Cara Menemukan Bakat Dalam Dirimu

Sebagian dari kamu mungkin tidak menyadari jika memiliki bakat yang unik. Bakat ibarat sebuah mutiara yang terpendam di dasar laut. Ketika kamu tidak mencari dan menemukannya, maka mutiara itu akan tersimpan selamanya di sana. Orang lain tidak akan terfikir untuk melihat atau mengambilnya. Karena hanya kamu yang tau dimana menyimpan bakat tersebut. bakat adalah warisan dari lahir.

Tidak bisa di beli atau di tukar, hanya bisa di kembangkan atau di biarkan. Jika kamu adalah seorang yang cerdas, tantu tidak akan diam saja ketika tersadar kamu punya bakat yang luar biasa. Meyianyiakan atau menyalah gunakan bakat pemberian Tuhan adalah sebuah dosa.

Dengan begitu kamu sudah menjadi seorang yang “tidak tahu berterimakasih” pada Tuhan. Karena banyak orang yang iri terhadap bakat seseorang satu sama lain. mungkin antara satu orang dengan orang yang lain mempunyai bakat di bidang yang sama, tapi pasti punya kadar expert yang berbeda.

via Pixabay
 
Berhenti menunggu bakat untuk muncul
Kamu tidak akan bisa tahu apakah kamu punya bakat dalam suatu bidang, jika kamu tidak pernah mencobanya. Cari bakat yang sekiranya gampang kamu pelajari, atau yang menarik perhatianmu untuk gampang mempelajarinya. Jika kamu tidak pernah mencoba, kamu tidak akan pernah tahu, dan kamu tidak akan menemukan bakat tanpa usaha.

Kamu akan menemukan kemampuan, ketrampilan dan bakat alamiah kamu ketika kamu menguji keberanian kamu saat kamu menemukan hal baru dalam hidupmu. Tundukan kepalamu, dan cari tahu dimana bakatmu tersembunyi.

Buatlah tujuan untuk mencoba sesuatu yang baru setiap minggunya. Kamu mungkin belum menemukan bakat super kamu dalam sekejap, tapi setidaknya kamu pernah mencobanya. Temukan kenyamanan saat kamu mencoba sesuatu yang baru tersebut. karena nyaman adalah awal dari kamu merasakan bakat tersebut ada.
Berpetuanglah kedunia luar. Keluar dari zona lingkaranmu, dan coba sesuatu yang berbeda dari kebanyakan orang, untuk menemukan bakat alami yang belum pernah kamu manfaatkan sebelumnya.


Cobalah hal-hal yang mudah


Untuk mengetahui bakat yang kamu miliki, kamu perlu melakukan hal-hal positif yang baru. Cobalah dari sesuatu yang mudah yang kamu suka dan bisa kamu lakukan. Jangan terlalu berfikir panjang, kecuali kamu sedang ingin mencoba hal-hal yang negatif. Sesuatu hal yang negatif bisa kita tebak rasanya tanpa harus mencobanya. Sebagai contoh : narkoba, seks bebas, terjun dari lantai 20 tanpa pengaman, atau berdiri di tengah jalan yang ramai. Itu adalah sesuatu yang konyol.

Tidak ada salahnya untuk membuang-buang waktu dengan hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting, misalnya coret-coret tembok, mungkin kamu akan menemukan bakat menggambar, atau menulis dalam diary, mungkin kamu menemukan bakat menulis, atau singgah sebentar di sebuah club karaoke, mungkin kamu punya suara emas yang luar biasa.

Hal itu terlihat mudah dan sepele, namun ketika kamu menemukan kenyamanan dan kesukaan mu pada hal-hal sepele di atas, kamu berarti sudah mulai menemukan bakatmu. Mulailah fokus untuk mendalami itu.

Jika kamu masih sekolah, apa kegiatan yang paling mudah bagimu yang membuat kamu tertantang untuk melakukan hal itu berkali kali. Itu adalah petunjuk bauat kamu yang sedang mencari baat alami kamu.

Perhatikan ketika orang lain berkomentar ketika kamu melakukan hal-hal tersebut, kemungkinan orang lain melihat lebih jeli daripada dirimu sendiri. Atau kamu bisa bertanya pada sahabat, keluarga, atau pacar kamu tentang hal itu. Atau minta tolonglah pada mereka untuk mengamati hal-hal baru yang kamu coba, dan mintalah mereka untuk mengomentarinya.


Cobalah hal-hal yang sulit

Setelah mencoba hal-hal yang mudah, mungkin kamu perlu beralih mencoba hal-hal yang sulit. Apakah kamu terfikir untuk menjadi superstars, lalu kamu datang ke sebuah cafe dan menyumbangkan sebuah lagu?. Atau kamu pernah berfikir untuk mencoba ber stand up comady, atau menulis novel dari awal hingga akhir.

Hal-hal tersebut terdengar sulit, tapi mungkin kamu dapat memetik sebuah sensasi kenikmatan dan kenyamanan saat melakukannya. Apapun  yang tersimpan seperti mutiara dalam dirimu seperti dapat keluar secara maksimal saat melakukan hal itu. Kamu tidak akan pernah tau jika kamu merasa malas, takut jenuh, atau ragu-ragu. Pelajarilah setiap tantangan yang kamu temui, karena tidak ada yang tahu jika itu adalah jalanmu menemukan bakat terpendamu.

Lakukan setiap tantangan dengan proses yang perlahan. Bukankah kamu tidak akan sampai pada satu tujuan yang asing tanpa melihat peta atau bertanya ?. proses tidaklah sesulit yang kamu bayangkan, namun juga tidak semudah membalikan telapak tangan. Semua perlu kesungguhan dan keinginan yang kuat.

 James Earl Jones seorang pengisi suara suara tokoh Darth Vaderaktor Shakespeare, dulu adalah seorang anak yang menderita gagap parah. Ia takut berbicara di kelas.ketika dia mencoba untuk menghadapi rasa takutnya, dan keluar dari zona gagapnya, sekarang dia diakui sebagai pengisi suara hebat diseluruh dunia.

Kamu dan james adalah sama sama manusia yang makan nasi, bisa berjalan, bisa makan, dan bernafas. Bila dia bisa mengapa kamu tidak ?. kamu bisa mempelajari seorang tokoh idolamu, bagaimana ia menemukan bakatnya dengan hanya keluar dari zona nyaman, dan melawan sebuah ketakutanya sendiri. Itu adalah cerita inspirasi yang bisa memotivasi kamu.


Ikuti obsesi kamu

Setiap manusia pasti punya obsesi, baik yang ia ceritakan ataupun tidak. Baik itu obsesi konyol atau sebuah kewajaran. Obsesi biasanya ada hubungannya dengan sebuah cita-cita.

Nah..sekarang cobalah mengikuti obsesimu. Jika itu adalah hal sulit, cobalah berfikir dari sisi yang lain. misalnya, jika kamu tidak bisa mengejar obsesimu menjadi seorang peneliti, kamu mungkin bisa menjadi seorang wartawan. Wartawan tidak jauh-jauh dari meneliti suatu hal untuk dijadikan berita sebagai bahan konsumsi publik. Biasanya obsesi berhubungan dengan bakat terpendam kamu. so..tidak ada salahnya untuk terus mengejarnya.

Bahkan ketika kamu terobsesi menjadi aktor televisi atau aktor film, kamu bisa belajar berbahasa dengan baik untuk menjadi seorang krtikus film. Tidak salah dong,,,bukankah seorang pelatih bola, juga tidak semua bisa bermain bola dengan amazing?. Seorang kritikus film rata rata melakukan hal yang sama sebagai proses mewujudkan obsesinya.


Melacak keberhasilan kecil
Untuk menemukan bakat terpendam kamu, mungkin kamu perlu duduk sejenak, menikmati senja dengan secangkir teh, lalu fikirkan hal apa yang kamu lakukan hingga menuai keberhasilan yang cemerlang. Mungkin itu terjadi saat kamu masih sekolah dasar, atau di perguruang tinggi. baik berhasil dalam skala besar atau kecil bukanlah suatu perkara yang peru dipikirkan.

Cobalah pikirkan hal tersebut untuk dapat mengidentifikasi bakat terpendam yang kamu miliki. Pikirkan juga cara kreatif apa yang kamu lakukan saat itu hingga dapat mencapai keberhasilan. Lalu hubungkan dengan bakat dan kemampuan yang kamu miliki secara signifikan, agar kamu tau di mana kamu harus mengarahkannya.

Mungkin kamu pernah merencanakan untuk menolong seseorang yang sedang kehilangan. Mungkin juga kamu adalah seorang pelacak yang teliti dan cerdik, jika kamu mempunyai ketrampilan seperti itu, mengapa tidak kamu arahkan dirimu sebagai detektif. Kamu bisa mencoba dengan melakukan proses mendaftar kepolisian dan mengambil spesialit detektif pelacak teroris atau narkoba bahkan bisa juga pembunuhan.


Abaikan televisi
Abaikan acara televisi yang menayangkan tentang ajang pencarian bakat. Sekeren apapun acara seperti itu sangat membatasi kamu dalam pencarian bakat kamu yang sebenarnya. Acara ajang pencarian bakat terlalu sempit mendefinisikan talenta seseorang, seolah bakat yang bisa sukses adalah hanya menyanyi, menari, atau bermain sulap.

Acara ajang pencarian bakat hanyalah mencari bakat-bakat dengan kategori “mainstreem” dan mencolok. Karena mereka bekerja di industri pertelevisian yang sasarannya adalah untuk tontonan masyarakat. Dan kebanyakan masyarakat menyukai seorang penampil yang memiliki bakat “minstreem” tersebut.

Padahal tidak semua peserta yang lolos dalam ajang pencarian bakat tersebut memang benar-benar tidak punya bakat. Itu adalah sebuah kesalahan. Ajang pencarian bakat hanya mencari beberapa orang saja dengan bakat dan kemampuan di atas rata-rata. Bukan untuk mengasah bakat pemula atau yang hanya biasa saja. Bisa dibilang ajang pencarian bakat hanya akan mengkerdilkan semangat para pencari bakat atau yang sedang berusaha memeperlihatkan bakatnya kepada semua orang.

Jangan pernah patah semangat jika kamu tidak lolos dalam ajang pencarian bakat, ajang tersebut hanyalah satu dari beberapa jalan untuk menemukan dan atau mengasah bakatmu. Ketika pintu pertama di tutup, maka akan terbuka beberapa pintu yang lain. masuklah dengan rasa percaya diri yang tinggi, abaikan syarat untuk berpenampilan menari, dan seksi seperti di ajang pencarian bakat butuhkan. Selain percaya diri, kamu hanya perlu sungguh-sungguh dan pantang menyerah untuk masuk ke pintu penyalur bakat yang lain.
Ambil kuis kepribadian.

Jika kamu ingin mengetahui bakatmu, tidak ada salahnya untuk mendatangi kantor yang menyediakan jasa tes kepribadian. Biasanya kantor yang mendalami bidang seperti itu juga bisa melakukan tes minat dan bakat yang dimiliki seseorang.

Layanan jasa mengenati tes minat dan bakat ini biasanya menggunakan pertanyaan berupa kecenderungan-kecenderungan yang biasa kamu alami. Baik itu sikap, ide, atau perilaku tertentu. dengan mengetahui hal tersebut akan teridentifikasi minat dan bakat kamu dibidang tertentu. umumnya tes ini di berinama tes psikologi.

Tes tersebut biasanya di gunakan oleh institusi atau sekolah untuk menyaring seseorang saat akan masuk peruruan tinggi, tempat kerja yang baru atau sekolah. Tes tersebut juga berfungsi sebagai tolok ukur kelayakan seseorang masuk sekolah, perguruan tinggi atau tempat kerja, apakah minat dan bakatnya sesuai dengan bidang pekerjaan ataukah jurusan yang diminati.

Hal itu sangat penting, mengingat seseorang yang akan memasuki dunia pekerjaan akan bekerja dengan maksimal apabila seorang tersebut mempunyai bakat dan bidang pekerjaan yang sesuai. Begitu juga saat kamu hendak masuk perguruan tinggi, kamu akan  di berikan tes psikologi saat ujian masuk. Hal ini untuk menyesuaikan apakah jurusan yang kamu ambil sesuai dan cocok dengan bakat yang kamu miliki. Hal itu akan menjadi sebuah pertimbangan yang penting, apakah kamu bisa di terima atau tidak.


Berbicara dengan teman dan keluarga
Salah satu cara terbaik untuk mencari tahu bakat yang tersembunyi pada diri kamu adalah dengan berbicara dengan keluarga atau teman dekat kamu. keluarga adalah bagiat terdekat yang paling tahu tentang dirimu. Ayah, ibu, kakak bahkan adik, adalah orang orang yang tau kebiasaan dan tabiat kamu. kamu juga pasti banyak menghabiskan waktu dalam hidupmu dengan anggota keluarga tersebut.  bertanyalah pada mereka tentang apa saja sebenarnya kemampuan yang kamu miliki.

Mereka akan menjawab dengan jujur. Bahkan kamu akan mendapatkan jawaban fantastis dari mereka. Seorang keluarga kebanyakan akan memberi sanjungan jika di tanya mengenai kemampuan anggota keluarga yang lain. itu tak lain adalah sebuah suport untuk mu agar terus mengembangkan hal-hal baik yang ada pada diri kamu.

Jika kamu mempunyai sahabat dekat, kamu juga bisa bertanya pada mereka tentang kemampuan terbaik yang bisa kamu lakukan. Sahabat yang baik akan berkata jujur dan akan membesarkan hatimu. Kamu bisa bertanya pada sahabat yang mengenalmu dari kecil. Mereka paling tahu kamu saat sedang di luar rumah. Selain sebuah kemampuan, sahabat tidak akan ragu untuk mengkritik hal buruk yang juga menjadi kebiasaan kamu. pada sahabat kamu akan mendapatkan jawaban yang komplit.


Lihatlah baik kekuatan dan kelemahan kau untuk menemukan bakatmu

Hati adalah bagian yang paling jujur yang ada dan kamu miiki. Kamu mungkin bisa mengatakan pada orang lain “ aku hebat dibidang “A”. tapi sebenarnya dalam hati nuranimu kamu merasa itu tidak ada apa-apanya. Bertanyalah pada hatimu dan akui kejujurannya. Bertanyalah tentang kekuatan dan kelemahan apa yang kamu miliki. Kamu harus menerima kejujuran hatimu. Saat kamu mengetahui jawabanya, kamu tidak bisa lagi memaksakan bakat yang sebenarnya bukan bakatmu.

Tapi jangan berkecil hati, karena kesuksesan bukan hanya di tentukan oleh besarnya bakat yang dimiliki seseorang. Bakat hanya memegang beberapa persen dalam peran kesuksesan. yang lain akan di tentukan seberapa kamu punya niat pada bidang itu, dan seberapa kerja keras kamu untuk mencapainya.

Jadi jangan berkecil hati jika kamu bukan seorang yang musikal, kamu bisa mempelajari itu jika kamu sangat berminat pada bidang musik. Kamu bisa sering mendengarkan lagu yang berkualitas, atau berguru pada seorang yang mengerti musik secara ahli. Hasil dari seorang yang berbakat tanpa kerja keras akan beda dengan pekerja keras dengan sedikit bakat yang dimiliki. Tentu lebih besar seorang yang kecil bakat namun punya smangat beajar dan kerja keras yang tekun. Saya yakin itu pasti kamu !!!!

Jangan biarkan kekurangan atau tantangan membuat kamu patah semangat. Semua bidang punya resikonya masing-masing. Jika kamu baru mencoba menemukan bakat sudah minder karena tantangan dalam bidang itu yang sangat berat, kamu tidak akan pernah berkembang. Bahkan kamu tidak akan mempu untuk sekedar jalan di tempat. Kamu akan diam dalam rasa minder karena takut dengan tantangan. Mau sampai kapan ??


Totalitas

Jika kamu sudah tercebur setengah badan dalam sebuah kolam renang , apakah kamu akan pulang setelahnya ? padahal kamu sudah membawa peralatan menyelam dan sudah membayar di pintu masuk. Kamu tidak akan dapat apa-apa kecuali basah pada separuh tubuhmu.

Artinya ketika kamu sudah menemukan bakat, dan meyakini kamu akan sukses jika menekuni bakat tersebut, jangan ragu untuk bergerak terjun dan menyelami bidang itu secara total. Kamu harus punya keyakinan bahwa kamu akan menjadi expert di bidang itu. Apapun yang kamu lakukan tidak akan sia-sia.


Berkomitmen untuk membangun bakat kamu menjadi keterampilan

Cari orang-orang berbakat lainnya. Untuk mengembangkan sebuah bakat kamu harus bergaul dengan orang-orang berbakat di bidang yang sama dengan yang kamu geluti. Untuk menjadi expert kamu perlu banyak belajar tentang bidang pada seorang yang lebih ahli.

Masih ingat tentang poin di atas yang menyebutkan bahwa membangun bakat perlu kerja keras agar menjadi ahli. Cari mentor yang bersedia untuk menunjukkan jalan dan cara yang tepat untuk memulai membangun bakatmu.

Jika kamu erasa berbakat di bidang dance, maka carilah mentor dance yang ahli dan telah berpengalaman. Lakukan dengan semirip mungkin step-step pembangun bakat yang akan di tunjukan sang mentor kepadamu. Bertanyalah tanpa ragu. Dan semua akan terjawab dengan pasti
Menghormati kompleksitas bakat Anda.

Mengembangkan bakat kamu untuk menjadi sebuah keahlian memang hal yang sulit. Kamu perlu belajar hal-hal rumit yang menunjang itu semua. Untuk itu kamu perlu menanamkan komitmen yang kuat di dasar hatimu. Buatlah tekat yang tidak akan tergoyahkan dengan apapun. fahami segala kerumitannya sebagai hal yang wajar untuk di tempuh.

Jangan terlalu sering mengeluh jika itu memang bakat yang kamu pilih untuk di kembangkan. Dengan mengeluh kamu justru akan merasa itu lebih sulit dari sebelumnya.

Bahkan jika kamu tidak punya bakat untuk bermain gitar sekalipun, cobalah untuk berlatih dua jam sehari, hal itu akan menjamin bahwa kamu akan mendapatkan hasil jauh lebih baik. daripada kamu terus meratapi nasib bakat yang kamu pilih karena kerumitan-kerumitang yang melekat pada bidang yang kamu pilih itu. Sakit di ujung jari, kapalan, kaku, dan banyaknya kunci-kunci yang tak mampu di jangkau untuk jari pemula akan terjawab dengan latihan rutin.

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni