Cara Meningkatkan Skill Bahasa Inggris

Langsung saja, berikut ini tips dari nilnil.com tentang bagaimana cara meningkatkan skill berbahasa Inggris :


Bagian 1 : meningkatkan cara bicara

Untuk meningkatkan kemampuanmu berbahasa inggris, kamu perlu seseorang turis yang memang asli bisa berbahasa ingris. Di daerah tertentu hal itu mungkin hal yang paling sulit untuk dilakukan, tetapi belajar langsung dengan turis asing adalah cara terbaik untuk membantu kamu meningkatkan kemampuanmu berbahasa inggris.

Hal itu sangat efektif. Kamu bisa menggunakan aplikasi skype jika kamu kesulitan menemui seorang turis asing yang mengerti bahasa inggris. Kamu dapat mencari teman dari luar negeri melalui facebook. Mintalah mereka berbicara dengan kamu, bila perlu kamu memberi tahu mereka apa maksud dan tujuan kamu meminta bantuan kepada mereka. Ini adalah cara yang lebih cepat dibandingkan cara lain untuk meningkatkan kemampuanmu berbahasa inggris.

Ketika kamu kedatangan turis asing atau menemui turis asing di daerahmu, ajaklah mereka berkenalan, lanjutkan dengan makan malam yang hangat. Kamu akan mendapatkan ilmu bahasa inggris dan mereka mendapatkan makan gratis. Temukan guru terbaik saat kamu melakukan hal itu. Kamu juga bisa menawarkan pertukaran bahasa dengan mereka. Hal itu akan sama-sama menguntungkan satu sama lain.
 
Dengarkan musik ingris. Yang dimaksud disini bukan menyarankan kamu menganalisa melodi, ritmis atau keharmonisan musik inggris, melainkan perhatikan liriknya.

Pixabay

Tirukan semirip mungkin apa yang kamu dengarkan saat itu sebelum kamu menirukan sambil membaca teks nya. Kamu mungkin akan berbicara seperti robot awalnya. Tapi itulah proses belajar, jika kamu serius maka kemampuan berbahasa inggrismu semakin lama akan semakin meninggkat.

Perhatikan seseorang yang sedang bernyanyi dengan menggunakan bahasa inggris. Atau kamu bisa membeli video atau kaset lagu-lagu dengan bahasa inggris. Perhatikan bagaimana mulut mereka mengucapkan kata-kata.

Perhatikan bagaimana mereka mengkomunikasikan kata lewat emosi yang mereka punya. Perhatikan di mana penekanan kata-katanya terjadi pada sebuah kalimat tertentu dan apa makna kata tersebut, sesuaikan dengan konteks kalimatnya. Selain hanya mengartikan kata-kata dari lagu tersebu kamu juga bisa memperhatikan humor, dan formalitas mereka dalam menggunakan kalimat tersebut


Pelan pelan. Lakukan tips di atas secara perlahan

Jika kamu sudah menggunakan teks lirik sebagai panduan, tirukan semirip mungkin dengan teks tersebut. perlahan kamu akan mengerti bagaimana cara mengucapkannya, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan yang kamu dengar. semakin kamu mengucapkannya dengan jelas dan pelan, seseorang yang mendengar kata-katamu akan semakin faham apa yang kamu bicarakan.

Jika kamu belajar dengan seorang mentor bahasa inggris atau turis asing, jangan khawatir, mereka akan sabar menunggumu mengucapkan kata demi kata. Mereka akan memahami dan memaklumi keadaan kamu yang memang dalam proses belajar berbicara bahasa inggris.

Kamu juga harus bersabar dengan diri kamu sendiri. Ini akan jauh lebih sulit dari pada meminta mereka untuk bersabar atas keadaanmu. Jika kamu berbicara dengan cepat damu salah, itu bukanlah hal yang baik dan mengesankan. Itu bahkan akan mempermalukan diri kamu sendri.

Rekamlah saat kamu sedang belajar berbahasa inggris

Misalnya kamu belajar dengan menggunakan teks pidato. Saat kamu membaca pidato tersebut cobalah untuk merekamnya, dengarkan sepanjang hari. kamu perlu menganalisa dimana kelemahan dan kelebihan kamu saat membaca pidato tersebut.

saat kamu menemukan titik lemah mu, berusahalah memperbaikinya. Tidak ada salahnya jika kamu mengulangi beberapa kali membaca pidato tersebut sambil merekamnya. Semakin sering kamu lakukan kamu akan semakin hafal teks bacaan dan itu memudahkan kamu untuk mengucapkannya.

Sebuah ide yang bagus ketika kamu belajar dengan menggunakan sebuah kaset tape yang berisi seseorang yang sedang berbicara bahasa inggris. Tirukan kalimat demi kalimat yang ia ucapkan. Berentilah dan ulangi per kalimat jika kamu merasa belum memahaminya. Hal seperti ini mungkin akan melibatkan kejelian penderngaranmu.

Jika itu terlalu sulit untuk kamu melakukannya, kamu cukup membaca bacaan bahasa inggris dengan suara yang sedikit lebih keras. Artinya kamu tidak di anjurkan untuk membacanya dalam hati. Dengan kamu tidak membacanya dalam hati, kamu akan menemukan poin penting dalam bacaan tersebut.

Mengambil kelas bahasa inggris. Ketika kamu ingin meningkatkan kemampuan berbahasa inggrismu, maka kamu perlu mengikuti kursus bahasa inggris. Dengan hal itu kamu juga dapat menemui banyak teman yang akan membuat kamu semangat untuk belajar berbahasa inggris bersama-sama. Ciptakanlah kelas yang menyenangkan, sehingga kamu nyaman untuk belajar disana.

Sekali waktu ambil lah kelas khusus


Kamu bisa memilih untuk privat bahasa inggris dengan mentormu. Dengan begitu kamu akan mendapatkan perhatian secara individu dengan maksimal. Bicarakan apa problem kamu saat sedang melajar berbahasa inggris. Mintalah solusi atau tips tips khusus saat kamu mengikuti kelas privt bahasa inggris. Manfaatkan waktu dengan maksimal.

Sekarang ini telah dibuka kelas bahasa inggris dengan bidang tertentu. misalnya kelas pariwisata, kamu bisa menjadi pemandu wisata dengan berbahasa inggris, atau kelas table maner, atau memasak dan sebagainya. Pilihlah salah satu yang kamu minati.

Selain kamu belajar meningkatkan kemampuan berbahasa inggris kamu, kamu juga akan memperoleh pengalaman lain dibidang tertentu. bahkan lembaga yang mengelola kelas bahasa inggris untuk bidang tertentu bisa menyalurkan sebagai tenaga kerja di perusahaan atau lembaga tertentu.

Biasakan berbahasa inggris di rumah. Setelah pulang dari kursus bahas inggris, maka terapkan ilmu yang kamu dapat di rumah. Kamu bisa belajaar berbicara bahasa inggris dengan ibu, ayah, atau saudaramu yang lain. hal ini mungkin membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi.

kamu harus melawan rasa mindermu. Jika mereka merasa aneh dengan perubahan sikapmu, jelaskan dengan baik kamu sedang berlatih meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Atau kamu dapat menjelaskan bahwa kamu sedang menerapkan ilmu dari tempat kursus bahasa inggrismu. Mereka akan mengerti hal itu.

Mengapa perlu membiasakan diri berbahasa inggris di rumah?


Karena dari 24 jam waktu sehari yang kamu miliki, mungkin kamu akan menghabiskan hampir separuhnya untuk berada di rumah. Kamu tidak perlu melakukannya secara full, mulailah dengan kalimat perintah, atau ungkapan ketidak setujuan terhadap suatu hal yang di sampaikan keluargamu. Hal ini akan membiasakan kamu untuk berbicara dengan bahasa inggris, ketika diminta untuk melakukan itu dengan orang lain. atau bahkan tiba-tiba kamu bertemu dengan turis asing yang menanyakan alamat padamu. Kamu akan menjadi terbiasa.

Berbicara sendiri dengan bahasa inggris saat sedang senggang berada di rumah mungkin adalah suatu hal yang konyol jika anggota keluargamu ada yang mengetahuinya. Tapi dengan berbicara sndiri dengan bahasa inggris otomatis kamu sudah melatih otak kamu.

Menciptakan peluang. Sebenarnya sangat mudah bagi kamu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris secara nyata. Mungkin kamu akan berfikir mendatangkan turis sing di rumahmu dan itu susah, atau mungkin kamu berfikiran harus keluar negeri yang menghabiskan biaya yang banyak. Saat kamu sudah berfikir seperti itu, kamu pasti akan merasa takut dan menyerah terlebih dahulu. Semua pemikiran tersebut adalah pemikiran orang yang malas.

Ciptakan peluang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris kamu dengan menelfot salah satu hotline di inggris yang informasinya bisa kamu dapat di internet. Atau kamu dapat iseng bertanya dengan mengirim email pada suatu perusahaan inggris. Kamu akan mendapatkan pengalaman baru yang mengasyikan. Itu seperti belajar sambil bercanda

Bagian 2 : Kenali mengapa belajar meningkatkan kemampuan bahasa inggris terasa sulit.

Jika kemampuan mendengarkan kamu terasa kurang, janganlah kamu merasa minder dan menyalahkan dirimu sendiri. Sepertinya mendengarkan adalah hal yang mudah, tapi hal itu bisa sangat sulit dan melelahkan. Cara belajar bahasa inggris pada sekolah praktis berbeda dengan cara belajar yang di lakukan seorang pengajar yang memang asli dari inggris. Saat pengajar tersebut berbicara mungkin kamu akan heran dan tidak mengerti. Hal itu adalah wajar.

Jadi pada saat seseorang pengajar dari luar mengatakan, "Apakah kamu ingin memberikan tas itu padaku?" dan kamu akan mendengar, "Djuwanapassmethabag?" kamu mungkin akan kebingungan dan tidak mengerti apa yang ia ucapkan. ingatkan diri kamu sudah saatnya kamu belajar bahasa inggris dengan tidak biasa. Saatnya kamu untuk gaul dan menerima hal-hal baru bagimu. Kamu akan terlihat berbeda dengan teman temanmu yang lain yang belajar hanya di sekolah.

Bicara. Benar-benar. Mendengarkan pasif tidak apa-apa, tapi berinteraksi lebih baik. Jika Anda ingin mendapatkan yang baik dalam mendengarkan, Anda harus mengajukan pertanyaan. Dan cara ini Anda memiliki kontrol dari percakapan! Jika Anda bertanya kepada seseorang apa hal favorit mereka lakukan di musim panas adalah Anda tahu mereka tidak akan pergi pada tangen membingungkan politik. Setidaknya, mudah-mudahan!

Dan semakin Anda mendengar pembicaraan individu tertentu, semakin mudah untuk memahami mereka. Inggris memiliki begitu banyak aksen Anda mungkin menemukan diri Anda tidak memahami seseorang dan bertanya-tanya mengapa. Bersabarlah! Pikiran Anda akan terbiasa untuk aksen mereka pada waktunya. Berbahasa Inggris orang harus menyesuaikan satu sama lain sepanjang waktu

Oleh : Puri Candraditya

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni