Cara Membangun Gaya Hidup Sehat

Sudah sehatkah kamu? Mungkin gaya hidup sehat yang benar di pikiran kamu yaitu dengan memakan makanan sehat, rutin berolahraga pagi dan juga tidak merokok. Ya memang, ke tiga elemen tersebut merupakan beberapa kiat agar seseorang selalu sehat dan bugar di sepanjang hari. Namun, bukan itu saja, gaya hidup sehat yang dimaksud. Sebab masih ada berbagai tips gaya hidup sehat yang harus kamu praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hidup sehat adalah dambaan setiap insan manusia, tapi bagaimana bisa hidup sehat tapi tidak mau menjalani pola hidup yang sehat? Tentu saja impian memiliki tubuh yang sehat tidak akan tercapai. Bagaimana mewujudkannya?

Untuk memiliki tubuh yang sehat ada banyak cara yang bisa kamu jalani, namun memang tidak mudah untuk mengubah pola hidup yang tidak teratur menjadi pola hidup yang sehat. Akan ada banyak kendala yang harus kamu hadapi, biasanya kendala terbesar adalah rasa malas dan seringnya menyepelekan pentingnya kesehatan.

Maka dari itu dibutuhkan niat yang cukup kuat dari dalam diri kamu, jika sudah ada niat maka selanjutnya hal yang harus dimiliki oleh diri adalah kemauan, dengan begitu akan tercipta kemampuan dalam menjalani pola hidup sehat yang kamu inginkan. Untuk itu kami telah merangkum beberapa tips cara hidup sehat untuk kamu.

Sebenarnya pola hidup yang benar tidaklah susah akan tetapi juga tidaklah gampang, karena setiap orang mempunyai kondisi tubuh yang berbeda-beda. Ada yang bergadang tiap hari, akan tetapi tidak mempengaruhi kesehatannya, akan tetapi ada yang bergadang hanya 1 hari langsung mengalami demam atau meriang. Hal ini disebabkan daya tahan seseorang yang berbeda-beda. Akan tetapi pada dasarnya setiap manusia pasti mengingikan pola hidup yang sehat, hanya saja mereka tidak mengetahui bagaimana caranya.

Bagaimana cara menjalani pola hidup sehat yang benar pasti merupakan suatu pertanyaan yang sering kamu tanyakan keberbagai nara sumber yang berhubungan dengan kesehatan bukan?

Pertanyaan ini juga yang membuat setiap orang menjadi penasaran, bagaimana bisa menjadi sehat, jika pola hidupnya saja tidak sehat. Disini kami akan berbagi pengalaman bagaimana cara menjalani pola hidup sehat yang baik dan benar menurut berbagai sumber kesehatan yang ada sekarang.

via Pixabay

Tips kesehatan, Berikut ini gaya hidup sehat yang bisa kita lakukan :


Selalu aktif

Dalam hal ini usahakan untuk tidak sering duduk terlalu lama baik itu di depan komputer atau menonton acara televisi yang kamu sukai. Kamu dapat memulainya dengan mengurangi waktu untuk berlama-lama di depan komputer atau televisi dengan melakukan aktivitas lainnya yang membuat kamu tetap bergerak dan aktif.


Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu

Ini dikarenakan, dengan terpapar sinar matahari pagi, maka tubuh akan terpacu untuk memproduksi vitamin D. Vitamin D pada tubuh memiliki fungsi untuk menangkal penyakit jantung, aneka jenis kanker dan juga mencegah pengeroposan tulang dini.


Menambah atau memperbanyak untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sangat baik untuk menutrisi tubuh kamu

Berbagai buah-buahan seperti jeruk, semangka, pepaya, apel dan lain-lain serta aneka sayuran seperti bayam, sawi dan lain-lain merupakan buah-buahan dan sayur-sayuran yang dimaksud.


Rutin berolahraga merupakan salah satu faktor yang dapat membuat badan kamu lebih sehat dan fit sepanjang hari

Kamu dapat memulainya, dengan menyisihkan waktu pagi untuk berolahraga pagi seperti berjalan, berlari maupun bersepeda santai. Teratur dalam berolahraga, minimal 3 kali seminggu. Karena olahraga sangatlah penting dalam menjaga keseimbangan tubuh kamu dan dapat menjaga tubuh kamu  tetap bugar.

Dan bukankah kamu sejak kecil sudah diajarkan untuk sering berolahraga? Kamu sendiri akan tahu bagaimana kesehatan seseorang yang tidak pernah berolahraga dengan orang yang berolahraga. Orang yang berolahraga daya tahan tubuhnya lebih kuat loh.

Stop merokok

Ini merupakan salah gaya hidup sehat yang sulit dilakukan bagi mereka yang menjadikan kebiasaan merokok sebagai kebutuhan. Tapi tahukah kamu, kandungan rokok sangat tidak bersahabat untuk kesehatan tubuh kamu.


Mulai hari kamu dengan tertawa atau tersenyum

Karena aktivitas tersenyum maupun tertawa berdampak sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kesehatan tubuh itu sendiri. Kamu dapat memulainya dengan sering berckamu dengan teman atau menonton berbagai acara komedi di televisi.


Usahakan untuk membatasi, mengurangi atau bahkan menghilangkan untuk mengkonsumsi aneka makanan siap saji

Dengan mulai memasak makanan sendiri, kamu akan lebih mengetahui, apakah makanan yang kamu masak baik untuk kesehatan tubuh kamu atau malah berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kamu.


Tidur yang teratur dan cukup

Pola tidur yang sehat sebenarnya dari jam 9 malam sampai dengan jam 6 pagi. Karena jam tidur yang normal dan sehat adalah 8-9 jam. Jika kamu tidur kurang atau lebih dari 8-9 jam, akan ada kemungkinan kamu akan mengalami sesuatu yang membuat kamu menjadi tidak sehat. Jadi ingat!!! Tidur yang yang cukup itu sangat penting.


Jika kamu seorang pekerja, jam kerja kamu maksimal 10 jam saja

Jika lebih dari itu ditakutkan tubuh kamu akan rentan terhadap penyakit karena terlalu berlebihan dalam penggunaannya dalam bekerja. Karena tubuh memerlukan istirahat juga untuk mengembalikannya ke keadaan yang normal kembali.

Jika tubuh kamu dalam keadaan tidak normal, makanya ada kemungkinan kamu akan mudah terserang penyakit.


Jauhi minuman beralkohol dan lainnya yang dapat merusak organ tubuh kamu

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila minuman beralkohol bisa membunuhmu secara perlahan. Dan minuman beralkohol bisa merusak sebagian kerja syarafmu secara perlahan. Memangnya kamu mau, mati sia-sia hanya karena minum minuman beralkohol ini?


Menjaga kebersihan

Kebersihan adalah faktor utama yang menunjang kesehatan, jika kurang memperhatikan kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan maka akan sangat mudah penyakit bersarang pada tubuh kamu.

Salah satu cara menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan. Sangat wajib hukumnya mencuci tangan sebelum makan, agar kuman yang menempel di tangan tidak menempel di makanan.

Membersihkan seluruh isi rumah juga sangat penting karena bukan kesehatan kamu saja yang harus dijaga, kesehatan seluruh anggota keluarga juga harus dijaga. Jika salah satu anggota keluarga ada yang sakit, maka ada potensi kamu dan anggota keluarga yang lainnya ikut tertular, ini sangat merepotkan karena jika sudah sakit pasti akan menghambat segala aktifitas yang ingin dikerjakan.

Masih banyak lagi yang kamu bisa lakukan untuk menjaga kebersihan.


Perbanyak gerakan tubuh

Olahraga mungkin salah satu cara yang sering digunakan oleh orang-orang untuk membuat hidupnya jauh lebih sehat. Entah itu lari pagi bersama teman-teman, bermain bola basket/futsal/volley, fitness, dan lain-lain. Semua itu adalah langkah yang sangat baik dan harus dilakukan jika ingin memiliki hidup yang sehat.

Namun tak hanya olahraga seperti itu saja yang harus kamu lakukan, semua hal yang membuat kamu banyak bergerak tentu akan menyehatkan. Misalnya menyelesaikan pekerjaan rumah, atau bermain game yang membuat banyak keringat keluar dari tubuh kamu. Intinya kamu tidak boleh malas untuk bergerak!

Mengapa demikian? karena banyak penyakit yang bisa timbul nantinya bila kamu malas bergerak, contohnya serangan jantung, diabetes, hipertensi, osteoporosis, kanker payudara dan masih banyak lagi. Tentunya kamu tak menginginkan hal tersebut bukan?


Jagalah pola makan

Kamu pasti sering mendengar istilah “you are what you eat!”, yang artinya kamu adalah apa yang kamu makan. Apa maksud dari istilah tersebut? Coba kita perhatikan istilah “GIGO” dalam dunia IT dari sisi positif yakni “Gold In Gold Out” atau dari sisi negatifnya “Gerbage In Gerbage Out”.

Jika yang di input adalah emas maka yang keluar adalah emas, tapi jika yang di input adalah sampah maka yang keluar adalah sampah pula. Begitu pula dengan tubuh kamu, jika tubuh kamu mengkonsumsi makanan/minuman yang tidak bergizi maka akan menyebabkan berbagai penyakit bermunculan.

Sedangkan jika kamu mengkonsumsi makanan/minuman yang menyehatkan maka akan berdampak baik untuk tubuh. Jika kamu ingin sehat penuhilah syarat 4 sehat 5 sempurna! Kurangilah konsumsi kamu terhadap junk food, minuman bersoda, makanan berkolestrol tinggi, minuman beralkohol, makanan/minuman berpengawet, dan berbagai jenis makanan/minuman lainnya yang berdampak negatif untuk tubuh.

Makanlah makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan makan secara berlebihan karena walaupun apa yang kamu makan adalah makanan yang bergizi tapi jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan maka dapat menimbulkan berbagai penyakit.


Perhatikan waktu istirahat

Untuk kamu yang sangat sibuk menjalani aktifitas sehari-hari mungkin terkadang lupa untuk menghargai waktu istirahat. Pola tidur kamu berantakan, tidur larut malam kemudian bangun di pagi hari. Padahal kurangnya istirahat dapat mengganggu konsentrasi.

Jika sudah begitu usahakan untuk mencuri-curi waktu luang di siang hari, waktu yang tepat mungkin pada saat jam istirahat. Cobalah untuk mengistirahatkan tubuh kamu sekitar 20 menit, karena dengan tidur sejenak pikiran akan kembali jernih dan kamu akan memiliki konsentrasi yang baik.

Tapi usahakan kamu bisa mengatur pola tidur kamu sebaik-baiknya, kamu harus bisa mengatur jadwal kegiatan kamu serapi mungkin dengan membuat segmentasi yang berisi kegiatan apa saja yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu (penting), sampai dengan kegiatan apa yang bisa dikerjakan di lain waktu. Dengan begitu kamu bisa tidur lebih cepat karena sudah memperhitungkan segalanya.


Bila ingin buang air, jangan ditahan

Seperti yang kita ketahui bahwa urin dan feses mempunyai fungsi yang besar yaitu membuang racun dari dalam tubuh. Banyak dari kita yang seringkali menahan buang air kecil/besar dikarenakan beberapa sebab, entah karena tidak nyaman dengan toiletnya atau mungkin karena malas.

Namun perlu kamu ketahui jika hal tersebut sudah mulai menjadi kebiasaan bagi kamu, hentikanlah! Terdapat beberapa akibat yang bisa terjadi karena terlalu lama menahan buang air kecil yaitu infeksi kandung kemih, infeksi ginjal atau yang lebih parah lagi gagal ginjal.

Sedangkan jika kamu sering menahan buang air besar maka akan memicu kanker usus. mengerikan? iya! Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk tidak menahan buang air.


Jadikan makanan sehat menjadi bagian yang penting hidup kamu

Hal ini penting agar keseluruhan tubuh kamu berfungsi dengan baik, serta menjaga kesehatan dan keindahan organ individu dan bagian tubuh seperti otot, kulit, rambut, kuku, dan lain-lain. Pilihlah makanan sehat yang menyediakan kamu nutrisi berguna dan minimalkan konsumsi junk food.


Jangan lupa sarapan

Mulailah hari kamu dengan makanan yang kaya gizi dan seimbang yang akan membuat kamu penuh energi sampai dengan siang hari saat kamu makan siang.


Banyak minum air putih

Jika memungkinkan, ganti semua jenis minuman ringan kamu dengan air putih. Hal ini jauh lebih baik untuk tubuh, membantu pencernaan, membakar lemak dan tidak menimbulkan sembelit, layaknya minuman berkarbon.


Lebih memilih makan makanan yang dapat dibakar dengan mudah

Hindari lemak dan setiap kali kamu perlu mengisi perut kamu dengan sesuatu, makan buah atau salad buah. Atur berat badan kamu dengan petunjuk penurunan berat badan yang sehat dan pastikan bahwa kamu tidak mengikuti berbagai petunjuk penurunan berat badan yang ‘ajaib’ karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan kamu.


Lawanlah nafsu makan emosional kamu

Setiap kali kamu menghadapi masalah, tunjukkan tekad, dengan tidak menyerah terhadap apa yang ada di dalam kulkas atau lemari makanan kamu.


Mulailah hari kamu dengan suasana hati (mood) yang baik

Setiap pagi rangsanglah pikiran kamu dengan hal-hal yang membuat mood kamu positif. Mendengarkan musik, membaca sesuatu yang menyenangkan, dan berbicara di telepon dengan orang yang kamu kamingi. Awal hari sangatlah penting. Jika kamu memiliki suasana hati yang baik, kesulitan atau masalah akan ditangani dengan tenang.


Minimalkan konsumsi kafein

Skenario idealnya adalah menurunkan secara drastis kebiasaan mengkonsumsi kopi. Kopi dapat memiliki beberapa manfaat tetapi juga dapat menjadi penyebab sakit kepala migrain dan masalah kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan (cukup 1, maksimal 2 cangkir kopi setiap harinya). Teh adalah alternatif yang baik.


Jangan menyerah pada rutinitas sehari-hari

Setiap kali bangun di pagi hari, pikirlah bahwa hari ini kamu akan melakukan sesuatu yang hebat. Jangan mengerutkan kening dan jangan biarkan diri kamu masuk ke dalam logika rutinitas. Hidup ini singkat bukan?

Untuk apa kamu menghabiskan hidupmu hanya dengan kerutan dahi yang menghiasi wajahmu? Akan ada banyak peristiwa yang akan kamu hadapi dan yang pasti kamu harus selalu maju untuk menjalaninya. Yang pasti, bersemangatlah!


Hentikan sikap penundaan

Tempatkan tujuan-tujuan pribadi kamu dan buatlah rencana untuk mencapainya. Seperti pepatah yang mengatakan, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Ketika kamu menunda ini dan itu, terutama kerjaan, pasti akan kerjaan yang menumpuk dan kamu akan diburu deadline untuk mengerjakannya bukan? Atau sikapmu yang menunda untuk menjalani pola hidup yang sehat.

Bila kamu selalu menunda kebaikan, maka akan sampai kapan kamu menundanya? Sampai kamu tua? Sampai kamu tidak bisa berbuat apa-apa? Selagi kamu masih bisa bernafas dan bergerak, mulailah dari sekarang!


Fokus pada tujuan jangka pendek kamu

Hindari membuat tujuan yang ambisius dan terlalu sulit. Berikan prioritas untuk tujuan yang paling singkat dan dapat dicapai, kelolalah hari demi hari.


Jalankan program harian

Catatlah semua pekerjaan dan tugas yang kamu miliki, dimulai dengan tugas yang telah kamu selesaikan, tugas yang harusnya sudah kamu selesaikan dan tugas yang belum kamu selesaikan.


Membuat revisi rencana kamu

Pada setiap akhir hari, buatlah ringkasan dari apa yang sudah kamu lakukan dan kemudian mengatur apa yang harus kamu lakukan di hari kerja berikutnya sesuai dengan tingkat kepentingan masing-masing tugas.


Cobalah untuk mengikuti jadwal yang telah kamu susun

Terutama ketika meluangkan waktu untuk relaksasi dan untuk keperluan pribadi kamu lainnya. Pekerjaan atau kewajiban yang kamu tinggalkan harusnya tidak lebih penting dari kamu sendiri.


Tetap setia dengan kebiasaan baik kamu

Jangan mengubah kebiasaan kamu dengan mengadopsi gaya hidup tidak sehat hanya karena kamu sedang berlibur. Pada periode ini kamu harus lebih berhati-hati.


Tempatkan kesehatan kamu di pondasi yang tepat

Belajarlah untuk menangani kesehatan kamu sebagai hak yang istimewa (untuk peduli dan untuk memastikan), dan bukan menganggapnya sebagai sesuatu yang diberikan kepada kamu.


Memimpin dengan keteladanan

Mendorong teman-teman dan kolega untuk berolahraga dengan kamu atau mendorong semua orang yang mengatakan bahwa mereka ingin berolahraga tapi tidak mengambil keputusan untuk mulai berolahraga.


Perbaharui diri kamu dengan perkembangan baru di bidang kesehatan, olahraga dan kebugaran

Berusahalah untuk memperoleh informasi secara teratur tentang teknik baru atau cara berolahraga.


Hindari jadi monoton

Variasi selalu lebih menarik, sehingga sangat baik jika kamu dapat terlibat di berbagai jenis olahraga. Hal ini tentu saja berlaku untuk area lain dari kehidupan kamu. Namun tidak diterapkan untuk pasangan hidup ya.


Masukan vitamin dalam tubuh kamu

Konsumsi vitamin setiap hari akan memperbaiki kekuatan dan daya tahan tubuh kamu. Dan sudah pada tahu kan kalau vitamin dapat membantumu untuk meningkatkan imunitas tubuhmu?

Ada ribuan hal baru dan indah di luar sana menunggu untuk kamu temukan. Jangan lupa bahwa seluruh gaya hidup kamu bisa berubah menjadi lebih baik dan sehat hanya ketika kamu sehat juga dalam pikiran, jiwa dan tubuh kamu.

Sebenarnya masih banyak lagi pola hidup sehat yang lainnya, akan tetapi yang kami jelaskan disini merupakan garis besar dari menjalani pola hidup sehat yang benar, tinggal kamu tambahkan lagi didalam keseharian kamu.

Demikianlah pengalaman yang dapat kami berikan dalam cara menjalani pola hidup sehat yang benar, semoga bermanfaat bagi kamu.

Oleh: Devita Putri Mardyanti

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni