Cara Membasmi Kutu Busuk di Kamar Tidur

Sebal ga ketika ada kutu busuk atau tinggi ada di kasur kamu? Wuiih kalau mimin mah sebal banget ! Mimin pernah mengalami soalnya diserang sama kutu busuk alias tinggi. Alhasil kulit mimin bentol bentol dan kurang darah.

Kutu  busuk (Cimex lectularius) atau tinggi atau disebut juga tumila atau Bed Bug (panggilan sayangnya orang bule)  merupakan serangga parasit dari keluarga Cimicidae. Kutu busuk dikenal sebagai spesies yang meminum darah manusia dan hewan berdarah panas lainnya. Kutu busuk senang tinggal di rumah manusia, khususnya pada tempat tidur.Kutu busuk biasa tinggal dan bertelur di lipatan tempat tidur atau bantal dan tempat-tempat tersembunyi lainnya. 

Kutu busuk bisa menggigit tanpa disadari korbannya, biasanya ia akan agresif pada malam hari. Kutu busuk akan menimbulkan bekas gigitannya yang berupa bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya. Serangga parasit ini bisa menimbulkan penyakit ruam-ruam, efek psikologis, dan gejala alergi. Hewan ini beraroma tidak sedap dan sangat menyengat di hidung. 

Hewan yang suka menyedot darah kita sewaktu kita tidur bisa dibilang menyerupai nyamuk gitu. Kutu busuk ini juga sangat berbahaya kalau kena kulit, gigitan pada kulit kamu bisa menyebabkan gatal-gatal, menimbulkan bercak merah gak banget deh, dan alergi yang menyebabkan hal terparah yakni kematian karena alergi. Annoying!

Well, satu kutu busuk betina dewasa mampu menghasilkan 5-10 telur setiap harinya jadi jangan kaget kaget kalau sebanrnya di kasur kamu ada puluhan kutu busuk ! ngeri kan? Si Tinggi ini biasanya menghisap darah kamu pada waktu malam hari karena mereka sering keluar malam hari , kalau malam lampu sering dimatikan kan, nah saat itulah mereka menyerang kamu. 

Hati-hati, tidak hanya di kasur sekalinya doi loncat, doi bisa kemana-kemana bisa jadi ngumpet di sofa ruang tamu atau manapunlah sudut-sudut rumah. Kutu busuk biasa bersembunyi di sela-sela kasur dan bertelur sembarangan. Ketika kamu coba membunuhnyapun mereka akan mengeluarkan zat khusus berbau tidak sedap oleh karena itu mereka dinamai kutu busuk. 

Image Credit : Pixabay
Lantas gimana sih caranya ngebasmi kutu busuk ini? Pada kesempatan ini nilni akan memberikan tips bagaimana cara ampuh mengusir kutu busuk. Simak ya... 

1. Cuci Seprai dan Sarung Bantal

Cuci seprai dan sarung bantal kamu dengan air panas dengan menggunakan sabun cuci yang mengandung anti bakterial. Jangan lupa ya dicuci rutin tiap tiga hari sekali soalnya banyak dari mereka menyangka kalau kutu busuk mudah hilang atau pergi ketika hanya satu kali mencuci padahal telur-telunya masih nempel di seprai dan sarung bantal. Apa jadinya kalau telur-telur ini tidak mati malah kemudian menetas menjadi kutu-kutu penghisap darah. Ngeri kan? Maka dari itu cucilah rutin seprai dan sarung bantalmu.  


2. Lap Bantal dan Guling

Basahi bantal dan guling kamu dengan air panas kemudian semprot dengan obat serangga seperti baygon. Bilas lagi dengan air panas. Jemur di tempat yang kering. Ulangi hal ini selama 3 hari berturut-turut. Jangan desperate yah ! demi lho demi hilangnya sang serangga penyedot darah !


3. Jemur kasur

Nah teknik jemurnya juga jangan asal jemur ya. Pertama-tama kamu basahi permukaan kasur dengan air panas dan semprotkan obat serangga hal ini untuk membunuh telur-telur kutu busuk tersebut. Lalu teliti lagi disela-sela kasur apakah masih ada kutu buskuk yang bersembunyi jika ada langsung bunuh dengan kedua tangan kalian xoxoxo (kejam). Kemudian jangan lupa untuk memukul-mukul bagian kasur dengan pemukul kasur sampai debu-debu yang ada dikasur hilang. 


4. Kulit Durian

Setelah semua dijemur letakkan kulit durian di bawah kasur kamu, sarang kutu busuk,  dan ruangan-ruangan yang mungkin terserang kutu busuk. Kulit durian ini mempunyai wangi yang menyengat, kutu busuk tidak suka dengan bau-bau menyehat. Padahal si kutu busuk kan baunya juga busuk menyengat masak kalah sama durian haha. 

Katanya sih bau durian ini bisa bikin kutu busuk pingsan alias mabuk. Kalau advice mimin kulit durian saja sudah mampu kok untuk mengusir kutu busuk itu karena memang bau durian tidak disukai oleh kutu busuk namun bila hanya dengan menggunakan kulit durian maka hanya akan mengusir kutu busuk saja, yang ditakutkan jika kutu itu pergi lalu hinggap dikasur tetangga maka sama saja kamu memberi mala petakan bagi orang lain. 

5. Bersihkan ranjang

Membersihkan ranjang tidak sembarangan kamu memerlukan cairan antibakteri seperti baygon atau kapur barus untuk membersihkannya. Lap dengan kain setiap sudut ranjang jaangan ada yang tersisa. 


6. Bersihkan boneka

Jika kamu mengoleksi boneka atau sejenisnya jangan sampai terlewatkan untuk dibersihkan. Cuci bonekamu dengan air panas supaya telur-telur kutu busuk mati dan tidak bersisa kemudian semprot dengan obat serangga. Cuci kembali dan jemur. Entah itu boneka pemberian siapa pkoknya harus dicuci ya demi kesehatanmu dan kenyamananmu tidur. 


7. Bersihkan kamar

Membersihkan kamar rutin seminggu tiga kali akan mencegajhkutu busuk ini kembali lagi. Mulailah dengan menyapu lantai kemudian mengepel lantai dengan sabun anti bakteri. Mengelap kaca jendela dan menjemur kasur. 

Itulah beberaapa tips dan trik dalam mengusir kutu busuk dari kamar kamu. Cukup simpel kan? Ingat ya kuncinya adalah skamu harus sering-sering meluangkan waktu untuk membbersihkan kamar kamu. Mulai dari unjung lantai sampai atap karena bersih segala sesuatu hal yang negatif dan menggangu akan menjauh seperti si kutu busuk tadi. Oke semoga membantu ya. 

Oleh : Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni