Cara Mendapatkan Tidur yang Lebih Baik

Mendapatkan tidur malam yang baik adalah salah satu hal yang paling penting yang dapat dilakukan untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Tidur yang cukup memberikan waktu untuk tubuhmu dan energi pulih dari tekanan yang menguras tenanga. Jika kamu mengalami kesulitan untuk tidur, maka cobalah langkah-langkah berikut ini : 
bed room: pixabay
1. Perhatikan fungsi dari tempat tidurmu

Gunakan kamar tidur untuk tidur. Jangan bekerja, makan, menonton TV, menggunakan telepon atau komputer, atau mendengarkan radio di kamar tidur. Bahkan lebih baik tidak menaruh TV, komputer atau radio di sana.


2. Menjaga kebersihan

Jaga kebersihan kasurmu. Ganti kasur setelah 5-7 tahun menggunakannya. Ini penting untuk kenyamanan dan kesehatanmu. 


3. Jadikan kamar tidur seperti surga

Buatlah kamar tidurmu seperti surga. Semakin nyaman tempat tidur dan kamarmu, maka tidurmu akan semakin kondusif. 


4. Hindari tidur dengan perut kosong 

Perut yang benar-benar kosong dapat mengganggu pola tidurmu seperti halnya tidur menjadi tidak nyenyak. Hindari makanan tinggi karbohidrat atau gula, tetapi makanan seperti kalkun, yogurt, kacang kedelai, tuna, dan kacang tanah. Karena mengandung zat tryptophan yang dapat membantu tubuh memproduksi serotonin, yang berfungsi memberikan rasa nyaman. 

coffee: pixabay
5. Beralih ke kopi tanpa kafein

Hindari kopi hitam, coklat, dan soda berkafein, terutama di malam hari. Kafein dapat membuat kamu terjaga karena pengaruhnya dapat bertahan hingga 12 jam. 


6. Hindari produk tembakau seperti rokok di malam hari 

Minum minuman santai. Segelas susu hangat atau teh chamomile akan menempatkanmu dalam suasana hati yang tepat untuk beristirahat. Sediakan segelas air di meja pada malam dapat berguna apabila kamu kehausan di tengah malam.


7. Jangan minum sebelum tidur 

Cobalah untuk menghindari minum air atau cairan lainnya satu jam sebelum kamu pergi tidur, tapi pastikan kamu minum setidaknya dua liter air selama sehari. Jaga kebutuhan ion tubuhmu.


8. Mandi air hangat

Kadang-kadang mandi air hangat dapat membuat  tubuhmu lebih rileks dan merasa bersih. Tubuh yang bersih akan membuatmu merasa lega dan tidur dapat dengan sangat nyenyak nantinya.


9. Gunakan pakaian yang nyaman

Gunakan setiap potongan rambut yang terurai dan memakai pakaian longgar, sebaiknya piyama katun. Hindari untuk menggunakan pakaian ketat dan membuat kamu tidak leluasa atau tidak 
nyaman.

lamp: pixabay
10. Matikan lampu

Kegelapan membuat tubuhmu mulai memproduksi hormon yang membuat kamu cepat tertidur. Apabila kamu bertahan dengan lampu yang menyala, maka akan memperlambat produksi hormon dan akan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuhmu sendiri.

Saat tidur, sebaiknya matikan lampu. Paparan cahaya selama tidur dapat mengganggu kesehatan tubuhmu. Jika kamu bangun dan melihat cahaya terang, maka kamu akan sulit tertidur kembali. 
Cobalah untuk menghilangkan semua sumber cahaya. jangan lupa untuk menutup jendela, jam LED, komputer, mencabut kotak kabel dan semua perangkat lain.


11. Ambil napas dalam-dalam

Banyak faktor luar yang dapat berkontribusi untuk masalah tidur secara keseluruhan, termasuk stres, penyakit tertentu, atau stress jangka pendek. masalah yang dapat meresahkanmu juga bisa mengganggu kualitas tidurmu. Upayakan untuk merilekskan semua otot-ototmu sebelum tertidur.


12. Pergi tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari 

Pergi tidur satu jam lebih lama dari biasanya dapat mengganggu kualitas tidurmu. Gunakan jadwal tidur yang sama bahkan di akhir pekan. Ketika jam alarmmu berbunyi, segera bangkit dari tempat tidurmu.
Jangan menunda!
13. Berolahraga secara teratur 

Apabila kamu memiliki pekerjaan tetap, kurangnya aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kualitas tidurmu. Tubuh manusia menggunakan tidur untuk memperbaiki dan memulihkan kondisi tubuh. Usahakan untuk berolahraga, seperti pergi berjalan-jalan atau berenang, atau lebih baik lagi berolahraga secara teratur. Hal ini dapat membuat tidurmu lebih nyenyak dan lebih tenang. Jadi latihanlah setiap saat sepanjang hari, sekitar dua jam sebelum tidur.

food healthy: pixabay
14. Komsumsi makanan yang sehat

Kondisi tubuh yang sehat dan tetap terjaga akan berpengaruh pada kondisi tidurmu. Yakinlah ini hal utama yang perlu menjadi pertimbanganmu.


15. Pertimbangkan untuk tidur siang

Bagi sebagian orang (tergantung pada pekerjaan dan rutinitas harian kamu), istirahat sejenak di sore hari dapat membantu meringankan rasa kantuk yang dialami selama seharian. Meskipun tidur siang tidak untuk semua orang,  banyak orang merasa lebih tenang setelah tidur siang. 

Tidak hanya di budaya Spanyol, di Indonesia pun tidur siang sudah menjadi kebiasaan beberapa masyarakat. Ini bisa membantu memulihkan kondisimu asalkan tidak berlebihan.


16. Tidur dalam posisi yang berbeda

Mengubah posisi tidurmu dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas tidur. Kamu mungkin berpikir bahwa tidak mungkin untuk mengontrol apa posisi tidurmu, karena  ketika tidur kita tidaj sadar apa yang kita lakukan. Atur dengan baik posisi tidurmu, hal ini dapat membuat perbedaan yang cukup besar.

Ketika  pergi tidur, usahakan untuk tetap sadar dan mengupayakan mengikuti panduan ini. Posisi kepala dan leher sejajar. Jangan gunakan bantal yang terlalu tipis, karena dapat menyebabkan kepala kamu miring ke arah kasur.

Tempatkan bantal di sisi kakimu dan jika tertidur usahakan bantal itu tidak jauh dari posisimu. Ini akan mendukung pinggul dan membuat posisi ini lebih nyaman. Ini akan berdampak besar pada kenyamananmu saat tidur nanti.


17. Obat tidur

Jika kamu memang mengalami kesulitan tidur yang besar. Kamu bisa menggunakan obat tidur namun jangan berlebihan. Konsultasikan sebelumnya kepada dokter untuk sebelum mengkonsumsinya.

17 cara ini penting untuk membantumu tertidur dengan nyenyak. Tidur untuk kesehatanmu ya.
     
Oleh: Andi Rosita Dewi

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni