Cara Membangun Hubungan yang Sehat Dengan Pasanganmu

Kadang-kadang hubungan bisa tampak seperti biasa saja tanpa masalah, sampai akhirnya kamu menyadari bahwa hubungan yang dijalin bersamanya tidak sedang baik-baik saja. Sebuah hubungan akan terus berkembang kearah hubungan yang sehat jika masing-masing memberi dan menerima. 
couple: pixabay
Namun, jika tidak ada salin pengertian maka berbagai usaha yang dilakukan juga akan sia-sia. Berikut cara agar hubungan kalian tetap berjalan baik. 

1. Jadilah pasangan yang mandiri

Berpikirlah untuk selalu mengusahakan kebahagiaan. Berdebat dengan pasanganmu tidak akan memberikan solusi dari masalah apapun itu. Dalam hubungan dengan pasangan, lebih baik kamu menyenangkannya dan membuatnya bahagia, tetapi pada akhirnya kebahagiaan harus menjadi tanggungjawab bersama.  


2. Gunakan kata-kata yang baik 

Gunakan kata-kata yang baik dalam berbicara dengan siapapun termasuk pasanganmu. Begitupun saat berjanji, tepati setiap janji yang kamu ucapkan meskipun hal kecil sekalipun. Misalnya, kamu berjanji untuk pulang cepat atau berjanji menghabiskan akhir pekan bersamanya.
Jangan sekali-kali mencoba mengingkari janji karena itu akan merusak kepercayaannya terhadapmu. 

3. Beri dia motivasi dan semangat

Hubungan setiap dua orang harus saling membawa kebaikan. Jadilah orang yang selalu ada disisnya untuk memberikan dukungan atau pun motivasi, sehingga pasanganmu bisa sukses dalam study ataupun karirnya. Hal itu akan membuatnya menyadari betapa banyak besarnya kepedulianmu terhadap masa depannya dan berharap bahwa akan menjadi salah satu yang terbaik di hidupmu.

Hal ini juga akan membautnya menjadi lebih kuat. Dia akan selalu percaya bahwa kamu ada disampingnya untuk senang tiasa mendukungnya. Dia tak perlu takut sendirian sebab kamu ada disisinya.

Begitupun sebaliknya, jadikan pasangamu sebagai motivasi bagimu menjadi lebih baik. Jadilah pasangan yang terbaik untuknya sehingga ia tidak perlu mencari orang lain untuk mengindahkan hidupnya.
Saling menyemangati salah satu cara untuk kalian saling menyayangi.

4. Bersikaplah realistis 

Setiap hubungan memiliki perbedaan pendapat dan tetap bersama bukanlah pilihan yang mudah. Tapi apa yang membuat hubungan bertahan adalah memilih untuk menyelesaikan masalah tersebut dan bertahan melalui hari-hari yang sulit.

Terima konflik yang terjadi. Jika kamu berharap untuk berada dalam hubungan jangka panjang, maka kamu pasti memiliki keinginan menyelesaikan perselisihan. 
Ingat bahwa satu argumen bukanlah akhir dari segalanya, dan tidak ada orang di bumi yang sependapat secara terus menerus.

5. Dengarkan pasanganmu
talk: pixabay
Kadang-kadang, semua yang diinginkan adalah untuk saling mendengarkan. Pasanganmu cenderung ingin supaya kamu secara aktif memberikan nasihat kepadanya. Kenali orang seperti apa yang dicari oleh pasanganmu, dan coba untuk memberikan apa yang dia inginkan. 
Menjadi pendengar yang baik merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi pasangan yang pengertian.
Menjadi pendengar saat pasanganmu berbicara atau berkeluh kesah akan membantu memperbaiki hubungan kalian. Ini akan membantu dalam  menyelesaikan perbedaan tanpa berdebat. Hal ini bagian dari menjelajahi kepribadian masing-masing lebih dalam.


6. Menunjukkan kasih sayang dengan cara apa pun yang kamu bisa 

Ada perbedaan antara mengetahui bahwa kamu mencintai dan merasa dicintai. Terkadang kita sering berharap bahwa pasanganmu mengetahui akan kasih sayang yang telah diberikan, walau pun tidak menunjukannya. 
Jangan terlalu berharap seperti itu, kasihan pasanganmu. Sebenarnya dia merasa namun tidak ingin menunjukannya.
Hubungan yang terbaik gunakan kasih sayang untuk menunjukkan bahwa kamu mengkasihinya. Lakukan hal yang tak terduga dalam menyampaikan kasih sayang.


7. Setia

Pastikan dia tahu bahwa kamu akan selalu berada di sana untuknya. Menempatkan dia sebagai orang pertama dan paling penting dalam hidupmu. Bukan berarti kamu hanya berbicara dan menghabiskan waktu bersama saja, tapi dia harus tahu bahwa kamu adalah orang yang bisa dia andalkan saat menghadapi masalah. 

Setialah pada pasanganmu, sebab kamu juga mengharapkan hal yang sama darinya. Buatlah hubungan kalian menjadi sesuatu yang berharga dan patut untuk terus dipertahankan. Jangan melakukan kesalahan yang membuatnya merasa bahwa kamu menghianatinya. 
Kesetian diperlukan untuk mempertahankan hubungan kalian.

8. Jangan pernah menyembunyikan apa pun darinya 

Jadilah pribadi yang terbuka terhadap pasanganmu. Ceritakan segalanya yang terjadi padamu dan jangan pernah menyembunyikan apa pun darinya. Jika sesuatu yang buruk terjadi di masa lalu padamu yang masih mempengaruhi hingga sekarang, maka ia perlu tahu tentang hal itu meski
pun menyakitkan. 

Jangan membuatnya menjadi orang yang tidak tahu apa-apa tentang pasangannya. Duduklah bersama dan saling menceritakan berbagai hal yang di butuhkan.


9. Akui setiap kesalahanmu 
sorry: pixabay
Jika kamu tahu bahwa kamu telah melakukan sesuatu yang menyakiti pasanganmu, sengaja atau tidak, mencobalah untuk memperbaiki itu. Merendahkan diri dan meminta maaf dengan tulus, tanpa membuat alasan atau pembenaran seperti "Aku menyesal telah membuatmu marah." 

Kemudian buatlah komitmen untuk mengubah perilaku menjadi lebih baik. Setelah meminta maaf atas kesalahanmu, maka hindari melakukan kesalahan yang sama secara berulang. Permintaan maafmu tidak dapat menghapus kesalahanmu, akan tetapi setidak mampu sedikit mengobati hati yang terluka karenamu.


10. Seringlah untuk memaafkan

Memaafkan adalah keputusan untuk melepaskan masa lalu dan fokus pada saat ini. Hal ini tetang menyadari bahwa pasanganmu bukanlah orang yang sempurna, mungkin ia juga pernah berbuat salah. 

Maafkanlah, sebab kamu pun tidak selamanya sempurna untuknya. Saling melengkapi dan berhenti membesar-besarkan masalah di antara satu sama lain. Mulailah untuk saling menerima dan memaafkan.


11. Tertawa bersama 


Tertawa membantu menikmati hari dan mensyukuri kebersamaan. Tertawa membantu tubumu membakar kalori, meningkatkan aliran darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan kadar gula darah. Tertawa bisa menghibur atau afrodisiak, dan banyak hal lain diantaranya. Tertawa juga bisa menjaga hubungan kalian tetap hangat. Jangan lupa untuk tertawa.

Meski masalah yang sedang dihadapi besar dan sulit, dengan tertawa dapat membantu menyegarkan pikiranmu. 


12. Mengembangkan komunikasi yang lebih baik

Kebanyakan orang tidak dilahirkan sebagai komunikator besar, tapi sebisa mungkin bangunlah komunikasi yang baik dengan pasanganmu. Caramu berbicara dengan pasangan mungkin tampak kecil, tapi kamu melakukannya beberapa kali sehari dan itu memang memiliki efek. Pertimbangkan perbaikan ini.

Setelah membaca 12 hal ini dan mempraktekkannya, semoga saja kalian menjadi pasangan yang semakin bahagia.

Oleh: Andi Rosita Dewi

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni