Cara Membuat Jadwal Menulis Dengan Ms Excel

Seiring dengan kemampuan angka-angka, Microsoft Excel adalah alat yang sangat baik untuk menjaga daftar. Jika kamu seorang penulis paruh waktu, Excel dapat membantumu mengatur tugas menulis ke dalam jadwal yang menampilkan tugas dan informasi terkait sehingga kamu dapat melacak kemajuan dalam menyelesaikan tugasmu dan mencapai tujuan yang kamu inginkan secara keseluruhan. 

Langkah-langkah berikut ini menjelaskan cara membuat jadwal menulis di Excel diselenggarakan dalam waktu tiap bulannya. Gaya ini sangat berguna jika kamu menulis artikel untuk majalah dan Web, tetapi dapat digunakan untuk tugas menulis lainnya seperti tugas kuliah dan lain-lain.
computer: pixabay
1. Buka Microsoft Excel. 

Ketika Excel terbuka, kamu akan melihat workbook kosong sebagai tampilan awal.


2. Tambahkan lembar kerja 

Kebanyakan versi Excel terbuka dengan 3 tab worksheet di bagian bawah, berlabel "Lembar 1," "Lembar 2" dan "Lembar 3" Untuk memiliki tab setiap bulan, kamu harus menambahkan 9 lembar lainnya, sehingga menjadi 12 halaman.

Kemudian di Excel 2007 , klik tab Insert Worksheet di sebelah kanan tab worksheet paling kanan. (Ini menampilkan lembar kerja kecil dengan Starburst oranye kecil ke kiri atasnya.) Sebuah tab baru bernomor akan muncul di sebelah kiri tab Insert Worksheet. 

Dalam versi Excel, klik kanan pada tab dan pilih "Insert" dari menu pop-up. Pilih "Worksheet" dari pilihan dalam menu Insert dan klik "OK." Sebuah tab bernomor baru akan muncul di sebelah kiri tab yang diklik kanan. Kamu juga dapat menambahkan tab dengan menekan Shift dan F11 pada keyboardmu. Sebuah tab baru bernomor akan muncul di sebelah kiri tab yang worksheet sebelumnya ditampilkan. 


3. Ubah nama tab worksheet 

Nama-nama default "Lembar 1," "Lembar 2" dan seterusnya tidak memiliki makna apapun. Kamu harus mengubahnya ke nama-nama bulan. Kamu dapat melakukan hal ini dalam dua cara yang berbeda.

Cara pertama, klik dua kali pada tab. Nama tab akan disorot, sebagai kursor berubah dari panah ke bar insert. Ketik nama tab baru 

Cara kedua, klik kanan pada tab dan pilih "Rename" dari menu pop-up. Nama tab akan disorot seperti di atas. Ketik nama tab baru 


4. Buat kolom untuk jadwal 

Pada bagian (Januari) lembar kerja pertama, buat judul kolom berikut di baris pertama dari spreadsheet. Dengan bagian-bagian seperti Publikasi, Judul Artikel, Editor, Tugas, Pembayaran, Deadline, Tanggal Dikirim, Reply Diterima, Komentar. 

Sebagian besar pos ini akan meluas melewati lebar kolom. Untuk memperluas lebar kolom, tempatkan kursormu pada pembatas antara dua label kolom sehingga berubah menjadi garis vertikal dengan panah horisontal memproyeksikan dari itu. Klik dua kali tombol kiri mouse dan lebar kolom secara otomatis akan menyesuaikan agar sesuai judul sepenuhnya dalam kolom. 

Setelah memasukkan nama kolom, mungkin kamu ingin menebalkan atau memiringkan. Untuk melakukannya, pilih judul dengan menyeret kursor melalui sel-sel yang berisi judul. Untuk teks yang dipilih, klik Bold ("B") tombol di menu Home pita di Excel 2007, untuk memeringkan huruf klik (miring "I").

Untuk menyalin judul kolom untuk masing-masing worksheet lain, pilih judul dan tekan Ctrl dan C tombol pada keyboard secara bersamaan. Klik setiap tab berturut-turut, dan ketika menampilkan lembar kerja yang, tekan Ctrl dan V tombol secara bersamaan untuk menyisipkan judul ke masing-masing worksheet lain. Kamu harus menyesuaikan lebar kolom untuk menampilkan seluruh judul dalam kolom. 


5. Isi sel di bawah dengan judul kolom 

Beri judul kolom yang cukup jelas, namun informasi berikut ini disediakan sebagai saran untuk membuat jadwal menulis lebih mudah digunakan. Jika kamu bekerja pada beberapa artikel untuk dipublikasi pada bulan yang sama, tulis mereka semua bersama-sama, menggunakan satu sel di "Publikasi" nama dan sel vertikal berturut-turut untuk setiap artikel 

Jika sering menelepon atau e-mail editor saat mengerjakan tugasmu, kamu bisa memasukan daftar telepon editor dan e-mail dalam sel di bawah nama orang itu atau memasukkan kolom di sebelah kanan kolom nama. Untuk menyisipkan kolom, klik kanan kolom di sebelah kanan kolom yang kamu inginkan, kolom baru untuk muncul di samping dan pilih "Insert" dari menu pop-up. Pilih "Seluruh kolom" dari menu Insert dan klik "OK”. 

Gunakan kolom tugas untuk memecah tugas panjang menjadi tugas yang lebih kecil, seperti "Penelitian," "Wawancara," "Outline" dan "Menulis." Lakukan ini di bawah baris tempat kamu masukkan judul artikel, tingkat upah dan tenggang waktu. Kemudian kamu dapat memasukkan tenggang waktumu sendiri untuk setiap tugas, setiap awal dari batas waktu artikel itu sendiri dan masukkan tanggal penyelesaian di "Tanggal Terkirim" lapangan. 

Gunakan  kolom komentar untuk mengetahui apakah artikel itu diterima atau ditolak, jika penulisan ulang diminta dan ketika itu dikirim atau untuk meringkas komentar Editormu.


6. Mengatur informasi berdasarkan prioritas 

Kamu dapat melakukan ini dengan menggunakan dialog Sort. Di Excel 2007, akses ini dengan mengklik tombol Sort pada pita data, sedangkan dalam versi Excel, kamu dapat memilih opsi urut pada data menu. Kamu bisa memprioritaskan yang paling baik dari tenggang waktu untuk artikel atau tingkat pembayaran. 

Untuk mengurutkan seluruh worksheet, klik tombol di bagian kiri atas di mana baris dan kolom label bertemu, kemudian mengakses dialog Sort. Tunjukkan bahwa datamu memiliki header atau baris header untuk mengecualikan dari yang diurutkan, kemudian pilih "Pembayaran" atau "Batas waktu" sebagai tajuk kolom untuk mengurutkan. Jika pengurutan "Pembayaran," pilih "Descending" atau "Asccending".

Jika kamu berencana untuk memecah sebuah artikel ke dalam tugas yang lebih kecil, lakukan sortasi sebelum menambahkan tugas-tugas tambahan, terutama jika kamu memprioritaskan batas waktu. 

keyboard: pixabay
7. Simpan buku kerja 

Gunakan nama seperti "Menulis Jadwal," diikuti oleh tahun. Dengan cara ini, kamu dapat membuat workbook baru untuk setiap tahun berikutnya dengan melakukan "Save As".
Atur jadwal menulis atau bekerjamu dengan baik menggunakan Excel. Selamat bekerja.

Oleh: Andi Rosita Dewi

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni