Cara Mendapatkan Beasiswa Penuh untuk Kuliah

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan beasiswa? Sekalipun kamu dengan sedikit keterbatasanmu. Seluruh siswa di dunia ini pasti menginginkan biaya pendidikan yang murah, bahkan gratis. Tak terkecuali bagimu bukan?

Kamu juga ingin kan, mendapatkan beasiswa sampai ke luar negri? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa penuh agar kamu tak perlu merepotkan orang tuamu lagi karena tagihan sekolahmu yang menumpuk.

via Pixabay

1. Mengajukan beasiswa universitas. 

Untuk menjadi seorang sarjana sebenarnya tidak terlalu mahal bila kamu dapat mengajukan beasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi dengan bantuan sekolahmu atau melalui beasiswa yang universitas tersebut sediakan.

Kamu bisa mencari informasi melalui situs universitas sediakan. Atau kamu juga bisa menanyakan petugas sekolahmu untuk mecari tahu apakah sekolahmu menyediakan beasiswa yang kamu butuhkan. Bila kamu ingin mengajukan beasiswa untuk ke luar negri, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

Pemerintah akan membiayaimu penuh kok. Tapi dengan syarat kamu diterima sebagai mahasiswa di salah satu 200 perguruan tinggi terbaik di dunia, "Kategorinya 200 universitas terbaik di dunia. Syarat-syaratnya pertama harus diterima dulu.

Penerimaan dan mengajukan beasiswanya. Yang susah saat diterimanya tentu harus punya prestasi bagus di Indonesianya. Apakah rekomendasinya kuat, IPK-nya (Indeks Prestasi Kumulatif) bagus," ungkap Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Bambang.


2. Cari tahu apa pilihan keuangan yang mereka tawarkan untuk kamu. 

Setiap sekolah dan perguruan tinggi memiliki tawaran beasiswa yang berbeda-beda untuk siswanya. Kamu bisa mencari tahu dengan menanyakan siswa-siswa yang sudah bersekolah di perguruan tinggi tersebut ataupun kamu bisa mengunjungi situs yang telah mereka sediakan.

Biasanya, mereka menyediakan opsi bantuan keuangan untuk calon mahasiswanya. Dari sana kamu bisa memilih beasiswa mana yang cocok bagimu. Biasanya, beasiswa yang akan kamu terima sebanding dengan kemampuan yang kamu miliki.


3. Mengisi aplikasi bantuan keuangan di masing-masing sekolah.

 Ini adalah tahapan yang sangat penting untuk mengajukan beasiswa. Kamu harus menyiapkan aplikasi yang memumpuni. Selain kelengkapannya, aplikasi tersebut juga harus ampuh untuk membuka mata hati para panelis agar bisa mempertimbangkan beasiswa yang kamu ajukan. Tugasmu adalah meyakinkan mereka bahwa kamulah siswa yang mereka cari dan pantas untuk mendapatkan beasiswa.

Bagaimana cara membuatnya? Galilah kemampuan yang ada pada dirimu, lalu sertakan pada aplikasi yang akan kamu kirim. Unutk menyiapkan aplikasi yang ampuh, rambu-rambunya adalah criteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah atau sponsor. Memenuhi persyaratan yang diajukan sebenarnya sudah bisa mendapatkan beasiswa yang kamu mau.

Tapi bila kamu bisa memberinya lebih mengapa tidak? Itu akan memberimu nilai lebih dan yang pasti akan semakin besar peluangmu untuk mendapatkan beasiswa. Sebagai contoh, kamu bisa menuliskan motivasi pribadi yang unik yang bisa diterima panelis dengan baik, atau kamu juga bisa mencantumkan prestasi baik akademis maupun non akademismu di atas persyaratan minimal, atau menuliskan pengalaman organisasi, atau pekerjaan yang berhubungan denan beasiswa. Dan sebenarnya masih banyak lagi.


4. Menunjukkan kebutuhan keuanganmu. 

Kebanyakan calon pelamar beasiswa memiliki kesulitan keuangan. Kamu bisa menunjukkan kebutuhan keuanganmu kepada sponsor atau sekolah yang kamu tuju. Dari sana, kamu akan mendapatkan perhatian dari pihak sponsor. Kamu juga bisa mengajukan keringanan biaya dari sekolah yang kamu tuju.


5. Mencari jaringan yang luas. 

Kamu bisa mendaftarkan ke berbagai sekolah untuk mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan. Setiap sekolah pasti memiliki tawaran beasiswa untuk calon siswanya bukan? Kamu bisa mendaftar lebih dari satu sekolah bila kamu mau.

Tapi ingat, kamu harus memilih salah satu untuk mendapatkan beasiswa yang kamu butuhkan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya untuk mencari tahu beasiswa yang mereka tawarkan. Perluas jaringan pertemananmu agar tidak hanya beasiswa dalam negri yang kamu tahu.


Di bawah ini ada beberapa trik dan tips untuk mendapatkan beasiswa penuh yang kamu butuhkan.

1. Jaga nilai akademismu tetap berada di atas rata-rata.
Kamu harus mengutamakan nilai akademismu terlebih dahulu. Pastikan nilaimu selalu berada di atas rata-rata. Hal tersebut sebagai salah satu syarat pengajuan beasiswa penuh. Bila nilaimu turun atau berada di bawah persyaratan, mungkin kamu harus sedikit bekerja keras untuk memenuhi syarat tersebut.

2. Terlibat dalam berbagai organisasi dan ekstrakulikuler.
Semakin aktif kamu sebagai siswa, semakin kamu dilirik oleh sponsor. Kamu dianggap sebagai investasi yang berharga karena sebagai aktivis yang memiliki pemikiran yang maju dengan berbagai pengalamanmu. Selain prestasi akademis yang kamu butuhkan, tetapi kamu juga harus memiliki pengalaman di luar sekolah yang memumpuni. Kamu dianggap sebagai siswa yang aktif dan mampu berkomunikasi dengan baik.

3. Terus berusaha sampai menit terakhir.
Bukan hanya kamu yang sedang mencari beasiswa penuh. Tapi ribuan orang di dunia ini juga menginginkannya. Kamu harus memiliki mental baja untuk menggapai apa yang kamu inginkan. Kamu harus terus berusaha untuk mendapatkan beasiswa tersebut.


Para pemberi beasiswa tidak akan memberikan bantuannya secara cuma-Cuma ada sejumlah syarat yang kamu penuhi. Mungkin beberapa saran di bawah ini bisa membantumu.

1. Bagi kamu yang gemar berolah raga dan sudah mendapatkan banyak piala dan penghargaan, teruslah berlatih meskipun kamu sedang bukan dalam masa pertandingan. Tentunya jangan lupa untuk rajin mengikuti kompetisi olah raga agar makin banyak piala yang kamu miliki. Dengan demikian kamu bisa membuktikan bahwa kamu tidak hanya pintar dalam akademis tetapi pandai dalam berolah raga dan berkompeten. Pemberi beasiswa pasti akan lebih senang bila kamu bisa menguasai akademis dan non akademis.

2. Bila kamu pintar dalam akademis tetapi tidak ada buktinya sama saja bukan? Kamu harus membuktikannya dengan menjuarai berbagai perlombaan di bidang sains atau apapun mengenai prestasi akademismu. Kamu bisa mengikuti olimpiade yang sering diadakan untuk antar sekolah. Jangan pernah buang sia-sia otak cemerlangmu itu. Gunakan untuk mengalahkan pesaing-pesaingmu ke dalam olimpiade yang kamu ikuti.

3. Jika kamu memiliki bakat seni, kamu bisa mempelajarinya lebih dalam dan mendapatkan beasiswa berkat bakatmu itu. Dari portfolio yang kamu ajukan, kamu bisa dengan mudah mendapatkan bantuan untuk membiayai sekolahmu.

Dengan pembuktian berbagai prestasimu, lebih terbuka bagimu untuk mendapatkan beasiswa. Semakin banyak prestasi yang kamu miliki dengan pembuktian dan piagam atau piala, semakin lancer kamu menuju gerbang beasiswa penuh.

Jika kamu sudah memiliki segudang prestasi dan yakin akan mendapatkan beasiswa tersebut, jangan mudah menyerah. Tidak hanya kamu yang menginginkan beasiswa penuh, tapi ribuan siswa yang ada di dunia ini. Kamu tidak bisa langsung mendapatkan beasiswa yang kamu butuhkan, bila beruntung, kamu bisa mencobanya dua atau tiga kali. Jangan berhenti hanya karena aplikasi tidak diterima dalam sekali pengajuan. Semangat!

Oleh : Devita Putri Mardyanti

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni