Cara Mengontrol Diet yang Tidak Boleh Dilupakan

Gaya hidup yang serba modern saat ini menuntut orang untuk bergerak cepat dalam memenuhi jam kerjanya. Hal ini memaksa mereka untuk gampang saja memilih makanan instant seperti junk food untuk mengisi perut mereka. Junk food sendiri merupakan makanan siap saji yang banyak sisi negatifnya karena mengandung lemak jahat dan dapat menyebabkan obesitas.

Fat : Pixabay
Kadar kolesterol dikatakan tinggi jika sudah memiliki 240 mg/dL dalam darah, memang kerapkali gejala tidak terasa, namun jika sudah semakin meningkat kadar kolesterol dalam darah gejalanya diawali dengan pusing kepala, kesemutan, dan pegal-pegal. Banyak orang cuek saja dalam pentingnya mengenali tkamu-tkamu kolesterol tinggi, mereka menganggap hal ini tidak penting, padahal kolesterol tinggi bisa menjadi awal petaka dalam hidup mereka.

Kolesterol merupakan steroid lilin lemak yang diproduksi di dalam hati atau usus tubuh manusia, fungsinya untuk memproduksi hormon dan membran sel. Kolesterol juga merupakan komponen penting untuk membentuk asam empedu, hormon steroid, dan vitamin D. Manfaat ini bisa didapatkan jika kolesterol dalam takaran normal.

Jika tidak dalam keadaan normal, atau kolesterol dalam darah tinggi maka malah bisa merusak arteri dan menyebabkan penyakit jantung. Jadi kolesterol ini semacam menghambat aliran darah dalam pembuluh darah. Si darah ini ibarat tidak bisa mengalir dengan lancar karena tersumbat oleh kolesterol.

Kolesterol didefinisikan salah satu lemak tubuh atau yang lebih dikenal dengan nama lipid. Sebagai lemak tubuh, kolesterol tentunya memiliki berbagai fungsi di dalam tubuh kita. Tapi jika, kadar kolesterol jahat dalam darah mengalami kenaikan atau tinggi.

Maka hal ini dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh. Kolesterol sendiri bisa menyebabkan struk, jantung, diabetes, dll. Ngeri kan? Penderita kolesteral tinggi pun telah meningkat bahkan kasus kematian yang dikarenakan kolesterol juga bsudah banyak.

Nah, Kolesterol tinggi dapat dikelola dengan mudah dan turun kadarnya jika mengikuti beberapa aturan-aturan ini. Simak yah


Diet

Diet : Pixabay
Atur pola makan kamu ya. Jenis makanan dan bagaimana cara kamu makan sangat mempengaruhi pada besar kecilnya kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa contoh makanan yang mengandung kolesterol seperti seperti hati, telur dan udang. Namun, dibandingkan dengan lemak jenuh, kolesterol yang ditemukan dalam makanan seperti ini memiliki lebih sedikit pengaruh pada tingkat kolesterol dalam darah Kamu. Hal ini penting untuk mengurangi lemak jenuh dalam misi mengurangi kadar kolesterol Kamu.


Lemak dan Kolesterol

Ada dua jenis lemak yakni lemak Jenuh dan lemak  tidak jenuh. Mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Makanan tinggi lemak jenuh termasuk keju, krim, kue, biskuit, potongan lemak daging dan makanan yang mengandung minyak kelapa atau kelapa sawit. Lemak tak jenuh benar-benar dapat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol.

Makanan tinggi lemak tak jenuh termasuk minyak ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati dan menyebar. Kacang-kacangan tinggi kalori, hanya segelintir yang cukup per porsi. Sertakan kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, kenari dll ikan mengandung omega-3 asam lemak yang sangat baik untuk jantung.

Akhirnya, mengurangi jumlah total lemak dalam diet Kamu dengan menghindari makanan yang digoreng dan dipanggang. Kalaupun makanan yang kamu konsumsi ingin digoreng gunakanlah minyak zaitun.


Fiber dan kolesterol

Ada dua jenis serat yaknin serat larut dan serat tidak larut. Serat larut dapat dicerna oleh tubuh Kamu sementara serat tidak larut tidak bisa dicerna sempurna oleh tubuh. Makanan yang mengandung serat larut termasuk gandum, buncis, kacang polong, lentil, buncis dan tentu saja, buah-buahan dan sayuran. Pisang merupakan sumber yang sangat baik dari serat. Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Kamu. Beberapa makanan yang mimin rekomendasikan ke kalian yaitu :


a. Tempe 

Mengandung zat niasin dan isoflavon yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Niasin sendiri adalah sejenis vitamin B yang diyakini mempunyai sifat menurunkan kadar lipid, meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. Sedangkan isoflavon adalah suatu zat yang berfungsi sebagai antioksidan yang menghambat terjadinya kerusakan dinding pembuluh darah. Untuk pengolahannya tempe cukup dibakar saja ya kalaupun ingin digoreng jangan lupa untuk menggunakan minyak zaitun.

b. Tomat

Tomat mampu menurunkan kadar kolesterol. Kamu bisa membuat jus dan meminumnya setiap pagi. Minumlah dua gelas jus tomat tiap harinya.

c. Kacang-kacangan 

kacang tanah, kenari serta almond adalah jenis kacang-kacangan penurun kolesterol terbaik. Kandungan lemak omega 3 dan antioksidan dalam kacang-kacangan tersebut ternyata juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh kamu.

d. Salmon 

Ikan salmon mengandung sumber asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. yang mana berfungsi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik didalam tubuh kamu.


Diet seimbang 

Hal lain yang wajib untuk dipertimbangkan adalah ukuran dari apa yang akan dikonsumsi. Cobalah untuk memakan makanan empat sehat lima sempurna dengan porsi kecil setiap harinya. Mengurangi asupan kafein juga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol Kamu. Kafein biasanya terdapat di kopi jadi bagi kamu yang suka ngopi agak dikurangi ya mulai sekarang.

Diet : Pixabay
Latihan 

Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga bahkan 3 kali seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol Kamu. Bentuk terbaik dari latihan adalah dengan jalan-jalan. Ini tidak memerlukan sesuatu yang ribet dan bisa dilakukan kapan saja, bahkan di antara pekerjaan Kamu. Jika Kamu mencari kegiatan lebih menantang lagi maka pilihan yang dapat kamu ambil adalah mencoba bersepeda, joging, menari, dan pergi ke gym. Yang paling penting adalah menikmati setiap kegiatan yang Kamu lakukan.


Minum Air 

Cobalah untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari. Meminum banyak air dapat membuat tubuh bugar karena mengurangi lemak. Ginjal kita juga tidak berfungsi dengan baik jika jumlah yang cukup air tidak diberikan.

Meminum air banyak membuat fungsi kelenjar endokrin benar-benar bekerja dan membantu dalam menyeimbangkan elektrolit tubuh kita, mineral seperti sodium, klorida dan kalium, yang mengatur suhu tubuh dan mengontrol tekanan darah. Akhirnya, hal ini membantu dalam transportasi vitamin yang larut dalam air dan zat gizi seperti protein, mineral dan vitamin di seluruh tubuh.

Nah, itu tadi keenam aturan yang wajib kamu taati untuk bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh. Jaga baik-baik pola konsumsimu yah, tolak aja ajakan hang out yang akhirnya memaksa kamu memakan junk food.

Semoga bermanfaat ! Good Luck!

Oleh : Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni