Cara Memulai Percakapan dengan Orang Asing

“ Dia mau gak ya... “
“Ini orang kece banget ajak ngobrol gak ya”
“ah ini gw aja yang kepedean kalik”

Peryataan-peryataan ini kamu pasti pernahkan mengalami situasi seperti ingin mengajak ngobrol orang lain ketika naik kereta api, kapal, pesawat, atau bus tapi kamu ragu-ragu kalau target kamu tidak ingin diajak ngobrol. Stop it ! Hal ini sebenarnya adalah pikiran negatif kamu saja.

Memulai percakapan dengan orang asing alias strangers banyak manfaatnya sebenarnya kamu jadi bisa lebih tahu tentang hal baru berdasarkan pengelamannya, tidak bosan dalam perjalanan, bahkan mungkin bisa dapat jodoh. Iya kan?

Lalu setelah memulai percakapan saya harus ngapain nih? Akan timbul beberapa pertanyaan seperti ini “Apa yang sebaiknya saya bicarakan? Bagaimana  caranya meneruskan pembicaraan?” Bagi orang yang supel dan percaya diri mungkin cenderung mendominasi percakapan.

Bagi mereka, barangkali adalah tantangan tersendiri  bagaimana caranya menimba isi hati orang lain dan belajar mendengarkan apa yang orang lain katakan. Jadi, kita semua, tidak soal pemalu atau supel, perlu mengembangkan seni bercakap-cakap.

Pada kesempatan ini nilni akan membagikan tips atau cara supaya kamu gak “krik krik” dalam memulai percakapan dengan orang asing” simak yah.

via Pixabay

Buka Diri 

Hal pertama harus dilakukan adalah menghilangkan keraguan Kamu untuk memulai percakapan. Keraguan pada diri kita sesungguhnya bisa sirna kalau kita tahu benar apa motif kita untuk berbicara dengan orang lain.

Motif kita bukanlah untuk mengesankan orang lain, tetapi keinginan kita untuk selalu bisa mengenal orang lain dan menikmati waktu dengan mengekspresikan opini dan pendapat kepada orang lain serta mendengar tanggapannya. Kerap kali, kita juga susah memulai percakapan karena kita sendiri bersikap tertutup dan tidak membuka diri terhadap situasi baru yang kita hadapi.


Pahami lingkungan 

Orang yang melakukan perjalanan di bus atau kereta api pastinya akan berhenti pada suatu titik pemberhentian, dari halte A ke halte B kemudian dari stasiun C ke stasiun F misalnya. Hal ini memberi kesimpulan bahwa kalaupun dia tidak cocok dengan kamu pastinya dipemberhetian selanjutnya dia juga menghilang.

Xxoxoxo let it flow ! Oleh karena itu lakukan saja percakapan seperti mengajaknya berkenalan, menanyakan kemana tujuannya. Oh ya, sebelumnya dirumah kamu juga wajib melakukan persiapan nih bukan apa-apa ya tapi penampilan juga penting disini. Cobalah lihat apa kamu meakai baju yang cocok, rambut sudah rapi, dan memakai parfum. Tampilah semanarik mungkin tapi ingat jangan terlalu agresif.

Jika kamu melihat orang untuk sementara waktu menunggu di halte bus atau stasiun kereta api, tunggu sampai dia mendapatkan di bus atau kereta api sebelum mencoba untuk berkomunikasi. Ikuti mereka diam-diam dan duduk di hadapan mereka jika memungkinkan.

Kamu akan memiliki kesempatan yang baik untuk membuat kontak mata dengan cara ini, dan selain itu, jika kamu duduk disamping dia kamu memiliki posisi yang enak. Jika mereka berdiri, berdiri cukup dekat untuk mereka untuk dapat berbicara dengan mereka, tapi jangan terlalu dekat untuk kenyamanan.


Membawa bahan bacaan

Dengan membawa bahan bacaan akan langsung tahu topik apa yang harus kamu mulai. Hal ini akan membuat diri kamu mudah didekati. Ingat jangan memakai headphone ya karena akan terlihat kamu sibuk sendiri sudah bawa bacaan pake headphone pula.


Lihat kondisi

Lihat terlebih dahulu apakah dia senddirian atau memamng bersama teman-temannya. Jika memang demikian lakukanlah percakapan sewajarnya saja hal ini supaya tidak membuat kamu terlihat aneh dihadapan teman-temannya. Namun, jika dia memang sendirian silahkan memulai percakapan yang menyenangkan dan membahas salah satu topik yang lagi trend.


Kontak mata

Membuat kontak mata singkat dapat menunjukkan orang yang kamu ajak ercakap-cakap tertarik dan membantu kamu mengukur apakah dia tertarik pada kamu atau tidak. Oh ya tatap sekilas ketika berhadapan dengan mereka dan cobalah untuk menahan pkamungan mereka. Hal ini dilakukan untuk membuat kamutampak lebih yakin dan percaya diri.

Jangan pernah mencoba untuk berpaling sebelum dia melihat kamu beberapa saat. Cobalah untuk membuat kontak mata lagi setelah sekitar 30 detik. Jika seseorang membuat kontak mata dengan kamua lagi, mereka mungkin menemukan kamu menarik. Jangan terlalu jelas, tapi pastikan orang dapat melihat bahwa kamu sedang melihat mereka. Jika mereka tidak dapat melihat kamu, jangan terlau berharap untuk dia dapat melihat kamu just let it go !


Tersenyum 

Tersenyum ketika membuat kontak mata kedua kalinya. Senyum kecil dan tulus akan  membuat kamu tampak tertarik, ramah, dan mudah didekati. Jika orang lain tersenyum kembali, ini adalah keberuntungan bagi kamu untuk segera mendekatinya dan memulai percakapan. Tersenyum akan membuat energi positif kamu terpancar dan membuat kamu lebih menarik lagi.


Gunakan bahasa tubuh yang tepat

Bahasa tubuh atau gesture sangat mempengaruhi energi positif kamu di depaan mereka. Dari bahasa tubuh orang dapat menilai kamu apakah kamu orang yang supel, ingin mengajak ngobrol, orang menyenangkan atau tidak. Bahasa tubuh yang seharusnya tida kamu gunakan yakni Jangan sekali-kali menyilangkan kedua lengan atau memalingkan pkamungan dari orang tersebut.

Buat diri kamu tampak sebagai pribadi yang lebih terbuka, memberikan rasa nyaman, dan menunjukkan baik. Jika kamu menggunakan jam tangan jangan sering-sering tengok jam tangan ! ntar dikira pamer jam tangan lagi, Lol. Melihat jam tangan akan memberi kesan bahwa kamu sedang terburu-buru maka orang lain akan menarik diri dan tidak berbicara dengan kamu karena mereka tidak ingin mengganggu kamu.

Kemampuan komunikasi sangat bermanfaat dalam kehidupan kita. Perbanyak teman dan menjalin silaturahim tentunya baik dan sangat dianjurkan.

Nah itu tadi kunci dalam memulai percakapan dengan orang yang belum kita kenal. Intinya sih percaya diri dan menjadi pribadi terbuka. Good Luck !

Oleh : Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni