Cara Mencapai Potensi Maksimal dalam Dirimu

Pribadi yang beruntung adalah pribadi yang mampu bersyukur atas apa yang sudah Tuhan beri kepadanya. Bersyukur disini akan lebih tepat ketika kamu mampu memaksimalkan apa yang sudah Tuhan beri kepada kamu seperti memaksimalkan potensi yang kamu miliki. Betapa tidak nbersyukurnya kamu ketika kamu tidak bisa memaksimalkan apa yang sudah Tuhan “titipakan” kepada kamu.

via Pixabay
Pada kesempatan hari ini nilni akan membahas tentang bagaimana cara memaksimalkan potensi diri. Well :


Tentukan potensi 

Hal pertama adalah menemukan apa yang sebenarnya potensi kamu. Kamu memiliki passion atau hasrat belajar dibidang apa dulu nih. Pada dasarnya memaksimalkan potensi bisa dikatakan menjadi suatu individu terbaik dibidangnya.

Misalnya saya memilki potensi untuk menjadi seorang penyanyi profesional  maka apapun itu hal seberat apa itu sayaharus bisa menjadi terbaik dalam bidang nyanyi hal yang sama juga akan terjadi pada para atlet-atlet olahraga. Nah untuk tahu apa potensimu rasanya kamu dapat menjawabnya dengan bebera[a pertanaan sebgai berikut :

  • Apakah ada sesuatu yang ingin kamu lakukan, ingin kamu capai mencapai, dan ingin kamu selesaikan seperti menari, menyanyi, menulis, atau bermain olahraga? 
  • Apakah kamu pernah berpikir, cara apa ya yang seharusnya saya pakai untuk mencapai keinginan itu, atau cara apa ya yang harusnya bisa memperbaiki diri saya menjadi pribadi yang lebih baik? seperti menjadi lebih ramah, lebih sopan atau, lebih tegas? 
  • Apakah saya ingin membentuk fisik saya seperti menurunkan berat badan, membesarkan masa otot, atau membuat perut saya sixpack?


Bertekad 

Setelah kamu mengkonfirmasi hal apa yang menjadi tujuan kamu dan itu telihat dapat dicapai dan realistis dalam hidup dan ingin memaksimalkan potensi yang sudah kamu miliki. Hal selanjutnya adalh bertekad dan berkomitmen untuk daapat mencapai tujuan tersebut baik tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.

Mulailah dengan hall-hal yang mudah terlenih dahulu temukanlah pola untuk mencapai tujuan tersebut kemudian selesaikan hal-hal yang berat dengan ola ynag sudah kamu temukan. Misalnya untuk mencapai body yang sehat dan sixpack kamu perlu melakukan olahrafa ringan terlebih dahulu untuk menurukan lewat tubuh kemudian perlahan temukan pola untuk membentuk otot perut.


Temukan banyak jalan

Jika kamu tidak menemukan kemudahan pada satu jalan cobalah menemukan jalan lain. Hal ini bersifat fleksibel karena dunia akan terus berkemabang kita akan menemui orang-orang baru dan hal-hal baru.

Oleh karena itu temukan ide dasar dalam tujuan kamu memaksimalkan potensi seperti “ saya ingin menjadi mahasiswa terbaik” terbaik disini dapat menjadi banyak jalan seperti terbaik dalam organisasi, IPK, ataupun dalam CV. Ingat pepatah banyak jalan menuju roma.


Mencari Ispirasi 

Hal ini bisa berupa orang, benda, atau kenangan yang mampu memotivasi kamu untuk dappat mencapai tujuan kamu memaksimalkan potensi kamu. Buatlah diri kamu dengan hal-hal yang mampu menginspirasi kamu. Pikirkan hal itu ketika kamu ingin tidur sehingga ketika kamu bangun tidur nanti hal itu akan terus menjadi motivasi kamu untuk menjalani hidup yang indah.


Shortcut

Mulailah untuk mengambil langkah atau step-step kecil untuk lebih dekat dengan tujuan kamu misalnya kamu ingin menjadi penyanyi profesional seperti Agnesmo a.k.a Agnes Monica maka langkah kecil yang bisa kamu ambil adalah dengan mengikuti les vokal dan mengikuti ajang lomba-lomba menyanyi di kota kamu. Buatlah sesuatu yang terlihat susah menjadi benar-benar mudah dengan mengambil langkah-langkah kecil terlebih dahulu.

Salah satu hal yang dapat memotivasi diri kamu adalah mencoba untuk beljar dari kegagalan misalnya kamu gagal nih lomba nyanyi tingkat RT oleh sebab itu jnagn menyerah cobalah dianalisis apa sebanya kamu gagal mungkin kamu gerogi atau masalah teknis. Cobalah mencatat setiap kekalahan atau kegagalan kedalam catatan kecil sehingga ketika kamu akan mengikuti lomba sejenis kamu sudah siap dengan improvement yang luar biasa lewat koreksi kegagalan di masa lalu.


Menerima kegagalan 

Kemunduran dan kegagalan yang akan terjadi, mereka bagian alami dari kehidupan. Kegagalan adalah cara sederhana untuk menunjukkan diri kamu apa yang berhasil dan apa yang tidak; mereka akan membantu kamu mengetahui apa yang sebenarnya kamu mampu lakukan, dan apa yang perlu dimaksimalkan saat bergerak kedepan mencapai tujuan kamu.

Hidup ini adalah trial and error, ketika kamu membuat kesalahan, maka kamu akan menjadi pribadi yang lebih kuat karena belajar dari kesalahan tersebut.


Believe and Confident 

Rasa percaya diri dan yakin akan hal yang menjadi mimpi kamu akan selaluberda pada diri kamu walaupun rasa itu jauh terkubur di dalam diri kamu. Cobalah untuk menjadi pribadi yang percaya diri. Percaya pada setiap mimpi-mimpi yang menjadi tujuan hidup kamu. Perlu diingat bahwa ada garis tipis antara percaya diri dan keangkuhan.

Keyakinan ini akan terus menerus menjadi besar dalam hati, sementara keangkuhan melibatkan orang lain dengan menempatkan keyakinan orang lain dibawah standar kamu. Cobalah untuk menjadi rendah hati dalam upaya mencapai tujuan kamu.Hal Ini tidak hanya akan mendapatkan rasa hormat dari orang lain, tetapi kamu akan benar-benar merasa menjadi pribadi yang lebih baik.


Support 

Jika kamu merasa addict atau kecanduan untuk dapat mencapai tujuan hidup kamu guna memaksimalkan potensi yang kamu miliki maka memiliki suporter eksternal adalah wajib hukumnya. Supporter dapat menjadi keluarga kamu sendiri, sahabat, teman-teman, atau pacar. Hal ini penting untuk tetap menjaga kamu pada garis lurus tujuan.


Mengembangkan intuisi 

Beberapa orang cenderung mengikuti intuisi mereka, sementara banyak mengambil keputusan dengan dengan insting mereka. Intuisi berasal dari pengalaman dan insting. Hal yang perlu diperhatikan adalah tahu kapan saat yang tepat untuk mengikuti naluri kamu. Misalnya berdasarkan pengalaman kamu untuk ajang audisi menyanyi nasional kamu bellum cukup capable untuk lolos oleh karena itu cobalah untuk sedikit menahan dan terus berlatih untuk waktu yang tepat.

Nah itu tadi langkah-langkah yang bisa ditempuh uuntuk dapat memaksimalka potensi diri kamu. Good luck :)

Oleh : Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni