Cara Mendinginkan Tubuh Secara Natural Seri Dua

Setelah sebelumnya kamu membaca beberapa tips tentang bagaimana mendinginkan tubuh tanpa menggunakan AC. Kini, nilni akan membagikan jurus-jurus jitu lainnya menurunkan suhu tubuh karena cuaca yang panas dan terik. Sering kan ya uring-uringan dan merasa sangat lelah dikarenakan cuaca panas dan terik. Well, ini dia jurus-jurus itu :

Breakfast : Pixabay


1. Ubah pola konsumsi 

Konsumsi merupakan kegiatan menggunakan/ menghabiskan nilai guna barang tertentu. Konsumsi disini tidak hanya memakan makanan tertentu melainkan juga menggunakan produk tertentu. Jadi tidak hanya makan aja ya tapi bagian eksternal tubuh kita seperti kulit juga wajib diberi makanan.

Mengkonsumsi makanan tertentu kedalam mulut kamu, ternyata dapat mengurangi  panas tubuh. Tambahkan list buah-buahan kedalam lemari es kamu seperti semangka, melon, mangga, dan stroberri. Buahan-buahan tersebut selain kaya akan vitamin juga kaya akan mineral sehingga ampuh menurunkan suhu tubuh. Coba bayangin deh udah capek-capek pulang kuliah, cuaca panas, dan emosi semua itu akan hialng ketika memakan buah-buahan yang segar. Adem aja gitu bawaannya, calm, damai, tenang.

Nah, untu konsumsi luar disini adalah memakai sesuatu seperti handbody. Tidak sembarangan handbody ya. Advice mimin kamu gunain handbody yang mengandung mint. Mint ini sangat ampuh menurunkan suhu tubuh lho, barang yang satu ini akan meninggalkan sensasi yang semwriwinnng gimana gituh dikulit. Itu handbody aja ya, kamu bisa mencoba menggunakan pasta gigi mint, sabun mint, dan bedak mint untuk menyempurnakan bagian tubuh mana saja. 

Tapi jangan sampai kena mata yah ! Selain untuk konsumsi kulit mint ini ternyata bisa dikombinasikan untuk minuman yang menyegarakan lhoh sehingga sehat diluar sehat didalam. Kamu bisa bikin minuman kece seperti es krim daun mint, smoothie watermelon mint, mint tea, puding mint. Wuih seger ajib bin mantap.


2. Mentimun

Jangan sembarangan sama mentimun. Buah yang sangat ini sangat ampuh untuk menurunkan panas tubuh lhoh. Caranya iris mentimun dingin jangan lupa masukan ke kulkas terlebih dahulu ya. Taruh potongan mentimun tadi ke dahi, wajah, dan kelopak mata kamu. Rasakan sensasi pijitaan mentimun tadi berjalan-jalan diwajah kamu. Meleleeeeeeeh asli apalagi ketika kamu kejebak macet kamu bisa lakukan hal ini didalam mobil.


3. Makan makanan pedas

Lho kok makan makanan pedas bukannya tambah panas tuh? Hihi kamu salah tafsir, justru memakan makanan pedas akan meningkatkan keringat tubuh dan akan sangat dingin ketika keringat menguap. Selain itu, memakan makanan pedas akan melepaskan hormon endorfin sehingga membuat kamu  lebih relax dan tenang dan melupakan tentang gerah dan panas tubuh.


4. Tiduran di lantai

Nah, teorinya sih begini udara panas akan berada di atas dan udara akan cenderung dibawah bila berada diruangan tertentu. Maka dari itu carilah tempat-tempat nyaman untuk tiduran seperti diruang bawah tanah, ruang tamu, atau tempat lain yang berada lebih rendah dari jangkauan sinar matahari. Ingat ya jangan lama-lama karena tiduran dilantai nggak baik cukup lakukan seperlunya saja ya.


5. Cobain snorkeling

Snorkling : Pixabay
Snorkeling atau meniup udara dingin bisa kamu lakukan sebagai alternatif menurunkan suhu tubuh. Simpel aja sih, taruh es batu secukupnya ke sebuah wadah (biasanya gelas) kalau bisa agak besar ya mangkuk atau piring bersegi empat. Dekatkan wajah kamu ke mangkuk yang berisi es batu tadi lalu tiup perlahan sehingga nuansa dingin akan hinggap kewajah kamu kemudian hirup udara yang ada di mangkuk tadi. Nyesss banget kalau kena wajah dijamin berhasil setidaknya menurunkan suhu tubuh dikepala terutama wajah.


6. Berfikir “ gw dingin “

Berfikir kalau tubuh kamu sudah dingin merupakan cara yang sangat simpel. Cara ini adalah sugesti kepada diri sendiri untuk tetap tenang dan bersuhu diingin. Nah sugesti semacam ini harus dibangun pelan-pelan. Ada banyak cara misalnya membanyangkan dinginnya ketika tidur di lemari es, dinginnya menggunakan AC, dan membayangkan mengikuti ice bucket chalenge ! 

Sugesti akan diterima otak sebagai isyarat untuk tetap tenang dan memberikan perasaan yang  sama seperti apa yang sedang kamu bayangin. Sugesti atau kekuatan pikiran mampu memanipulasi apa saja di jagad raya iniseperti kata para motivator di televisi ketika kamu berpikir bisa melakukan sesuatu maka yang terjadi adalah kamu benar-benar bisa melakukan hal tersebut sama seperti berpikiran “gw dingin, gw dingin, tubuh gw dingin” coba deh.


7. Diam

Cukup diam dan mengatur pernafasan kamu secara alami itu akan sangat membantu dari pada pulang dan mengeluh dan melakukan banyak gerakan dalam ruangan. Hal tersebut justru akan membuat kamu makin merasa panas. Istirahat saja seperti tidur sampai malam. Selain tidur duduk diam tanpa melakukan gerakan-gerakan mubazir ditaman yang banyak pepohonan akan menurunkan suhu tubuh kamu. 

Sambil relax menikmati pemkamungan taman kan, pergi saja ke taman didekat kota kamu selain menurunkan suhu panas hal ini juga membantu kamu menurunkan stress karena aktivitas sehari-hari.


8. Hindari matahari

Jangan keluar ruangan ketika jam 10 pagi sampai 3 sore karena pada jam-jam tersebut matahari sedang berada dipuncak-puncaknya. Selain itu sisi positifnya kulit kamu juga gak bakalan cepet menghitam kalau jarang ketemu sering matahari. Hal ini mencegah pigmentasi kulit berlebihan


9. Tutup Jendela

Ketika hendak beraktivitas seperti pergi bekerja atau bersekolah jangan biarkan jendela kamu terbuka ya karena membuka jendela di siang hari justru bisa membuat suasana rumah makin panas. Hal ini terjadi karena hawa panas masuk melalui jendela. Maka, lebih baik, tutup jendela di siang hari dan membuka jendela di malam hari jika udara dingin. Udara malam yang dingin bisa menyejukkan ruangan secara alami.


10. Mematikan lampu

Ketika ingin istirahat atau tidur jangan lupa untuk mematikan lampu ! Karena bola lampu itu tidak hanya memberikan energi cahaya akan tetapi juga energi panas. Sehingga mematikan lampu akan menambah suhu ruangan lebih dingin dan tentunya berpengaruh dalam menurunkan suhu tubuh kamu selain itu sisi positif yang lainnya adalah hemat energi dan biaya ! lebih hemat bisa buat nabung kan selisih biaya listriknya.

Hal-hal diatas merupakan jurus-jurus jitu mengusir panas tubuh tanpa harus mencemarkan lingkungan alias memakai AC. Semoga bisa langsung diterapkan yah !


Oleh : Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni