Cara Memberi Surprise Untuk Wanita yang Suka Memasak

Memasak merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi orang yang tentunya suka masak. Memasak ibarat menyulap bahan-bahan yang disediakan oleh alam yang tadinya sudah spesial menjadi lebih spesial lagi dengan sentuhan tangan sang Koki. Apakah disekitar Kamu, tepatnya orang yang Kamu cintai dan sayangi hobi memasak? Peralatan dan perlengkapan lainnya yang berhubungan dengan dapur akan menjadi hadiah paling “spesial” di hatinya. Nah ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan sebelum memilih kira-kira kado apa ya yang cocok untuknya? Simak disini yah. 

Creative commons : Cooking

1. Perhatikan kegiatannya di dapur 

Ketika si calon penerima hadiah ini sedang di dapur perhatikanlah apa saja gerak-geriknya. Apa saja yang ia lakukan. Lihat dengan detail apakah ia sedang melakukan hal-hal baru seperti mencoba membuat recipe baru, mengolah adonan roti, dan belajar memanggang roti? Mungkin ini saatnya untuk kamu membelikan mixer adonan roti. Akan ada banyak peralatan yang bisa digunakan. Perhatikan apa kebutuhannya. Alat yang tepat akan membantunya dalam melakukan segala aktivitas sebaliknya alat masak yang salah atau tidak berguna akan sangat menggangu karena tidak terpakai sama sekali di dapur. 

Perhatikan alat-alat masak disekitar Kamu, apakah ada alat-alat yang sudah usang? Jangan langsung memutuskan bahwa alat tersebutlah yang harus diganti dan membelikannya dengan alat baru. Alat usang dapat berarti dua hal. Alat yang sudah rusak atau alat yang sebenarnya sering ia pakai dan sangat cocok untuk pekerjaan tertentu. Dengarkan pendapat mereka tentang alat yang ia miliki atau tidak. Hal ini menjadi petunjuk apa sebenarnya yang mereka butuhkan. 


2. Berbagi Resep 

Berbagi resep akan menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi penerima kado tentunya Kamu juga harus jago masak juga. Bagaimana jadinya kalau Kamu kasih dia resep abal-abal? Jangan sampai jadi bumerang sendiri ya. Nah, jika Kamu juga suka masak berbagi resep terutama resep yang membutuhkan teknik khusus seperti membikin sushi atau rainbow cake adalah kado yang cerdas. 

Buat janji kapan waktu yang tepat Kamu bisa masak bareng dengan dia. Bungkuslah sebuah kado kecil untuknya ketika akan pulang, seperti bahan-bahan yang tahan lama mengenai recipe tadi yang Kamu ajarkan dan masukkan bersama script recipe yang ditulis rapi.


3. Menawarkan bumbu dapur yang unik 
Apalah rasa masakan kita tanpa bumbu? Pasti akan hambar dan kurang lezat. Bumbu-bumbu yang berkualitas dan mahal atau yang tidak sering dijumpai oleh dia akan menjadi alternatif kado terbaik bagi Kamu. Kamu bisa memulai dengan beberapa bahan berikut: 


  • Madu. Madu akan menjadikan rasa sebuah makanan menjadi lebih kompleks dan lezat. Kualitas madu dan jenisnya ditentukan pada tanaman apa yang dihinggapi oleh lebah. Kunjungi beberapa toko yang menyediakan berbagai macam madu. Pilih madu terbaik untuk dia. 
  • Saffron. Saffron merupakan bumbu dapur berupa rempah-rempah dari tangkai bunga Crocus Sativu. Saffron juga mengandung banyak zat anti-karsinogenik, anti-mutagenik, immunomodulasi, dan antioksidan. Penggunaan rempah-rempah ini biasanya pada masakan Asia kayak masakan India, Arab, atau Turki. Kalau di Indonesia kemungkinan makanan yang dibuat adalah nasi kuning. Saffron memberikan warna kuning keemasan dan rasa khas pada nasi kuning tersebut. 
  • Minyak Zaitun. Minyak zaitun terutamanya extra virgin terdiri dari lemak tak jenuh tunggal. Minyak jenis ini minyaknya lebih stabil pada suhu tertinggi saat masak dan sedikit kemungkinan untuk jadi bau bila dibandingkan dengan lemak tak jenuh gkamu. Minyak zaitun memiliki jenis yang beragam dan akan lebih tinggi lagi cita rasanya jika digunakan untuk makanan yang tepat. Koleksi setiap jenisnya dan berikan koleksi minyak zaitun tersebut hadiah ini ke dia. 


4. Berikan masakan terbaik Kamu 

Masakan buatan sendiri seperti kue tart, blackforrest, selai, masakan unik lainnya yang dibuat oleh Kamu sendiri akan menjadi kado tersendiri untuk dia. Sertakan juga pada packagingnya (wadah) resep makanan yang Kamu buat tadi dan tanggal jika Kamu mau berbagi resep dengannya tentunya.  


5. Wisata Kuliner

Ajak dia jalan-jalan dan berwisata kuliner bersama. Sebuah outing foodie akan menjadi pengalaman yang indah dan hadiah untuknya. Hal ini juga baik untuk Kamu untuk mendapatkan pengalaman baru dalam dunia makanan. 


6. Berlangganan makanan 

Kamu dapat mencari UMKM lokal yang menyediakan makanan untuk Kamu berlangganan membeli makanan/bumbu-bumbu makanan tersebut. Misalnya UMKM penjual buah stroberi, bumbu dapur (kunyit,bawang, cabai), dan makanan organik sehingga secara langsung Kamu membantu UMKM setempat untuk lebih berkembang. 

Diskusikan dulu dengan calon  penerima hadiah ini apakah setuju atau tidak. Hal ini akan sangat mempermudah dia dalam hal memasak karena waktu untuk berbelanja di pasar akan dialokasikan untuk hal lain (lebih efisien). Alternatif pilihan berlangganan lain adalah berlangganan majalah yang berisi khusus dalam hal masak-memasak. 


7. Ajak mengikuti kelas memasak 

Memberikan pengalaman langsung dalam mengikuti les masak akan menjadi kado tersendiri bagi dia. Hal ini kan memberikan pengalaman baru dan suasana baru sehingga akan menambah referensi masakan dan meningkatkan skill dalam memasak. 


8. Beri tanaman 

Tanaman penghasil bumbu dapur seperti cabai akan menajdi alternatif kado terbaik bagi kamu. Berikana tanaman sekaligus pot yan indah untuknya. 


9. Memberikan Alat-alat tradisional masak 

Dalam beberapa hal memasak khusus seperti memasak sushi akan diperlukan alat-alat memasak tradisional seperti shusi roller dan sumpit. Benda-benda tersebut akan menjadi kado yang luar biasa. 


10. Belikan buku memasak 
Belikan dia buku masak yang berisi resep-resep unik yang belum pernah ia masak. Sehingga menambah ide dan wawasan baru baginya. 


11. Ambil photo sendiri bersama menu masakan yang telah Ia buat

Berfoto dengan makanan yang telah ia sajikan akan menjadi kejutan baginya. Koleksi foto-foto makanan yang telah ia buat bersama Kamu kedaalam buku foto dan tulis keterangan atau moment apa apada saat itu. Hal ini akan sangat memorable dan romatis. 

Oleh : Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni