Cara Menjadi Pribadi yang Unik dan Sulit Diprediksi

Sekarang sudah bukan jamannya lagi jadi orang yang biasa-biasa saja. Kamu harus mulai berhenti mengikuti apa yang orang lain lakukan untuk mendapat tempat di pergaulan. Saatnya menjadi dirimu sendiri, individu dengan pribadi yang berbeda. Jadi berbeda bukanlah sebuah kesalahan, percayalah.

Ada baiknya kamu membaca artikel di bawah ini untuk menjadi seseorang yang unik, misterius dan tidak terduga di mata orang lain. Ikuti langkah-langkahnya dan, voila! Dapatkan perhatian dari orang-orang di sekitarmu. Buat kamu para cowok, ingatlah kalau cewek-cewek kebanyakan suka cowok cool dan penuh kejutan loh!. Dan Buat para cewek, menjadi lain dari yang lain itu juga menarik dimata cowok.

1. Selalu jadi diri sendiri
girls: pixabay
Lakukan yang ingin kamu lakukan, selama itu masih dalam koridor norma dan hokum serta tidak merugikan orang lain. Jangan biarkan omongan atau komentar orang lain membatasi ekspresi dirimu. 

Tanamkan dalam dirimu bahwa kamu orang yang unik dan berbeda. Bahwa tidak ada yang bisa melakukan sesuatu lebih baik dari apa yang kamu lakukan. 
Syarat pertama untuk jadi unik adalah yakin pada apa yang dirimu miliki.

2. Jadilah orang yang sedikit tenang

Bersuara kencang dan gemar melucu mungkin bukanlah hal yang buruk. Namun ada kalanya perlu menurunkan sedikit intonasi, jadi tenang dan memperhatikan sekelilingmu. Jangan biarkan orang lain selalu mengetahui apa yang sedang kamu pikirkan atau rasakan. 

Jika ada seseorang yang bertanya padamu apa yang sedang kamu lakukan atau rasakan, beri ia senyuman dan jawablah pertanyaannya dengan jawaban yang sedikit menjelaskan apa yang sedang terjadi. Biarkan ia menebak-nebak dan kamu sudah mendapatkan sedikit kesan misterius dari orang lain.


3. Pribadi yang eksentrik

Ikuti agama atau kepercayaan yang kamu yakini. ‘Agama’ dalam hal ini tidak harus berarti secara harfiah. Kamu bisa saja menjadi seseorang yang beragama dan memeluk suatu agama tertentu. Baik, pertahankan hal tersebut. Perdalam ilmu dan pengetahuan agamamu lalu lakukan sesuatu yang diperintahkan dan jauhi segala yang dilarang. 

Ada beberapa orang yang memiliki ‘agama’ ke dua sebagai sesuatu yang ia percayai sungguh-sungguh dalam hidupnya. Kamu bisa menganggap seni, jurnalisme, olahraga atau bidang-bidang lain sebagai sebuah ‘agama’.

Sesuatu yang menarik minatmu dan kamu mempercayainya sungguh-sungguh dengan memperdalam ilmunya. Kadang beberapa hal darinya mempengaruhi sebagian pola hidupmu dan perilakumu. Hal ini tentunya sah-sah saja. Dengan begitu kamu akan jadi pribadi yang eksentrik dalam pola pikir dan perbuatan. Tidak akan ada seorangpun yang bisa menirumu.


4. Menjadi tidak terduga

Terkait dengan pribadi yang eksentrik, hal itu bisa mengantarmu menjadi orang yang benar-benar acak atau tidak terduga. Misalnya ada sesuatu yang menarik minatmu, usahakan untuk mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. 
Jangan terlalu berfikir panjang tentang apakah hal itu bermanfaat. Paling tidak menggali minatmu dan berpengetahuan luas terhadap satu hal adalah bekalmu menjadi seseorang yang ‘unik’. Go feed your ego!
Suatu hari kamu bisa saja sedang jalan-jalan sore bersama teman-temanmu dan tiba-tiba sudah berada di dalam toko barang antik atau barang bekas tanpa mereka duga. Mereka mungkin keheranan sekaligus penasaran mengapa ekspresimu terlihat amat antusias dengan salah satu koleksi yang ada di sana.


5. Berdandanlah sesuai apa yang kamu mau
fashion: pixabay
Ya, hal ini tidak kalah penting. Salah satu bentuk mengekspresikan diri adalah dengan berdandan sebagaimana apa yang kamu inginkan. Tidak peduli apa tren mode yang sedang popular saat ini. 

Apapun yang mereka bilang soal betapa kerennya memakai kacamata hitam jangan pernah hiraukan. Itu hanya akan membuatmu terlihat berusaha keras dalam berdandan. Pakailah baju yang ingin kamu pakai. Tampilah apa adanya dan jangan berusaha keras untuk terlihat keren.
Pilihlah yang warnanya cenderung gelap, karena akan menambah kesan misterius dalam dirimu.
Memiliki jaket atau mantel hitam mungkin bisa jadi pilihan. Namun apapun itu jangan pernah pakai apa yang tidak kamu sukai. Ekspresikan dirimu sebebas mungkin.


6. Kunjungi tempat-tempat nongkrong yang tidak biasa

Jika penat melandamu dan butuh sedikit jalan-jalan, kamu bisa berkunjung ke kedai kopi kecil, perpustakaan dan nonton pertunjukan kecil di cafĂ© atau bar. Kamu tidak perlu menunggu teman-temanmu mengiyakan untuk ikut pergi bersamamu. 

Jika memang benar-benar menginginkannya maka pergi saja kesana. Lakukan dan nikmati apa yang kamu mau. Jangan biarkan siapapun atau apapun menghalangimu.


7. Bersikap baik dan ramah

Jangan abaikan sekitarmu! Meski kamu sedang mengekspresikan dirimu sebebas mungkin jangan lupakan bahwa kita sebagai manusia hidup berdampingan. Bersikaplah ramah, sapa orang-orang sekitarmu dengan sopan. 

Tolong sesamamu, beri bantuan tenaga jika kamu mampu. Donasikan sedikit uangmu untuk yayasan penyakit atau anak-anak kurang mampu dan mereka yang memang membutuhkannya. Pilihan lain adalah kamu bisa menjadi investor untuk mendukung bisnis independen yang sedang dilakukan teman-temanmu.


8. Miliki ciri khas dari apapun yang kamu lakukan

Pakailah aksesoris khusus yang benar-benar mencerminkan dirimu dan kepribadianmu. Kamu bisa memakai gelang atau kalung yang berarti sesuatu bagimu. 


9. Jangan banyak bicara tentang kehidupan pribadimu

Miliki batasan khusus tentang bagian mana saja yang orang lain bisa ketahui tentang dirimu. Jangan bicara terlalu banyak tentang kehidupan pribadi atau privasimu kepada orang lain. 

Mungkin pandangan orang-orang akan jadi berbeda setelah mengetahui kehidupan pribadimu. Ceritakan hanya pada orang yang benar-benar dekat denganmu dan bisa kamu percayai.


10. Lengkapi dirimu dengan pengetahuan, namun jangan pernah absen saat waktunya bersenang-senang
library: pixabay
Kamu mungkin orang yang suka baca buku dan tahu info-info menarik terkini. Pengetahuanmu luas dan orang-orang menganggapmu pandai. Kombinasikan hal itu secara cerdas dengan hobimu untuk bersenang-senang.

Kamu masih memiliki waktu untuk nongkrong atau berpesta dengan teman-temanmu, dan menunjukkan sedikit kemampuanmu di sana. Orang-orang akan tetap memandangmu sebagai pribadi yang menyenangkan baik secara intelektual maupun kepribadian.


11. Hindari memakai merek-merek terkenal

Banyak orang sengaja membeli barang-barang branded untuk mengejar strata sosial tertentu atau mengikuti apa yang mereka baca dari majalah. Apa yang sudah mereka dapatkan? Tidak ada. 

Jauhilah gaya hidup seperti itu, pakailah barang-barang yang meski tidak bermerek namun tetap layak pakai. 
Pertimbangkan apa yang benar-benar kamu butuhkan ketimbang memenuhi apa yang kamu inginkan.

12. Dukung film atau music-musik independen, pakaian yang cutting edge atau pandangan apapun yang dianggap banyak orang sebagai ketidaklaziman

Tonton dan pelajari film-film independen atau documenter. Terlibat dalam diskusi yang berbau politik dan bisa menempatkanmu sedikit dalam bahaya juga bisa kamu coba. Saat ini seseorang yang tak terduga atau random, misterius dan unik bukanlah sebuah hal yang aneh. 

Biasanya mereka seolah terlihat spontan namun sebenarnya jauh di dalam, ia sangat penuh perhitungan. Seseorang tidak akan pernah menduga apa yang sedang kamu pikirkan atau rencanakan akan dilakukan. 

Hasilnya, kamu akan mendapati kehidupan orang-orang di sekitarmu sarat akan kejutan dan pengalaman membahagiakan baru darimu. Tentunya bukan hal mustahil orang-orang akan makin menyukaimu meski menjadi pribadi yang berbeda. 

Selamat mengikuti saran-saran di atas dan selamat menjadi pribadi yang tak terduga, acak, misterius dan unik! Semoga orang lain akan makin menyukaimu.

Oleh: Satrio Rizki Dharma

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni