Cara Berhenti Tidur di Kelas

Tidur adalah salah satu cara paling ampuh dan manjur dalam meredakan semua ketegangan dan mengistirahatkan tubuh. Salah satu cara alami relaksasi salah satunya adalah dengan tertidur. Tidak ada hal negatif dari tidur, kecuali dimana kamu tertidur.

Tertidur di kelas mungkin sering kamu alami. Penyebabnya bisa bermacam-macam, dan biasanya terjadi di malam sebelumnya. Mungkin tadi malam kamu begadang untuk menyelesaikan bertumpuk-tumpuk tugas sekolahmu. Menyelesaikan novel favoritmu atau menonton pertandingan tim sepakbola kesayangan yang tayang dini hari. Bisa juga kamu keasikan berselancar di dunia maya hingga jam tidurmu terbengkalai. Akibatnya kamu bangun kesiangan karena merasa waktu tidurmu belum cukup.

Di sekolah sangat mudah untuk tertidur di kelas dengan aktifitas berat yang kamu jalani seharian sementara tubuhmu belum cukup mendapatkan jatahnya dalam beristirahat. Tidur di kelas banyak resikonya. Ketinggalan pelajaran, mungkin yang lebih buruk kamu akan dibangunkan oleh sebuah penghapus atau buku teks tebal melayang tepat ke kepalamu.
sleep: pixabay
Tenang, beberapa langkah dan tips di bawah ini akan membantumu menghindari tertidur di dalam kelas.


1. Jangan biarkan tugas sekolahmu menumpuk

Hentikan kebiasaan menunda pekerjaan. Sebaiknya selesaikan beberapa dari tugas-tugas tersebut lebih awal. Mungkin kamu bisa menyelesaikannya di sekolah setelah jam pelajaran berakhir. Sesampainya di rumah kamu akan mendapatkan waktu bersantai yang lebih panjang dan waktu tidur yang cukup.

Setelah pekerjaan rumahmu terselesaikan, kamu juga  bisa melakukan hal lainnya yang biasanya kamu lakukan padahal hal tersebut hanyalah makin mengurangi waktu tidurmu.


2. Sarapan sebelum berangkat sekolah. 

Salah satu alasan kenapa sarapan begitu penting adalah membantu memberikanmu lebih banyak energi untuk beraktifitas seharian. Kamu tidak akan cepat merasa lelah atau lemas serta menjaga tubuhmu tetap terjaga.
Jika kamu jarang sarapan bahkan tidak pernah sama sekali. Cobalah untuk makan sarapan yang lebih baik. Pilih menu yang benar-benar mendukungmu untuk berkaktivitas dengan penuh energ. Hindari makan terlalu kenyang di pagi hari.

3. Mengurangi kegiatan

Kurangi beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang kamu ikuti. Dengan begitu kamu mungkin lebih menghemat energi dan terhindar dari stres karena beban pikiranmu jadi agak berkurang. Kamu juga akan menjadi lebih fokus pada tanggung jawab utamamu yaitu sekolah.


4. Menjaga pola makan dengan baik

Makanlah makanan yang bergizi dan pastikan nutrisi yang kamu butuhkan selalu tercukupi dengan makanan yang kamu makan. Jajan sembarangan hanya akan memenuhimu dengan zat-zat yang tidak diperlukan atau mungkin malah berbahaya bagi kesehatanmu.


5. Rutin olahraga
jogger: pixabay
Berolahraga akan membuat tubuhmu bugar. Olahraga juga akan mengurangi stres yang dapat menyebabkan pikiran tenang dan kualitas tidurmupun akan membaik. Lakukan aktivitas olahraga ringan sore hari sepulang sekolah ketika matahari mulai bersahabat. 

Jalan cepat atau jogging selama 30 menit keliling kompleks perumahan bisa memiliki efek luar biasa pada tubuhmu. Lakukan secara rutin dan tidak perlu berlama-lama karena olahraga yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.


6. Dapatkan waktu tidur yang berkualitas

Jam tidur malam normal sesorang setidaknya adalah 6-8 jam sehari. Jika menurutmu itu telalu lama, sepertinya 7 jam saja sudah cukup bagi sebagian orang. Hitung saja misalnya kamu harus bangun pagi pukul 5 itu artinya pukul 10 malam adalah batas terakhir untukmu beristirahat.

Pergilah tidur lebih awal. Hindari begadang. Abaikan acara-acara TV kesukaanmu yang tayang larut malam. Kamu sudah tahu konsekuensi dari kurang tidur di malam hari. Maka hindarilah, lebih baik focus pada hal-hal yang sifatnya prioritas. Toh kamu masih punya waktu di akhir pecan untuk acara-acara favoritmu.
Jika jam tidurmu berkurang itu akan berpengaruh pada kualitas tidurmu. Akibatnya kamu akan mengantuk di tengah-tengah jam pelajaran. 

7. Cuci wajah dengan kain pembersih muka yang dibasahi air dingin

Jika kamu merasa mengantuk di kelas mohon ijin untuk ke kamar mandi. Begerak akan segera membuatmu kembali terjaga, dan sedikit siraman air di muka akan membantumu merasa lebih segar dan bertenaga.

Lakukan ketika kamu bangun di pagi hari. Kamu akan merasa rilek dan membuatmu benar-benar merasa segar di pagi hari sebelum mandi pagi. Cobalah minum teh hijau sebelum berangkat ke sekolah.


8. Manfaatkan waktu luang sepulang sekolah untuk belajar 

Belajar selama tiga jam segera setelah kamu tiba di rumah. Dengan begitu kamu bisa menghemat waktu belajarmu di malam hari dan tidur tepat waktu.


9. Persiapkan perlengkapan sekolah sebelum tidur
desk: pixabay
Persiapkan seragam sekolah dan buku-buku yang akan kamu pergunakan di sekolah keesokan harinya. Dengan melakukan hal ini kamu tidak perlu terburu-buru di pagi hari.

Lakukan peregangan ringan ketika bangun di pagi hari dan mengambil singkat selama kelas untuk meregangkan lagi. Peregangan akan menyegarkan tubuhmu dan mengendorkan otot-otot yang kaku.


10. Mengunyah permen jika diperbolehkan

Jika mungkin gurumu memperbolehkan untuk makan dan minum di dalam kelas,  cobalah untuk makan beberapa permen yang rasanya kuat seperti peppermint atau rempah-rempah seperti pala, cengkeh dan kayu manis.

Mengunyah permen karet juga bisa digunakan untuk mengusir kantuk, karena dengan mengunyah akan mengendurkan otot-otot dan syaraf-syaraf di kepala.

Oleh: Satrio Riszki Dharma

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni