat membantu kamu untuk tidak mengingat-ingat apa aktivitas yang dilakukan di facebook seperti teman yang share foto, berbalas komen, membalas pesan dan lain-lain. 

Sebelum menghapus account facebookmu, simpanlah terlebih dahulu beberapa kontak teman atau kerabatmu untuk tetap dapat berkomunikasi dengan mereka. 


6. Mentutup Facebook Jangka Pendek

Orang yang kecanduan facebook sama halnya dengan perokok yang kecanduan merokok. Memutuskan secara langsung untuk berhenti tidak menggunakan facebook sama sekali akan sangat menyiksa, oleh karena itu mulailah meninggalkan facebook secara periodik. 

Cobalah satu atau dua hari untuk tidak memakai facebook kemudian tingkatkan menjadi seminggu. Catat hal-hal apa saja yang bisa kamu kerjakan ketika tidak ada waktu terbuang untuk facebook. Buatlah target selanjutnya secara periodik sampai akhirnya kamu sudah terbiasa tidak menggunakan lagi. 


7. Buatlah Pengumuman Kepada Dunia

Buatlah pengumuman kepada teman-teman facebookmu kalau kamu akan berhenti menggunakan facebook dan setting status ini agar terlihat global artinya statusmu bisa dilihat tidak hanya oleh temanmu saja melainkan seluruh dunia. 

Isi status seperti ini “Hallo, aku mau tutup akun facebook nih guys, hubungi via mobile phone atau email ya”. Hal ini akan memberikan arti sendiri kepada teman-teman difacebook sekaligus janjimu untuk tidak menggunakan facebook lagi. 

Lucu kan ketika memapakai  facebook lagi, akan tetapi kamu sudah janji keseluruh dunia bahwasannya gak bakalan gunain facebook lagi. Pasti risih deh!


8. Tinggalkan Facebook

Setelah mengadakan pengumuman untuk meninggalkan facebook, itu saatnya kamu untuk take action! Ada dua plilihan dalam menghapus account facebook yakni pilihan deactivated your account atau permanently delete your accounts facebook. 

Tapi jangan sembarangan meninggalkan facebook ya ketika masih ada tanggungan, jika kamu menjadi admin dari sebuah grup difacebook delegasikan kepemimpinanmu sebagai admin ke orang yang kamu percayai. 


9. Blokir Facebook

Blokir situs facebook dari komputer kamu. Temukan cara atau step-step meblokir suatu situs dari komputer. Hal ini mencegah kamu untuk membuka lagi account yang tadinya sudah didelete dari facebook. 

Nah, Itu tadi tips-tips supaya kamu gak kecanduan lagi dengan facebook ! Semoga bermanfaat yahh 

Oleh : Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni