Cara Menikmati Kehidupan di Sekolah yang Membosankan

Sekolah itu ibaratkan rumah kedua, karena setengah dari waktu yang kita miliki dipakai untuk kehidupan sekolah. Mulai dari bangun pagi, masuk jam 7.00 dan pulang hingga sore hari. Sungguh hari yang melelahkan, meskipun seminggu ada libur satu kali rasanya itu tidak cukup, toh biasanya hari minggu untuk mengerjakan tugas yang menumpuk, benar-benar setiap hari belajar. 

More sleep or more mayhem :  Image Credit

Kalian pasti pernah merasa sangat bosan sekali menjalani kehidupan sekolah dan malas untuk berangkat sekolah. 

Sekarang cobalah untuk mencari kesenangan di sekolah. Ubahlah dari yang awalnya pulang sekolah langsung pulang sekolah kemudian mengerjakan PR, menjadi bergabung dengan teman lainnya dengan mengikuti berbagai kegiatan di luar jam sekolah.  

Ikutin tips berikut ini agar hari-harimu di sekolah tidak membosankan:


1. Carilah teman sebanyak-banyaknya

Bagi kamu yang mudah bergaul dan akrab dengan orang lain, hal itu akan  menjadi masalah. Namun bagi kamu yang sulit untuk berteman pasti sulit. Yuk cek pada dirimu sendiri kenapa kamu masih sulit mendapatkan teman. Mungkin kamu adalah tipe yang suka penyendiri, pendiam dan sulit untuk memulai obrolan. 
Kamu harus benar-benar merubah pola pikirmu, cobalah untuk akrab degan teman sekelas terutama teman sebangku. Meski awalnya sedikit kaku, namun harus dicoba. Saling berbagi makanan atau membantunya memahami pelajaran itu akan membuka jalanmu untuk memiliki teman banyak. 
Jadi penyendiri itu tidak menyenangkan loh... karena ketika ada tugas kelompok kamu akan kesulitan untuk mencari kelompok. Cobalah ikut bergabung dengan teman-teman lainnya, biasanya mereka akan bergerombol bila sedang berkumpul. Punya teman banyak asik kok, kamu bisa ngomongin yang gak jelas, ketawa bareng dan kadang melakukan kesalahan bareng seperti dihukum karena gak ngerjain tugas. 


2. Mengikuti kegiatan ektrakulikuler

Gak rugi kok ikut kegiatan ekstrakulikuler, kamu tinggal pilih saja mana yang sesuai minatmu. Dan berusahalah untuk rajin menghadiri setiap acara yang diselenggarakan. Disini kamu akan mendapat banyak teman mulai dari yang seangkatan hingga kakak kelas. 

Banyak cerita dan pengalaman bisa kamu dapatkan. Kamu bisa mengikuti lebih dari satu ektrakulikuler asal bisa membagi waktu dengan baik. Untuk jam pelaksanaanya, kegiatan ektrakulikuler diadakan di luar jam sekolah.

Bagi yang tidak suka olahraga bisa memilih ektrakulikuler PMR, kamu akan mendapat pengetahuan memberi pertolongan pertama. Ada yang unik yang unik dari PMR, ketika pelaksanaan upacara kamu akan dijinkan untuk tidak mengikutinya karena akan ditugaskan untuk menjadi PMR dan menangani orang yang pingsan selama ikut upacara. 

Kegiatan yang mulia sekali ya...  namun bagi yang menyukai olrahraga tinggal pilih mana olahraga favoritmu, kamu akan mendapat bimbingan dan jika kealihanmu bagus biasanya sekolah akan mengirimmu menjadi wakil untuk perlombaan. Jika bisa menang hadiah, tropy dan beasiswa akan menantimu. Pastinya nama nambah eksis dan dikenal banyak orang karena telah mengharumkan nama sekolah.


3. Pergi nonton pertandingan 

Ketika tim olahraga sekolahmu sedang bertanding dengan tim lawan sebaiknya kamu datang untuk menonton dan memberi dukungan. Olahraga yang seru ditonton bersama teman biasanya adalah basket, sepak bola, futsal dan voli. Kamu bisa seru-seruan disana sambil berteriak memberi dukungan atau menyerukan yel-yel sekolah kamu. 

Tapi jangan sampai rusuh dengan menyulut kemarahan pendukung tim lawan. Kalau itu namanya kamu tidak sportif. Saat tim menang animo kemenangan ikut dirasakan oleh pendukung begitu juga ketika mengalami kekalahan, rasa kecewa ada tapi harus tetap mendukung. Usahakan untuk selalu tertib dan menjaga kebersihan ya... jika tingkahmu tidak tertib sama saja kamu mengoreng nama harus sekolahmu


4. Ikut organisasi sekolah

Pastinya tidak asing lagi dengan namanya OSIS. Menjadi pengurus OSIS yang bakalan rugi kok. Selain mendapat pengalaman berorganisasi kamu bisa eksis disekolah. Banyak yang bilang anak OSIS itu keren. Patut dicoba bagi kamu yang ingin dikenal banyak orang. 

Banyak kegiatan OSIS yang bisa bikin seneng, seperti saat ada gempa yang melanda salah satu wilayah Indonesia, OSIS akan mengadakan penggalangan dana mulai dari minta sumbangan dipinggir jalan hingga mengadakan cuci motor. Selian itu jika sekolah mengadakan ivent besar seperti kelulusan, ulang tahun sekolah OSIS akan dilibatkan utuk memperlancar jalananya acara.

Ada manfaat lain menjadi anggota OSIS, kamu bisa lebih deket dengan guru-guru dan pastinya lebih dikenal dikalangan guru. Jalan untuk menjadi murid kesayangan rasanya tidak sulit. Jangan salah menjadi anak kesayangan guru karena banyak kemudahan yang bsia dapatkan mulai dari kemurahan dalam mencari nilai, kemudahan jika kamu lupa mengerjakan PR. 


5. Ikut belajar kelompok

Murid dituntut untuk menguasai semua mata pelajaran oleh guru, berhubung kapasitas otakmu tidak sehebat Eintein maka kamu perlu meminta bantuan temanmu memahami pelajaran yang gak dimengerti. Bergabunglah dengan kelompok belajar, mereka gak sungkan mengajarimu. PR yang banyak bisa dikerjakan bersama, selain itu kerja kelompok semakin mempermudah keakrabanmu. 
Masa sekolah memang selalu menjadi kenangan setelah kamu dewasa nanti. Banyak kejadian menyenagkan dan kenakalan yang kita lakukan bersama. mulai dari sengaja tidak mengerjakan PR, pura-pura sakit agar dijinkan ke tidur di UKS dan tidak mengikuti pelajaran. 
Jadi jangan lewatkan hal-hal yang menyenangkan di sekolahmu. Meski banyak PR dan tugas yang membebebanimu hal itu akan terasa menyengkan bila kamu menikmatinya.

Masa sekolah juga sering disebut masa mecari jati diri jadi jika banyak yang melakukan kesalahan masih dimaklumi asalkan tidak melebihi batas. Lebih baik bersenang-senang dengan melakukan tips diatas yang bisa menjadi pelajaran dari pada harus menjadi anak nakal yang suka membolos dan berkelahi hanya untuk mendapatkan pengakuan. 

Menurutmu mana yang lebih bermanfaat mendapat pengakuan karena kamu pintar dan eksis di berbagai kegiatan atau mendapat pengakuan karena kamu sering berkelahi dan membuat onar di luar sekolah. 

Oleh : Rusli Asmiyatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni