Cara Menjadi Percaya Diri dengan Kulit Hitam

Wanita ingin selalu tampil menarik, itulah kenyataanya. Berbagai cara dilakukan mulai dari perawatan luar bahkan hingga mengkomsumsi suplemen. Kadang definisi cantik cukup menggelikan menurutku. 

Ya, tak lazim lagi bahwa cantik selau didefinisikan dengan tubuh tinggi, langsing, dan putih. Padahal pada kenyataanya cantik bukan hanya persoalan dari luar. 

Banyak yang memasakkan diri memasuki setiap kategori kecantikan yang dipahami oleh masyarakat luas. Melakukan perawatan tubuh agar putih, mulai dari perawatan biasa bahkan sampai operasi. Tak tanggung-tanggung, wanita juga sering melakukan diet demi mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional. Bahkan banyak yang sampai menyiksa diri untuk berdiet.
Disadari ataupun tidak, sebenarnya lingkungan juga tidak pernah menuntut lebih untuk kamu bisa tampil sempurna. Pemikiran tersebut datang dari diri sendiri yang cenderung ingin di bilang ideal.
Sadarilah kamu terlahir unik, indah dan cantik. Kamu tidak harus putih untuk dapat tampil menarik, begitupun kamu tidak harus langsing untuk bisa bergaul. Yang kamu perlukan adalah tampil percaya diri dengan yang kamu miliki dan tidak perlu menjadi orang lain.

Yakinilah orang lain akan tertarik untuk memiliki kulit cokelatmu yang indah.  Sadari bahwa semua orang terlahir dengan kelebihannya masing-masing. Tampil percaya diri dengan kulit hitammu, kenapa tidak? Jangan minder, nih saya beri cara untuk tetap percaya diri dengan apa yang kamu miliki. 

Michelle Obama : Image Credit

1.  Jadilah diri sendiri

Kamu terlahir dengan segala kelebihanmu. Berhenti menganggap bahwa kulit coklat adalah kutukan. Tidak semua orang hanya melihatmu dari luar. Yang terpenting adalah bagaimana membuat dirimu terlihat cantik luar dan benar-benar cantik dari dalam.
Memang benar bahwa kepribadian memainkan peran besar ketika menilai seseorang. Memiliki kepribadian yang hangat dan ramah dan menjadi orang yang menarik untuk berada di sekitar dengan. 
Lebih baik kamu berfokus untuk memperbaiki kepribadian yang kamu miliki daripada sibuk mengurusi diri untuk memutihkan kulitmu. Itu hanya membuang waktumu.
Semuanya ada di kepalamu, kepribadian yang baik dapat membuat kamu menjadi orang yang paling indah, kulit terang tanpa kepribadian yang baik adalah omong kosong. Kamu ingin orang lain menyukai kulit putihmu atau kepribadianmu? 

Yups, buatlah orang menyukaimu dari kepribadian, tidak hanya dari kulit saja. 

Kembangkan segala bakat yang kamu miliki, jangan berdiam diri dan minder hanya karena warna kulitmu. Contohnya jika kamu senang bernyanyi dan memiliki suara yang bagus maka kembangkan bakat tersebut. Jadilah penyanyi terkenal. Ini akan membuka mata dunia bahwa cantik bukan sekedar tentang warna kulit.


2. Mencintai diri sendiri. 

Belajarlah untuk mencintai dirimu sendiri. orang lain tidak akan mencintaimu jika kamu tidak dapat mencintai dirimu. Hargai apa yang kamu miliki, setiap yang diberikan padamu adalah anugrah yang berbaik termasuk warna kulitmu saat ini. Cintai dirimu dengan segala talenta yang kamu miliki.
Ada orang-orang yang tidak memiliki pigmen kulit sama sekali. Pikirkan tentang betapa beruntungnya kamu untuk memiliki nada yang indah. 
Syukuri yang telah diberikan kepadamu dan manfaatkan menjadi potensi terbaikmu. Kamu tidak pernah tahu, mungkin diluar sana sesungguhnya banyak orang yang mengingkan kehidupanmu saat ini tanpa kamu sadari. 


3. Yakinlah dan beritahu orang-orang kalau kamu cantik

Di dunia ini seluruh wanita dilahirkan cantik. Tidak ada sekat bahwa hanya mereka yang tinggi, langsing, dan putih yang disebut cantik. Pahami keberadaanmu sebagai wanita. Kalian semua memiliki kecantikan yang berbeda-beda. Tergantung kalian bagaimana menunjukkan cantik versi kalian masing-masing.
Berhenti menyamakan dirimu dengan orang lain, sebab sekeras apapun kamu berusaha, kamu tidaka bisa menjadi orang lain. Begitupun orang lain tidak akan pernah menjadi seperti kamu. Kamu memiliki kelebihanmu sendiri.
Katakan pada sekitarmu bahwa semua wanita berhak untuk dikatakan cantik. Hapuskan semua definisi kecantikan yang hanya sesaaat itu. Sadarkah kita bahwa definis cantik yang tinggi, langsing dan putih merupakan bagian dari pemasaran produk kecantikan. Dengan mendokrtin definis cantik maka produk kecantikan akan menjadi sangat laris. 

Jadilah apa adanya kamu untuk sekitar. Mencoba membahagiakan keluarga, teman, dan sahabatnya adalah hal utama yang harus kamu pikirkan. Berhenti membuatng waktu untuk hal yang tidak memberikan dampak positif bagimu. 


4. Jangan biarkan komentar orang pada warna kulitmu

Orang tak berhak menilai akan baik buruknya kamu. Tentu akan ada yang akan memberikan komentar terhadapmu. Acuhkan setiap komentar tentang warna kulitmu. Sebab kamu menyakini bahwa kebaikan dirimu bukan hanya mengenai warna kulit.

Lakukan yang terbaik untuk mengembangkan segala potensi yang kamu miliki dan raihlah prestasi. Dengan tindakan seperti itu kamu akan membuka mata orang-orang yang hanya melihat dari warna kulit. 

Buktikan kalau kamu adalah orang yang lebih berharga, kamu memiliki hal lain untuk dibanggakan daripada sekedar mengurusi warna kulit. Cara terbaik menepis cemohan orang adalah dengan berprestasi. Yakin, saat mereka melihat prestasimu, mereka akan bungkam dan berpikir dua kali untuk berkomentar tentang warna kulit.


5. Ingatlah untuk menjadi orang yang berguna

Kamu hidup di lingkungan masyarakat dengan berbagai persoalan, baik itu kesehatan hingga persoalan sosial. Jadilah bagian dari kesulitan orang lain. Bermanfaatlah bagi sesama.

Jika kamu memiliki keahlian dibidang tertentu maka pergunakan keahlian tersebut. Misalnya, kamu seorang dokter maka kamu bisa membantu di bagian kesehatan masyarakat. Berguna bagi orang lain membuatmu tampil menjadi dirimu yang sesungguhnya lebih cantik.

Nah, gimana? Masih minder dengan kulit hitammu? Ku harap sudah tidak ya. Jangan dengarkan sugesti yang negatif. Tetaplah menjadi dirimu yang ramah, rendah hati, dan percaya diri. Dengan demikian orang akan menyayangimu dengan apa adanya kamu tanpa harus menjadi orang lain. 

Oleh : Andi Rosita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni