Cara Menangani Stress yang Berlebihan

Pernahkah kamu mengalami serangan stress yang begitu hebat? Suatu kondisi dimana kamu sudah sangat bebal untuk mengerjakan sesuatu dan ketika kamu paksa terus agar bisa menegrjakannya maka kamu akan merasa pusing, lebih pusing, dan sangat pusing hingga akhirnya kamu memutuskan untuk tidur saja sepanjang hari dengan tidak menyalakan lampu.

Defini stress menurut Robbins (2001) stress juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan dimana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang.

Menurut Woolfolk dan Richardson (1979) menyatakan bahwa adanya system kognitif, apresiasi stress menyebabkan segala peristiwa yang terjadi disekitar kita akan dihayati sebagai suatu stress berdasarkan arti atau interprestasi yang kita berikan terhadap peristiwa tersebut, dan bukan karena peristiwa itu sendiri.

Karenanya dikatakan bahwa stress adalah suatu persepsi dari ancaman atau dari suatu bayangan akan adanya ketidaksenangan yang menggerakkan, menyiagakan atau mambuat aktif organisme.

Dari dua penegertian stress diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa stress merupakan halangan berupa persepsi si pelaku sendiri terhadap hal-hal yang mampu menekan kondisi psikis individu tersebut. Jika kamu ingin mencapai cita-cita kamu yang mulia kamu merasa ada tembok besar sedang menutupi cita-cita mu itu ketika kamu mampu merusak atau menghancurkannya kamu menang, akan tetapi ketika kamu merasa bingung bahkan tidak bisa mengetahui bagaimana caranya untuk menghancurkan tembok tersebut itu akan memicu masalah dan membuat kondisi psskis mu terganggu. Nah, masalah itu adalah stress.

Kondisi stress sering kali kita rasakan ketika kita diberi banyak pekerjaan entah itu tugas kuliah, tugas parttime konten writer :p , tugas kantor, tugas pacar, yang sebenarnya itu sangat membebani kita dan kita tidak mampu menyelesaikannya. `Itulah pemicu stress but show must go on ! You take the job you own all the responsibility from it ! Semakin kamu menunda-nunda pekerjaan semakin berat stress yang akan kamu dapatkan dan hal paling parahnya kamu bisa gila karena itu semua. Oleh karena itu jangan sering membuat pekerjaanmu menumpuk di akhir.

Stress sendiri mempunyai dua sumber stress yakni sumber dalam (internal) dan sumber luar (ekternal). Sumber internal merupakan sumber stress yang berasal dari dalam individu itu sendiri meliputi rasa sakit dan konflik. Semua orang pasti pernah merasakan sakit, sakit yang berkepanjangan akan menyebabkan stress yang menggangu kesehatan psikis  individu sebagai contoh kamu adaah seorang pasien pengidap sakit gula lama kelamaan penyakit kamu tidak kunjung sembuh apa yang kamu rasakan saat itu jika dokter memvonis mu untuk segera melakukan tindakan operasi untuk memotong kakimu karena sudah sangat parah. Stress sekali bukan? Disisi lain kamu ingin tetap utuh akan tetapi fisikmu sudah tidak mampu.

Penyebab internal lainnya adalah konflik. Setiap individu adalah manusia yanh pasti memilki rasa khawatir dan rasa takut. Kedua rasa ini adalah lumrah untuk manusia agar mampu bertahan hidup. Tapi konflik dan kecemasan juga bisa berbalik mengancam seseorang bila tidak dapat dikendalikan atau dikelola dengan baik oleh si individu terebut.

Pernahkah kamu “galau” gara-gara ada masalah sama pacar? Pernahkah hingga melamun tiap hari karena memiliki masalah yang tidak bisa kamu atasi? Semua individu normal pasti punya masalah atau konflik yang membuat mereka bingung, galau, ngelamun di jendela waktu hujan gara-gara kepikiran terus sama konfliknya.

Dari cerita diatas bisa disimpulkan bahwa konflik disini adalh persepsi individu atas konflik yang pernah dia lakukan dengan orang lain misalnya pacara, teman, dan sahabat. Hati-hati hal ini bila berkepanjangan bisa membuat kamu stress dan mengurangi endurance kamu dalam melakukan  pekerjaan. Oleh karena itu segeralah menyelesaikan konflikmu dengan pihak bersangkutan agar tidak menggangu kehidupanmu.

Sumber stress ekternal bisa didefinisikan sebagai segala sesuatu dari luar individu yang mampu memberikan tekanan pada kejiwaan seseorang yang menyebabkan seorang individu terebut mengalami stress. sumber stress dari luar diri seseorang tersebut meliputin lingkungan, keluarga, dan pekerjaan.

Keluarga merupakan tempat pertama individu belajar menjadi manusia. Dalam keluarga individu akan belajar menangkap nilai-nilai sosial dari sanga ibu, ayah, dan kakak. Oleh karena itu kelurga adalah salah satu faktor terpenting dalam membentuk kepribadian indivisu teresbut. Selain itu keluarga juga dapat memicu konflik yang dapat menyebabkan stress bagi anggota kelurga sebagai contoh perkelahian antar kakak dan adik dan perkelahian antar suami dan istri yang dilihat oleh sang anak.

Lingkungaan sosial dimana seorang individu bergaul dengan individu lain dapat memicu stress. Adanya gesekan-gesekan yang memicu konflik antar individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok akan menyebabkan stress dimana kamu adalah bagian dari suatu kelompok sosial. Tawuran dalah interaksi sosial negatif dimana sekolompok siswa  antar sekolah saling berkelahi. Lingkungan sangat mempengaruhi bagaimana seorang individu tersebut tumbuh berkembang sebgai makhluk sosial.

Pekerjaan adalah sumber stress selanjutnya yang melengkapi kelurag dan lingkungan sosial. Seingkali pekerjaan kevil membuat kita stress luar biasa karena tidak bisa menyelesaikannya yepat waktu. Beberapa faktor yang menyebabkan kita stress karena pekerjaan adalah tunututan pekerjaan dan  jenis dari pekerjaan tersebut.

Tuntutan pekerjaan bisa diartikan sebagai pekerjaaan yang terlalu banyak sehingga membuat seseoraang harus lembur tengah malam untuk dapat menyelesaikannya sedangkan jenis pekerjaan misalnya kita akan mempunyai beban morak sangat tinggi dan sangat tertekan bila kita sebagai dokter dan tidak dapat menyelamatkan individu dari sakitnya yang mengakibatkan individu tersebut meninggal.

Via Pixabay
Kamu harus tahu terlebih dahulu apa atau kondisi seperti apa ketika kamu mengalami stress.

Tanda-tanda dari seorang mengalami stress adalah sebagai berikut

1. Rasa tidak nyaman diperut

Stress dapat menyebabkan seseorang mengalami mual dan trasa tidak nyaman dalam perut. Terlebih bagi orang yang mempunyai maag hal ini akan memicu kambuhnya maag sesorang bila mereka mengalami stress.


2. Tidak konsentrasi

Cemas, takut, daan khawatir adalah perasaan yang memicu stress. Seringkali individu akan susah untuk diajak bicara karena pikirannya kosong memikirkan sesuatu hal yang meneybabkannya stress. Kadang akan sering melamun dan kerikadiajak ngobrol maka dia tidak respon sama sekali.


3. Pelupa

Orang yang sedang mengalami stress akan cenderun pelupa karena dia hanya berfokus pada satu masalah itu saja yang menyebabkannya stress. Dapat dikatakan bahwa stress menekan memori jangka pendek seseorang


4. Mudah lelah

Lelah karena stress adalah hal yang paling sering individu alami ketika stress kronis melanda hal ini mengancam psikologis dari individu tersebut. Kehidupan terutama pekerjaan akan sangat terganggu karena endurance dari individu tersebut menurun.


5. Sakit kepala

Jika kamu hanya memikirkan dan memikirkan masalahnya saja tanpa berusaha untuk mengatasinya hal ini memicu stress yang menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala  yang disebabkan oleh stress seperti kamu itu tahu kamu harus ngapain sebanrnya akan tetapi kamu tidak tahu harus memulai dari mana dan timbul banyak sekali pertanyaan dalam otak mu yang membuat kamu sakit kepala.


Solusi, Solusi, Solusi

Berdasarkan hal-hal yang dapat menyebabkan stress dan mengenali tanda-tanda seorang individu mengalami stress. Maka, pada keempatan hari ini nilni akan memberikan tips jitu agara kamu dapat tetap ceria menjalani hari-harimu. Tips agar tetap tenang dalam situasi yang sangat stress. Simak yah :


1. Mengidentifikasi penyebab stress

Apa sih sebanarnya sebabnya? Sebelum kamu mengambil langkah untuk mengatasi stress. Cobalah untuk berfikir sejenak apa yang sebanarnya yang benar-benar menyebabkan kamu stress, yang menyebabkan kamu galau, yang menyebabkan kamu tidak produktif seharian. Identifikasi penyebab stress tersebut seperti kamu akan galau setelah kamu memberikan presentasi pekerjaan kepada boss kaamu dan tampaknya tidak senang dengan hasil kerjamu. Analisa masalah yang menyebabkan kamu stress.


2. Pilih respon terbaik 

Ketika kamu sudah mengenali apa yang menjadi penyebab stress kamu kamu mempunyai kekuatan untuk memilih apa respon atau tindakan yang kamu lakukan selanjutnya. Respon yang tepat sangat tergantung oleh penyebab stress itu sendiri. Anda bisa saja memilih untuk melupakannya segera atau mencari cara untuk mengusir stress seperti sebuah tindakan bernyanyi atau jalan-jalan. Dalam rangka menentukan respon atau tindakan apa yang sebaiknya kamu lakukan cobalah menanyakan beberapa beberapa pertanyaan ini pada diri kamu sendiri :

- Apakah hal ini penting? 
Tanyakan seberapa penting rasa stress atau penyebab stress itu dapat mempengaruhi kamu. Jika ini hanya sebenatar ya sudah lupkan segera seperti ucapan orang yang membuat kamu jengkel kemudian lupakan. Berfikirlah maju dan tetap fokus pada hal-hal penting yang ada di hidup kamu.

- Apakah kamu bisa mengontrolnya? 
Peneyebab stress dapat dikendalikan seketika atau tidak itu teresrah pada diri kamu sendiri. Jika kamu menegetahui hal tersebut bisa langsung diatasi maka lakukan respon atau tindakan normal atas peneyebab stress tersebut. Misalnya esok hari kamu akan ujian calculus tiga dengan dosen yang killer oleh sebab itu take control ! Kamu bisa mengambil tindakan dengn belajar semalam suntuk dan berdoa sebanyak mungkin.

- Kapan penyebab ini datang? 
Analisis kapan penyebabnya stress ini datang apakah disebabkan dimasa lalu, masa sekarang, atau bayangan masa depan yang menghantui. Oleh sebab itu rumuskan tindakan yang tepat setelah kamu menegtahui kapan pastinya penyebab stress ini terjadi.


3. Bertindak 

Jika kamu sudah mengenali penyebab stress dan memilih respon terbaikmu sekerang adalah saatnya kamu untuk bertindak dari kegalauan stress yang melanda yang mengakibatkan kamu tidak produktif sama sekali sepanjang hari. Tindakan disini berupa keputusan apa yang sebaiknya kamu lakukan ketika tahu bahwa kamu ini sedaang sangat stress. Beberapa alternatif yang bisa mimin kasih ke kamu adalah

a. Bersyukur 
Pandai-pamdailah bersukur atas apa yang sudah kamu punya saat ini. Bersyukur merupakan cara yang paling ampuh dalam mengatasi stress, bagaimana tidak? pada umumnya orang mengalami stress karena tidak kuat dengan apa yang telah terjadi atau keadaan yang menimpanya.

Bersyukur akan membuat kita senantiasa ingat bahwa segala sesuatu yang kita peroleh merupakan titipan dari ALLAH SWT oleh karena itu dalam kehidupan kita akan semakin tenang dan menegrjakan segaala sesuatu dengan raa yang ikhlas. Menyediakan waktu untuk merenungkan apa yang kamu  syukuri bukan hanya yang “benar ” untuk dilakukan. Dengan bersyukur setiap hari akan memperbaikan suasana hati, energi, dan kesejahteraan fisik kamu.


b. Positive Thinking

Sikap positif dan optimis dapat menangkal dampak negatif stres, nuansa ketegangan dan kecemasan dalam diri kamu akan diubah ileh pikiran positif ini agar kamu lebih merasa gembira setiap hari.  Sangat penting untuk mengelilingi diri dengan orang-orang positif. Getaran negatif dari teman-teman dan rekan kerja dapat menyebar, sehingga sulit bagi kamu untuk bersantai.

Pikiran positif membantu untuk mengalihkan stres dengan memfokuskan perhatian otak kamu ke sesuatu hal yang benar-benar bermanfaat atau penting. Kamu harus list hal-hal apa saja yang kamu anggap penting dan menanamkannya secara mendalam di otak.

Setiap pikiran positif akan memfokuskan kembali perhatian kamu ke tujuan kamu yang menurut kamu sendiri itu penting. Ketika segala sesuatu berjalan dengan baik, dan suasana hati kamu baik, maka hidup kamupun akan relatif lebih mudah. Ketika segala sesuatu berjalan buruk, dan pikiran kamu akan dibanjiri dengan pikiran negatif, hal ini bisa menjadi suatu masalah yang menyebabkan stress oleh sebab itu mulailah hari kamu dengan berpikir hal positif, tidak peduli seberapa kecil itu yang penting positif.

Sebuah langkah besar dalam mengelola stres adalah dengan menghentikan negative self-talk. Semakin kamu terbelenggu dengan pikiran negatif, semakin besar juga energi yang habis untuk memikirkan itu semua. Sebagian dari pikiran negatif kita adalah hanya pikiran semata, bukan fakta.

Tenanglah untuk beberapa waktu, setelah kamu menyediakan waktu untuk memperlambat momentum negatif dari pikiran kamu maka kamu akan jauh lebih rasional dan jernih dalam mengevaluasi kebenaran.


c. Tarik nafas

Bila kamu merasa stres, ambil beberapa menit untuk fokus pada pernapasan. Tutup pintu, singkirkan semua gangguan, dan hanya duduklah di kursi rileks dan tarik nafas perlahan. Hal ini bertujuan untuk menghabiskan seluruh waktu hanya fokus pada pernapasan, yang akan mencegah pikiran kamu memikirkan hal yang negatif.

Pikirkan tentang bagaimana rasanya napas masuk dan keluar. Hal ini terdengar sederhana dan konyol. Namun tetap fokus pada pernapasan kamu adalah hal yg sulit, cobalah menghitung setiap napas yang masuk dan keluar sampai hitungan ke 10, dan kemudian mulai lagi dari 1.

Hal ini mungkin tampak terlalu mudah atau bahkan agak konyol, tapi kamu akan terkejut dengan betapa tenangnya kamua rasakan sesudahnya dan betapa mudahnya untuk melepaskan pikiran yang mengganggu dalam otak Anda.


d. Tidur 

Hal menyenangkan yyang dapat kamu lakukan untuk mengurangi stress adalah dengan tidur. Coab untuk tidur beberapa menit misalnya 30 menit disela pekerjaan kamu hal ini akan sangat membantu dalam mereduksi stress. Fungsi kekebalan dan ketahanan terhadap penyakit pun bangkitkarena tidur. Tidur tidak hanya mengurangi tingkat pemulihan kamu.

Tapi ingat jangan berlenihan ya karena ini dapat juga meningkatkan tingkat stres dalam tubuh kamu jika kadarnya berlebih. Tidur juga untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan mengelola tingkat stres. Ketika kamu tidur, otak kamu ibarat laptop yang direset atau restart ulang. Kontrol diri, konsentrasi, dan memori akan berkurang ketika kamu tidak cukup tidur.

Kurang tidur meningkatkan kadar hormon stres, bahkan tanpa kehadiran penyebab stres sekalipun. Tekanan deadline proyek sering membuat kamu merasa seolah-olah kamu tidak punya waktu untuk tidur, tapi meluangkan waktu untuk mendapatkan tidur malam yang layak sering kali yang akan menjaga diri Anda supaya tetap di bawah kontrol.


e. Olahraga  kecil ditempat 

Latihan olahraga kecil ditempat kerja atau dimanapun ketika kamu merasa sedang stress akan sangat efektif untuk mengalihkan pikiranmu dari masalah dan menjauhkan pikiran dari hal-hal negetif. Olahrga akan merevitalisasi tubuh dan pikiran agar  siap untuk menghadapi apa pun. Olahraga teratur dan aktivitas fisik tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, sistem kardiovaskular, jantung, otot dan tulang, tetapi juga membantu dalam manajemen stres Jadi olahraga akan memompa darah dan melepaskan beberapa endorfin. Endorfin adalah zat yang mampu menghilangkan stress dalam otak.


f. Makan makanan favorit 

Memakana makanan favorit seperti cklat dan es krim adalah hal-hal yang menyenangkan untuk menegendalikan stress. Bagaimana tidak? Dengan memakan makanan favoritmu kamu akan merasa lebih bahagia dan melupakan masalah yang  ada.


g. Mendengarkan musik

Musik yang menenangkan pikiran dapat memiliki efek relaksasi pada kegelisah dan ketegangan pikiran. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernapasan dan detak jantung. Cari tahu apa jenis musik yang bisa membantu kamu untuk bekerja lebih efisien dan efektif.


h. Motivasi 

Mengatasi masalah sendiri adalah hal yang tidak efektif. Kamu membutuhkan temana atau sesorang untu berbagi. Setidaknya curhat akan sangat mengurangi stress yang kamu milki akarena beban akan terbagi.

Seringkali orang lain dapat melihat solusi yang kamu tidak bisa temukan sendiri. Meminta bantuan akan mengurangi stres dan memperkuat hubungan kamu dengan orang yang kamu percaya.


i. Tertawa 

Tertawa adalah kondisi dimana kamu memilki ekspresi wajah yang menyenangkan karena suatu hal. Cobalah mengingat-ingat suatu hal yang menurut kamu lucu seperti kepleset di depan kelas, salah masuk kamar, atau ketahuan nyontek sama guru. Hal tersebut akan menyenangkan dan menenangkan hati serta pikiran agar tetap fokus pada hal-hal penting.

Oleh : Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni