Cara Memilih Camilan yang Sehat

Makanan ringan merupakan bagian penting dari diet yang sehat. Sulit untuk mendapatkan semua nutrisi yang direkomendasikan dan dibutuhkan untuk setiap hari jika hanya bersandar pada 3 cakupan asupan, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. 

Kamu berperan penting dalam memilah cemilan yang sehat bagi tubuhmu demi terpenuhinya asupan gizi yang ditentukan. Dengan sedikit perencanaan dan beberapa penyesuaian kebiasaan makan yang dilakukan, kamu dapat belajar bagaimana cara memilih camilan sehat untuk dirimu sendiri dan keluarga.
snack: pixabay
1. Mengamati makanan yang tersimpan

Mulailah dengan melihat ke dalam freezermu, kulkas, dan pantry. Perhatikan jenis makanan yang selama ini berada di tempat penyimpanan? Berapa banyak makanan ringan yang sehat yang tersedia? Berapa banyak makanan ringan tidak sehat yang kamu lihat?

Setelah memerhatikan penggolongan dari makanan tersebut, kamu bisa memulai untuk memilah makan yang harus dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi.
Ketahui nilai gizi dari makanan tersebut serta kebutuhan gizi yang tubuhmu butuhkan.

2. Buatlah daftar semua makanan ringan yang tidak sehat 

Sertakan setiap kotak kue camilan, kue, muffin atau barang-barang seperti yang lainnya yang dibuat untuk ngemil. Tambahkan ke bahwa daftar sebanyak makanan ringan yang kamu ingat membeli atau membuatnya baru-baru ini. 

Perhatikan cemilan yang tidak sehat dan mulai bersihkan kulkas dan tempat penyimpananmu dari daftar makanan ringan yang tidak menyehatkan.


3. Pertimbangkan kebiasaan ngemilmu

Mengetahui mengapa camilan merupakan bagian penting dari kegiatan yang kamu lakukan. Bagaimana mengubah kebiasaan ngemilmu yang lama? Tanyakan kepada diri sendiri: Apakah saya snacker larut malam? Apakah saya seorang snacker emosional? Apakah saya snacker kebosanan?

Kamu juga harus berpikir tentang seberapa besar kesibukan yang dimiliki, dan mencoba untuk mempersiapkan beberapa makanan ringan yang sehat sebelumnya, jika kamu tidak punya waktu untuk membuatnya saat lapar dan ingin ngemil. 


4. Lakukan analisis terhadap setiap makanan yang kamu komsumsi

Lihat didaftar yang kamu buat untuk melihat berapa banyak perubahan yang dibutuhkan untuk membuat kebiasaan ngemil yang sehat. Apakah hanya perlu membuat sedikit perbaikan dalam pilihan ngemil atau perbaikan besar-besaran di bagian pemilihan makanan ringan? Atau apakah selama ini telah mengkomsumsi makan ringan yang sehat? 

Analisis dampak dari makanan yang kamu komsumsi. Mulai dari makanan yang sehat sampai pada makanan yang tidak sehat. Pahami masalah yang akan timbul dari komsumsimu terhadap makanan tertentu.

Lingkari semua item makanan ringan yang dapat dengan mudah diganti dengan makanan ringan yang sehat atau bahannya. Misalnya, kripik bumbu balado yang mengandung MSG bisa di ganti dengan kripik pisang buatan sendiri.


5. Tambahkan makanan ringan yang sehat ke daftar berbeda 
fruits: pixabay
Setelah mengetahui daftar makanan yang tidak sehat, maka cobalah untuk mengalihkan selera cemilanmu. Daftar ini harus mencakup banyak sayuran hijau, berbagai buah-buahan, makanan gandum, daging tanpa lemak, kacang tawar dan lain-lain. 

Bandingkan daftar ini ke daftar makanan ringan yang tidak sehat, dan mulai berpikir tentang apa yang harus kamu lakukan dan mengurangi cemilan yang tidak sehat. Penuhi kebutuhan makanan sehat yang harus kamu konsumsi.


6. Lihatlah makanan ringan yang sering dimakan

Gaya ngemilmu akan membuatmu lebih mudah untuk menemukan pengganti yang cocok dan sehat serta memenuhi kebutuhan ngemil yang sering kamu lakukan. Misalnya, jika kamu menemukan keripik kentang berminyak, cobalah beberapa tortilla chips rendah lemak dengan porsi yang sedang. 


7. Mengembangkan kebiasaan kontrol diri yang rutin

Kurangi fokus pada makanan. Jika kamu berharap untuk pulang ke rumah dan memiliki semangkuk es krim untuk melepas lelah, coba cari pengganti yang sehat seperti yoghurt atau jus untuk menikmati waktu santaimu.
Pikirkan makan sebagai kebutuhan, bukan kenyamanan dan hanya makan ketika benar-benar lapar.

8. Ubah kebiasaan selera cemilan

Mulailah dengan rencana untuk mengubah pilihan makanan ringanmu ketika sedang melakukan perjalanan ke toko snack atau supermarket. Kamu dapat menemukan pengganti yang sehat dengan menjelajahi produk di toko. Bisa jadi kamu menemukan alternatif yang lebih baik.


9. Membuat makanan ringan sendiri 
cook: pixabay
Pilih opsi kandungan gizi. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi umumnya akan lebih mengandung sedikit kalori. Produk susu rendah lemak, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah pilihan yang baik untuk makanan ringan cepat. 
Buat cemilanmu sendiri, sehingga kamu dapat mengetahui nilai gizinya dengan pasti.

10. Hindari pembelian yang tidak diperlukan

Organik mungkin lebih sehat, tapi masih bisa menjadi camilan yang tidak perlu dan memanjakan. Memilih paket cookies hanya karena mereka organik akan membuatmu meningkatkan kebiasaan ngemil. Dengan pilihan makanan sehat dan hindari membeli item yang tidak terlalu dibutuhkan.


11. Baca dan bandingkan label pada kemasan makanan ringan

Lihatlah semua bahan. Sebuah label yang mengklaim telah menggunakan bahan alami tidak selalu berarti itu adalah pilihan yang sehat. Contohnya jus buah kemasan. Kadar gula terlalu banyak menawarkan nutrisi sedikit dan kalori yang lebih tinggi dari yang kamu perlukan atau inginkan, bahkan jika gula dalam bentuk alami. 


12. Pikirkan tentang energi 

Karbohidrat kompleks seperti protein yang terkandung dalan makanan ringan seperti selai kacang atau keju rendah lemak dengan energi yang kuat. Pilih camilan yang mengandung energi sesuai kebutuhan. 


13. Perhatikan ukuran porsimu

Makan makanan ringan yang sehat tidak memberikan tiket gratis untuk memanjakan dirimu. Makan berlebihan tidak pernah menjadi pilihan yang sehat. Dan jika kamu terpeleset akibat makan sesuatu yang tidak sehat, jangan menyalahkan diri sendiri! 

Ini semua tentang keseimbangan,  tidak makan terlalu banyak atau terlalu sedikit baik makanan sehat atau tidak sehat.

Cara ini baik diterapkan untuk kesehatan sehari-hari. Jangan tunggu sakit, baru mau hidup sehat.

Oleh: Andi Rosita Dewi

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni