Cara Menjadi Orang Sabar

Menunggu itu sesuatu yang menjenuhkan dan menyebalkan menurutku, bagaimana denganmu? Apakah satu pikiran sepertiku? Contohnya Menunggu buku atau permainan untuk keluar? Atau menunggu seseorang untuk datang? Sehari sekolah? 

Nah, atau mungkin saat ini kamu sedang menunggu orang yang spesial? Tidak ada kata lain yang bisa aku katakan selain nasehat untuk bersabarlah. Meski kadang aku juga tidak suka dengan nasehat itu.

Tentunya sering mendengar pepatah “Tuhan bersama orang-orang yang sabar” karena sedemikian mulianya orang yang bersabar maka Tuhan bersama mereka. Namun, harus kuakui bersabar bukan sesuatu yang mudah bahkan bisa jadi sangat sulit.
Awalnya aku berpikir orang yang menasehati untuk bersabar itu mudah saja ngomongnya tapi kita yang ngejalaninna sulit sekali. Bersabar itu kayak neglawan ego sendiri, berusaha mengotrol diri padahal pada kenyataanya tidak mampu. 
Pokoknya bersabar itu berkerjaan yang menyebalkan. Dan ternyata setelah aku mencoba bersabar sedemikian rupa, aku menemui kenyataan bahwa selama ini aku keliru tentang bersabar yang kuanggap sulit sebelumnya. 

Pada akhirnya aku menemukan cara untuk menjadi orang yang lebih sabar.
Gak percaya? Bisa dicoba deh cara bersabar berikut ini.

Fishing : Pixabay


1.Pikirkan tentang apa yang akan terjadi setelah kamu mau bersabar

Memikirkan tentang apa yang akan terjadi setelah bersabar itu kayak nantiin penghargaan setelah ikut lomba. Tapi aturannya dalam ikut lomba tersebut kamu harus menang dulu supaya mendapatkan penghargaan, begitupun dengan bersabar.

Contohnya jika kamu seneng belanja melalui media online, maka menunggu kiriman barang yang kamu pesan itu juga butuh kesabaran, belum lagi jika kamu benar-benar memerlukan barang itu dalam waktu dekat. Kamu akan semakin tertantang untuk bersabar. 
Dalam hal ini cobalah untuk  memikirkan tentang berbagai hal yang menyenangkan saat kamu mendapatkan permainan atau apapun itu benda yang kamu pesan. 
Jangan habiskan waktu menunggu dan bersabarmu dengan sia-sia. Dalam proses menunggu tersebut kamu juga dapat melakukan berbagai hal yang akan membuatmu lupa kalau kamu sedang menunggu, bisa jadi juga membuatmu menikmati proses menunggu tersebut.

Wah, cara ini tidak hanya bersabar dalam menanti barang kesukaanmu, ini pun berlaku dalam menunggu jodohmu loh. Lakukan kegiatan yang bermanfaatkan dalam proses menunggu itu, biar gak terlalu inget. Jadi waktumu pun gak terbuang gitu aja.


2. Bersabar itu butuh waktu dan pembiasaan.

Ala biasa karena biasa, pepatah ini tak asing lagi di telinga kita. Tidak ada orang yang terlahir telah menjadi orang yang sabar. Sebelumnya tentu pernah merasakan apa yang kamu rasakan.

Jika kamu sedang menunggu sesuatu sampai akhir, contoh kecilnya adalah hari sekolah, ini cukup mudah. Pelajari cara menyukai pekerjaan yang sedang kamu geluti saat ini.

Misalnya lagi, jika kamu tertarik dengan matematika maka latihan teruslah mengerjakan soal, bisa melalu internet ataupun buku. Itu akan membuatmu sangat ahli, tidak ada juara olimpiade matematika tanpa latihan yang keras menyelesaikan berbagai soal. 

Bagaimana? Yakin deh, kalau kamu terus menerus belajar untuk bersabar maka kamu akan benar-benar menjadi orang yang sabar. 


3. Dalam proses menunggu, ingatlah hal-hal yang menyenangkan

Selain mencoba menyibukkan diri dalam proses menunggu, aku saran kamu juga memikirkan hal-hal yang membuatmu bahagia. Mengapa harus demikian? Ini untuk mencegahmu emosi ataupun jenuh karena menunggu. 
Lewati hari-harimu di taman dengan anak-anak, dan lainnya. Berpikir sesuatu yang positif dan lucu. 
Mungkin memikirkan kegiatan memalukan yang pernah kamu lakukan dengan temanmu, hal yang lucu yang membuatmu tertawa.

Membunuh kejenuhan penting dalam proses bersabar. Kamu bisa membaca buku kesukaanmu atau bermain basket dan olahraga yang menjadi hobimu. Sekali lagi, nikmati prosesmu menjadi orang yang sabar dalam menunggu.


4. Selalu berpikiran positif

Aku sarankan untuk kamu selalu berpikir positif. Manfaat dari berpikir positif itu banyak, lebih dewasa, terhindar dari prasangka, dan menjaga perasaan tetap bahagia. Tetap berpikiran positif bahwa kesabaranmu akan senantiasa bebuah kebaikan untukmu.

Jangan berpikiran yang aneh-aneh atau ngawur yang malah akan merusak kualitas kesabaran yang telah kamu bangun. Biasakan dirimu untuk tidak berprasangka buruk. 

Contohnya seperti jika kamu sedang menunggu barang yang kamu pesan online tapi tidak kunjung datang. Berpikiran positiflah bahwa jasa mengiriman barang sedang padat dan barangmu harus terlambat sampai. 


5. Miliki tekad yang kuat

Katakan pada dirimu setiap waktu bahwa kamu adalah orang yang sabar. Sugesti ini sangat ampuh untukmu apabila tergoda untuk menuruti ego serta hawa nafsu.

Sejak awal tekad untuk menjadi orang yang sabar tidak boleh berubah. Miliki pendirian yang kuat dan buktikan kamu bisa menjadi orang yang sabar.


6. Jangan pernah menyerah

Godaan dalam hal berbuat kebaikan itu akan selalu datang, termasuk dalam bersabar. Jangan pernah menyerah untuk menjadi orang yang lebih baik. Meski dalam proses bersabar kamu melakukan kesalahan, akan tetapi tetaplah kembali kepada tujuan awalmu untuk selalu bersabar.
Ingat loh, hanya orang yang kualitasnya meningkat yang mendapatkan cobaan. Pasti ingin dong menjadi orang yang kualitas personalnya semakin meningkat, teruslah berusaha untuk melawan dirimu sendiri demi menjadi yang kamu inginkan, yaitu menjadi orang yang sabar.

Nah, gimana? Gampang gak buat bersabar? Enam hal ini bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah menjadi orang yang lebih bersabar. Kamu gak akan pernah tahu kalau gak mencoba melakukannya, jadi lakuin dulu ya. 

Aku aja bisa menjadi lebih sabar, kamu pasti jauh lebih bisa. Kalau gagal gimana? Ya di coba lagi dengan sabar, kan sabar gak ada batasannya kan?. Semoga berhasil.

Oleh : Andi Rosita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni