Cara Mengetahui Tujuan Hidup

Apakah kamu sudah menemukan tujuan hidupmu? Kalau sudah, apakah tujuan itu? Tik tok tik tok tik tok. Kebanyakan dari mereka memulai membuat plan dalam hidup adalah ketika sudah dewasa adapula yang sudah dewasapun kesulitan dalam mengetahui apa tujuan hidup mereka. Akan jauh lebih baik kan jika mulai dari sekarang kita tahu apa sih tujuan hidup kita.

Menentukan tujuan hidup sedini mungkin akan menjadi arahan bagaimana kamu akan menjalani kehidupanmu. Harusnya ada pertanyaan yang menggelitik hati seperti ini “Gue diciptakan oleh Tuhan untuk apa ya?” Pertanyaan tersebut akan kamu jawab sendiri untuk mengetahui eksistensimu didunia ini.

Well, menentukan tujuan hidup sendiri akan memberikan kepuasan tersendiri dan akan menjadi sesuatu yang menggerakkan mu disaat kamu jatuh untuk segera bangkit dan terus ada di garis lurus menuju targetmu. Like a Vision ! Pada kesempatan ini nilni akan membantu kamu untuk menemukan tujuan hidup kamu. Nilni akan membantu untuk membangun pelan-pelan tujuan hidup kam. Oleh karena itu baca sampai selesai ya !

Via Pixabay

Gambaran Umum 

Coba sesekali merenung di kamar sendirian dan menanyakan pertanyaan tentang hidup seperti “ gue pengen apa dihidup gw ini”. Pertanyaan seperti ini akan memberikan beberapa jawaban umum seperti “ aku ingin bahagia, aku ingin jadi orang yang baik, aku ingin jadi orang yang lebih baik lagi dari aku sekarang”.

Jawaban umum dapat membantu mengasah apa yang sebenarnya penting bagi hidup kamu. Menyadari hal yang Anda hargai akan memandu dalam pengambilan keputusan kamu dan membuat kamu untuk tetap fokus pada tujuan akhir kamu.


Pecah Jawaban Umum 

Setelah kamu men jawab pertanyaan umum tersebut tentunya akan terjawab gambaran umum apa yang kamu ingin kan dihidup kan sepert i want to be happy, kemudian pecahlah jawabn-jawaban tersebut menjadi bagian lebih kecil dan lebih spesifik. Misalnya dalam waktu lima tahun pada bidang tetentu kamu ingin mencapai apa saja.

Urusan pekerjaan terutama akan menjadi tantangan tersendiri bagi kamu. Pekerjaan yang selama ini ingin kamu dapatkan, buat target untyk dapat mencapainya begitu juga urusan keuangan buatlah time line kapan seharusnya atau diumur berapa kamu akan terbebas dari urusan financial. Hal serupa akan kamu temui di bidang-bidang lain seperti pendidikan, menikah,kesehatan, dan lain sebagainya.


Spesifik, Terukur, realistis, relevan, dan waktu. 

Kerja cerdas menjadi suatu metode yang signifikan dapat langsung mengubah hidup kamu. Cara-cara cerdas akan lebih efisien dan efektif dan mencapai tujuan hidup. Cara-cara cerdas ini meliputi spesifik, terukur, realistis, relevan, dan memilki jangka waktu.

  • Tujuan spesifik. Ketika menetapkan tujuan, mereka harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sangat spesifik tentang siapa, apa, di mana, kapan, dan mengapa. Alih-alih tujuan umum, "Saya ingin mendapatkan bentuk tubuh," mencoba untuk tujuan tertentu, "Saya ingin membentuk otot perut saya dengan gym." 
  • Terukur. Agar kita dapat record kemajuan kita maka tujuan harus terukur. "Aku akan berjalan lebih" adalah jauh lebih sulit untuk melacak dan mengukur dari pada "Setiap hari aku akan Joging 12km”
  • Dapat dicapai atau realistis. Hal ini penting untuk mengevaluasi situasi kamu dan mengenali mana tujuan yang realistis dan yang sedikit terlalu mengada-ada. Alih-alih, "Aku akan menjadi pemimpin keren” akan jauh lebih realistis seperti "Aku akan menjadi sukarelawan empat malam seminggu di Merapi” 
  • Relevan atau saling terkait. Apakah tujuan ini relevan dengan kehidupan kamu dan "gambaran umum". 
  • Waktu. Aturlah deadline keadaan ini dapat digambarkan sebagai berikut Alih-alih mengatakan "Aku akan mendapatkan gelar sarjana saya", Anda mungkin mempertimbangkan berkata, "Aku akan mendapatkan gelar sarjana saya dalam 4 tahun." 


Be Positive Thinkers

Setelah kamu memperkuat tujuan hidup kamu dengan metode atau cara-cara cerdas tadi kamu bisa membuat map atau peta hidup seperti hal apa saja yang harus kamu lakukan untuk besok, minggu depan, bulan depan, tahun depan.

Mulailah untuk mengenal beberapa tujuan kamu menjadi langkah nyata seperti jika kamu tertarik menjadi dokter maka saat kamu SMP atau SMA berjalan-jalan di fakultas kedokteran dan merasakan atmosphere nya pada salah satu kampus atau mengkoleksi dan membuat review kampus-kampus dunia yang mempunyai fakultas kedokteran terbaik merupakan jalan untuk mendapatkan energi positif.

Alam akan menjawabnya 5 tahun kemudian jika memang diimbangi dengan kerja kerasmu. Jangan lupa untuk terus percaya pada diri sendiri dan percaya pada mimpi-mimpi kita.


Skala prioritas 

Pada saat tertentu, kamu akan memiliki sejumlah tujuan. Memutuskan tujuan yang lebih penting, atau sensitif terhadap waktu, adalah smart way ! Aturlah skala prioritasmu yang kamu anggap lebih penting dan memiliki waktu yg lebih singkat.  Misalnya ada keadaan dimana dalam waktu bersamaan kamu menjadi finalis abang none Jakarta sekaligus olimpiade fisika tingkat internasional.

Maka kamu harus memilih mana yang menjadi prioritasmu. Jika kamu bercita-cita untuk S2 Fisika diluar negeri maka mengikuti ajang olimpiade fisika internasional akan memperpendek langkah kamu  dan semakin dekat dengan untuk cita-cita S2 mu.


Jangan pragmatis !

Pragmatis semacam pikiran picik, ingin cepat selesai, ingin mencapai tujuan tertentu dengan shortcut. Hal ini akan membunuh kesempatan atau jalan-jalan lain dalam mencapai tujuan hidupmu.

Misalnya kamu ingin lulus cepat padahal tujuan kamu kuliah adalah menambah relasi kamu cenderung belajar terus setiap hari dirumah dan tanpa sadar kamu melewatkan untuk bertemu orang-orang lain diluar sana yang sebenarnya akan menunjang karir atau bahkan tujuan bedsar dalam hidupmu.


Membuat track record tujuan 

Buatlah catatan improvement atas tujuan-tujuan yaang sudah kamu capai. Dengan melihat catatan itu kamu akan lebih termotivasi lagi untuk fokus pada tujuanmu. Hal ini sekaligus membantu kamu untuk tetap meiliki endurance tinggi.


Hadiah 

Hadiahi diri kamu sendiri dengan sesuatu yang kamu suka ketika kamu dapat mencapai tujuan hidupmu. Tapi jangan terlena ya, kebanyakan orang akan terlena dan cepat puas. Menjadi wajar dalam menghadiahi diri sendiri akan menajdi pilihan yang bijak.


Evaluasi 

Jika kamu merasa lama sekali dalam mencapai tujuan kamu cobalah untuk mengevaluasi apakah cara kamu salah atau ada kemampuan lain yang seharusnya kamu miliki untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Nah itu tadi cara-cara yang mimin kasih agar kamu mampu membangun jembatan kokoh dalam membuat tujuan hidup dan mencapainya. Good LUCK!

Oleh : Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni