Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

Kurang tidur adalah kegiatan yang sangat menyebalkan. Apabila mengalami hal ini maka di pagi hari kita akan terserang rasa kantuk yang berat. Selama ini permasalahan dengan pola tidur sering di alami banyak orang. Mulai dari anak-anak yang mengantuk saat mendengarkan gurunya menjelaskan, sampai para pekerja kantoran yang ngantuk saat bekerja.

Jika sering mengantuk di tempat kerja, kamu dapat mengikuti langkah-langkah artikel ini tentang cara menghilangkan kantuk saat bekerja.  Artikel ini akan sangat membantumu untuk tetap fokus saat bekerja dan tidak akan mengantuk.

sleep: pixabay
1. Tidur yang cukup

akibat dari kurang tidur dapat membuatmu lelah saat bekerja. Tidur merupakan kegiatan yang diperlukan manusia untuk memulihkan kondisi tubuhnya setelah bekerja seharian. Dengan tertidur kita akan merasa lebih baik.Setiap orang sebaiknya memiliki pola tidur yang baik. Sebelum memiliki pola tidur yang baik, kamu harus tahu berapa lama yang dibuthkan tubuhmu untuk beristirahat. Misalnya, tubuhmu membutuhkan waktu beristirahat selama 8 jam. Maka kamu harus mulai menjadwalkan, jadwal tidur malam yang cukup. 

Saat kamu mengasumsikan masuk kantor jam 7 pagi maka kamu harus siap-siap 1 sampai 2 jam sebelumnya. Jadi kamu harus bangun di waktu itu. Dengan tidur di jam 9 atau jam 10 malam, maka kamu akan tidur selama 8 jam dan bangun pukul 5 pagi atau pukul 6 pagi. Buat jadwal ini untuk dirimu, dengan demikian kamu akan tetap ke kantor pada waktunya dan memiliki waktu tidur yang cukup. Sehingga rasa kantuk tidak akan menyerang saat bekerja.

Setelah mengatur jadwalmu dengan sangat baik. Kamu perlu menjalankan dengan sungguh-sungguh. Selain menjalankan jadwal itu dengan serius, kamu juga perlu menjalankannya dengan konsisten. Konsisten sangat diperlukan. Laksanakan jadwal tidur ini selama 7 hari berturut-turut, secara berlahan kamu akan terbiasa nantinya. 
Tak ada salahnya sedikit memaksakan diri untuk gaya hidup yang baik.

2. Memilih tidur yang berkualitas

Memahami bahwa begitu banyak kegiatan di kantor yang membuatmu lelah. Belum lagi saat beberapa pekerjaan harus kamu bawa pulang ke rumah. Lembur akan menjadi tantangan bagimu. Kamu harus memiliki tidur yang cukup sedangkan disisi lain harus menyelesaikan pekerjaan tambahan. Ini tentu akan membuatmu serba salah.

Jika sebelumnya kamu bukan orang yang sangat tergantung dengan jumlah tidur, maka ini adalah kabar baik. Contohnya jika harus begadang sampai jam 12 malam atau jam 1 malam, maka tidur dengan waktu 5 jam tak masalah bagimu.

Selain masalah waktu, kamu harus membuat tidur yang berkualitas. Tidur berkualias itu penting demi menjaga agar tidak mengantuk keesokan harinya. Saat akan pergi tidur, bersihkan tempat tidurmu, matikan telpon genggammu, semprotkan pewangi ruangan yang akan membuatmu rileks, dan tidurlah dengan lampu yang dimatikan. Dengan demikian kamu akan mendapatkan waktu tidur yang sangat berkualitas alias nyenyak.

jogging: pixabay
3. Olahraga di pagi hari 

Selain tidur dengan waktu yang sesuai dan berkualitas, tubuhmu juga membutuhkan olahraga demi kebugaran dan kesehatan serta membantumu terhindar dari  rasa ngantuk yang mengganggu kerjamu seharian.

Lakukan oahraga yang teratur di pagi hari. Kamu bisa memilih olahraga kecil seperti lari. Lokasi larinya pun di daerah yang mudah dijangkau seperti, taman dekat rumah atau lari mengekelilingi komplekes. Kegiatan ini akan membuatmu berkeringat dan segar. 

Selain lari, kamu juga dapat mencoba olahraga renang apabila kamu menyukainya. Serta masih banyak lagi olahraga lainnya yang akan sangat membantumu. Kegiatan ini akan membuat adrenalinmu meningkat dan membuatmu merasa lebih segar. Olahraga di pagi hari akan membantumu menghadapi hari dengan menyenangkan.


4. Membiasakan diri sarapan

Setelah tidur yang cukup dan olahraga, tubuhmu juga butuh asupan makanan. Sarapan adalah kegiatan yang sangat penting untukmu sebelum memulai aktifitas yang padat. Sarapan akan memberikan banyak energi untuk tubuhmu, dengan energi tersebut maka kamu akan menghadapi harimu dengan baik.

Sarapanlah dnegan makanan yang kaya serat, protein, lemak, dan tentunya vitamin. Hindari sarapan yang berlebihan. Mengkomsumsi roti dengan selai, susu, dan buah cukup untuk menjadi menu sarapanmu. Jaga pola asupan makanan yang kamu komsumsi, atur dengan baik sehingga energi yang diperoleh akan maksimal. 
Sarapan adalah sesuatu yang bermanfaat di pagi hari.
cafe: pixabay

5. Cari suasana baru

Melakukan hal yang sama terlalu lama bisa membuatmu bosan dan mengantuk tentunya. Kamu bisa melakukan hal yang sama namun di tempat yang berbeda sehingga tidak bosan. Jika biasanya kamu mengerjakan kerjaan di meja kantormu, maka kamu bisa pindah di kantin atau cafe untuk mengerjakannya. Sehingga kamu bisa mendapatkan suasana baru dan terhindar dari serangan rasa ngantuk.

Hindari hal-hal yang selama ini bersifat monoton dan sangat menjenuhkan bagimu. Mengubah jenis kegiatan beberapa kali, ini akan mencegah kamu menjadi mengantuk. Meskipun mengubah kegiatanmu, namun tetap harus membuatmu menyelesaikan setiap kerjaan yang diberikan padamu. 
Pintar-pintarah menghadapi kondisi ngantuk jika ia menyerangmu saat bekerja. 

6. Bekerja dengan mendengarkan musik

Bekerja dengan memutar musik lalu menyambungkannya dengan headset di telinga juga bisa membantumu bekerja dengan maksimal dan terhindar dari rasa ngantuk. Gunakan lagu-lagu yang bersemangat dan dapat menyemangatimu. Kamu akan lupa untuk mengantuk karena nyaman dengan musikmu.

Keenam cara ini semoga saja dapat membantumu mengatasi kantuk saat sedang bekerja setiap harinya.

Oleh: Andi Rosita Dewi

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni