Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Pernah mengalami masalah dengan yang namanya jerawat? Ya, tentu. Jerawat merupakan salah satu masalah yang dialami oleh sebagian besar anak muda. Saat memasuki usia pubertas persoalan jerawat tidak dapat dihindari.

Image Credit : Pixabay
Karena permasalahan jerawat yang tak berkesudahan, maka banyak muncul produk-produk perawatan wajah yang menawarkan kemampuan mampu menghilangkan jerawat dalam waktu yang singkat. 

Banyak remaja yang mengeluh dan bahkan ada yang stress dengan kehadiran jerawat yang mengganggu penampilan. Namun sebagai remaja yang masih memiliki kulit sensitif, dan tidak terbiasa dengan produk pencuci muka yang mengandung bahan kimia perusak kulit, mengunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat lebih baik dari pada mengunakan produk kimia. 

Baiknya kamu mencoba 6 cara berikut untuk menghilangkan jerawat dengan bahan alami tanpa harus dengan produk kimia :


1. Menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Image Credit : Pixabay

Ini daun lidah buaya ya, bukan lidah buaya yang asli. Yups, daun lidah buaya dianggap mampu mengatasi permasalahan jerawat atau minyak yang berlebih di muka. Caranya pun sangat mudah, cukup mengambil satu daun lidah buaya yang telah dibersihkan, kemudian kelupas bagian kulit luarnya yang berwarna hijau. 

Setelah kulit luarnya terkelupas maka bagian dalamnya akan nampak berupa jel berwarna bening. Bagian dalamnya inilah yang digunakan untuk mengobati jerawat dengan mengolehkan ke bagian wajah yang terkena jerawat.

Lakukan proses penyembuhan ini dua kali sehari setiap pagi dan sore. Butuh kesabaran dalam penyembuhannya dan jika Kamu cukup bersabar maka jerawat bisa mengering dalam waktu 1 hingga 3 hari. Selain menyembuhkan jerawat, lidah buaya pun dapat menghilangkan bekas jerawat, jadi tetap bersabar dan lakukan terus menerus untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


2. Menghilangkan jerawat dengan tomat

Tomatto : Pixabay
Selain lidah buaya, bahan alami berikutnya adalah tomat. Tomat yang dikenal dengan kandungan vitamin untuk kesehatan mata, ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat dan komedo hitam pada wajah. 

Caranya cukup mudah, ambil buah tomat lalu bersihkan. Setelah dibersihkan, potong tomat menjadi dua bagian. Lalu oleskan pada bagian muka yang terkena jerawat. Diamkan selama 15 menit hingga 1 jam. Kemudian, bilas dengan air bersih maupun air hangat. Tentunya, lakukan secara berkala dan terus menerus. 

Selain itu, perawatan dari dalam pun dapat dilakukan dengan mengkomsumsi tomat setiap hari. Mudahkan? Selamat mencoba.


3. Menghilangkan jerawat dengan putih telur

Telur : Pixabay

Berikutnya adalah putih telur, cukup familiar bukan dengan telur? Apalagi telur dadar atau telur mata sapi, namun kali ini kita tidak akan membahas telur sebagai salah satu makanan kaya protein, melainkan sebagai obat jerawat.

Putih telur memiliki kemampuan yang mujarab jika menyangkut perawatan kulit wajah. Selain putih telur yang mudah didapatkan, cara penggunaannya pun sangat mudah. 
  • Ambil telur, lalu pisahkan dengan kuning telurnya. 
  • Setelah terpisah dari kuning telurnya, maka kocok putih telur beberapa menit, 
  • Kemudian olehkan pada wajah secara merata maupun dibagian yang terkena jerawat saja 
  • Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. 
  • Bilas dengan air bersih ataupun air hangat. 
  • Lakukan kegiatan ini sekali sehari sebelum tidur atau di sore hari. 
Ini akan membantu menghilangkan jerawat secara berlahan dan mencegah minyak di wajah yang sering menjadi penyebab utama munculnya jerawat.


4. Menghilangkan jerawat dengan bawang putih

Bawang putih : Pixabay
Bahan alami keempat adalah bawang putih. Pada kenyataanya, bawang putih juga membawa banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, tidak hanya sebagai bahan penyedap makanan saja.

Dalam penggunaannya sebagai bahan penghilang jerawat, ada dua cara yang dapat dilakukan. 

Cara pertama yaitu dengan mengambil 1 hingga 2 bawang putih, kemudian di tumbuk hingga cukup halus. Kemudian oleskan di wajah yang terkena jerawat. Setelah itu, diamkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan air hangat. 

Cara kedua yaitu dengan mengkomsumsi satu atau lebih bawang putih setiap harinya. Untuk penggunaan bawang putih harus menahan diri dengan bau bawang yang cukup menyengat.


5. Menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Pastagigi : Pixabay

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Mungkin kamu heran dan tidak begitu percaya dengan cara kelima ini. Empat langkah sebelumnya memang cukup berbeda, namun jangan ragu, pengunaan pasta gigi sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat juga terkenal cukup ampuh.

Untuk hal ini, pasta gigi yang dimaksud adalah yang berbentuk pasta seperti pepsodent, dan sebagainya. Buka yang berbentuk gel seperti Close-up.

Caranya hampir sama seperti yang lainnya, cukup mengambil pasta gigi lalu di oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Lakukan pada malam hari, dan diamkan hingga semalaman dan pagi harinya dapat di bilas dengan air bersih. Lakukan dengan berkala hingga jerawatmu benar-benar hilang.


6. Menghilangkan jerawat dengan rajin mencuci muka

Mencuci muka dengan cara ekstrim - Pixabay
Langkah terakhir ini merupakan langkah terampuh untuk menghilangkan jerawat. Jika kamu rajin melakukan kegiatan mencuci muka dengan teratur, maka kebersihan kulit wajahmu akan menjadi benar-benar terjaga dan akan terhindar dari jerawat.

Rajinlah untuk menjaga kebersihan wajahmu sendiri. Karena, pada dasarnya, timbulnya jerawat berasal dari kulit wajah yang berminyak dan kuman yang melekat pada wajah. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, itu motto yang harus dijalankan dengan telaten.

Keenam bahan alami ini diyakini mampu mengatasi permasalahan jerawat. Silahkan dicoba ya, tapi jangan sampai dengan jerawat, membuatmu stress. Sebab, harus diingat bahwa dengan adanya jerawat itu menandakan hormon yang ada ditubuh kita berjalan dengan normal. 
Semakin kamu stress menghadapi jerawat, maka semakin banyak jerawat yang bermunculan. 
Oke, selamat melakukan perawatan.

Oleh : Andi Rosita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni