Cara Mengubah Sifat Negatifmu

Mengubah sikap negatif bukanlah hal yang mudah apalagi jika hal tersebut telah menjadi kebiasaan. Biasanya sih sebenarnya kita sadar bahwa yang kita lakukan itu salah atau tidak benar, tapi kita juga tidak dapat menghindarinya.Contohnya adalah merokok. Semua perokok sadar bahwa apa yang dilakukannya akan merusak kesehatannya. Namun, ia juga tak berdaya akan kebiasaan buruknya tersebut. Lantas bagaimana solusinya?

Hukum universal gerak menyatakan bahwa setiap tindakan sebagai reaksi yang sama dan berlawanan. Ini berarti bahwa ketika memulai untuk mengubah perilaku, kamu akan bertemu perlawanan yang keras dari dirimu sendiri  disaat itu. Oleh karena itu, mengetahui kenyataan bahwa kamu akan menghadapi perlawanan dari kekuatan luar maka harus bersiap-siap dengan baik.

Apalagi jika kamu merasa kewalahan menghadapi reaksi tersebut. Hal terpenting yang perlu kamu miliki jika ingin merubah sikap buruk adalah konsisten. Sikap konsisten untuk terus menyingkarkan hal buruk tersebut.

alcohol: pixabay

1. Lakukan hal yang positif 

Untuk mengurangi hal negatifmu maka perbanyaklah melakukan kegiatan yang positif. Misalnya kamu sangat malas mengerjakan tugas sekolah ataupun tugas kuliah, maka perlu bergabung dengan teman-temanmu yang rajin. Mendekati orang-orang yang memiliki kebiasan positif dapat membantumu untuk membunuh kebiasaan buruk. Dengan bersama mereka yang rajin, maka suka atau tidak, kamu pun akan ikut rajin di buatnya.

Selain itu, kamu juga bisa memulai dari dirimu sendiri. Paksakan dirimu menyelesaikan apa yang seharusnya kamu selesaikan. Jangan manjakan rasa malasmu sendiri. Kamu sepenuhnya berhak akan apa yang terjadi dihidupmu. Bereskan hal yang menurutmu negatif dan hanya akan merusak masa depanmu. Ingatlah, pertahanan terbaik dari sifat negatifmu adalah pelanggaran baik.


2. Konsisten 

Ini adalah cara yang paling jelas untuk membangun kebiasaan yang baik untuk memecahkan yang buruk. Kebanyakan orang dikelilingi oleh begitu banyak hal negatif, mereka jatuh ke dalam kebiasaan berpikir dan mengekspresikan diri dalam prilaku yang negatif. Padahal, kamu tidak dilahirkan dalam kondisi yang negatif. Disadari atau tidak, kebiasaan buruk tersebut dirimu sendiri yang menciptakan, jadi hanya kamu sendiri yang bisa merubahnya.

Jika kamu sudah memiliki niat untuk berubah jadi lebih baik, konsistenlah di jalan tersebut. Godaan akan selalu datang dan mengganggumu, itu pasti. Semangati dirimu sendiri bahwa kamu pasti bisa untuk berubah, yang terpenting tetap konsisten pada niat awal.


3. Berikan penyemangat pada dirimu

Perubahan butuh proses, berhenti mengeluh dan jangan sekali-kali berpikir untuk menyerah. Kamu bisa mencoba berdiri di depan cermin setiap pagi. Berbicaralah dengan dirimu sendiri dengan penuh semangat dan katakan kamu pasti bisa lebih baik. Lakukan berulang-ulang. Alam bawah sadarmu akan mencerna kalimat tersebut dan mengintruksikannya ke dirimu.

Apabila kamu melakukan kesalahan dalam proses menjadi lebih baik, maafkan dirimu dan kembali fokus pada tujuanmu. Bersemangatlah, karena dengan semangat kamu akan berhenti mengeluhkan kondisi yang kamu hadapi, meskipun hal itu tidak mudah.


4. Tinggalkan lingkungan yang memberikan pengaruh negatif

Lingkungan akan menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi pola perilaku dan kebiasaanmu selama ini. Saat kamu menganggap lingkunganmu berada saat ini tidak baik, segera tinggalkanlah! Hindari bertahan di tempat yang hanya akan merusak perilakuku. Ketahui hal tersebut dan temukan solusinya. Dengarkan hatimu yang ingin berubah itu. Jangan pernah takut, karena tempat yang baik masih banyak untukmu.

Percayalah lingkungan yang baik akan membawa sikapmu menjadi baik. Berhenti merasa minder dengan perubahan. Kamu mungkin akan mendapatkan cacian dengan niatan  yang baik itu, hadapi dan bulatkan tekad. Lingkungan yang baik akan berpengaruh pada kebiasaan baikmu. Jadikan kebiasaan baik itu untuk proses perubahanmu. Lakukan secara berlahan dan pasti. Kamu berhak untuk menjadi orang baik.



5. Percaya bahwa kamu masih dalam proses pembiasaan 

Memaksakan diri berubah dalam waktu yang cepat dan drastis bukanlah solusi. Pahami dirimu, kamu tidak bisa secepat itu mengalami perubahan. Lakukan setahap demi setahap. Dengan cara ini proses yang kamu lewatkan saat mengembangkan kepribadian positif baru, akan membantumu menhilangkan sifat negatifmu.

bila orang sekitar merasa heran dengan perubahanmu. Jangan pernah perdulikan!  Katakan pada dirimu sendiri “gak masalah, saya sedang dalam proses” hargai dirimu dan setiap perubahan yang terjadi. Karena bagaimanapun tidak ada perubahan yang instan dan dalam sekejam mata. Mie instan sekali pun butuh di seduh dengan air panas baru dapat dinikmati. Jadi tak masalah jika  berproses yang kamu lakukan terlihat lambat atau tidak signifikan. Percayalah, niat baikmu dan dirimu sendiri


6. Lepaskan

Biarkan segala sesuatu berlalu begitu saja,  kemudian bayangkan dan paksa dirimu untuk percaya perubahan baik akan datang kepadamu. Melakukan sesuatu dengan keterpaksaan tidak akan mendapatkan hasil apapun. Bebaskan dirimu menghadapi perubahan yang positif. Terima kenyataan bahwa sebelumnya kamu memang orang dengan perilaku negatif.

Dengan seperti itu, hatimu akan lebih lapang menghadapi segalanya. Dalam waktu kamu berproses menjadi lebih baik, ikhlaskan semuanya. Biarkan kamu berubah dan terima setiap perubahan yang terjadi. Sekali lagi, hanya kamu yang tahu bahwa kamu telah berubah dari hal negatif menjadi hal positif.
Mungkin kamu bisa membohongi orang lain tapi kamu tidak dapat membohongi dirimu sendiri. jujur pada dirimu dan jadilah lebih baik.
Siapapun akan mendambakan menjadi orang baik dan lebih baik, tidak terkecuali saya ataupun kamu. Tak ada salahnya mencoba bukan? Kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya sebaiknya jadikan pelajaran untuk lebih baik lagi. Berhenti mengutuk diri sendiri dengan perilaku negatif di masa lampau, kamu masih punya masa depan untuk melakukan berbagai sifat positif. Ayo, berbenah diri menjadi lebih baik lagi.

Oleh: Andi Rosita Dewi

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni