Cara Menemukan "Siapa Aku?" Dalam Dirimu

Apakah kamu sudah menemukan dirimu sendiri? Ataukah kamu sedang tersesat? Sini, aku beritahu rahasia agar kamu bisa menemukan siapa kamu sebenarnya.

Self : Pixabay

1. Bangun kesadaranmu

Pada bagian ini kamu harus memulai dengan membangun kesadaranmu sendiri dari awal. Bagaimana cara? Ini saya beritahu.

 Buat pembagian waktumu sendiri
Untuk meraih dari setiap tujuan yang kamu inginkan maka kamu sendiri harus memikirkan setiap langkah yang harus dilakukan untuk meraihnya. Buatlah pembagian waktu yang jelas untuk setiap kegiatan yang akan kamu lakukan. Ini akan membantu untuk mewujudkan hal-hal kecil menuju hal besar.

 Temukan perbedaanmu dari orang lain
Kebanyak orang akan memiliki pandangan yang sama terhadap sesuatu dalam menyelesaikan persoalan. Pelajarilah dirimu dan temukan perbedaan pemikiranmu dengan orang lain. Selesaikan berbagai persoalan dengan caramu sendiri.

Contohnya dalam perbedaan pendapatmu dengan orang tua menyangkut pandangan politik. Kamu tidak harus mengikuti pandangan politik mereka namun bukan berarti menyelahkan. Pikirkan baik buruk dari pandanganmu dan pandangan mereka dan tentukan yang terbaik.

 Mulailah untuk percaya diri
Percaya diri adalah modal utama yang dibutuhkan. Kamu tidak dapat mencapai apapun sebelum menjadi dirimu sendiri. kamu bisa mendengarkan apa yang orang lain katakan sembari membedakan hal buruk, baik, dan menguntungkan. Percayailah pendapatmu dan cobalah untuk lebih bertanggungjawab terhadap diri sendiri dan tidak sepenuhnya bergantung pada orang lain.

Misalnya kamu sadar bahwa merokok itu tidak baik. Maka dari lingkungan sekitar meskipun mereka merokok kamu tidak boleh dengan mudah untuk terpengaruh. Jadilah diri sendiri.

 Mulailah dengan lembaran yang baru lagi
Jika kamu pernah melakukan kesalahan dimasa lalu kemudian ingin berubah, mulailah dengan lembaran baru. Selalu ada kesempatan menjadi lebih baik. Tinggalkan hal yang tidak memberikan keuntungan dan kebaikan dan lakukan hal-hal yang positif.

 Atur duniamu
Atur duniamu dengan baik, jangan dunia yang mengaturmu. Berawal dari hal yang kecil seperti bersihkan kamarmu sendiri, kerjakan tugasmu, dan berbagai hal yang menyangkut tanggungjawab yang harus kamu selesaikan dengan baik.


2. Taklukkan duniamu

Duniamu adalah milikmu sendiri dan tidak diatur oleh orang lain. Bagaimana cara menaklukkan duniamu? Nah, berikut penjelasannya.

 Benamkan dirimu dalam kesunyian
Setiap orang memerlukan waktu untuk sendiri. Berikan waktu untuk dirimu sendiri, sebab dalam kesendirian itu kamu bisa mengoreksi diri sendiri, memikirkan baik benar, bahkan dengan kesendirian kamu bisa mulai berkarya, seperti melukis, menulis, atau melakukan hal berguna lainnya.

 Cari kegemaranmu
Jika kamu memiliki ketertarikan terhadap sesuatu maka tekunilah, bisa jadi itu merupakan bakat yang kamu miliki. Temukan kegemaranmu, karena kegemaran sering kali mengantarkan seseorang menemukan talentanya.

 Temukan orang yang bisa menasehati dan membimbing
Keberadaan sebagai makhluk sosial membuatmu membutuhkan orang lain. Temukan orang-orang disekitarmu yang senantiasa mendukungmu dan memberikan nasehat saat kamu melakukan kesalahan. Itu penting sebagai kontrol akan semua tindakan yang kamu lakukan.

 Keluar dari zona nyamanmu
Zona nyaman, semua orang memilki hal ini. Dimana mereka merasa memiliki segalanya dan mendapatkan sesuatu yang diingin dengan mudah. Keluarlah dari zona nyaman tersebut dan lakukan berbagai kegiatan baru yang berbeda, bisa saja kamu akan menemukan dirimu dan kebahagianmu saat melakukan hal lain.

Perspective : Pixabay


3. Ubah prespektifmu

Tinggalkan hal yang tidak baik dan ubahlah perspektimu terhadap sesuatu yang selama ini salah.

 Jadilah orang yang disayangi semua orang
Pada kenyataannya tidak semua orang akan suka terhadapmu, banyak yang membenci, iri, dan tidak senang jika kamu bahagia. Akan tetapi membalas kebencian dengan kebencian bukanlah cerminan sikap yang baik. 

Jangan dengarkan orang-orang yang membenci atau mencacimu dan jangan pernah membenci mereka. Sebaliknya, sayangi mereka dan tetap jadi dirimu sendiri. bahwa kamu tidak akan menghabiskan waktumu hanya untuk membalas sebuah kebencian dan menghujat kritikan buruk.

 Lepaskan hal negatif
Ini terdengar sedikit abstrak ya, tapi tak apa ini cukup penting untuk kamu ketahui. Cukup mudah untuk melakukan hal melepaskan segala sesuatu yang negatif. Berawal dari yang kecil, contohnya berhenti menghujat atau menilai orang lain, dan berfokuslah kepada berbagai kegiatan positif yang bisa kamu lakukan. Mengurusi hidup orang lain tidak baik kan?

 Tanyakan ke dirimu setiap pertanyaan yang ada di buku
Latihan kemampuan berpikirmu dengan menanyakan ke dirimu tentang berbagai hal yang ada di buku. Akan lebih baik jika melatih kerja otakmu setiap waktunya.


4. Selesaikan dengan baik

Segala usaha itu harus diselesaikan dengan baik. Jika kamu masih bingung bagaimana cara menyelesaikan yang dimaksud, perhatikan tiga poin berikut.

 Temukan pengetahuan-pengetahuan baru
Hidup adalah belajar dan belajar. Orang sukses lahir dari kerja keras dan terus mencoba. Berhentilah sombong dengan pengetahuan yang kamu miliki, sebab semakin kamu belajar maka kamu semakin tidak tahu.

Temukan pengetahuan-pengetahuan baru untuk menyempurnakan pengetahuan yang ada sebelumnya. Dan untuk menemukan pengetahuan-pengetahuan baru, kamu harus banyak belajar dan belajar.

 Selalu siap untuk kemungkinan terburuk
Temukan dirimu dalam setiap perjalanan bukan hanya sekedar mengikuti perjalanan. Semua yang dilakukan merupakan coba-coba yang terkadang memiliki kemungkinan gagal. Kalau kamu berani mencoba sesuatu, dua kemungkinan yang dihadapi yaitu berhasil dan gagal.

Bersiaplah untuk semua kemungkinan terburuk dan ingatlah untuk berdiri kembali.

 Jadilah pelayan bagi kebahagian orang lain
Mahatma Gandhi pernah berkata “Cara terbaik menemukan dirimu adalah membiarkan dirimu tersesat dalam melayani orang lain” bantulah sesama dan berikan yang terbaik untuk lingkunganmu. Itulah tujuan utama sebagai manusia.

Keempat langkah ini semoga saja dapat membantumu menemukan dirimu sendiri, tapi tak ada yang lebih tahu tentangmu kecuali kamu sendiri.

Oleh : Andi Rosita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni