Cara Cepat Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa baru memang kadang terasa menyulitkan. Apalagi bahasa tersebut memiki perbedaan penulisan dengan pelafalan. Tapi, jangan nyerah untuk mencoba. Berikut cara cepat belajar bahasa baru untukmu.


1. Pahami Grammar secara umum
grammar: pixabay
Memahami Grammar atau susunan struktur tata bahasa dengan baik akan menjadi hal yang cukup sulit. Jika kamu dapat memahami tata bahasa dari bahasa yang akan dipelajari, maka itu akan sangat memudahkanmu. Karena memang yang tersulit dalam mempelajari bahasa asing yaitu memahami tata bahasanya.

Struktur tata bahasa terdiri dari susunan kata, penempatan kata, penggunaan kata imbuhan, kata sambung, dan lain sebagainya. Kamu bisa memulai untuk memahami tata bahasa dengan baik dan benar sesuai bahasamu sendiri. Setelah mahir dengan bahasamu sendiri, kamu bisa mencoba untuk bahasa asing.


2. Tentukan bahasa asing yang ingin dikuasai

Ada begitu banyak bahasa asing yang dapat dipelajari. Kamu bisa memilih salah satu berdasarkan motivasimu. Contoh alasan untuk memilih bahasa tertentu dapat berupa alasan dari kurikulum yang mengharuskanmu mahir dengan bahasa itu, karena senang dengan negaranya, akan kerja di negara itu, atau bahkan ingin menghabiskan waktu berlibur disana.

Berdasarkan alasan ini, kamu akan lebih bersemangat mempelajari bahasa yang kamu pilih. Pelajarilah bahasa tersebut karena kamu benar-benar menginginkannya.


3. Cobalah bahasa asing yang hampir mirip dengan bahasamu

Jika mempelajari bahasa asing adalah hal yang baru untukmu, maka kamu dapat memilih bahasa asing pertama yang mirip dengan bahasa asalmu. Sebagai contoh mempelajari bahasa melayu terlebih dahulu.

Contoh lain, kamu akan kagum ternyata menguasai bahasa Italia lebih mudah apabila kamu mempelajari bahasa Spanyol terlebih dahulu.


4. Pikirkan tentang bagaimana kamu akan menggunakan bahasa itu

Apakah kamu ingin berbicara dengan lancar? Apakah hanya perlu beberapa ungkapan umum atau apakah memerlukannya hanya untuk pengetahuan saja demi kelancaran dalam sekolah? Untuk tahap awal pejari sesuai kebutuhanmu saja.


5. Mencari Sumber daya

Mempelajari bahasa asing tentu membutuhkan sumber belajarnya. Mulai carilah referensi untuk mempelajari bahasa asing tersebut, kamu bisa mendapatkannya dari buku, kaset, media online, atapun kursus.


6. Menemukan Metode Belajar yang Menyenangkan
board: pixabay
Cobalah dengan metode pembelajaran yang berbeda untuk menemukan mana yang terbaik untukmu. Menonton video, membaca skrip, dan bermain game interaktif. Memasukkan bahasa baru ke dalam penggunaan sehari-hari yang seperti bahan bacaan, menulis dan hiburan untuk memperkuat apa yang kamu pelajari dan membangun kefasihan.


7. Mulai Belajar

Lakukan secara rutin penghafalan kosakata setiap hari, seperti menghafalkan 10 kata perharinya. Kamu membutuhkan sekitar 1.000 kata-kata dasar dalam bahasa baru jika ingin fasih dalam melakukan percakapan dasar dengan orang lain dalam bahasa mereka.


8. Gunakan taktik yang dapat membantumu

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat belajar bahasa lebih mudah. Fokus pada kata-kata umum seperti saya, dia, kamu, mereka, kita dan kami. Kemudian pelajari kata kerja sehari-hari seperti makan, minum, bangun, jalan, lari dan diam. Setelah kosa kata cukup dipahami maka mulai untuk menggunakannya.

Jika memungkinkan, ulangi dengan keras. Hal ini membantu membiasakan kamu dan juga membantu agar tetap dalam memori ingatanmu. Praktek suara berbeda yang dibuat oleh vokal dan kombinasi huruf khusus yang unik untuk bahasa tersebut. Bersiaplah untuk menghafal, mengingat, menghafal.


9. Mendengarkan siaran radio dalam bahasa asing

Kamu juga dapat belajar dengan melihat banyak stasiun TV dan menonton berita dan acara yang diproduksi dalam bahasa asing.
 Hal ini bisa membuat jauh lebih menyenangkan daripada hanya membaca teks tata bahasa!

10. Baca berita harian dalam bahasa asing
newspaper: pixabay
Cari bagian surat kabar online atau blog yang mencakup topik dalam bahasa yang ingin kamu pelajari. Gunakan banyak waktumu untuk membaca berita harian tersebut.


11. Menonton film dalam bahasa asing

Menonton film dalam bahasa asing bisa membantumu untuk mempelajari bahasa tersebut. Hal tersebut akan membantumu mendengarkan dan mercerna setiap kata yang diucapkan dalam film.
Usahakan untuk tidak menggunakan terjemahan bahasa, jadi kamu dapat menonton sambil belajar.

12. Mainkan game dalam bahasa asing

Banyak aplikasi game online yang memungkinkan untuk perubahan bahasa yang paling umum digunakan. Jika ini adalah kasus untuk permainan, maka beralih ke bahasa yang sedang kamu pelajari saat ini.


13. Berteman dengan orang yang mahir berbahasa asing

Bertemanlah dengan orang yang mahir menggunakan bahasa asing, baik secara langsung atau di chat room / forum. Satu-satunya cara untuk belajar bahasa adalah ikut terlibat dalam percakapan dengan orang-orang yang mahir bahasa tersebut.

Dengan berkumpul bersama mereka yang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, kamu akan termotivasi lebih untuk terus belajar dan mencoba mempraktekkannya. Berbahasa asingmu akan lancar apabila terbiasa berbicara atau berbincang secara langsung.


14. Buat jadwal pribadimu

Rencanakan waktu belajarmu dengan baik. Biasakan maka kamu akan terbiasa. Misalnya meluangkan waktu 15-30 menit dalam sehari. Kamu akan mahir dengan mendisiplinkan diri.

14 cara mempelajari bahasa asing ini cukup sederhana untuk dipraktekkan. Pemahaman bahasa asing penting untukmu demi menghadapi dunia global yang semakin canggih. 
Jangan cuma melek teknologi, melek bahasa pun penting.
Oleh: Andi Rosita Dewi

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni