Cara Mencari Teman Baru

Sekarang mulailah menghitung, berapa banyakkah teman yang kamu punyai sekarang? Dari kamu lahir sampai searang, pasti sudah berates-ratus teman yang telah kamu dapat.

Berapa banyak teman kamu yang asalnya dari Malaysia, Tiongkok, Jepang, korea bahkan teman masa kecil. Berapa beda umur kamu, beda sekolah, beda agama... sudah cukup beragam atau belum nich? kalau belum,it's time to spread our wings makes many friend!

Selain menyenangkan, punya banyak teman dari beragam latar belakang ditanggung bikin kita jadi banyak pengetahuan penting yang tidak hanya didapat dari lingkungan dekan rumah melulu.

Selain itu banyak teman juga bermanfaat sebagai wadah untuk bertukar pikiran. Jika sedang ada masalah kamu, bisa curhat dengan teman. Punya banyak teman, apalagi yang berbeda adat dan kebudayaan, kamu bisa mempelajari adat dan kebudayaan yang berbeda dari teman baru itu. Pokoknya banyak banget  deh manfaat yang akan kamu dapatkan jika mempunyai banyak teman.

Jika usia kamu beranjak dewasa, Memasuki lingkungan baru merupakan tantangan bagi setiap orang, terlebih bagi mereka yang memang memiliki sifat pemalu yang sangat mengalami kesulitan untuk membuka percakapan dengan teman baru.





via Pixabay

Untuk itu saya akan menuliskan sebuah tulisan yang saya ambil dari berbagai sumber yang telah ada, inilah Tips dan Trik untuk mencari dan mendapatkan teman baru:

Kamu dapat bertemu dengan orang-orang baru cukup hanya dengan keluar dari rumah

Lakukanlah kegiatan seperti lari pagi, membaca buku atau hanya sekedar duduk-duduk saja di taman saat sore hari. Nah disana pasti akan ada puluhan orang yang melakukan hal yang sama, dan ini merupakan kesempatan kamu berkenalan dengan orang baru.

Tapi bila terlalu sibuk bekerja baik di pagi ataupun sore hari, maka kamu bisa mensiasatinya dengan bergabung ke pusat kebugaran (gym). Bergabung dengan Gym membuat kamu bertemu dan berkenalan dengan orang baru yang nantinya dapat kamu ajak bicara baik saat latihan ataupun setelah selesai latihan dengan nongkrong di kafetaria gym tersebut.

Memelihara hewan peliharaan (kucing, anjing, dll). Kedengarannya memang janggal, tapi ternyata sebuah studi di University of Western Australia sudah membuktikan bahwa dengan memelihara hewan dapat membantu kamu untuk mendapatkan teman baru. Jika kamu sedang bermain-main dengan kucing kamu misalnya, trus ada tetangga ya lewat melihat kucing kamu nan cantik, pasti akan bilang kalau kucingmu cantik.

Nah bermula dari situ, percakapan-percakapan pun terjadi dan akhirnya kamu mendapatkan teman baru. Survei juga menunjukkan bahwa 80% orang dengan hewan peliharaan telah mendapatkan teman baru, sementara orang tidak memiliki binatang peliharaan hanya 70% saja yang membuat pertemanan baru. (cara mencari teman baru yg umum digunakan peserta survei itu adalah membawa hewan peliharaan jalan-jalan ke taman atau mengitari perumahan mereka)

Cara bertemu dengan orang baru ini sangat cocok dilakukan bila kamu sudah berkeluarga dan telah memiliki anak. Dimana kamu dapat bertemu dan berkenalan dengan orangtua lain baik di sekolah, taman bermain ataupun tempat bermain anak-anak. Dengan kamu menungguinya bermain, kamu pasti akan bertemu orang lain yang sedang menunggu anak-anaknya.

Jejaring Sosial. Kini banyak orang telah menggunakan situs jejaring sosial untuk memulai hubungan dan mencari teman baru. Ini karena beberapa orang lebih memilih untuk dekat terlebih dahulu di dunia maya sebelum berinteraksi secara langsung.

Bila kamu memutuskan untuk mengambil cara ini, sebaiknya bersikap hati-hati karena profil, foto dan tingkah laku seseorang di jejaring sosial yang sempurna kemungkinan besar tidak akan sama seperti yang kamu harapkan. (namanya juga dunia maya yang berarti samar-samar. )

Cara mendapatkan teman baru yang ampuh lainnya adalah mengikuti kegiatan keagamaan. Selain pergi mendatangi tempat ibadah secara reguler sesuai dengan agama yang dianut oleh tiap-tiap orang, kamu juga mengikuti kegiatan-kegiatan seperti pengajian, retreat, masuk kedalam keanggotaan pendalaman iman, persekutuan doa, kegiatan amal, dll. Nah disana nantinya pasti akan bertemu juga dengan teman yang sudah kamu kenal ataupun yang belum kamu kenal.

Tersenyumlah

Senyum merupakan modal awal nih. Hal ini merupakan perbuatan sederhana yang ternyata memberikan manfaat yang besar. Tidak perlu tersenyum terus menerus layaknya orang kurang waras, tapi pancarkan aura bahwa kamu memang ramah dan ingin berteman dengan banyak orang.

Pada umumnya, setiap orang ingin bergaul dengan orang yang menyenangkan, yaitu mereka yang selalu murah senyum entah di saat mood-nya buruk maupun baik. Jadi, ayolah biasakan selalu tersenyum, bukan cuman cemberut saja. Tapi senyumnya jangan lebar-lebar ya, cukup 2 cm saja.


Siapkan Permen

Permen ternyata merupakan salah satu cara tercepat dan mudah untuk memulai suatu percakapan awal dengan teman baru. Melihat kamu mengunyah permen, akan menarik perhatiannya. Segera tawarkan sebuah permen dan percakapan singkat akan dimulai setelahnya. Tidak perlu khawatir karena percakapan singkat tersebut dapat menjadi awal baru untuk memulai percakapan-percakapan selanjutnya. Dan akhirnya akan menjadi berteman deh.


Ikut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun kegiatan ekstrakulikuler

Kamu memiliki keahlian atau tertarik dalam olahraga baseball? Bergabunglah dengan organisasi yang mewadahi bakat maupun minatmu tersebut. Berbekal untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan yang kamu miliki, lama-kelamaan jumlah temanmu juga akan terus bertambah. Awali dengan berbagi informasi tentang hal-hal yang kamu sukai hingga menghabiskan waktu untuk menyalurkan hobi bersama dengan teman barumu.

Manfaatkan teman satu kamar kos/asrama (berlaku bagi kamu yang tinggal di kos-kosan/asrama)
Memanfaatkan teman di sini tentunya dalam arti yang positif. Memiliki teman sekamar, terutama mereka yang senang bergaul akan memberi manfaat yang besar bagi kamu yang pemalu ataupun pendiam.

Dia akan dengan mudah mendapatkan banyak teman yang nantinya akan dikenalkan kepadamu.
Berkepribadian sebagai seorang pemalu atau pendiam terkadang justru merugikan diri sendiri. Maka, beranikanlah dirimu untuk mengawali pertemanan di lingkungan yang baru. Jadi, kenapa mesti takut dan malu untuk berteman? Selamat mencoba ya… Don’t be shy, just do it bro.


Pixabay

Kamu harus aktif men

Untuk mendapatkan teman baru atau berkenalan dengan orang yang belum kamu kenal, kamu harus menjadi orang yang aktif. Karena menurut saya ,orang itu akan akrab dengan kamu jika kamu yang memulai pembicaraan duluan atau istilahnya membuka topik dan mengajaknya bicara. Kita bisa memulai topiknya misalkan dengan bertanya sekarang jam berapa atau tentang tempat tinggalnya dimana dan lain – lain.

Percaya diri (PD)

Kamu harus percaya diri. Ini sangat penting karena jika kamu tidak merasa confident atau nyaman dengan diri kamu sendiri, maka kamu akan enggan dan cenderung menjadi orang yang pemalu dan susah mendapatkan teman. Karena orang juga enggan berteman atau berbicara dengan kamu jika kamu hanya diam dan tidak percaya diri untuk membuka suatu pembicaraan. Jangan minder atau takut, karena teman itu tidak menggigit kok.


Jadilah diri sendiri

Jadilah orang yang apa adanya. Be your self men okey. Ini penting juga karena dalam hidup lebih enak untuk kamu hidup dengan penuh kejujuran. Jangan pernah berbohong jika kamu ingin mendapatkan teman baru. Jadilah dirimu sendiri.


Improvisasi dan berwawasan luas

Dalam bergaul dibutuhkan improvisasi dalam berbicara kepada orang lain. Karena jika kamu tidak pintar dalam berimprovisasi pastinya kamu akan terlihat membosankan atau tidak ada topic-topik baru yang bisa diperbincangkan.

Maka dari itu kamu harus pintar -pintar berimprovisasi agar kamu dapat lebih terlihat menarik terhadap lawan bicaramu, sehingga pembicaraan yang kamu lakukan tidak boring atau bosan.
Selain itu kamu juga harus mempunyai wawasan yang luas karena ini sangat penting untuk membantu kamu mencari topik atau bahan pembicaraan.

Misalkan lawan bicara kamu membicarakan tentang politik tetapi kamu tidak punya wawasan tentang politik, pasti kamu akan kelihatan tidak nyambung dan terjadi missed comunication. Ini harus dihindari apalagi jika kamu ingin berkenalan dengan orang yang sebelumnya belum pernah kamu kenal.


Kita harus mempunyai kesamaan

Dalam bergaul minimal kamu harus mempunyai kebisaan misalkan dari hobi, kesukaan, sifat dll. Contoh teman saya yang baru saya kenal mengajak saya bermain sepak boal tetapi saya tidak bisa bermain sepak bola karena saya cewek, maka kamu telah kehilangan kesempatan untuk dekat dengan teman yang baru kamu kenal itu.

Lain lagi jika saya bisa bermain sepak bola pasti saya dapat lebih dekat dengan teman yang saya baru kenal itu karena dari bermain sepak bola kamu bisa lebih akrab karena biasanya di saat moment seperti inilah kamu dapat akrab dengan orang lain. Tetapi ini hanya contoh saja. Kamu bisa mengambil contoh yang lainlah. .

Selanjutnya keluarkanlah keunikan kamu. Aneh sama unik gak jauh beda loh...
Tujuannya adalah agar kamu mudah di inget, gak masalah sih kalo kita dibilang aneh. Yang penting orang banyak kenal dulu lah sama kamu, urusan yang lain adalah urusan nanti, pokoknya orang banyak kenal kamu dulu deh.. :D

Carilah target yang bakal ingin kamu jadikan teman pertama, biar gak dibilang kepedean, SKSD, dan sebagainyalah di depan orang banyak. Lebih baik cari target orang yang masih sendiri juga, jadi kalo orang yang jadi target kamu ternyata punya kesombongan yang amat sangat gak terlalu malu karena Cuma sama 1 orang saja.

Tampil Wangi

Orang lain nyaman jika dekat dengan orang yang bersih dan beraroma harum. Jadi sikatlah gigi kamu dua kali sehari, mandilah beberapa kali sehari, setiap hari, dan selalu gunakan deodoran dan parfum.


Buat dirimu tampil menarik

Lakukan pencarian pada Google tentang apakah jenis potongan rambut dan gaya rambut yang sedang ‘in’ sekarang ini, yang cocok dengan bentuk wajah serta selera kamu. Kamu tidak perlu berusaha terlalu keras. Penampilan yang halus adalah yang terbaik. Jika kamu ingin menggunakan makeup, kamu bisa mengunjungi YouTube dan mencari tutorial tentang makeup. Pokoknya harus update gitulah ya. :D


Perbaiki Perilakumu

Jangan membungkuk deh! Tidak hanya buruk untuk punggungmu, tetapi membungkuk juga akan membuat kamu terlihat buruk dihadapan orang lain. Jika kamu berdiri tegak, sedikit mengayunkan lenganmu saat berjalan dan selalu melihat orang pada wajahnya dan melakukan kontak mata. Hal membuat terlihat menikmati hidup kamu dan orang lain akan menaruh rasa hormat untuk kamu. Perilaku yang baik juga sangat membantu lho, pokoknya seperti menolong orang dll bisa menjadi trik kamu dalam mencari teman. Coba deh.


Pergilah ke tempat yang berbeda.

Keluarlah dari rumahmu. Kenakan pakaian yang paling baik, dan berjalan-jalanlah, seperti ke mall, took buku ataupun tempat yang ramai. Ditempat itu kamu bisa belajar bercakap-cakap dengan orang baru, seperti bertanya kepada mereka tentang judul buku atau apapun itu. Hal ini adalah cara yang baik untuk melatih kemampuan komunikasi kamu.


Friendship cookies

Jika kamu masih pada tingkat sekolah, ajaklah ibu kamu membuat kue-kue kecil untuk dibawa ke sekolah. Ketika jam makan siang tiba, bagi kue-kue itu ke teman-teman. Dijamin, pasti banyak teman-teman yang ingin berteman denganmu. Walaupun awalnya mungkin teman itu bertanya tentang cookies yang dibuat ibu kamu, tapi lama-lama mereka akan mencari kamu dan kalian akan berteman baik nantinya.


Tidak Pilih-Pilih Teman

Terkadang orang yang kaya akan merasa risih jika bergaul dengan orang-orang miskin, orang yang tidak berpendidikan, orang yang memiliki tampang kriminil, dsb. Justru pertemanan orang-orang kecil terkadang sifatnya lebih kekal, jujur apa adanya dan tanpa pamrih.

Jika kamu berteman dengan orang elit yang suka pamer, foya-foya, hidup gelamor, dsb mungkin akan meninggalkan kamu ketika kamu menjadi miskin atau pun jika kamu terkena musibah, mereka enggan turun langsung membantu kamu karena kesibukan mereka.

Jangan ragu berteman dengan tukang bakso, tukang ojek, ibu-ibu, nenek-nenek, anak kecil, penjaga warung, tukang sampah, tukang sayur, satpam, dsb karena mungkin suatu saat kamu akan membutuhkan bantuan mereka. Ketika kamu sedang kesulitan pun meraka pasti akan dengan senagn hati menawarkan bantuan mereka secara cuma-cuma.


Jangan Membuat Musuh

Hindarilah sifat-sifat yang dapat menghadirkan musuh ke hadapan kehidupan kamu seperti iri, dengki, sombong, congkak, angkuh, sok berkuasa, sok kaya, munafik, pelit, culas, egois, keras kepala, dsb. Selain itu hindari minuman keras, narkoba dan kawan-kawannya agar terhindar dari dijauhi orang. Ramah, santun, rendah hati, mengalah, dll dapat menghindarkan kita dari permusuhan. Selesaikan segala masalah problema kehidupan sosial yang ada dengan tuntas secara baik-baik agar tidak berkepanjangan dan menimbulkan permusuhan.


Sopan Santun, Ramah, Rendah Hati Dan Mengalah

Dalam bersosial kamu akan senang jika orang lain sopan, ramah, rendah hati, dsb. Begitupun dengan orang lain yang sudah pasti akan senang hati dapat berteman dengan orang yang memiliki sifat-sifat di atas. Sotoy, narsis, sombong, membual, kikir, munapik, dll adalah sifat-sifat yang akan menimbulkan nilai negatif di mata orang lain sehingga mereka akan enggan untuk untuk berteman akrab dengan kita serta menghasilkan antipati di mata orang-orang.


Tidak Sok Kenal Sok Dekat / SKSD

Dalam berkenalan tidak harus dimulai dengan memperkenalkan diri, tetapi bisa melalui basa-basi yang baik dan sopan. Yang pasti kita harus merendah walaupun lawan bicara lebih muda usia dari kita. Berbicara seperlunya, tidak bertele-tele, membanggakan diri, narsis, jutek, sok tau, dsb. Bersikaplah sederhana apa adanya dan jangan membanggakan materi / kekayaan yang kamu miliki.


Bantulah Gurumu

Bersikap baik tidak hanya kepada teman. Banyak hal kecil yang dapat kamu lakukan untuk menolong guru. Misalnya menghapus papan tulis, membersihkan mejanya dan tidak malas bila dimintai tolong. Hal ini tentunya kan memberikan nilai plus di mata guru dan teman-teman sekelasmu. Waoow..



Jangan Malu Bertanya

Pada awal-awal sekolah, pertama kali pasti kebingungan dimana perpustakaan, lab kimia dan lainnya. Ajak teman baru kamu untuk menunjukkan tempatnya. Tanyakan juga mengenai teman-teman yang lain dan guru yang biasa mengajar.


Unjuk Diri

Kamu bisa main gitar? Atau pintar matematika? Ini bisa jadi nilai plus kamu. Sodorkan bantuan pada teman baru kamu yang sedang kerepotan menyelesaikan tugas. Oh ya, menunjukkan keahlian dan bakat yang kalian miliki itu bagus, tapi jangan sampai pamer yah!

Ikutan jadi volunteer di yayasan, rumah sakit, atau kebun binatang. Bisa punya pengalaman baru dan pastinya tidak kalah seru. Dan bisa dapat teman baru pulak.

Waoow ternyata banyak juga ya tips dan trik untuk mencari teman baru. Saat ini, jika kamu tidak punya teman, maka dunia akan hampa tanpanya. Kalau diibaratkan bagai bumi tanpa matahari, yang artinya tiap hari akan tampak seperti malam hari yang begitu gelap. Saat saya susah atau lagi tidak semangat, biasanya teman saya yang akan menyemangati. Bayangkan jika saya tidak punya teman. Hehe

So, dapatkanlah teman sebanyak-banyaknya. Nah, di era globalisasi ini kan alat-alat sudah canggih. Setiap orang mempunyai gadget. Hari gini gak ada gadget tuh belum afdhol. Apalagi banyak Sosial Media (Sosmed) yangbanyak menawarkan situs pertemanan. Nah mandaatkanlah situs tersebut untuk mencari teman sebanyak-banyaknya.

Teman itu semua ada dipenjuru dunia, jadi, jangan takut untuk berteman walaupun itu dari beda Negara. Selamat mencoba tips dan trik dari saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Oleh : Siti Fatimah

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni