Cara Menghindari Buang-buang Waktu di Facebook

Mendengar nama Facebook rasanya tak asing lagi dikalangan masyarakat kita terutamanya anak muda. Media sosial ciptaan Zuckberg ini menjadi sangat populer saat ini mulai dari anak-anak sampai orang tua dengan mudah mampu menggunakan facebook. 

Tak jarang Facebook begitu menyita waktu setiap orang termasuk saya. Saat ini Facebook mulai banyak menyita waktu untuk hal-hal yang tidak penting. Setelah Facebook berhasil go public maka layanannya cukup banyak dipenuhi oleh iklan. Pengguna pun mulai risih karena acap kali butuh waktu lama untuk mengaksesnya. 

Selain iklan banyak juga aplikasi-aplikasi yang terhubung dengan Facebook dan itu cukup mengganggu. Apakah kamu merasa terganggu juga seperti saya?

Nah, berikut cara yang saya rekomendasikan agar kamu tidak lagi membuang-buang waktu dengan Facebook :

Social Media : Pixabay

1. Abaikan permintaan pertemanan

Abaikan permintaan. Saat mendapatkan permintaan dari teman ataupun layanan iklan, kamu mungkin tidak dapat melihat rinciannya dan menimbulkan rasa penasaran tersendiri tentang apakah permintaan itu penting atau menarik. Tapi jangan tergoda dulu, tetap fokus pada tujuan awal kamu membuka akun Facebook. 

Jika kamu hanya ingin mengecek jaringan dan tidak sepenuhnya berminat bermain-main dengan segala aplikasi tersebut maka lebih baik kamu tidak membukanya alias mengabaikan permintaan tersebut. Sebab dengan membuka permintaan itu akan menguras banyak waktu dan bisa saja kamu  malah berlama-lama memerhatikan.
Kamu harus ingat, saat ini banyak orang yang menambah aplikasi-aplikasi di Facebook untuk mengirim permintaan ke seluruh teman mereka yang kadang dilakukan karena iseng saja sebelumnya pernah dikerjai dengan hal yang sama.

Tenang saja, saya akan memberikan cara mudah untuk menghindari  pemberitahuan tidak penting itu.

Pada halaman terdapat "konfirmasi permintaan", kamu tidak perlu mengklik "abaikan" pada semua permintaan. Kamu bisa memindai halaman, melihat apakah ada sesuatu yang berharga. Misalnya pemberitahuan dari teman-teman lamamu untuk kembali berkumpul dan sebagainya. 

Setelah kamu memindai dengan teliti dan menyetujuinya, klik "Abaikan semua" di dekat bagian atas kanan. Dengan demikian segala pemberitahuan pengganggu tersebut tidak akan muncul lagi memenuhi kotak pemberitahuanmu.


2. Hentikan email konstan

Selain pemberitahuan yang tidak begitu penting, di Facebook kamu juga sering menjumpai tentang email konstan yang nyampah di pemberitahuanmu. Ini saya jelaskan dua cara menghindari email konstan tersebut.

Pertama, klik pengaturan (kanan atas) akunmu dan pilih bagian pengaturan akun, pilih pemberitahuan. pilihan "off" untuk mengalihkan sebagian besar email konstan. Kamu mungkin butuh untuk mengklik Tampilkan lainnya di bagian bawah bagi semua aplikasi, dan kamu perlu melakukan ini lagi ketika akan menambahkan aplikasi baru.

Kedua, gunakan filter email jadi kamu tidak sering mendapatkan gangguan email dari Facebook. Kamu akan fokus pada hal-hal yang kamu anggap perlu untukmu.  

Contoh untuk filter adalah menyaring informasi dari facebook.com. Seperti jika kamu menggunakan Gmail, membuat filter dan "From:" masukkan @ facebookmail.com, berikutnya pilih "Buka Kotak Masuk (Arsipkan)". 

Kamu pun dapat membuat pengecualian untuk pemberitahuan email yang sifatnya penting, misalnya dengan teks menambahkanmu sebagai teman di Facebook, hal ini jika kamu tidak ingin mengambil resiko kehilangan teman. 


3. Hindari aplikasi atau permainan dari pihak ketiga

Hindari aplikasi atau permainan pihak ketiga sering juga disebut apps. Facebook juga banyak digunakan untuk bermain game atau mengutak-atik profil sampai 2-3 kali setiap harinya. Kegiatan-kegiatan seperti itu dapat menyedot perhatian teman-temanmu dan akan mendapatkan komentar dan sebagainya, tentu itu akan kembali menyita waktumu.


4. Matikan obrolan

Obrolan pada akun Facebook merupakan godaan terbesar untuk berlama-lama. Bisa saja temanmu mengirimkan obrolan dan kamu menjadi keasikan. Sebelum itu terjadi maka baiknya matikan obrolan jika tidak diperlukan. Obrolan ini dapat dimatikan keseluruhan atau untuk orang tertentu saja. Kamu akan terkesan log out dari Facebook. 

Sebelum kamu lebih jauh lagi menjelajahi untuk melihat beberapa gambar, menjelajahi beberapa kelompok, dan ada pergi satu jam bahkan lebih. Untuk menghindari Imed, klik pada tombol obrolan di sudut kanan bawah dan pilih "Go Offline." Dengan cara ini tidak ada teman-teman dapat IM darimu.


5. Gunakan timer untuk komputermu

Time is ticky away : Pixabay
Ide cemerlang lainnya untuk menghidari berlama-lama dengan Facebook adalah dengan membawa timer. Dapat berupa timer pada hpmu atau timer tahan banting. Waktu di mulai saat kamu sudah berada di laman berada dan segera tinggalkan beranda tersebut saat waktunya akan segera habis, ya seperti bermain gamelah.

Kalau kamu menggunakan Firefox,  gunakan LeechBlock add-on untuk melacak waktu yang kamu habiskan untuk facebook.com dan menendang dari halaman tersebut setelah jangka waktu yang ditentukan. 

Kamu juga dapat mengatur waktu-waktumu untuk menjelajahi Facebook setelah menyelesaikan segala rutinitas yang menjadi prioritas utama. Intruksikan pada dirimu seperti "Aku akan membiarkan diriku untuk pergi selama 15 menit setelah saya menyelesaikan tugas ini" atau "Aku akan melihat foto-foto baru setelah saya menyelesaikan tugas ini”.

Usahakan untuk senantiasa mempertimbangkan memiliki sandi yang dilindungi, filter internet sementara untuk facebook.com saat kamu sedang bekerja. 

Berikan password untuk anggota keluarga yang dipercaya atau teman sekamar, dan meminta mereka untuk mengaktifkannya sebelum kamu mulai dan menonaktifkannya saat selesai dengan pekerjaanmu. Facebook termasuk dari bagian privasimu yang juga harus dilindungi dan tidak sembarangan diakses oleh orang lain.


Dengan kelima cara diatas maka kamu tidak perlu berlama-lama dengan Facebook untuk hal-hal yang tidak penting. Kamu akan mengunakan media sosial satu ini dengan waktu yang singkat dan hasil seefisien mungkin. 

Mulailah peduli terhadap kenyamananmu dalam mengunakan media sosial termasuk Facebook. Jangan habiskan waktumu hanya untuk nongkrong depan Facebook ya, dunia nyata lebih menyenangkan ketimbang dunia maya.

Oleh : Andi Rosita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni